cara mudah membersihkan kompor dengan soda kue



Beberapa hari yang lalu mumpung ada waktu luang saya membersihkan area dapur dirumah saya.  Maklum karena terburu-buru berangkat kerja,  biasanya dapur hanya dibersihkan alam kadarnya saja. Pada hari tersebut selain membersihkan dapur saya juga membersihkan kompor.  Saat itu yang paling kotor kondisi kompor saya adalah bagian tatakan kompor.  Untuk bagian yang lain cukup bersih karena hampir tiap hari saya lap.  Tetapi untuk bagian tatakan ini tidak bisa dilap namun harus dicuci dan disikat.  Karena butuh waktu yang lama untuk membersihkan inilah,  makanya tatakan kompor tidak bisa saya bersihkan setiap saat.

Melihat tatakan yang begitu kotor. Maka saya pun mencoba membersihkan tatakan tersebut dengan menggunakan soda kue.  Karena banyak informasi yang mengatakan bahwa soda kue ampuh untuk menghilangkan kotoran perabotan dapur yang kotor dan menghitam. Saya pun penasaran dan ingin membuktikan kebenaran informasi tersebut.


Pertama yang saya lakukan saat membersihkan tatakan kompor dengan soda kue adalah membasahi tatakan kompor tersebut dengan air.  Selanjutnya saya taburkan bubuk baking sodara ke seluruh bagian tatakan.  Kemudian saya biarkan kurang lebih selamat enam jam.  Setelah enam jam berlalu kemudian saya bersihkan dengan silk.  Rupanya benar, noda pada tatakan kompor sangat mudah dibersihkan. Namun sayangnya hasil yang saya dapatkan kurang begitu maksimal karena bagian yang sangat kotor agak sulit dibersihkan. Setelah saya analisa ternyata kekurangan saya sehingga hasilnya tidak maksimal adalah karena bagian yang kotor kurang  bayak baking sodanya dan juga waktu untuk mendiamkannya kurang lama.

Dari percobaan ini maka saya simpulkan bahwa baking sodara cukup ampuh untuk menghilangkan noda pada peralatan dapur/tatakan kompor. Jika biasanya butuh tenaga ekstra untuk membersihkan namun dengan menggunakan baking soda hanya butuh beberapa kali sikatan noda langsung luntur.  Sedangkan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, maka pada bagian yang sangat kotor harus lebih banyak baking sisanya dan waktu mendiamkannya juga harus lebih lama kira-kira 12 jam.  Karena jika hanya enam jam dan hanya sedikit baking sodanya,  maka bagian yang sangat kotor masih agak sulit untuk dibersihkan.

Nah,  demikianlah ulasan saya mengenai cara membersihkan tatakan kompor dengan menggunakan baking soda. Jadi jika ada peralatan dan perabotan dapur kita kita tidak perlu binggung lagi cara untuk membersihkan cukup dengan baking soda. Noda hitam akan hilang dari peralatan dan perabotan dapur kita. Selamat mencoba!
Previous
Next Post »

3 comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Ternyata cara membersihkannya cukup simpel ya mbak, saya punya baking soda juga di rumah cuma, selama ini hanya tau sebagai bahan pembuat kue saja. Makasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak sama-sama. Terima kasih telah berkunjung

      Delete