Tips menjaga daya tahan tubuh saat musim hujan



Memasuki musim hujan udara memang terasa lebih sejuk dibandingkan dengan musim kemarau. Namun sayangnya udara yang sejuk ini juga diikuti dengan kondisi udara yang lembab. Nah, lembabnya udara pada saat musim ini membuat bakteri dan virus lebih mudah berkembang biak dan menginfeksi manusia. Maka tidak heranlah jika musim hujan tiba beragam penyakit mulai bermunculan seperti batuk, pilek dan juga demam berdarah.

Saat ini, selain penyakit yang biasa datang saat musim hujan, kita juga dihadapkan wabah penyakit baru yang menyerang sistem pernafasan. Penyakit ini disebabkan oleh oleh virus corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2). Penyakit yang disebabkan oleh virus corona ini disebut dengan COVID-19.  CO adalah singkatan dari corona, VI singkatan dari virus, D merupakan singkatan dari disease atau penyakit. Sedangkan 19 adalah tahun dimana virus ini pertama kali muncul yaitu tahun 2019.

Akibat dari virus ini penderita akan mengalami gangguan pada sistem pernafasan, pneumonia akut, bahkan bisa berujung pada kematian. Virus ini bisa menyerang manusia dari berbagai kalangan baik bayi, anak-anak, orang dewasa dan juga lansia. Awalnya infeksi virus ini ditemukan di wuhan ,Cina. Infeksi virus tersebut ditemukan pada bulan Desember 2019. Dan dalam waktu kurang lebih tiga bulan virus ini telah menyebar ke berbagai negara termasuk Indonesia. Sudah banyak korban yang berjatuhan akibat penyakit ini. Oleh karenanya WHO menetapkan bahwa wabah virus corona masuk dalam pandemi. Artinya wabah ini terjadi secara serempak di mana-mana dan meliputi daerah geografi yang luas.

Untuk mengahadapi berbagai macam penyakit yang muncul pada musim hujan ini, maka kita perlu untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sebab jika daya tahan tubuh kita menurun berbagai macam jenis penyakit akan mudah memyerang tubuh kita. Sebaliknya dengan daya tubuh yang kuat maka virus maupun bakteri tidak bisa menginfeksi tubuh kita.

Tips menjaga daya tahan tubuh saat musim hujan

Lalu bagaimanakah langkah yang bisa kita lakukan untuk bisa meningkatkan daya tahan tubuh? Berikut ini adalah sedikit ulasan tentang cara meningkatkan daya tahan tubuh. 

1. Mengkonsumsi makanan yang sehat


Makanan yang disarankan untuk dikonsumsi terdiri dari protein, karbohidrat, lemak, mineral dan juga vitamin. Jadi usahakan mengkonsumsi makanan tersebut secara seimbang. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat. Sebab terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat  akan menyebabkan kita mengalami kegemukan. Jika kita mengalami kegemukan maka penyakit akan mudah datang seperti diabetes, hipertensi hingga penyakit jantung.

Oya, saat ini negara kita sedang menerapkan sosial distancing untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. Saat ini kita diminta untuk tetap berada didalam rumah dan hanya keluar rumah jika ada keperluan mendesak. Saat keluar rumah pun kita disarankan untuk menggunakan masker lalu setelah pulang harus segera cuci tangan dan kaki dengan sabun/cairan antiseptik, lalu berganti pakaian.

Selama stay at home/tinggal dirumah tentu akan timbul kebosanan dan untuk menghilangkan kebosanan tersebut biasanya pelampiasannya adalah makan. Maka dari itu selama berdiam dirumah kita juga perlu memperhatikan asupan makanan yang kita konsumsi. Usahakan untuk tetap memilih makanan yang sehat. Alangkah lebih baik jika banyak membeli buah-buahan ataupun sayur-sayuran. Jadi kita ubah pola makan kita, yang biasanya ngemil gorengan diganti dengan ngemil buah-buahan. Adapun buah-buahan yang bisa digunakan untuk meningkatkan sistem imun tubuh diantaranya adalah jeruk, pepaya, kiwi, semangka dan delima.

Ketika kita lebih banyak dirumah, biasanya tidak banyak aktifitas fisik yang kita lakukan. Sehingga tidak banyak kalori yang dikeluarkan. Jadi usahakan pasokan kalori yang masuk ketubuh dan yang keluar juga seimbang.  Jika tidak seimbang, maka kalori yang tidak terpakai akan tersimpan menjadi lemak. Akibatnya kita akan mengalami kegemukan. Jangan sampai kita menghindari corona tetapi malah mengundang penyakit lain datang, akibat dari pola makan yang tidak seimbang.

2. Melakukan olahraga secara teratur
Saat belum ada wabah virus corona kita bisa lebih mudah dan lebih lelusa melakukan olahraga di luar rumah. Tetapi mengingat kondisi yang sekarang, diminta untuk di dalam rumah guna menghindari virus corona. Maka kita bisa melakukan kegiatan olahraga didalam rumah . Adapun kegiatan olahraga yang bisa dilakukan di rumah diantarnya adalah senam areobik ataupun zumba. Kegiatan olahraga ini penting sekali untuk menjaga kondisi badan supaya tetap bugar. Terlebih saat kondisi seperti ini, yang aktifitas kita terbatas didalam rumah. Maka olahraga bisa menjadi salah satu cara untuk membakar kalori yang menumpuk. Sehingga pasokan kalori yang masuk dan keluar seimbang dan kita terbebas dari kegemukan.

3. Minum suplemen vitamin



Pada dasarnya manusia sudah dibekali sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus ataupun bakteri yang menyerang tubuhnya. Namun pada kondisi tertentu sistem imun tubuh tidak bekerja secara semestinya. Sehingga pada kondisi ini kita membutuhkan asupan suplemen vitamin supaya sistem imun bekerja lebih maksimal.

Adapun suplemen vitamin yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan sistem imun tubuh diantaranya adalah vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, vitamin D, dan vitamin E. Sebenarnya suplemen terbaik berasal dari makanan yang kita konsumsi. Tetapi jika makanan yang kita konsumsi tidak sehat maka kita perlu mengkonsumsi vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tetapi usahakan mengkonsumsi vitamin tersebut sesuai dengan dosis yang diberikan. Jangan berlebihan sebab jika terlau banyak akan berdampak tidak baik bagi kesehatan.

4. Mengkonsumsi minuman yang hangat

Saat musim hujan seperti ini, untuk meningkatkan daya tahan tubuh disarankan untuk mengkonsumsi minuman yang hangat dan menghindari minuman yang dingin. Sebab jika kita mengalami permasalahan pernafasan air hangat mampu melancarkan dahak dan mengeluarkan lendir yang ada di saluran pernafasan. Sebaliknya minuman dingin akan membuat kondisi semakin memburuk. Adapun minuman hangat yang bisa kita konsumsi misalnya teh hangat, wedang jahe ataupun jeruk nipis. Oya, dalam membuat minuman ini batasi konsumsi gula, jika perlu gunakan gula yang rendah kalori. Sebab minuman yang tinggi kalori tidak baik bagi kesehatan kita.

5. Istirahat yang cukup

Idealnya dalam sehari kita membutuhkan waktu tidur 7 sampai 9 jam. Jadi usahakan agar kebutuhan tidur kita terpenuhi. Sebab jika kita kurang tidur maka produksi hormon kortisol akan meningkat. Kadar kortisol yang tinggi akan menyebabkan penurunan fungsi kognitif otak akibatnya kita jadi  kesulitan untuk berkonsentrasi. Selain itu juga tingginya hormon kortisol akan memicu timbulnya stress. Jika kita kita mengalami stress, sistem imun tubuh kita akan menurun. Akibatnya kita akan mudah terserang penyakit.

6. Hindari stress

Menghadapi situasi seperti sekarang ini, ketika aktifitas lebih banyak di rumah memang lebih rentan untuk memunculkan stress. Biasanya untuk menghilangkan stress kita pergi jalan-jalan untuk melihat pemandangan baru. Namun saat ini hal tersebut tidak bisa kita lakukan. Lalu bagaimana cara kita untuk menghindari stress tanpa perlu ke luar rumah? Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghindari stress seperti menonton TV, mendengarkan musik favorit, mengkonsumsi minuman favorit dan memasak. Dengan tetap melakukan banyak kegiatan maka stress akan menghilang.

Itulah tadi beberapa tips meningkatkan daya tahan tubuh saat musim hujan. Kesehatan merupakan aset yang sangat berharga. Nikmat sehat adalah rejeki yang tidak pernah bisa terbeli dengan materi. Dan salah cara mensyukuri nikmat sehat tersebut adalah dengan menjaga sebaik-baiknya . 

Sumber gambar : Pixabay.com

Previous
Next Post »

54 comments

  1. Pandemik COVID 19 sungguh meresahkan karena menyanghkut dunia secara global. Semoga lekas berakhir dan aktivitas kembali berejalan normal.
    Menjaga kesehatan diri itu butuh dukungan dari banyak pihak jika menyangkut masalah penyebaran wabah suatu penyakit. Semoga kita tetap sejat dan selamat. Sedih karena dunia seakan suram.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin. Semoga wabah ini cepat berlalu dan kita bisa beraktifitas kembali seperti biasa...

      Delete
    2. Soa; ,engatasi kebosanan dengan aktibitas fisik yang bermanfaat, justru ibu rumah tangga yang beban kerjanya kian berat karena anggota keluarga yang harus di rumah tentu butuh kegiatan untuk diarahkan. Seperti saya yang harus bantu anak belajar inline. Ditambah lagi udara yabg sejuk sekarang kadang bikin masuk angin karena selalu hujan. Harus sedia jahe di rumah untuk bikin wedang secang.

      Delete
  2. Perlu banget mb ini tips-nya apalagi sedang musim wabah begini dan hujan kadang masih sesekali yaa datang. Jadi harus jaga kesehatan dan stamina biar selalu sehat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, saat musim hujan kita harus meningkatkan daya tahan tubuh

      Delete
  3. Tipsnya harus diterapkan banget ni apalagi musim dan wabah lagi mendera ibukota dan sekitarnya. Menjaga kesehatan dan stamina harus banget ya, makasih artikelnya sarat akan manfaat

    ReplyDelete
  4. Bener banget mbak, menjaga daya tahan tubuh itu salah satunya dengan menghindari stress. Makanya harus tetap happy mesti di rumah aja dengan kondisi saat ini.

    ReplyDelete
  5. Penting banget memang menjaga daya tahan tubuh, agar produktif dan bisa berkontribusi untuk sesama ya. Menjadikan sehat sebagai sarana untuk berbuat kebaikan.

    ReplyDelete
  6. Berbagai macam cara meningkatkan daya datah tubuh termasuk hidup sehat.

    ReplyDelete
  7. Memperhatikan makanan menjadi hal yang utama. Sebab banyak penyakit yang biasanya disebabkan karena makanan.

    ReplyDelete
  8. Betul Mbak dari apa yang kita konsumsi, pikirkan dan lakukan. Kesehatan memang harus holistik ya buksn separo2

    ReplyDelete
  9. Semuanya hampir sudah kuterqapkan kecuali tidur yang cukup mungkin. Tapi yang paling susah dihindari sebenarnya stress sih. Tapi memang harus belajar ngontrol ini dengan pikiran positif

    ReplyDelete
  10. Sebelum corona menyerang sudah berusaha hidup sehat, kecuali minum suplemen rutin (hanya kadang2 aja), dan stress kadang2 datang begitu aja tiba2... semoga kita semua terhindar dari penyakit... aamiin

    ReplyDelete
  11. Saat ada kebijakan untuk sekolah di rumah, aku dan anak2 setiap pagi senam SKJ 88 ni mbak... nostalgia sekalian bikin sehat.

    ReplyDelete
  12. Setuju banget... saat ini oenting untuk menjaga kesehatan... mudah sebenarnya tinggal mau atau tidaknya... semoga kita dijauhkan dari sakit penyakit ya kak ...amien

    ReplyDelete
  13. Intinya kembali ke gaya hidup sehat ya. Yang selama ini mungkin ditinggalkan.

    ReplyDelete
  14. Yes aku setuju banget kita harus menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh biar gak gampang sakit. Palagi di kkndisi pandemik covid spt sekarang ini. Aku biasa minum air lemon hangat tiap bangun tidur Dan jahe di sore hari sebagai ikhtiar menyayangi diri kak.. makasih sudah berbagi ya. Sehat2 selalu

    ReplyDelete
  15. melakukan hal yang menyenangkan supaya stress hilang hehe, makasih mba sharingnya. emang tips diatas bener semua sih, harus banget imun di jaga biar gak drop

    ReplyDelete
  16. Iya bener banget nih, imunitas tubuh yang kuat sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Imun yang kuat bisa melawan bakteri atau kuman sehingga kita bisa terhindar dari penyakit.

    ReplyDelete
  17. Bener banget nie semua tips menjaga daya tahan tubuh apalagi pas musim hujan rentan banget daya tahan tubuh mengalami drop, ditambah ruangan ber AC tambah dehh kedinginannya biasa aku selalu minum air hangat sie, biar ga kedinginan banget.

    ReplyDelete
  18. nikmat sehat memang sering terabaikan, sebuah pengingat saat kita mulai merasakan sakit ya mbak. Bagus banget tipsnya, semoga kita selalu sehat ya mbak:)

    ReplyDelete
  19. Adanya penerapan social distancing dan juga WFH bikin waktu di rumah jadi banyak nih, tapi jangan sampai malah jadi tidak dimanfaatkan dengan baik, rajin olahraga dan istirahat teratur harus tetap jadi yang diutamakan biar kita aman dari pandemi dan berbagai penyakit yang ada saat musim hujan ini

    ReplyDelete
  20. sejak merebaknya covid 19 ini saya jadi lebih sering berjemur kak, kemaren karena kebiasaan jemur debay sekarang jemurnya lebih siangan

    ReplyDelete
  21. Tipsnya sangat berguna sekali mbak, jujur sebagian sudah BeHangat.Com jalankan tapi masih ada yang belum di jalankan seperti makan yang bergizi. kalo BeHangat.Com makan masih asal-asalan

    ReplyDelete
  22. Setuju, melakukan banyak kegiatan sehingga stress menghilang Kalau kita banyak diam jadi kepikiran soalnya. Stres sendiri jadinya

    ReplyDelete
  23. Dan berjemur pagi juga bagus itu. Sekarang sudah hujan ekstrem, wabah Corona, rawan demam berdarah lagi. Wajib waspada jaga kesehatan

    ReplyDelete
  24. Nah saya tuh mbak, pelampiasan kebosanan selama di rumah adalah makan. Untungnya banyak buah yang tersedia jadi ngemilnya pakai buah saja.

    ReplyDelete
  25. Selama di rumah aja memang bawaannya pengen makaaan mulu. Tapi aku juga jadi rajin masak, sih. Lebih sehat dan higienis. Kalo minuman yg hangat2 biasanya bikin wedang uwuh pake rempah2.

    ReplyDelete
  26. Saya minuman hangat di musim pengpenghujan.. seperti lemon panas atau minuman jahe..๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  27. Aku juga melakukan langkah2 ini mba..terutama utk makanan, sayur dan buah dibanyakiiiin..hehe..

    ReplyDelete
  28. Saya juga melakukan langkah2 ini mba..dan utk makanannya, terutam sayur dan buah tuh dibanyakiiin..hehe..

    ReplyDelete
  29. Godaan banget ini selama tinggal di rumah aja, jadi banyak ngemil, sering makan berat juga. jadinya untuk sementara timbangan dijauhkan dulu

    ReplyDelete
  30. Bener banget mba dengan salah 1 point yg mbak tulis yaitu jangan stress, kadang lihat berita jadi kepikiran ujung2nya stress, hehehe

    ReplyDelete
  31. Tidur itu nampaknya sepele, tapi kalau kurang tidur berpengarub pada kesehatan. Ya fisik, ya emosional.

    ReplyDelete
  32. Thanks tips untuk menghadapi musim hujanya bermanfaat sekali apalagi di musim pendemik ini.semoga kita sehat selalu ya

    ReplyDelete
  33. Nah udah dua minggu ini saya di rumah aja. Malah maksain olah raga deh, supaya sehat. Banyak youtube tentang olah raga ringan. Bener banget harus konsumsi makanan sehat deh...

    ReplyDelete
  34. Menurutku yang paling susah dihindari itu stress ya mba, sekolah berubah di rumah, suami juga wfh, mau tak mau pekerjaan sebagai ibu rumahtangga dan bekerja semua menjadi satu di rumah. Harapannya semoga pandemi Covid-19 ini segera berakhir

    ReplyDelete
  35. Benar sekali, Mbak Sulis. Cuaca sejak beberapa tahun ini tak menentu, dan rawan sekali mendatangkan sakit. Makanya harus selalu jaga kesehatan, apalagi saat sekarang ditambah covid 19, harus semakin ekstra ya, Mbak.

    ReplyDelete
  36. Yang susah olahraga mbaa.. sblm ada corona pun niatnya gak pernah bulat tuk olahraga. Hahaha

    ReplyDelete
  37. Aku juga minum vitamin tiap pagi kak.. Soalnya selain musimnya kagak gini, jam tdurku juba ga pasti. Jadi butuh dopping buat badan nih

    ReplyDelete
  38. Makasih tips nya.. tapi aku ky.nya kurang di jam tidur nih.. belakangan ini malah kurang istirahat,, moga moga ga ngedrop deh nih.. mulai hari ini harus istirahat lebih banyak..

    ReplyDelete
  39. Saya juga selalu sedia minuman hangat di rumah kak.. saat seperti ini emang harus ekstra jaga kondisi

    ReplyDelete
  40. Bener banget mbak ini tipsnya. Sedih juga belum bisa mengatur pola tidur dan hidup sehat huhu

    ReplyDelete
  41. Semua ada hikmahnya yah mba. Walaupun wabah Covid19 membuat kita cukup sedih. Positifnya banyak yang jadi lebih aware dengan hampir semua point2 di atas. Jadi lebih menjaga kebersihan, rajin konsumsi sayur+buah, dll. Semoga menjadi kebiasaan yang baik๐Ÿ˜‡

    ReplyDelete
  42. Menjaga daya tahan tubuh memang sangat penting bukan hanya karena adanya wabah, namun memang sudah menjadi kebutuhan hidup. Semoga mendung ini cepat berlalu

    ReplyDelete
  43. Kondisi kayak gini emang kudu bisa ngatur emosi meminimalisir tekanan psikologis. Salah satu cara menghadapi kondisi yang tak diharapkan ya dibawa santuy ya?

    ReplyDelete
  44. Tipsnya sederhana dan mudah dipraktikkan ya mba, kalau aku bagian olahraga yang kurang. Hihihi

    ReplyDelete
  45. Tipsnya sederhana dan mudah dipraktikkan ya mba, aku hanya kurang dibagikan olahraganya hihihi

    ReplyDelete
  46. Godaan banget emang nih selama di rumah ngemil mulu sambil nonton netflix ๐Ÿ˜… jangankan olahraga, masak makanan sehat pun males bener rasanya, pengennya yang gampang aja tinggal pesan makanan jadi ๐Ÿ˜…✌️. Parahlah hehehe... Harus segera dirubah nih, mau rajin olahraga lagi huhuhu

    ReplyDelete
  47. Benar sekali. Hawa sejuk, enak, menyenangkan. APalagi kalau pas bau hujan atau bau tanah basah. Bunga juga jadi cepat tumbuh.
    Tapi cendawan, virus dan bakteri lebih cepat tumbuh dan kita buutuh imunitas yang baik.

    ReplyDelete
  48. Semoga kita semua diberi kesehatan ya Mbak,, terutama kaum ibu nih sebagai garda terdepan meningkatkan imun anak2nya.

    ReplyDelete
  49. Kalo di Surabaya cuaca saat ini sedang tidak menentu Kak, Kadang puanas seperti saat ini, kadang mendung berhari-hari.

    ReplyDelete
  50. Karena memang situasi kayak gini ya mba.. kondisi badan juga harus fit trs. Aku baca berita di internet pun kadang banyak yang skip. Takut tambah parno hihiii

    ReplyDelete