Accurate Digital Partner Mitra UMKM Untuk Rapih Pembukuan


Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)dalam perekonomian Indonesia merupakan kelompok usahanya yang jumlahnya cukup besar di Indonesia. Berdasarkan data Kementrian koperasi dan UKM, jumlah wirausahawan di Indonesia pun melonjak tajam dari 0,24 persen menjadi 1,56 persen dari jumlah penduduk. Kelompok UMKM juga terbukti tahan terhadap goncangan krisis ekonomi. UMKM ini juga mudah dijalankan sebab bisa dijalankan oleh perorangan ataupun badan usaha. Adapun kriteria kelompok usaha yang termasuk dalam dalam UMKM telah diatur oleh undang-undang no 20 tahun 2008.

UMKM ada beberapa jenis. Diantaranya adalah sebagai berikut

1. Kuliner
Bidang ini adalah yang menjual produk berupa makanan dan juga minuman. Kuliner merupakan usaha yang cukup menjanjikan terlebih jika produsen bisa membuat produk makanan yang digemari oleh masyarakat.

2. Fashion
Usaha ini bergerak dibidang pakaian. Sama dengan kuliner usaha ini cukup menjanjikan sebab setiap orang membutuhkan pakaian. Apalagi trend saat ini, jika ada model baru maka masyarakat juga akan berburu untuk membelinya. Untuk menjadi UMKM bisnis fashion juga harus memenuhi syarat yang telah ditentukan oleh pemerintah.

3. Kerajinan tangan
Saat ini usaha dibidang ini cukup menjanjikan karena mulai banyak orang yang menyukai hasil dari produksi ini. Biasanya hasil dari kerajinan ini digunakan untuk memperindah penampilan ataupun untuk perlengkapan di rumah. Untuk mempercantik penampilan misalnya tas yang terbuat dari enceng gondok. Sedangkan untuk perlengkapan rumah misalnya adalah kursi ukur. Salah satu hal yang membuat bisnis ini cukup berkembang adalah karena keunikan yang dari barang yang diproduksi. Keunikan ini menjadi daya pikat sendiri bagi konsumen. 

Permasalahan yang dihadapi UMKM


1. Keterbatasan modal
Karena modal yang dimiliki oleh UMKM terbatas maka sulit untuk mengembangkan bisnis tersebut. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengajukan pinjaman modal. Sehingga bisa mendapatkan tambahan modal untuk diputar kembali.

2. Kurangnya pemasaran
Salah satu kendala yang membuat usaha UMKM sulit berkembang adalah kurangnya jangkauan pemasaran. Jadi barang yang diproduksi kurang dipasarkan secara maksimal. Akibatnya biaya produksi yang dikeluarkan tidak segera bisa kembali. Dan keuntungan yang didapat juga akan semakin lama. 

3. Masih mengandalkan pembukuan manual
Masih banyak yang belum menyadari pentingnya pembukuan yang dilakukan secara digital. Padahal pembukuan secara manual rawan terjadi permasalahan. Misalnya saja rusak karena buku yang sudah lama, selanjutnya hilang atau juga karena terjadi salah pencatatan. Tentu saja ini bisa berakibat yang cukup fatal. Sebab pelaku bisnis tidak bisa mengetahui secara detail tentang pemasukan ataupun pengeluaran dari usaha yang dijalankannya. Misalnya saja dalam satu hari ada satu transaksi yang catatannya hilang tentu saja ini akan membuat catatan keuangan akan menjadi kacau.

Pembukuan yang baik akan memudahkan pengusaha untuk mengetahui jalannya uang yang ada sehingga bisa mengetahui apakah bisnis yang dijalankan mendatangkan keuntungan ataukah membutuhkan bantuan modal untuk lebih berkembang.

Solusi untuk merapihkan pembukuan dengan accurate digital


Nah untuk mengatasi permasalahan dalam pencatatan keuangan secara manual, kini sudah ada  sofware akuntasi yang memudahkan pelaku bisnis UMKM untuk mencatat transaksi keuangannya. Sofware tersebut adalah accurate digital.

Software accurate digital merupakan software akuntansi berbasis cloud yang membantu mencatat transaksi keuangan sampai jadi laporan keuangan dan dapat diakses kapan saja dan dimana saja .

Bagi UMKM akan lebih mudah jika menggunakan accurate lite yang bisa didownload melalui google Play Store. Melihat laporan keuangan usaha kapan pun dan dimanapun  secara cepat. Dari laporan keuangan bulanan, tahunan. Sehingga kita bisa dengan mudah mengambil keputusan untuk perkembangan bisnis UMKM.

Accurate Lite akan membantu UMKM Indonesia tumbuh dan berkembang di era digital.  Cara pakainya sangat mudah, beragam kegiatan transaksi keuangan yang biasa dicatat manual bisa dengan mudah dikerjakan hanya dengan menggunakan handphone.

Adapun keuntungan menggunakan accurate lite adalah

Lihat laporan keuangan setiap saat
Dimanapun dan kapanpun kita berada asalkan ada jaringan internet kita bisa melihat laporan keuangan dari bisnis kita. Meskipun kita jalan-jalan keluar kota laporan keuangan akan terpantau dengan baik.

Catat penjualan dan cetak struk di mana saja
Sekarang tidak perlu binggung lagi jika ingin memberikan bukti bayar untuk pembeli. Tinggal catat saja transaksi penjualan  di Accurate Lite dan di manapun kita berada bukti bayar dapat langsung dicetak dengan  bluetooth mini printer. Sangat mudah bukan?  Dengan accurate catatan transaksi keuangan menjadi rapi.



Fitur yang terdapat di sofware accurate digital


Fitur dasboard
Fitur ini memiliki fungsi memberikan gambaran keseluruhan transaksi keuangan bisnis kita dalam bentuk angka dan juga grafik. Misalnya posisi keuangan, penjualan, jumlah stok hingga tagihan.

Fitur pajak
Fitur Pajak  membantu kita tidak hanya mencatat jurnal yang berkaitan dengan pajak secara akuntansi, namun juga  membuatkan rekapan pajak  dalam satu laporan sehingga bisa langsung di export ke E-Faktur secara otomatis.

Fitur Gudang
Fitur ini bertujuan untuk melihat stok barang dimading-mading gudang. Jadi tidak perlu melakukan perhitungan secara manual tinggal lihat saja di fitur gudang

Fitur Approval
Sebagai atasan kita tidak harus melakukan persetujuan bisnis ataupun keuangan setiap hari. Software Accurate Online akan membantu kita untuk melakukan verifikasi persetujuan terhadap transaksi yang membutuhkan persetujuan kita. Mudahnya lagi persetujuan bisa dilakukan dimana saja asalkan ada jaringan internet.

Mari maksimalkan potensi UMKM kita dengan  Accurate Lite sekarang. Dengan accurate lite kerja tanpa batasan ruang.



Sofware accurate ini telah dipercaya oleh 8000 UMKM dan pengusaha. Sekarang giliran anda untuk memaksimalkan potensi UMKM bersama dengan accurate online.
Tidak usah ragu ada percobaan gratis yang bisa dicoba selama satu bulan. Mari gunakan accurate digital untuk merapihkan catatan keuangan bisnis anda.


Comments