Skip to main content

Featured

Liburan Staycation di Hotel Murah Surabaya

Java Paragon Hotel & ResidencesSetelah lama di rumah aja karena pandemi, liburan tampaknya bisa menjadi pilihan menarik untuk dilakukan demi sedikit menyegarkan diri. Namun liburan keluar kota belum menjadi pilihan yang bagus, karena akses keluar masuk kota yang masih sulit dan cukup rawan. Nah oleh sebab itu liburan staycation mungkin bisa menjadi pilihan kalian saat ini. Staycation telah lama menjadi tren liburan yang diminati oleh anak muda di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Jogja, dan lainnya. Selain biaya liburan yang lebih hemat, liburan staycation ini juga tidak terlalu merepotkan, karena cukup dengan menginap selama beberapa hari di hotel yang kalian mau, sambil memanjakan diri dengan fasilitas hotel yang bagus. Bagi kalian yang ada di Surabaya, kalian juga bisa memesan hotel murah Surabaya melalui Traveloka loh untuk staycation bersama orang tersayang. Referensi hotel murah di Surabaya dari TravelokaBerikut ini beberapa hotel yang bisa…

Tips Memilih dan menyimpan sayur

Tips menyimpan sayur
Membeli belanjaan untuk beberapa waktu ke depan merupakan salah satu cara untuk mengatur waktu yang baik. Sebab waktu di pagi hari tidak akan terbuang untuk pergi ke pasar. Jadi cukup belanja sekali diri minggu. Selanjutnya belanjan tersebut di simpan di kulkas dan digunakan selama satu minggu ke depan.

Ketika kita ingin membeli sayuran yang tidak langsung dikonsumsi ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Supaya bahan makanan yang nantinya akan kita masak tetap bagus dan juga segar. Nah, berikut ini adalah tips memilih dan menyimpan sayuran.

Tips memilih dan menyimpan sayur yang mudah dan  praktis

Cara memilih cabai

Pilihlah cabai yang segar dan tidak ada campurannya yang busuk. Memang biasanya harganya lebih mahal. Tetapi ini jauh lebih tahan lama dibandingkan dengan cabai yang ada camourannya yang busuk. Sebab satu cabai yang busuk membuat kondisi cabai lainnya menjadi lembab. Sehingga akan memudahkan proses pembusukkan.

Cara menyimpannya
Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menyimpan cabai
1. Jika disimpan di kulkas cabai dibersihkan tangkai buahnya. Cabai tidak usah dicuci sebab jika dicuci akan menyebabkan cabai mudah busuk. Selanjutnya masukkan cabai ke dalam wadah kedap udara lalu simpan didalam kulkas.
2. Jika disimpan di luar kulkas/suhu ruangan. Pertama yang dilakukan adalah membuang tangkai buahnya. Selanjutnya cuci bersih cabai tersebut kemudian dijemur. Setelah dijemur campur cabai dengan garam lalu simpan di dalam toples.

Cara memilih wortel
Pilih wortel yang sulit dibengkokan jangan yang lentur. Sebab yang lentur kadar airnya lebih banyak sehingga lebih cepat busuk. Sebaliknya yang sulit dibengkokan kadar airnya lebih sedikit sehingga tidak mudah busuk. Selanjutnya untuk melihat usia wortel masih muda atau sudah tua, caranya adalah dipotong bagian bawahnya. Selanjutnya lihat lingkarannya, semakin besar lingkarannya makan semakin tua usia wortel.

Cara menyimpannya
Potong bagian bawah wortel. Selanjutnya bungkus satu persatu wortel dengan kertas. Dengan dibungkus kertas satu persatu maka wortel tidak akan mudah busuk. Jangan simpan wortel dalam plastik secara bersamaan sebab akan menyebabkan wortel cepat busuk, meskipun disimpan dikulkas. 

Jika disimpan suhu ruangan, jauhkan wortel dari garam. Supaya tidak mudah busuk. Selanjutnya jika masih belum dipakai wortel bisa dijemur.

Cara memilih bawang merah
Pilih bawang merah yang masih terbungkus dengan kulitnya. Jangan pilih bawang merah yang sebagian kulitnya telah terbuka. Sebab bawang putih yang kulitnya terbuka akan lebih cepat busuk.
Cara menyimpannya
Setelah sampai di rumah segera buka bungkus bawang merah. Sebab jika bawang merah terlalu lama berada di tempat tertutup maka akan membuat kondisinya lembah sehingga cepat busuk. Taruh bawang merah dalam wadah terbuka. Sekanjuntya sering jemur bawang merah tersebut jika masih lama digunakan. 

Jika disimpan didalam kulkas bawang merah harus dikupas dulu kulitnya selanjutnya dipotong-potong. Kemudian masukkan ke dalam wadah tertutup. Oya, bawang merah tidak usah dicuci ya, langsung masukkan ke wadah tertutup saya lalu taruh dikulkas.

Cara memilih bawang putih
Jika membeli bawang putih, pilih bawang putih yang bagian atasnya / kepalanya sudah kering. Selanjutnya pilih bijinya yang padat dan gemuk jangan pilih yang kering dan kempis. Bawang segar bobotnya lebih berat karena masih banyak kandungan airnya. Jangan beli bawang putih yang sudah tumbuh tunasnya sebab itu menandakan bawang putih berusia tua. 

Cara penyimpanan 
Dibandingkan dengan bawang merah bawang putih cenderung lebih awet. Supaya tidak mudah busuk biarkan bawang putih tetap berada pada bonggol nya. Simpan di tempat yang kering dengan pencahayaan matahari yang cukup supaya bawang putih tetap kering. 

Jika disimpan dikulkas harus dikupas dulu lalu dipotong-potong supaya tidak tumbuh akarnya. Setelah dikupas tidak usah dicuci langsung masukkan ke dalam wadah tertutup atau dibungkus dengan kertas lalu taruh di kulkas. 

Cara memilih sayuran kangkung/bayam

Pilih kangkung/bayam yang daunnya masih bagus tidak ada yang berwarna kehitaman. Sebab warna kehitaman menandakan sayuran tersebut sudah lama dan mulai membusuk. Selanjutnya patahkan batangnya. Jika berbunyi "krek" berarti sayurannya masih segar.

Cara menyimpan
Sayuran kangkung atau bayam memang lebih cepat busuk jika ditaruh di suhu ruanngan. Supaya sayuran tersebut tidak cepat layu jika di taruh di suhu ruangan caranya adalah sebagai berikut:
1. Siapkan wadah baskom/panci kecil lalu beri air kira-kira sampai setengahnya
2. Masukkan kangkung/bayam tersebut dengan posisi akarnya dibagian bawah (jangan dibuka ikatannya). Jadi akarnya terendam oleh air dalam baskom atau panci tersebut.
3. Simpan di tempat yang sejuk. 
Jika disimpan dikulkas maka potong bagian akarnya. Selanjutnya bungkus dengan kertas lalu masukkan ke dalam kulkas.

Nah, dengan cara demikian maka sayur-sayuran ataupun bahan makanan lainnya bisa tetap segar dan enak saat dimasak. Selain menghemat waktu dengan menyimpan sayuran untuk beberapa hari ke depan, kita bisa masak lebih pagi dan masakan yang dibuat juga terjamin kebersihannya.

Comments

  1. makasih tispnay, penting di saat2 sekarang hrs nyimpen stok di kulkas

    ReplyDelete
  2. Wah saya harus banyak belajar nih. Habis, suka muncul dadakan sih ide menunya, jadi hampir tiap hari deh ketemuan ama abang sayur..hehe. Makasih ya tips nya

    ReplyDelete
  3. Terima kasih tipsnya bermanfaat apalagi kondisi sekarang sebisa mungkin dikurangi ketemu orang luar walaupun hanya tukang sayur. Sayuran pun harus dijaga kebersihannya. Tapi setau saya sayuran/daging yang rada wangi pengawet itu lebih tahan lama ya saat disimpan di kulkas

    ReplyDelete
  4. Terima kasih tips nya mba..sangat bermanfaat untuk saya yg baru mulai mengakrabkan diri dg dapur hihi

    ReplyDelete
  5. Makasihh lohhh bermanfaat sekali.. terutama wortel yang pakai kertas.. wajib d coba nih.

    ReplyDelete
  6. Makasihh lohhh bermanfaat sekali.. terutama wortel yang pakai kertas.. wajib d coba nih.

    ReplyDelete
  7. Tfs infonya yaa Mba Sulis... nyimpen sayuran ini kudu banget diketahui ya, mengingat masuk bulan Ramadhan kita kadang suka numis apa rebus sayuran malem2 ya, jd sayuran pinginnya tetap segar di kulkas.

    ReplyDelete
  8. Dulu saya juga suka simpan sayur dan bumbu seperti tips ini, Mbak. Belanja seminggu sekali. Lebih irit karena bahan tetap segar.
    Sekarang sudah tidak punya kulkas, jadi belajar berhemat dengan bahan dan belajar cara belanja yang pas; tidak kurang dan tidak lebih.

    ReplyDelete
  9. Ini tips yang penting banget mbak, selama ini kalo nyimpen cabe nggak bisa lama. Selalu ada aja yang busuk.. jadi mesti diambil tangkainya ya

    ReplyDelete
  10. Berguna bgt ini artikelnya, penting bgt ya utk menghemat ke pasar, jd stok di kulkas itu benar2 wajib banget & harus tahu cara yg benarnya agar awet

    ReplyDelete
  11. Tips yang berguna banget ini buat nyimpan sayur bisa tahan lama, apalagi dimasa Corona seperti saat ini, bisa membuat efektif waktu dan menjaga agar tidak keluar rumah

    ReplyDelete
  12. Jujur aku baru tahu cara menyimbang kangkung atau sayuran sejenis seperti itu, hehehe. Manfaat bangrt untukku. Makasih mbaaak...

    ReplyDelete
  13. Wah artikelnya menarik sekali Mbak. Saya juga lagi cari cara buat bisa simpan bahan makanan biar awet gitu alhamdulillaah nemu caranya di sini.

    ReplyDelete
  14. Saya tidak punya kulkas jadinya bersyukur bisa baca tambahan ilnu perdapuran yang bermanfaat. Soalnya kalau beli sayuran bahkan bawang dan cabai sering tidak tahan lama jadinya terpaksa beli harian ke warung.
    Jemur wortel itu ternyata penting. Pun sayuran lain yang cenderung lembap.
    Bentar lagi saum Ramadhan, bagi saya adanya sayuran elemen penting penyedia serat agar tetap kenyang dan pencernaan sehat.

    ReplyDelete

Post a Comment