Laporkan Penyalahgunaan

Popular Posts

Contac Us

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Jumlah Pengunjung

Arsip

Labels List

Kelas Growth Blogger dari Growthing.id

Popular

Bedah lagu, cara mengetahui lebih mendalam tentang sebuah lagu

Seiring dengan berkembangnya media sosial yang sering digunakan untuk memposting video yang diiringi lagu. Maka trend bedah lagu juga muncul. Adapun alasan kenapa trend bedah lagu muncul karena biasanya orang ingin mengetahui makna yang terkandung dalam lagu tersebut. Tidak hanya itu, banyak orang juga yang penasaran dengan latar belakang munculnya sebuah lagu. Kemudian orang juga penasaran bagaimana proses lahirnya lagu tersebut. 

Apa saja scope dari Bedah lagu? 

Berbicara tentang bedah lagu ada beberapa scope yang harus diperhatikan untuk membedah lagu secara benar. Apa saja kan scope yang perlu dijabarkan dalam bedah lagu. 

Berikut ini adalah beberapa diantaranya;

1. Latar belakang lahirnya lagu

Dalam bedah lagu kita juga harus mengetahui latar belakang lagu tersebut hadir. Sebab lagu biasa menggambarkan suasana hati saat seseorang mengalami sebuah peristiwa. Misalnya peristiwa bahagia seperti jatuh cinta, ataupun meraih kesuksesan ataupun peristiwa sedih ketika harus berpisah dari orang yang dicintai karena harus merantau untuk bekerja. Dari peristiwa-peristiwa tadi akhirnya lahir dalam bait-bait kalimat yang kemudian menjadi lagu

2. Pemilihan musik/melodi

Setiap lagu memiliki genre tersendiri. Misalnya ada lagu pop, jazz dan juga rock. Ketika seseorang memilih genre musik tertentu tentu ada alasan tersendiri. Misalnya saja karena terinspirasi dari artis yang dikagumi atau karena memilih musik yang bisa masuk ke semua kalangan. 

3. Pembuatan video klip

Dari video klip yang ditampilkan tersebut kita akhirnya punya gambaran lebih jelas mengenai isi lagu yang ingin disampaikan. Sebab vidoe tadi memberikan gambaran secara visual. Dan dalam bedah lagu kita juga harus mencermati sajian visual tersebut agar benar-benar bisa memahami makna lagi. Sehingga tidak salah dalam menginterpretasikan lirik lagu. 

Membuat arrangement yang inovatif dari bedah lagu

Aransemen adalah kegiatan mengubah sebuah karya lagu yang sudah ada menjadi berbeda baik jenis musiknya ataupun olah vokalnya tanpa meninggalkan unsur asli dari lagu yang diaransemen. Biasanya dalam melakukan aransemen lagu juga tergantung selera masing-masing arranger. Tetapi untuk mendapatkan arasemen lagu yang bagus seorang arranger harus memiliki wawasan yang luas mengenai musik. Salah satu cara untuk memperluas pengetahuan tentang musik adalah melalui bedah lagu. Semakin bagus seseorang melakukan bedah lagu makan akan semakin inovatif juga arrangement lagu yang dihasilkan. 

Misalnya saja seseorang ingin mengaransemen lagu Rumah Kita dari Godbless. Dari liriknya kita bisa memahami bahwa lagu ini menggambarkan kecintaan akan tempat kelahiran. Karena ini menggambarkan tentang tempat kelahiran. Maka dalam aransemen lagunya kita bisa memasukkan alunan musik-musik daerah didalam lagu tersebut. Sehingga kesan akan keasrian tempat tinggal semakin terasa. 

Artis yang telah melakukan bedah lagu

Salah satu artis yang telah melakukan bedah lagu adalah adalah Maria Calista. Dia telah memulai kariernya sejak tahun 2008, saat itu dia menjadi pemenang dalam salah satu ajang pencarian bakat yang diselenggarakan oleh salah satu televisi nasional. Dalam perjalanan kariernya ia telah beberapa kali tampil dalam panggung nasional, internasional dan juga telah mengeluarkan empat single lagu Indonesia. Selanjutnya di tahun 2022 Maria Calista merilis single terbaru berjudul Lovestellation.  

Menurutnya lagu ini terinspirasi dari perasaan bahagia ketika dia melihat dan merasakan kebahagiaan pasangan yang menikah. Dari situ kemudian dia punya mimpi untuk membuat lagu yang bisa menjadi tema pernikahan. Lebih lanjut tentang bagaimana lagu tersebut hadir ia menjelaskan dalam sebuah live ig disalah satu media nasional. 


Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar