Laporkan Penyalahgunaan

Popular Posts

Contac Us

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Jumlah Pengunjung

Arsip

Labels List

Follow by Email

Kelas Growth Blogger dari Growthing.id

Popular

Cara mengobati kolesterol secara alami

36 komentar
Cara mengobati kolesterol secara alami

Pengertian kolesterol

Kolesterol adalah metabolit yang memiliki kandungan lemak sterol pada membran sel dan disebarkan dalam plasma darah. Bila tidak dikontrol, kolesterol akan mengendap pada tubuh dan kandungannya makin tinggi.

Kolesterol tinggi bisa memicu munculnya bermacam penyakit beresiko, seperti stroke dan penyakit serangan jantung. Kolesterol mempunyai dua tipe, yaitu kolesterol jahat atau Low-density Lipoprotein (LDL) dan kolesterol baik atau High-density Lipoprotein (HDL).

Kolesterol bisa terjadi kepada siapa saja, mulai dari anak-anak sampai orang tua. Kolesterol tinggi dipicu oleh konsumsi makanan yang kurang termonitor, khususnya makanan yang banyak mengandung lemak. Ternyata selain menggunakan obat medis, ada beberapa cara mengobati kolesterol secara alami yang mudah dilakukan.

Penyebab Kolesterol

Ada beberape penyebab seseorang menderita kolesterol

1.       Mengalami kelebihan berat badan

2.       Usia dan jenis kelamin

3.       Kebiasaan merokok

4.       Kurang olahraga

5.       Makan lemak berlebih

      Makanan penyebab naiknya kolesterol

     Beberapa jenis makanan penyebab kolesterol diantaranya adalah

1.       Telur

Telur adalah makanan yang bergizi tetapi telur juga memilki kandungan kolesterol yang cukup tinggi. Maka dari itu hendaknya membatasi konsumsi harian telur.

2.       Daging olahan

Daging olahan menurut heaalth line, merupakan makanan yang harus dibatasi.

3.       Udang

Sama seperti telur, udang merupakan makanan kaya nutri tetapi tinggi kolesterol.

4.       Mentega

Dalam 100 gram mentega terdkandung 215 mg kolesterol yang merupakan 72 peresen dari kebutuhann harian kita.

5.       Gorengan

Gorengan termasuk makanan yang harus dibatasi sebab minyak yang terkandung dalam gorengan dapat menyebabkan kolesterol tinggi

Dampak kolesterol tinggi

1. Tekanan darah tinggi

2. Penyakit jantung koroner

3. Stroke 

4. Penyakit arteri perifer

    Mengobati kolesterol secara alami dan cepat
Mengobati kolesterol dengan daun salam 

Daun salam mengandung flavonoid yang bernama quercetin. Zat tersebut mampu menurunkan lolesterol jahat dalam darah. Kandungan taninnya juga mampu mencegah terjadinya penumpukan kolesterol dalam darah.

Mengobati kolesterol dengan bawang putih.

Sebuah peneliian memperelihatkan konsumsi bawang putih dan lemon dapat menurunkan kolesterol jahat, fibrinogen dan tekanan darah pada penderita kolesterol tinggi. Bawang putih kaya akan kandungan senyawa phytochemical yang berfungsi sebagai anti inflamasi dan menghambat peningkatan kolestrol jahat.

Mengobati kolesterol dengan daun kelor

Penelitian pada hewan maupun manusia membuktikan bahwa daun kelor memiliki efek menurunkan kolesterol, menurut penelitian yang terdaftar di NCBI. Untuk diketahui, kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Cara menurunkan kolesterol secara alami

Jika kita sering mengkonsumsi makanan berminyak hal tersebut dapat menyebabkan penimbunan lemak, sehingga akan memperbanyak kandungan kolesterol pada tubuh. Contoh makanan yang banyak mengandung lemak ialah gorengan, daging kambing, susu kental manis, dan ada banyak kembali. Saat kandungan kolesterol jahat tinggi, maka akan mengakibatkan penyumbatan pada saluran darah.

Supply makanan ke arah jantung akan terhalang oleh tumpukan lemak. Oleh karenanya, kolesterol tinggi dipercayai bisa memicu munculnya penyakit stroke dan jantung.

Tetapi, sekarang kita tidak perlu khawatir. Kita dapat turunkan kolesterol dengan bermacam langkah natural tanpa harus menggunakan obat medis. Berikut adalah cara mengobati kolesterol secara alami yang bisa dilakukan.

Olahraga yang Rutin

Cara mengobati kolesterol secara alami

Diet ketat untuk turunkan kolesterol akan percuma bila tidak disertai olahraga. Toksin dan lemak tidak dapat keluar lewat keringat dari aktivitas olah fisik kita, perlu olahraga minimal 30-60 menit satu hari secara teratur untuk turunkan kolesterol jahat. Dimulai dari lari, push-up, sit-up, lompat tali, turun-naik tangga, berenang, naik sepeda, senam, dan olahraga yang lain. Olahraga merupakan langkah yang paling baik dan alami untuk turunkan kolesterol bandel.

Mengkonsumsi Makanan yang Tepat

Kolesterol tinggi bukan berarti kita tidak boleh mengkonsumsi makanan sembarangan. Malah kita disarankan untuk konsumsi buah-buahan atau sayur untuk menolong turunkan kandungan kolesterol jahat pada tubuh. Sayur dan buah memiliki kandungan serat tinggi yang larut air. Kandung itu bisa mengikat asam empedu buat turunkan peresapan lemak dan kolesterol pada darah. Berikut ini adalah macam -macam buah dan sayur untuk menurunkan kandungan kolesterol dalam tubuh.

1. Jeruk Nipis atau Lemon

Cara mengobati kolesterol secara alami

Langkah menurunkan kadar kolesterol dengan alami dapat dilakukan dengan minum air jeruk nipis atau lemon. Ke-2 nya mempunyai senyawa flavonoid. Kandungan ini bertindak sebagai antioksidan kuat untuk membantu perlindungan badan dari bahaya radikal bebas, khususnya molekul tidak konstan yang bisa menghancurkan beberapa sel sehat. Konsumsi segelas air jeruk nipis atau lemon tiap pagi dipercaya sangat efisien untuk meluruhkan lemak dan kolesterol bandel pada tubuh.

Di lain sisi, langkah ini sanggup mendetoks toksin pada mekanisme pencernaan dan menolong peranan kerja liver. Kita perlu memerah sebuah jeruk nipis atau lemon, selanjutnya campur dengan satu gelas air hangat tanpa gula. Kita bisa juga membuat infuse water dengan buah itu.

2. Jambu Biji

Jambu biji yang warna merah memiliki kandungan vitamin dan antioksidan yang bekerja melindungi jantung dari kerusakan karena radikal bebas. Buah ini memiliki kadar kalium dan serat larut air untuk menolong turunkan kolesterol dan tekanan darah. Sebuah riset di Malaysia memperlihatkan bahwa konsumsi buah jambu biji sekitar 400 gram setiap hari bisa tingkatkan keseluruhan kolesterol baik (HDL) pada darah dan kandungan antioksidan pada tubuh.

Banyak kandungan dalam jambu biji yang warna merah. Dimulai dari antioksidan, fitonutrien,vitamin A, vitamin C, vitamin B3, vitamin B6, kalium, dan ada banyak kembali. Oleh karenanya, sebaiknya kita minum jus jambu merah secara teratur.

3. Buah Anggur

Tidak hanya jambu biji dan jeruk nipis, ternyata anggur juga kaya akan serat larut air yang bisa mengikat kolesterol supaya terserap di usus halus. Senyawa antioksidan dalam anggur bisa turunkan kolesterol jahat (LDL) dan tingkatkan kolesterol baik (HDL).

4. Apel

Apel dipercayai sanggup turunkan kolesterol karena mempunyai kandung pektin yang lumayant inggi. Senyawa pektin bekerja meresap kolesterol dan lemak jahat dalam usus halus, selanjutnya dibawa keluar badan melalui cairan urin dan feses.

5. Sayur Brokoli

Brokoli adalah tipe sayur yang memiliki kandungan serat tinggi buat turunkan kandungan kolesterol jahat (LDL) pada tubuh. Sayur ini akan menolong proses detoksifikasi badan dengan alamiah dan baik. Sebaiknya kita rebus brokoli tanpa memakai minyak atau bahan pengawet.

Nah itulah tadi beberapa cara alami untuk menurunkan kolesterol. Selamat mencoba!

Related Posts

36 komentar

  1. Intinya back ke hidup sehat ya kak, banyakin aneka buah dan olah raga biar fit dan sehat maka kolesterol bakalan turun sendiri ya

    BalasHapus
  2. Usia kepala tiga sekarang ini memang antisipasi banget sama kolesterol termasuk gorengan dan seafood sih menurutku dan syukurlah ke 5 makanan di atas masih mudah untuk dicari :)

    BalasHapus
  3. wah makanan itu semuanya aku suka, ternyata bisa bermanfaat menurunkan kolesterol secara alami ya kak. Nah, yang masih jadi PR itu adalah olahraga. sepertinya mesti segera diubah nih.

    BalasHapus
  4. Sudah banyak mengonsumsi makanan yg disebutin di atas. Mudah2an kolesterol pergi ya. Harus rutin olahraga juga ya.

    BalasHapus
  5. Kenapa yaa makanan enak itu sumber kolestrol? Hahaha
    Tapi syukurlah untuk menetralisir nya dengan mengonsumsi makanan yang disebut diatas, dan mudah didapatkan.

    BalasHapus
  6. Sudah belajar pola hidup sehat dengan makan makanan di atas. Paling suka sama jambu biji dan buah anggur. Terus juga menghindari makanan berlemak--padahal enak ya. Hahahah. Demi hidup sehat. Semangat!

    BalasHapus
  7. Makasih mba, artikelnya jadi pengingat untuk makan yang sehat. Sudah lama ga minum lemon/jeruk nipis dan brokoli nih

    BalasHapus
  8. Olahraga nih yang masih skip sampai saat ini. Terutama sejak Pandemi dan punya bayi. Harus masuk jadwal nih kalau di debay sudah besar. Pengen senam aerobic lagi di sanggar biar lebih mantul

    BalasHapus
  9. Gorengaan nih yg susah bgt tuk puasa. Sangat menggoda iman hehe.. Nah jeruk nipis sebagai penawar mmg mantaps ��

    BalasHapus
  10. Jeruk nipis itu bisa kita bikin infused water ya mba. Jambu merah itu bukan cuma buah paling murah meria, sekaligus buah penurun kolesterol sekaligus kandungan antiradikal bebasnya tinggi banget.

    BalasHapus
  11. Harus rajin olahraga nih, untuk menurunkan kolesterol secara alami. Bisa bikin seduhan jeruk nipis abis WO. Pasti seger deh.

    BalasHapus
  12. mulai sekarang harus banyak banyak makan buah dan sayur nih. Mengurangi gorengan dan fastfood.biar badan sehat bebas kolesterol jahat

    BalasHapus
  13. Semua makanan di atas suka dan nggaada pantangan alhamdulillah. Yng susah sekarang mah olahraga nya huhu.ampun deh

    BalasHapus
  14. wah tipsnya bisa saya sharing dengan orangtua saya yang memang dia punya kolesterol juga niy kak, dan ternyata bahan-bahan alami ini mudah banget didapatnya ya, mau coba deh buat orangtua

    BalasHapus
  15. Jambu biji harus yg dagingnya merah ya mba? Kalau daging putih gitu bisa ga ya. Duh, jambu biji merah ini camilan saya semasa kecil, sepulang sekolah main sama teman2 di pohon jambu. Ga harus nunggu mateng bgt rasanya udah maniiis. Tapi sayang sekarang udah mulai langka. Kalau beli di pasar, saya kurang suka karena rasanya kurang manis dan teksturnya lembek.

    BalasHapus
  16. Jeruk nipis dan jambu biji, buah yang mudah ditemukan dan harganya juga murah. Tapi ternyata punya khasiat yang bagus untuk menurunkan kadar kolestrol dalam darah ya

    BalasHapus
  17. Halo, kolesterol. Dapat salam dari aku yang masih suka makan gorengan deep-fried, huhu.
    Suamiku bilang, jeruk nipis emang bagus buat kesehatan. Makanya dia minuman apa aja dicampur jeruk nipis. Sementara aku, lambungku yang gak kuat. Mungkin bisa pakai pilihan lainnya di atas. Terimakasih tipsnya :)

    BalasHapus
  18. Saya suka sekali makan buah anggur, sayang harganya terhitung mahal untuk saya kalau harus makan setiap hari. Lebih mudah konsumsi jeruk nipis, ya

    BalasHapus
  19. Semua penyakit emang perlu diimbangi sama olahraga ya, karena kalau cuma konsumsi makanan kurang greget gitu. Thanks nih informasinya sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  20. Harus rajin olahraga yang pasti ya mbak terlebih disituasi pandemi saat ini jaga makanan dan olahraga wajib banget ya ..semoga kita semua senantiasa sehat deh ya

    BalasHapus
  21. Makin rajin deh saya olahraga rutin pagi-pagi. Biasanya berdua suami saya senam, beliau dumbbel. Kadang saya ikutan angkat barbel juga. Sebagai salah satu ikhtiar menjaga kolesterol ya Mbak.

    BalasHapus
  22. Di rumah selalu sedai jeruk nipis nih. Niatnya buat bersihin usus. Wah, ternyat bisa juga ya buat nuruin kolesterol. makasih Bu artikelnya. saya jadi tau nih.

    BalasHapus
  23. Kolesterol emang bikin segala-galanya runyam ya. Masalahnya makanan penurun kolesterol dan aktivitas buat menguranginya ini yang bikin males. hihi

    BalasHapus
  24. hi mbak, makasih tipsnya ya. Buat hidup sehat, memang harus dimulai dari yang paling bisa kita lakukan dulu ya. Misalnya dari pemilihan buah diganti dengan buah yang bisa menurunkan kadar kolesterol, kemudian meningkat lagi ke makanan, dan terus supaya bisa konsisten.

    Makasih buat referensi buah buahannya

    BalasHapus
  25. Orang tuaku sempat kena kolesterol dan rutin minum minyak zaitun sehari 6 sdm. Alhamdulillah sekarang turun..

    BalasHapus
  26. Aku suka sama brokoli goreng mbak, gimana ya itu? Apa berperan nurunin kolesterol atau malah naikin, huhu? Kayaknya kudu mulai olahraga deh ini, bahaya kolesterol tinggi

    BalasHapus
  27. Ada cara alami menurunkan kolesterol yah. Tinggal bagaimana yang menjalankannya disiplin.

    BalasHapus
  28. Makasih informasinya, ada 2 jenis manusia ketika menghadapi kolesterol, ada yang tidak perduli, ada juga yang sangat berlebihan.. saya jarang menemukan yang ada di tengah tengah.. dengan info ini semoga kita menjadi lebih bijak, terima kasih

    BalasHapus
  29. Makaish mbak tipsnya, sangat bermanfaat buats emua orang yang sudah merasakan gejala kena kolesterol kayak saya. Hihihi... Btw, itu air jeruk nipisnya diseduh dengan air panas atau diapain mba?

    BalasHapus
  30. Syukurlah makanan sehat di atas sering saya konsumsi dengan rutin, tapi tetap saja gak bisa jauh dari gorengan sepertinya harus disiplin nih dari makanan yg gak benar

    BalasHapus
  31. Sulit berhenti makan gorengan. Kayaknya harus diimbangi dengan minum jus janbu biji dan brokoli rebus.
    Diet bagi yang kolesterol tinggi itu penting diterapkan secara disiplin karena ada makanan tertentu yang harus dipantangi.
    Tips di atas sangat membantu yang punya masalah kolesterol tinggi atau untuk jaga-jaga.
    Saya belum cek darah untuk periksa kadar kolesterol, tapi di umur kepala 4 kayaknya wajib periksain diri.
    Terima kasih tipsnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju sama Teh Rohjati, diet kolesterol itu penting sekali. Sebenarnya saya termasuk yang sudah mengurangi makanan atau camilan gorengan. Cuma untuk lauk pauk, kadang masih digoreng. Tapi tidak menggunakan jelantah. Paling banyak dua kali goreng lalu minyak dibuang.

      Hapus
  32. wah ini cocok banget buat orang tua aku yang sering banget kena kolesterol, bisa aku terapkan ke mereka agar makan dan konsumsi buah-buahan serta sayuran ini

    BalasHapus
  33. Aku baru tahu daun salam bisa mencegah penyakit kolestrol, ini cara penggunaannya seperti biasanya buat bumbu masak tapi buat penyedap rasa saja tdk dimakan, apakah itu bisa? Atau ada cara lain ya kak? Misal diblender atau di apakan gitu heheh aku penasaran

    BalasHapus
  34. Sejak pandemi ini aku jadi lebih peduli terhadap kesehatan, termasuk mewanti-wanti agar tidak terkena kolesterol. Ternyata cara mengobatinya secara alami cukup mudah juga ya mbak, barangnya mudah ditemukan di sekitar kita :D

    BalasHapus
  35. Benerapa hari ini aku baca artikel tentang kolesterol terus. Alhamdulillah jadi makin aware sama penyakit ini. Soalnya hasil cek lab beberapa bulan lalu, udah mayan banyak lemak dalam darahku katanya, Kak. Mungkin beberapa penyebabnya kaya yg kakak sebutin itu. Nah, bagian kelebihan BB, aku masih struggling banget buat nguranginnya. Bismillah semoga bisa ya.

    BalasHapus

Posting Komentar