Laporkan Penyalahgunaan

Popular Posts

Contac Us

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Jumlah Pengunjung

Arsip

Labels List

Kelas Growth Blogger dari Growthing.id

Popular

Kelas blogger di kelas growth blogger

Posting Komentar
Kelas blogger

Saat ini blog banyak diminati orang. Mulai dari remaja hingga orang tua banyak yang menekuni dunia blogger. Salah satu latar belakang yang membuat orang menyukai dunia blog adalah hobby menulis. Dengan memanfaatkan internet hobby menulis tersebut kemudian mereka tuangkan dalam blog yang mereka miliki.

Pengertian blogger

Saat ini kita sudah tidak asing lagi mendengar istilah blogger. Lalu apa yang dimaksud dengan blogger? Menurut kamus Oxford blogger dapat diartikan sebagai seseorang yang secara teratur menulis di blog. Adapun pengertian lain blogger adalah seseorang yang membuat konten dan mengelola sebuah blog. Mereka membuat konten dengan beragam topik lalu dibagikan ke masyarakat secara luas melalui blog. 

Sebagian orang menjadikan aktivitas ngeblog sebagai profesi sampingan, selain itu juga ada yang menjadikan kegiatan ngeblog untuk mendapatkan penghasilan utama. Di sisi lani ada juga yang menjadikan blog sebagai tempat untuk menyalurkan hobby menulis.

Pengertian kelas blogger

Sebenarnya belajar blog bisa dilakukan secara ototidak, tetapi jika ingin lebih serius dan konsisten maka kita bisa mengikuti kelas blogger. Kelas blogger merupakan sebuah kelas yang diperuntukkan bagi orang yang ingin menekuni dunia blog. Di era digital ini kelas blogger bisa dilakukan secara online. Jadi tidak perlu tatap muka langsung. Tetapi dilakukan secara online bisa melalui grup WA atau juga grup Facebook. Di dalam kelas blogger ini mereka akan belajar banyak tentang blogger. Mulai dari bagaimana membuat blog, membuat konten yang menarik bahkan juga tentang teknik fotografi.

Manfaat menjadi blogger

1. Menyalurkan hobby

Memiliki blog bisa menjadi salah satu alternatif untuk menyalurkan hobby utamanya jika kita memiliki hobby menulis. Jika menulis dikertas atau dibuka maka suatu saat buku tersebut akan rusak bahkan hilang. Tetapi jika kita menulis di blog maka selama google masih ada maka tulisan kita juga masih akan tetap ada. Selain itu pula tulisan kita juga akan bisa dibaca orang sehingga tulisan kita bisa memberikan manfaat bagi orang yang membutuhkan. 

Selain itu juga dengan memiliki blog maka akan membuat kita lebih konsisten untuk menulis. Sebab jika kita tidak posting tulisan dalam jangka waktu yang lama rasanya ada yang kurang. Dengan konsisten menulis ini maka secara tidak langsung akan membuat skill menulis akan meningkat.

2. Memperbanyak teman/jaringan

Dengan menjadi blogger kita akan dipertemukan dengan orang-orang yang memiliki hobby yang sama. Dari sini maka kita akan mendapatkan teman-teman baru. Orang yang menekuni dunia blogger berasal dari berbagai macam daerah. Dengan menjadi blogger maka kita juga akan memiliki teman dari berbagai daerah.

3. Mendapatkan penghasilan

Saat ini menjadi blogger merupakan pekerjaan yang cukup menjanjikan. Ada banyak peluang untuk menghasilkan pundi-pundi uang dari kegiatan ngeblog. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan dari ngeblog. Misalnya melalui jasa review produk, conten placement hingga mengikuti berbagai macam lomba blog.

Hal yang dipelajari dalam kelas blogger

Ada beberapa materi yang akan dipelajari dalam kelas blogger. Tentu saja semua materi yang akan dipelajari akan meningkat pemahaman dan juga skill kita tentang dunia blogger. Berikut ini adalah materi yang akan dipelajari di kelas blogger

1. Google Analytic

Google Analytic merupakan perangkat lunak berbasis web yang digunakan untuk menganalisa kerja sebuah website. Banyak tidaknya pengunjung yang mengunjungi website kita bisa diketahui melalui Google Analytic. Hasil analisa dari Google Analytic bisa kita jadikan sebagai bahan untuk membuat konten selanjutnya. Sebab melalui Google Analytic kita bisa mengetahui conten-conten apa saja yang banyak diminati oleh pemgunjung. Melalui Google Analytic ini kita bisa mengembangkan blog kita.

2. Google search console

Google search console merupakan layanan layanan dari Google untuk mempertahankan keberadaan web kita di mesin pencarian. Melalui Google search console kita bisa mengetahui bagaimana Googlebot menilai blog kita. Kita bisa melihat bagaimana halaman blog kita muncul di pencarian Google. Berapa diperingkat berapa dari halaman Google bisa kita ketahui. Bahkan kita juga bisa melihat bagaimana audiens berinteraksi dengan conten yang ada di blog. Dengan menggunakan data dari Google search console untuk meningkatkan performa blog kita di mesin pencari Google.

3. Keyword research

Riset keyword merupakan proses menentukan kata kunci yang banyak pengunjungnya. Dengan menggunakan riset keyword kita bisa menentukan tema-tema tulisan yang banyak dicari oleh pengunjung. Sehingga nantinya kita bisa memilih kata kunci yang pontesial di buat artikel selanjutnya. Harapannya dengan menggunakan riset keyword ini kita juga bisa meningkatkan traffic kunjungan blog kita.

4. Belajar SEO on page

SEO on page merupakan optimasi SEO yang dilakukan didalam tulisan yang kita publish. Optimasi SEO on page fokus pada faktor-faktor yang ada di dalam kontes. Jadi bisa dikatakan SEO on page merupakan langkah optimasi untuk meningkatkan kualitas tulisan agar mudah dipahami oleh pembaca. Selain itu juga SEO on page juga akan memudahkan mesin pencari untuk memahami tulisan-tulisan dari blog kita yang sesuai dengan kata kunci yang dicari oleh pengunjung.

5. Belajar SEO on page

SEO off page merupakan langkah optimasi SEO yang dilakukan di luar tulisan yang kita publish di blog kita. Jika SEO on page berfokus pada faktor SEO internal blog tetapi SEO on page adalah optimasi faktor-faktor yang berada diluar tulisan kita. Faktor lain yang berasal dari luar ini maksudnya adalah backlink mengenai blog ataupun artikel kiga dan juga share melalui media sosial.

6. Fotografi blogging

Menguasai teknik fotografi bagi seorang blogger sangat penting. Sebab jika mendapatkan job untuk mereview produk maka mau tidak mau kita harus menggunakan foto hasil jepretan sendiri. Tentunya kita harus memberikan foto yang bagus sehingga clien puas dengan hasil kerja kita. Review tulisan bagus tetapi jika tidak didukung dengan foto-foto yang bagus maka hasilnya juga tidak memuaskan. Maka dari dari itu sebagai blogger kita harus menguasai bagaimana cara mengambil angel yang bagus saat akan memotret. Nah, di kelas blogger ini kita akan diajarkan teknik-teknik fotografi. Sehingga hasil bidikan lensa kamera kita seperti bidikan kameramen profesional.

7. Story telling

Storry telling merupakan teknik bercerita dalam menulis. Jadi pembaca seolah-seolah sedang diajak bercerita atau membaca sebuah cerita. Adapun kelebihan teknik bercerita ini pembaca akan merasa lebih nyaman dan juga lebih santai saat membaca tulisan. Selain itu teknik ini juga membuat pembaca seolah-seolah hadir atau melihat langsung sebuah peristiwa yang ditulis. Tentu saja untuk menulis yang demikian tidaklah mudah butuh teknik-teknik khusus. Salah satunya adalah dengan memaksimalkan seluruh indra yang ada. Artinya kita menulis apa yang kita lihat, kita dengar dan juga kita rasakan. 

Manfaat mengikuti kelas blogger

1. Mendapatkan teman

Tentu saja salah satu manfaat dalam mengikuti kelas blogger adalah mendapatkan teman. Jadi kita akan bertemu dengan teman-teman yang memiliki hobby yang sama. Tentu hal ini sangat menyenangkan, sebab membuat kita akan lebih semangat dalam belajar.

2. Dibimbing oleh ahlinya

Dengan mengikuti kelas blogger maka kita akan dibimbing oleh orang-orang yang sudah ahli dibidangnya. Maka ketika kita mengalami kesulitan kita bisa langsung bertanya kepada mereka. Sehingga kesulitan yang kita alami segera bisa teratasi. Adapun pembimbing di kelas growth blogger ini diantaranya adalah Mas Irwin Andriyanto, Mas Punto Wicaksono dan Mas Aldhi Fajar. Keilmuan mereka dibidang digital marketing sudah tidak perlu diragukan lagi. 

3. Mendapatkan ilmu yang bermanfaat

Ketika mengikuti kelas blog maka kita akan mendapatkan ilmu-ilmu yang berkaitan dengan blog. Ilmu yang selama ini tidak kita ketahui di dalam kelas ini kita akan mendapatkannya. Dengan ilmu tersebut maka kita bisa mengembangkan blog yang kita miliki.

Kesimpulan

Kesan mengikuti kelas blogger di kelas growth blogger (KGB)

Mengikuti kelas blogger di grwothing memberikan banyak pengalaman yang tidak ternilai. Tentu saja ilmu dan juga pengetahuan tentang dunia blogger semakin bertambah. Dulu awalnya nulis ya nulis saja, tetapi setelah belajar dikelas ini saja jadi tahu arti pentingnya research keyword sebelum membuat tulisan. Nah bagi kalian yang ingin belajar tentang dunia blogger, jangan ragu lagi untuk bergabung di Kelas Growth Blogger. Sebab kalian akan di bimbing oleh orang-orang yang ahli di bidangnya.

Related Posts

Posting Komentar