Laporkan Penyalahgunaan

Popular Posts

Contac Us

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Jumlah Pengunjung

Arsip

Labels List

Follow by Email

Kelas Growth Blogger dari Growthing.id

Popular

Tips mengembangkan potensi diri

Tips mengembangkan potensi diri

Banyak orang yang merasa bahwa ia tidak memiliki bakat apa-apa. Lalu bingung dengan dirinya dan tidak tahu mau melaksanakan apa. Padahal setiap manusia sudah dibekali dengan potensi diri yang luar biasa. Tinggal tugas kita selanjutnya adalah mencari dari bakat yang sudah ada dalam diri kita.

Sayangnya tidak banyak orang yang mau mencari bakat yang dimiliki. Sebaliknya banyak yang mengeluh merasa dirinya tidak punya bakat. Untuk mengetahui bakat seseorang tidak bisa muncul dengan tiba-tiba. Harus ada usaha keras dan juga maksimal akan bakat yang ada bisa muncul. Intinya harus ada kemauan untuk menggali potensi bukan hanyalah berdiam diri berharap bakat bisa muncul dengan sendirinya.

7 tips mengembangkan potensi diri

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencari ataupun mengembangkan bakat yang kita miliki.

1. Kenali diri sendiri

Ketika kita sering memperhatikan keberhasilan orang lain. Maka waktu kita banyak yang terbuang percuma. Kita akan akan terkagum-kagum dan terpesona dengan pencapaian-pencarian orang lain. Sehingga terlupa untuk mencari bakat diri. Oleh karenanya, mulai lah mengenali diri sendiri. Jadikan keberhasilan orang lain sebagai motivasi untuk kita. Jangan hanya sekedar terpukau.

Untuk mengenali diri kita bisa memulai dengan melihat apa yang kita sukai. Hal apa yang membuat kita senang, lalu kegiatan apa yang saat kita jalani kita merasa tidak terbebani malah sebaliknya membuat kita semakin bahagia. Dari hal-hal kecil ini selanjutnya kita bisa mengetahui bakat yang ada. Sehingga tugas kita selanjutnya adalah mengasah kemampuan tersebut supaya hasilnya menjadi lebih optimal.

2. Miliki tujuan

Hidup kita tidak akan memilih makna jika kita tidak punya tujuan. Hal ini bisa diibaratkan seorang yang keluar rumah tetapi tidak memenuhi tujuan hendak pergi kemana. Akhirnya ia hanya muter-muter saja dijalan dan pulang tanpa membawa apa-apa. Tentu hal ini berbeda jika kita keluar rumah dan punya tujuan. Jadi ketika keluar rumah kita tahu tempat yang akan kita tuju. Misalnya saja kita keluar rumah punya tujuan untuk membeli baju. Maka ketika pulang kita akan membawa baju. Begitupun dalam hidup ini, kita perlu memiliki tujuan. Tujuan tersebut yang akan membuat hidup kita terarah dan juga tertata. Jadi setiap hal yang kita lakukan adalah tahapan untuk mencapai tujuan.

3. Kuatkan Niat

Setelah memiliki tujuan satu hal yang harus dimiliki adalah niat yang kuat. Tujuan tanpa dibarengi niat yang kuat maka akan percuma. Niat merupakan pondasi yang menguatkan tujuan kita. Maka kita perlu memiliki niat yang kuat untuk mewujudkan tujuan kita. Jangan niat yang setengah hati sebab niat yang seperti ini tidak bisa memunculkan potensi diri sehingga tujuan yang telah kita canangkan juga belum tercapai.

4. Siap menerima Setiap Kritikan

Jika kita memiliki niat untuk mengembangkan potensi diri, maka kita harus siap menerima kritikan. Kritikan bisa menjadi cermin untuk kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Tidak perlu emosi jika ada yang mengkritik kita sebaliknya kita harus mengucapkan terima kasih. Sebab dari kritikan tersebut kita bisa mengetahui kekurangan diri kita. Sehingga kita mengetahui celah yang harus kita perbaiki. 

5. Berpikir positif

Kita harus bisa bersikap positif terhadap segala hal yang terjadi pada diri kita. Kita harus bisa menjauhkan diri dari pikiran negatif. Karena pikiran negatif akan menghambat kita dalam mengembangkan potensi diri. Ketika kita berpikir negatif maka pikiran kita akan kehilangan fokus dari tujuan kita. Hal ini tentu akan berdampak negatif terhadap kita baik secara fisik maupun psikis.

Maka dari kita selalu memiliki pikiran positif, meskipun dalam keadaan yang tidak menyenangkan ataupun menguntungkan. Dengan sekalu berpikir positif maka kita akan bisa melihat peluang yang bisa mendatangkan keuntungan. 

6. Bersikap Optimistis

Ketika kita ingin mewujudkan impian ataupun kita ingin mengembangkan potensi yang ada dalam diri. Tentunya akan ada banyak halangan yang kita hadapi. Menghadapi halangan ini kita tidak boleh menyerah. Kegagalan yang kita alami jangan sampai membuat kita menyerah. Karena untuk membangun kesuksesan tidak bisa diraih dengan cara yang mudah. Dibutuhkan perjuangan tanpa kenal menyerah. Kegagalan yang kita alami kita jadikan evaluasi untuk perbaiki diri. Sehingga kita punya bekal untuk bangkit dari kegagalan dan berjuang kembali mewujudkan impian.

7. Miliki Teman-teman yang Positif

Lingkungan pertemanan memiliki pengaruh yang penting dalan proses pengembangan diri. Ketika kita berada dilingkungan yang baik, mereka akan selalu mendukung kita untuk selalu mengembangkan potensi yang kita miliki. Selain itu juga teman yang positif juga akan membuat kita terus bersemangat dalam mencapai tujuan kita. 

Related Posts

Posting Komentar