Skip to main content

Featured

Liburan Staycation di Hotel Murah Surabaya

Java Paragon Hotel & ResidencesSetelah lama di rumah aja karena pandemi, liburan tampaknya bisa menjadi pilihan menarik untuk dilakukan demi sedikit menyegarkan diri. Namun liburan keluar kota belum menjadi pilihan yang bagus, karena akses keluar masuk kota yang masih sulit dan cukup rawan. Nah oleh sebab itu liburan staycation mungkin bisa menjadi pilihan kalian saat ini. Staycation telah lama menjadi tren liburan yang diminati oleh anak muda di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Jogja, dan lainnya. Selain biaya liburan yang lebih hemat, liburan staycation ini juga tidak terlalu merepotkan, karena cukup dengan menginap selama beberapa hari di hotel yang kalian mau, sambil memanjakan diri dengan fasilitas hotel yang bagus. Bagi kalian yang ada di Surabaya, kalian juga bisa memesan hotel murah Surabaya melalui Traveloka loh untuk staycation bersama orang tersayang. Referensi hotel murah di Surabaya dari TravelokaBerikut ini beberapa hotel yang bisa…

GoModal, Pinjaman Modal usaha Yang Mudah Dan Cepat


Ketika banyak teman yang memiliki usaha dan mulai berhasil menjalankan usahanya. Di hati kecil saya terbersit keinginan untuk melakukan hal yang sama. Karena menurut saya pekerjaan dengan membuka usaha sendiri cukup menggiurkan. Sebab menjadi pengusaha bisa menjadi jalan untuk merubah arah kehidupan. Tetapi salah satu hal besar yang menjadi tantangan bagi orang yang ingin membuka usaha adalah cara untuk bisa mendapatkan pinjaman modal usaha.

Meskipun demikian saya tetap tertarik untuk memiliki usaha sendiri. Adapun alasan lainnya karena dengan membuka usaha sendiri kita tidak terikat waktu kerja. Kita memiliki waktu yang fleksibel untuk mengatur jadwal kerja. Menariknya lagi dengan menjadi pengusaha berarti menjadi atasan bagi diri sendiri. Selain itu pekerjaan ini juga tidak mengharuskan kita untuk datang ke kantor dengan jadwal yang baku. Sebab pekerjaan ini bisa dilakukan di rumah.

Kita bisa lihat banyak sekali orang yang sukes dan berhasil dalam menjalankan usahanya. Tetapi memang keberhasilan mereka tidaklah semudah membalik telapak tangan. Mereka harus membayar mahal keberhasilannya dengan kerja keras dan semangat pantang menyerah.

Selain bisa membuat sukses dengan hidup berkecukupan, dengan memiliki usaha kita bisa membantu orang lain yang ada disekitar kita. Ketika usaha kita sudah berkembang pastinya kita membutuhkan tambahan karyawan untuk bekerja ditempat usaha kita. Hal ini tentunya akan membuat kita lebih bahagia. Sebab kita bisa bermanfaat bagi orang lain dengan memberikan lapangan pekerjaan.

Tips Mendapatkan Modal Pinjaman Usaha

Seperti yang saya sampaikan diawal, salah satu tantangan untuk memulai usaha adalah mendapatkan pinjaman modal usaha. Modal merupakan faktor yang penting, sebab menjadi salah satu penentu dari keberhasilan dari usaha yang kita jalankan. Keahlian tanpa dibarengi dengan modal, maka usaha kita akan jalan ditempat dan sulit untuk berkembang. Tetapi saat ini kita tidak perlu ragu dan khawatir lagi untuk mulai membuka usaha. Karena ada banyak cara yang bisa kita lakukan supaya bisa mendapatkan pinjaman modal. 

Berikut ini beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan pinjaman usaha.

1. Menggunakan tabungan
Cara pertama untuk mendapatkan pinjaman usaha adalah menggunakan tabungan yang kita miliki. Jadi kita bisa menggunakan untuk sementara waktu tabungan yang ada sebagai modal usaha. Tetapi hal yang perlu di ingat dalam meminjam tabungan kita juga harus berkomitmen untuk mengembalikan uang tabungan tersebut. Kita harus menganggap bahwa uang tabungan tersebut adalah hutang yang harus kita bayarkan. Sehingga dengan demikian uang tabungan akan tetap aman dan usaha kita tetap berjalan.

2. Menjual aset
Cara lain yang bisa kita lakukan adalah menjual aset. Misalnya kita bisa menjual mobil untuk digunakan sebagai modal usaha. Tetapi sebelum menjual aset yang kita miliki kita harus benar-benar memperhitungkan untung ruginya. Jangan sampai aset terjual tetapi usaha yang kita lakukan tidak berjalan dengan lancar. Maka dari itu pertimbangan sebelum menjual aset sangat diperlukan. Sebab jika rugi kita akan rugi dua kali yaitu kehilangan aset dan kehilangan usaha. Sebaliknya jika usaha lancar keuntungan juga akan berlipat dan aset yang terjual bisa segera kita miliki lagi.

3. Menggadaikan aset
Jika kita tidak memiliki tabungan dan aset untuk dijual sebagai modal pinjaman usaha, maka cara selanjutnya kita bisa menggadaikan aset yang kita miliki ke pegadaian. Adapun aset yang bisa kita jaminkan ke pegadaian adalah emas perhiasan, emas batangan dan juga BPKB kendaraan serta barang-barang berharga lainnya. Hal yang perlu di ingat adalah waktu jatuh tempo untuk menebus aset yang kita gadaikan. Sebab jika terlupa maka aset yang kita jaminkan akan dilelang oleh pihak pegadaian.

4. Mengajukan pinjaman ke bank
Selain menggadaikan aset ke pegadaian kita bisa mengajukan pinjaman modal ke pihak bank. Dengan mengajukan pinjaman ke bank kita bisa mendapatkan uang tunai yang bisa dijadikan modal usaha. Biasanya sebelum mendapatkan persetujuan peminjaman, pihak bank akan melakukan survey terlebih dahulu terhadap calon nasabahnya. Ada dua cara pinjaman melalui bank yakni melalui jaminan dan tanpa jaminan. Jadi kita bisa memilih sendiri apakah kita meminjam dengan jaminan atau tidak.

5. Meminjam ke teman/saudara
Teman/saudara biasanya adalah orang yang selalu mendukung kita supaya kita bisa sukses. Tetapi jika berkaitan dengan uang, utamanya jika kita ingin mengajukan pinjaman modal. Maka kita harus bisa menjelaskan secara detail keperluan dan juga usaha yang kita jalankan. Supaya kita bisa mendapatkan kepercayaan dari orang yang akan kita pinjami modal. Hal yang tidak kalah penting saat meminjam uang ke saudara/teman adalah menjaga kepercayaan bahwa kita merupakan orang yang bertanggung jawab dan sanggup melunasi hutang. Sebab uang masalah yang sensitif, jangan sampai gara-gara hutang hubungan persaudaraan dan pertemanan jadi renggang. 

6. Mencari partner bisnis 
Mencari partner bisnis bisa menjadi alternatif untuk untuk mendapatkan pinjaman usaha. Tetapi hal yang harus diperhatikan dalam mencari partner adalah kesamaan visi dan juga misi. Supaya kedepannya bisa lebih mudah dalam menjalankan usaha secara bersama.

7. Melalui pinjaman GoModal 
Cara selanjutnya adalah mengajukan pinjaman ke GoModal. Cara mengajukan pinjaman ke GoModal cukup mudah sebab dilakukan melalui online. Jadi bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Pinjaman Modal Usaha

GoModal, Pinjaman Modal Usaha yang Cepat dan Mudah

Pinjaman GoModal merupakan program pinjaman modal usaha yang diperuntukan bagi Mitra Usaha Gojek terpilih yang telah terintegrasi dengan fitur GoFood.  Adapun tujuan pinjaman ini adalah untuk membantu mengembangkan usaha yang mereka milki. GoModal diluncurkan pada bulan September tahun 2018 dengan nama Pinjaman Modal Usaha (PMU) dan telah berhasil membantu Mitra Usaha Gojek dalam mengembangkan usaha kelas kecil dan menengah.
Keunggulan Pinjaman GoModal
1. Mudah dan praktis karena dilakukan secara online melalui aplikasi GoBiz
2. Tidak tanggung-tanggung GoModal saat ini menyediakan pinjaman usaha hingga Rp 150 Juta
3. Terdapat  pilihan jangka waktu angsuran yaitu 2, 3, 6 dan 12 bulan
4. Proses pencairan cepat, rata-rata hanya membutuhkan hingga 13 jam pada hari kerja 
5. Terdapat keleluasaan pembayaran cicilan

Syarat Untuk Mendapatkan Pinjamam Gomodal 
  • Wajib memiliki akun Gobiz
  • Tanda tangan elektronik
  • Memiliki akun Gopay
  • Dana pinjaman Dari Findaya
  • Bukti pernyataan dan jaminan
  • Pajak dan Biaya ditanggung
  • Mitra Usaha Gojek yang sudah terintegrasi dengan layanan GoFood
  • Merupakan Mitra Usaha Gojek yang sudah lolos kualifikasi
Cara Pengajuan Pinjaman ke GoModal
Pertama, pilih ajukan pinjaman modal pada menu GoModal
Kedua, tentukan besar jumlah pinjaman dan panjang jangka waktu cicilan yang kita inginkan
Ketiga, sebelum dilanjutkan, cek dan konfirmasi kembali data diri kita
Keempat, tanda tangani kontrak online dengan memasukkan nama, lalu kirim untuk lanjut ke proses pencairan
Kelima, selesai! Modal usaha sudah cair ke rekening, dan bisa digunakan!

Setelah kita menandatangani kontrak dan menyelesaikan pengajuan, tunggu maksimal 2 hari sampai pencairan pinjaman dilakukan. Jadi prosesnya cukup mudah dan tidak butuh waktu yang lama.

Pinjaman usaha

Kriteria Mitra Usaha Untuk Mendapatkan Pinjaman Dari GoModal
  • Hanya di peruntukkan bagi Mitra Usaha Gojek dengan layanan GoFood yang sudah menggunakan aplikasi GoBiz
  • Hanya di peruntukkan bagi partner GoFood dengan peran pengguna Pemilik
  • Aktif melakukan transaksi dalam 3 bulan terakhir
  • Aktif melakukan transaksi minimal selama 20 hari setiap bulannya

Pinjaman modal

Nah, bagi pengusaha kuliner yang saat ini sedang mencari pinjaman usaha tidak perlu bingung lagi. Segera bergabung menjadi mitra usaha Gojek lalu integrasikan dengan layanan GoFood supaya bisa mendapatkan pinjaman dari GoModal. Semakin banyak modal usaha yang kita keluarkan tentunya semakin banyak pula keuntungan yang akan kita dapatkan. Jadi tunggu apa lagi, bersama GoModal usaha kita akan semakin berkembang dan keuntungan pun berdatangan.


Comments

  1. Wah aku pengen buka usaha nih dan lalu bermitra dengan Gobiz apalagi saat setiap penjualan mendapatkan poin atau rewards keren banget hehe

    ReplyDelete
  2. Jaman sekarang nyari modal usaha lebih mudah, kalau malu pinjem teman atau saudara bisa pinjem secara online juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup betul banget kak, apalagi pengajuan pinjaman ke GoModal juga mudah.

      Delete
  3. Info baru nih. Semakin memudahkan pengusaha untuk terus mengembangkan usaha supaya makin maju dan berkembang.
    Syaratnya juga nggak terlalu sulit kok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, pengajuan pinjamannya dilakukan secara online. Jadi sangat memudahkan kita.

      Delete
  4. Sebenarnya menarik mba utk menggunakan go modal tapi saya kok maju mundur kalau mau mengajukan. Sebenarnya di saat pandemi ini sya butuh utk modal buka usaha. Tapi sementara pakai sumber dana yg ada dulu walau mepet. Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk maju kita harus berani kak hehe.... yang penting dana pinjamannya benar-benar kita gunakan untuk modal usaha bukan untuk hal yang lainnya

      Delete
  5. Saat ini sudah mudah untuk mendapatkan modal usaha. Hanya saja, perlu dihitung usaha yang sedang dibangun, agar tidak tekor usahanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak, dengan perhitungan yang tepat. Maka usaha kita akan maju.

      Delete
  6. Untuk memulai usaha tentunya dibutuhkan Modal, dan biasanya ini yg menjadi kendalaa utama so kita ga tau mau pinjam kemana buat modal awal, diera ini semua dimudahkan apalagi dg adanya Gomodal

    ReplyDelete
  7. Wah usaha gojek sudah banyak fiturnya ya kak, ada go modal juga. Apalagi pandemi seperti sekarang ini. Banyak yang perlu modal untuk buka usaha baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, jadi yang butuh tambahan modal usaha bisa mengajukan pinjaman ke GoModal

      Delete
  8. Wah Semakin mudah aja ya may ngajukan pinjaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, GoModal ini syarat pengajuan pinjamannya mudah kak..

      Delete
  9. wah keren ya ini, sangat membantu yang mau usaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali kak, jadi yang butuh modal usaha bisa mengajukan pinjaman ke GoModal

      Delete
  10. Baru tau nih, ada gomodal. Benar2 terus berinovasi untuk menjawab berbagai tantangan zaman, ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, bagi pengusaha kuliner yang membutuhkan tambahan modal bisa mengajukan pinjaman ke GoModal

      Delete
  11. sudah mulai banyak jasa yang memberikan pinjaman modal usaha di jaman sekarang, sehingga untuk memulai usaha gak ada alasan lagi : aduh gak ada dana/modal nih buat buka usaha... yuks buka usaha..

    ReplyDelete
  12. Wah keren gojek, terus berinovasi demi kemyamanan konsumen, sekarang tambah gomodal juga. Lebih memudahkan para pelaku usaha yang ingin membuka usaha dengan modal yang minim. Tapi tetap harus pakai perhitungan ya mbak, yang namanya pinjaman tentu ada resikonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya mbak, tapi kalau dana pinjaman benar-benar dibuat usaha dan bukan untuk hal yang lain maka akan menghasilkan.

      Delete
  13. Baru tahu kalau Gojek sekarang ada layanan GoModal untuk mitra bisnis makanannya. Memang era pandemi segala sesuatunya berjalan lambat termasuk perekonomian. Banyak UKM yang butuh pinjaman modal usaha. Lebih penting lagi mencari pinjaman modal usaha yang kredibel. Kalau sudah memperoleh pinjaman mesti bikin perencanaan matang agar bisa mengembalikan pinjaman usaha tersebut. Semoga UKM berjaya di era pandemi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, betul sekali kak.
      Yuk, semangat berwirausaha.

      Delete
  14. Jaman sekarang semua serba mudah. Bahkan urusan permodalan juga. Tinggal bagaimana kita menjalankan bisnis UMKM yang kita miliki ya Mbak.

    Tuh gobiz sudah ngasih kemudahan tambahan modal buat para pemilik akunnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, betul banget. Yang penting kita semangat dalam menjalankan bisnis kita.

      Delete
  15. Aq jadi inget pas dulu bisnis cemilan mbak, paling susah itu pas nyari modal tambahan. Kadang pinjem duit belanja dulu, atau jual perhiasan dulu ntar kalo udah balik modal baru beli lagi. Kalo ada pinjaman modal kayak gini pasti terbantu banget ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, sekarang gak perlu binggung lagi. Karena sudah ada GoModal

      Delete
  16. Pas banget ini buat yang mau buka usaha ya mba, apalagi di tengah kondisi ekonomi yang seperti skr. Sukses terus mba sulis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa bener ya mba, kadang mau usaha no modal susah susah gampang juga.

      Delete
    2. Amin. Terima kasih doanya Mbak Sera.

      Delete
  17. Ini mendukung pelaku ukm untuk mengembangkan bisnisnya ya mbak..
    Mudah sekali sekarang mencari modal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, yang penting kita bersungguh-sungguh menjalankan bisnis kita.

      Delete
  18. Inovasi gojek terus meluas sampai ada pinjaman modal juga ya. Keren deh gojek dan turunannya ini. Mendukung pelaku UMKM semoga semakin berhasil meningkatkan kesejahteraan

    ReplyDelete
  19. Kalo aman dan no bunga sih. Bisa jadi salah satu pilihan ya pakai Go Modal nih. Kalo saya biasanya jual aset, makanya penting banget punya aset nih. Makasih sharingnya

    ReplyDelete
  20. Bisa membantu membesarkan usaha nih ya. Alternatif praktis dan cepat untuk tambahan modal. Prosesnya juga mudah.

    ReplyDelete
  21. Keren nih, GoJek terus melakukan inovasi. Semoga GoModal benar-benar bisa membantu para pengusaha memulai usahanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, jadi pengusaha kuliner yang butuh tambahan modal supaya usahanya berkembang bisa mengajukan pinjaman ke GoModal.

      Delete
  22. Wah...keren nih. Sekarang udah ada GoModal. Bener-bener GoJek engga berhenti berinovasi deh. Bagus aja kalau diperuntukkan hanya yg udah melakukan kerjasama sebelumnya. Jadi udah saling percaya...Sip...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, jadi pengusaha kuliner yang butuh pinjaman modal bisa langsung mengajukan ke GoModal.

      Delete
  23. Semakin lengkap ya fasilitas dari perusahaan Gojek. Semoga membantu para pebisnis kecil dan tidak memberatkan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, dengan adanya pinjaman modal ini, pengusaha kuliner bisa mengembangkan usahanya.

      Delete
  24. Wah... asyik ya bisa punya kesempatan mengembangkan usaha dengan GoModal. Karen banget Gojek semakin banyak layanannya nih. Sukses terus! :)

    ReplyDelete
  25. Dukungannya besar sekali ya. Mulai dari aplikasi yang memudahkan sampai ngasih pinjaman modal usaha. Semoga bisa memudahkan para UMKM untuk mengembangkan usahanya ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan adanya pinjaman modal ini, pengusaha kuliner dapat mengembangkan usahanya.

      Delete
  26. Wah... GoModal bisa jadi alternatif pilihan untuk mengembangkan usaha. Tapi karena terkait dengan Gojek terutama Gofood, berarti peminjaman tersebut hanya bisa pada usaha kuliner ya...

    ReplyDelete
  27. Sekarang semua dikuasai oleh Gojek corporation. Berbagai jenis jasa usaha dijalanin, salah satunya yang terbaru adalah GoModal ini. Keren memang si owner nya otak bisnis...

    Pasti respon di masyarakat sangat baik kalo urusan pinjem duit, wkwkwkwk...

    ReplyDelete
  28. Banyak sekali manfaat menjadi mitra usaha Gojek ya. Selain dimudahkan dalam penjualan juga supaya bisa mendapatkan pinjaman dari GoModal. Semakin banyak modal usaha yang kita keluarkan tentunya semakin banyak pula keuntungan yang akan kita dapatkan. Cara daftarnya pun mudah sekali. Keren Go Modal!

    ReplyDelete
  29. Tadi pagi pas saya beli mie tiaw di dekat rumah, karena kenal dg mbak penjualnya, saya ngajak ngobrol tentang Pinjaman GoModal ini, sepertinya dia antusias

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, pengusaha kuliner yang ingin mengembangkan usahanya bisa mengajukan pinjaman ke GoModal.

      Delete
  30. Wah Gojek usahanya semakin besar ya. Menarik banget cara ini. Semoga akan mempermudah pelaku UMKM di Indonesia. Keren nih Gojek makin banyak layanannya

    ReplyDelete
  31. Kelima tips minjem ini sepertinya perlu dicoba satu-satu oleh orang yang pengen punya usaha kayak aku. Hehe

    ReplyDelete
  32. Beruntung sekali ya pelaku umkm saat ini bnyk mendapat kemudahan penawaran modal usaha terlebih dari Go Modal dng segala fasilitasnya keren ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, jadi pengusaha kuliner bisa mengembangkan bisnisnya.

      Delete
  33. Termasuk pengguna GoBiz sih, sempet dapat penawaran GoModal tapi masih cemas hahaha. Boleh deh nanti dipertimbangkan lagi, kayaknya emang butuh

    ReplyDelete
  34. Sekarang ini saya juga baru membuka usaha di bidang fashion. Sebenarnya modal tidak terlalu besar tapi harus muter terus kalau enggak ya terasa banget. Sebenarnya butuh tambahan pinjaman modal juga, tapi kalau di bank lumayan susah juga syaratnya. Pengin cari tahu lebih banyak ttg GoModal ini jadinya.

    ReplyDelete
  35. Ternyata Go-Jek membuka layanan peminjaman Go-modal juga ya? Baru tau soalnya. Kece nih kita bisa meminjam uang dengan cepat dan mudah ya

    ReplyDelete
  36. Wah selain ada gopaylatter sekarang ada gomodal ya kak, keren nih gojek. Selain memudahkan mitranya untuk urusan penjualan sekarang urusan permodalan. Keren... Kereen

    ReplyDelete
  37. saya paling takut pinjam modal usaha ke bank. takut gak bisa balikin. takut riba juga. gimana dong. tapi gobiz emang patut dicoba ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan perhitungan yang tepat maka usaha akan maju. Yuk, semangat dalam menjalankan bisnisnya...

      Delete
  38. Ternyata di GoJEK ada GoModal ya .... bisa membantu pelaku UMKM untuk mendapatkan modal usaha ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh GoJek ... GoBiz maksudnya ... untungnya masih dalam payung usaha yang sama hehehe

      Delete
  39. Aplikasi pinjaman online ini sudah cukup terpercaya, apalagi berinduk pada perusahaan GoJek. Yang tidak kalah penting, pinjaman online harus terdaftar juga di OJK

    ReplyDelete
  40. wah berita bagus sjrg ada GoModal ya jadi ngebantu bngt nih buat pelaku usaha umkm karena bisa mengembangkan usaha tanpa pusing soal.pinjaman modal

    ReplyDelete
  41. Wizz, Gojek merambah ke sektor finansial jg ya. Kreatif, mantap. Bisa jd alternatif pinjaman modal UMKM ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, jadi pengusaha kuliner yang ingin mengembangkan bisnisnya bisa mengajukan pinjaman ke GoModal.

      Delete
  42. Makasih infonya. Sekarang tuh makin mudah untuk ngajuin pinjaman. Bolh jadi referensi kalo pinjem online.

    ReplyDelete
  43. di masa pandemi seperti ini, keringan dna kemudahan mencari modal pasti sangat sulit, dan gojek hadir memberikan pencerahan dengan melahirkan fitur baru gomodal, keren banget pasti ngebantu banget para usaha kecil yang saat ini sedang terganggu ekonominya, lanjutkan gojek, semoga gomodal bermanfaat aamiin

    ReplyDelete
  44. Adanya GoModal akan membantu mitra usaha Gojek untuk lebih berkembang. Soalnya jika ingin usaha maju dari segi pengadaan barang/jasa pasti butuh tambahan modal untuk mendukung pengembangan itu.
    Kabar baik bagi mitra Gojek.
    UMKM untuk melebarkan sayap usahanya pasti butuh bantuan modal, akan tetapi tidak mudah beroleh pinjaman uang. GoModal sebagai alternatif bagi UMKM mitra Gojek agar tidak ribet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali kak, pengusaha kuliner yang ingin mengembangkan usahanya bisa mengajukan pinjaman ke GoModal. Syaratnya juga mudah.

      Delete
  45. Go Modal ini dari Gojek ya? wah memang terus kreatif mengembangkan usaha simpan pinjam ya..di era seperti ini memang harus kreatif mengembangkan usaha...

    ReplyDelete

Post a Comment