Laporkan Penyalahgunaan

Popular Posts

Contac Us

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Jumlah Pengunjung

Arsip

Labels List

Follow by Email

Kelas Growth Blogger dari Growthing.id

Popular

Tips bisnis bagi pemula yang wajib kamu ketahui

1 komentar

tips bisnis
 

Tips bisnis bagi pemula-Saat ini terjun dalam  ke dalam dunia bisnis cukup menjanjikan. Hal ini terbukti dari banyaknya anak muda yang sukses dalam menjalankan bisnisnya. Misalnya saja Hendy Setiono yang merupakan pendiri dari usaha kuliner Kebab Baba Rafi dan juga Ali Muharrom pemilik bisnis camilan makaroni ngehe. Jika dulu dunia bisnis identik dengan orang tua tapi, saat ini terjun dalam dunia menjadi trend dikalangan generasi muda.

Dibandingkan menjadi karyawan saat ini anak mudah lebih memilih membuka bisnis sendiri. Ada beberapa alasan kenapa mereka memilih membuka bisnis sendiri. Diantaranya adalah lebih memiliki kebebasan sebab tidak terikat dengan aturan yang baku. Selanjutnya supaya lebih bisa mengekspresikan diri dan juga bisa mendaptakan penghasilan yang lebih besar.

6 Tips Bisnis Untuk Pemula 

Memutuskan untuk terjun di dunia bisnis tidaklah mudah. Sebab butuh niat yang kuat dan juga semangat pantang menyerah. Bagi seorang pemula tentunya harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang dunia bisnis sebelum terjun ke dunia bisnis. Hal utama yang harus disiapkan adalah kesanggupan dalam menghadapi tantangan supaya bisnis tetap bisa berjalan dan mendatangkan kesuksesan. Nah berikut ini adalah tips bisnis bagi pemula

1. Tentukan modal

Hal pertama yang harus disediakan dalam membuka bisnis adalah modal. Sebab modal ini menjadi penentu dari jenis bisnis yang akan kamu jalankan. Jika modal yang kamu miliki besar kamu bisa langsung membuka bisnis dalam skala besar. Tetapi jika modal yang kamu miliki kecil kami juga harsu membuka usaha dalam skala kecil pula. Jika kamu belum memiliki modal usaha, tidak perlu bingung karena ada banyak cara untuk mendapatkan modal pinjaman. Misalnya,  kamu bisa mendapatkan modal usaha dengan cara  mengajukan pinjaman ke bank, menggadaikan aset ataupun mengajukan pinjaman online.

2. Tentukan jenis bisnismu

Setelah mendapatkan modal langkah selanjutnya adalah menentukan bisnis yang akan kamu jalankan. Ada beberapa cara untuk menentukan jenis bisnis, yaitu;

a. Melihat trend

Untuk menentukan jenis bisnis kamu bisa melihat trend yang saat ini sedang berkembang. Misalnya saja untuk minuman saat ini yang sedang trend adalah kopi dan juga aneka minuman coklat. Jadi dari sini kamu bisa melihat kira-kira jenis bisnis apa yang cocok untuk kamu jalankan

b. Melihat passion

Membuka bisnis yang sesuai dengan passion membuat kita lebih mudah dalam menghadapi tantangan saat awal-awal memulai usaha. Sebab bisnis yang dijalankan sesuai dengan passion akan mendatangkan kebahagiaan tersendiri. Sehingga saat ada hambatan akan segera cepat pula dalam mengatasinya. Passion juga menjadi salah satu faktor yang akan membuatkan bertahan dalam menjalankan bisnismu.

3. Buat ciri khas

Membuat ciri khas terkait dengan bisnismu sangat penting. Sebab ciri khas inilah yang membuat bisnismu berbeda dengan yang lainnya. Selain itu ciri khas ini menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen supaya membeli produk-produk bisnismu. Jadi jika ingin bisnismu laris, maka kamu harus bisa membuat sebuah produk yang unik dan menarik.

4. Manfaatkan media sosial

Saat ini tidak perlu repot lagi untuk mempromosikan produk yang kamu miliki. Kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk memperkenalkan produkmu kepada konsumen. Ada beberapa keuntungan yang kamu dapatkan jika menggunakan media sosial sebagai sarana promosi. Pertama, hemat biaya. Kedua, jangkauannya luas. Ketiga, kamu bisa melakukan promosi kapan saja.

Supaya lebih mudah dan menghemat waktu, maka kamu bisa menggunakan jasa sosial media agency. Selain lebih mudah dan hemat waktu, ada beberapa keuntungan lain yang bisa kita dapatkan. Adapun keuntungannya adalah sebagai berikut :

  • Membantu memasaran produk

Sosial media agency akan membantumu mempromosikan produk yang kamu jual. Mereka akan memasang strategi yang efektif  supaya produkmu dikenal oleh masyarakat luas. Dengan demikian kamu bisa lebih fokus pada kegiatan produk. Jadi tugas memasarkan produk akan sangat terbantu sekali oleh sosial media agency ini.

  •  Meningkatkan penjualan produk 

Sosial media agency akan berkonsentrasi untuk membuat produkmu supaya lebih mudah diakses oleh masyarakat luas. Sosial media agency akan memanfaatkan segala sosial media yang ada. Mereka akan membuat postingan produk kita dan mengenalkannya melalui media sosial tersebut. Kegiatan ini tentu akan meningkatkan lalu lintas bisnis kita. Sehingga produkmu akan semakin dikenal dan juga semakin banyak pembeli.

Nah, salah satu jasa sosial media agency yang bisa kamu gunakan untuk membantu pemasaran produk adalah digital agency jakarta. Dengan menggunakan jasa sosial media agency maka kita akan lebih mudah dalam mempromosikan produk kita ke masyarakat. Sehingga produk kita mudah dikenal dan penjualan akan meningkat menjadi berkali lipat.

5. Fokus

Salah satu kunci untuk meraih kesuksesaan dalam menjalankan bisnis adalah fokus. Jika kamu baru memulai bisnis maka kamu harus fokus dengan satu bisnis saja dan kesampingkan pekerjaan yang lain. Jangan menjalankan bisnis bersamaan dengan kegiatan lain. Sebab hal ini akan membuat konsentrasi pecah dan akhirnya bisnismu menjadi terbengkalai. Tetapi jika bisnismu sudah besar kamu bisa mengembangkan bisnismu dengan membuka bisnis dibidang yang lain.

6. Catat laporan keuangan dengan baik

Dengam melakukam pencatatan keuangan maka akan memudahkan kamu untuk menyusun laporan mengenai pemadukan dan pengeluaran. Untuk memudahkan tugasmu dalam menyusun laporan keuangan kamu bisa memanfaatkan sofware akuntasi. Adapun keuntungan yang kami dapatkan jika menggunakan sofware akuntasi adalah menyajikan data lebih cepat, memudahkan kita saat melakukan pemeriksaan keuangan secara berkala selanjutnya adalah mudah dalam perawatannya.

Nah, itulah tadi beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat kamu memulai usaha. Selain tips diatas hal yang harus kamu miliki adalah semangat kerja keras. Sebab bisnis membutuhkan ketangguhan. Karena belum tentu bisnis dijalankan akan langsung sukses. Terkadang juga dalam bisnis mengalami kegagalan. Tetapi jika kamu memiliki semangat kerja keras dan pantang menyerah. Maka kegagalan bukanlah alasan untuk  menyerah, sebalikinya kegagalan menjadi pelecut agar kamu lebih giat lagi dalam menjalankan bisnismu.

 

Related Posts

1 komentar

Posting Komentar