Thursday, August 20, 2020

Tips membuka bisnis kuliner

Membuka bisnis kuliner
Bisnis kuliner-Ketika mau membuka sebuah usaha, hal pertama yang harus kita tentukan adalah jenis usaha yang akan dijalankan. Saat ini memang ada banyak jenis usaha yang bisa kita jadikan sebagai ladang penghasilan. Mulai dari jualan pulsa, jualan pakaian, peralatan masak, alat make up hingga kuliner. Dari beberapa jenis usaha tadi membuka bisnis kuliner adalah salah satu bisnis yang cukup menjanjikan.

Ada beberapa alasan kenapa usaha kuliner bisa menjadi pilihan diantara sekian banyak usaha. Salah satu  alasannya,  makanan merupakan kebutuhan pokok setiap orang. Setiap orang pasti membutuhkan makanan sebagai sumber tenaga untuk beraktifitas. Dari sini kita simpulkan bahwa kita tidak akan kesulitan dalam mencari konsumen. Sebab semua orang berpotensi menjadi konsumen dari bisnis kita. Tinggal bagaimana caranya kita untuk menarik mereka supaya membeli produk kita. Selain itu juga, bisnis kuliner merupakan bisnis yang cukup mudah untuk dijalankan. Sebab bisnis ini bisa kita jalankan di rumah jika kita belum memiliki dana untuk menyewa tempat. 

Tips membuka usaha kuliner bagi pemula

Bagi yang tertarik dengan usaha kuliner, berikut ini adalah beberapa tips memulai bisnis kuliner yang bisa kita lakukan supaya mendapatkan kesuksesan.

1. Tentukan target pasar

Hal pertama yang kita lakukan adalah menentukan sasaran konsumen dari usaha kuliner kita. Apakah target pasar kita, anak-anak, dewasa, orang tua atau segala usia. Menentukan target pasar ini penting karena target pasar ini berkaitan erat dengan jenis makanan yang akan kita jual. 

2. Menentukan jenis kuliner

Setelah menentukan target pasar langkah selanjutnya adalah menentukan jenis kuliner yang akan kita produksi. Jika target kita anak-anak kita harus membuat makanan yang disukai oleh anak-anak misalnya aneka roti coklat ataupun aneka makanan ringan. Sedangkan untuk target pasar orang dewasa kita bisa melihat kuliner yang lagi trend saat ini. Sebab orang dewasa cenderung lebih menyukai makanan yang lagi trend dan viral. 

3. Menentukan lokasi

Salah satu keuntungan membuka usaha kuliner ini adalah bisa dilakukan di rumah. Tetapi jika kita sudah cukup memiliki modal maka kita bisa menyewa tempat usaha kuliner. Adapun hal yang perlu diperhatikan ketika memilih lokasi usaha adalah harus strategis. Artinya lokasi kita mudah dijangkau dan orang bisa mudah menemukannya. Sebab lokasi yang sulit dijangkau menjadi salah satu faktor orang malas pergi ke tempat kita. Selain strategis hal yang harus diperhatikan saat memilih tempat usaha adalah suasana. Karena selain untuk menikmati kuliner biasanya orang juga ingin mendapatkan suasana baru yang menyegarkan.

4. Menentukan supplier

Menentukan supplier untuk bahan baku usaha kuliner merupakan hal penting yang harus kita perhatikan. Sebab hal ini berkaitan dengan segar atau tidaknya bahan baku yang akan kita gunakan. Maka dari itu kita harus memilih supplier yang tepat supaya mendapatkan bahan baku yang berkualitas. Selain itu juga jika kita sudah mendapatkan supllier yang tepat dan kita jadikan langganan biasanya kita akan mendapatkan potongan harga. Jadi bisa menghemat anggaran pengeluaran bahan baku.

5. Promosi melalui media sosial

Tentu saja jika tidak dikenalkan maka orang tidak akan tahu dengan usaha yang kita miliki. Saat ini cukup mudah untuk mengenalkan produk kita ke konsumen. Jadi kita tinggal memaksimalkan semua media sosial yang kita miliki. Mempromosikan produk melalui media sosial memiliki banyak keuntungan diantaranya hemat biaya dan dapat jangkauannya luas.

6. Adakan promo

Untuk menarik minat konsumen, kita bisa melakukan promo. Promo-promo ini bisa kita lakukan saat akhir pekan ataupun saat hari-hari penting misalnya memperingati hari kemerdekaan. Dengan adanya promo ini maka konsumen akan tertarik sebab mereka bisa mendapatkan harga yang lebih murah daripada biasanya.

7. Berikan kemudahan layanan

Saat ini terkadang orang malas untuk keluar membeli makanan. Hal ini bisa kita manfaatkan dengan memberikan layanan delivery order. Dengan adanya kemudahan ini tentu konsumen kita akan senang. Jadi tidak perlu keluar rumah untuk membeli makanan. Tinggal pesan lalu makanan akan di kirimkan melalui kurir.

Nah, itulah tadi tips yang bisa dicoba jika ingin menekuni usaha kuliner. Dengan mengetahui tipsnya maka kita bisa melakukan langkah yang terbaik supaya bisnis kuliner kita semakin berkembang.

Previous Post
Next Post

5 comments:

  1. target pasar ini perlu supaya si pemilik tahu akan dibawa kemana bisnis kulinernya ini dan bisa memperhitungkan jumlah target konsumennya
    promo yang menarik seperti biasa akan mudah menggiring calon konsumen untuk kepo lebih lanjut lagi. kudu pinter berpromosi sekarang ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, benar sekali itu. Dengan adanya promo maka konsumen akan tertarik dengan produk kita.

      Delete
  2. Pengen banget usaha kuliner. Tipsnya membantu buat saya yang blank banget tentang usaha nih mba.. Makasih ya

    ReplyDelete
  3. Ok, noted. Pengen buka bisnis kuliner tapi blm kesampaian. Butuh strategi juga ya buat pemasarannya.

    ReplyDelete
  4. Kenapa susah sekali memulai yah, padahal selama pandemi kerjanya di dapur terus

    ReplyDelete