Cara menjadi blogger yang sukses


Cara menjadi blogger

Ketika kita ingin menjadi blogger tentu kita harus belajar tentang cara menjadi blogger. Hal ini penting sebab menjadi blogger tidak hanya bermodalkan keinginan saja. Tetapi keinginan tersebut harus disertai dengan usaha, yaitu kita harus mau belajar dan terus belajar. Sebab keinginan saja tanpa dibarengi dengan usaha maka tidak akan menghasilkan apa-apa.

Bagi saya sendiri menjadi seorang blogger adalah tantangan sendiri. Sebab saya harus bisa mengalahkan rasa malas yang ada pada diri. Terutama jika ingin menjadi seorang blogger yang sukses. Tentu saya harus lebih giat lagi dalam belajar cara menjadi blogger. Karena sebagaimana yang kita ketahui kesuksesan tidak bisa diraih dengan jalan yang mudah. Butuh kerja keras dan juga semangat setebal baja untuk bisa mendapatkannya.

Dengan belajar dan terus belajar maka kita akan mengetahui cara-cara yang jitu supaya  menjadi blogger yang sukses. Misalnya saja kita bisa mengetahui bagaimana cara meningkatkan jumlah pengunjung ke website kita, selanjutnya kita juga bisa mengetahui cara supaya advertiser melirik pada blog kita.

Nah pada tulisan ini saya akan berbagi tips tentang cara menjadi blogger yang sukses. Tentu saja ini versi saya, bisa jadi lain orang lain pula tipsnya.

3 Cara menjadi blogger yang sukses

Menurut saya ada beberapa cara yang bisa dilakukan
1. Belajar online/Mengikuti kelas online
Bagi yang ingin belajar menjadi blogger ada banyak tutorial baik melalui artikel dan melalui youtube. Kita tinggal membacanya, memahaminya dan mempraktekkannya. Tetapi memang belajar melalui artikel ataupun video merupakan komunikasi satu arah. Jadi jika ada yang tidak kita pahami kita tidak bisa menanyakan langsung kepada pemberi materi. Menurut saya cara termudah untuk belajar menjadi blogger adalah mengikuti kelas online. Sebab kelas online ini komunikasinya dua arah sehingga ketika ada materi yang tidak kita pahami kita bisa langsung bertanya kepada narasumbernya.

Begitupun dengan saya untuk meningkatkan kemampuan saya dalam dunia blogger, saya juga mengikuti kelas online. Kelas yang saya ikuti ini adalah kelas 30 hari DA naik yang diselenggarakan oleh Mas Irwin Andriyanto. Ada banyak materi yang sangat bermanfaat sekali bagi seorang blogger pemula. Diantaranya adalah materi google analityc, seo on page dan juga cara membuat judul tulisan yang menarik. Tips membuat tulisan yang menarik ini sangat penting, sebab bisa mengundang pembaca untuk mengunjungi blog kita.

Dalam kelas 30 hari da naik ini, untuk materi cara membuat judul yang menarik di sampaikan oleh coach llham sadli. Bagi yang penasaran dengan beliau bisa langsung kunjungi websitenya ya...

2. Belajar dari teman sesama blogger
Belajar dari teman sesama blogger ini tentu banyak manfaatnya. Diantaranya kita bisa belajar tentang bagaimana cara menulis yang baik serta bagaimana cara supaya bisa menjadi pemenang dalam lomba sebuah blog. Kita juga bisa bertanya hal-hal mengenai dunia blogger yang belum kita pahami ke teman blogger tersebut. Selain itu juga belajar dengan sesama blogger juga akan memupuk tali silaturahmi antar sesama blogger. Untuk saat ini ada dua teman blogger yang saya jadikan sebagai tempat untuk belajar menjadi blogger.

Pertama, Mbak Fionaz,
Mbak Fionaz ini merupakan seorang blogger yang berasal dari kota Lamongan. Sebuah kota yang terkenal dengan sotonya. Beliau merupakan mama dari 3 putri cantik, mulai menjadi blogger sejak bulan juli tahun 2018. Tetapi aktif ngeblog pada  bulan april 2019 dan baru beli domain hasil dari ngeblog bulan juni tahun 2019. Ada banyak tema tulisan yang dibahas diblognya. Ada tema mengenai pengalaman pribadi, artikel tentang resep makanan dan ada artikel tentang review tentang produk perawatan kecantikan.

Ketika saya mendapatkan job untuk mereview sebuah produk maka saya akan membaca beberapa artikel sebagai referensi tentang bagaimana cara menulis review produk yang bagus dan menarik. Nah, artikel yang berada di blog mbak fionaz ini bisa menjadi panduan saya untuk menulis review produk kecantikan. Dalam menuliskan sebuah review mbak fionaz mampu menjelaskan secara detail mengenai produk tersebut. Selain itu bahasa yang digunakan juga sangat mudah dipahami oleh pembacanya. Selain itu dalam blognya mbak Fionaz, yang saya pelajari adalah tentang foto-foto yang ada diblog tersebut. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa foto itu memperkuat sebuah konten. Dan foto yang digunakan oleh mbak Fionaz ini rata-rata adalah hasil jepretan sendiri. Menurut saya meskipun hasil jepretan sendiri tetapi hasilnya sangatlah bagus. Dari sinilah kemudian saya juga ingin belajar tentang bagaimana cara membuat foto yang bagus untuk ditampilkan di blog.

Nah bagi yang ingin mengetahui blog mbak Fionaz langsung saja kunjungi myfionaz.com

Kedua Mbak Dyah Ummu Aura/ Dyah Ayu Novitasari
Mbak Dyah ini adalah blogger yang berasal dari sumatera selatan dan sekarang berdomisili di Pekanbaru. Sebenarnya beliau mulai menulis sejak dibangku SMA. Tulisan awalnya berupa curhatan ala anak remaja. Setelah beliau menikah dan sering mengikuti seminar beliau mulai menyadari pentingnya menulis. Dari situlah kemudian beliau mulai membuat blog sebagai wadah untuk menampung tulisannya. Menurutnya ada beberapa manfaat dari menulis di blog diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Mengikat ilmu yang kita miliki
2. Tempat untuk menjadi sendiri dan mengungkapan isi hati
3. Sebagai alat untuk kesehatan psikologis kita
4. Sebagai media dakwah
5. Membuat kita produktif
6. Memanjangkan keberkahan bagi usia kita
Berkat ketekunannya dalam menulis beliau berhasil mendapatkan juara dalam lomba menulis diblog. Yaitu sebagi juara harapan dalam lomba yang diselenggarakan oleh Ibu-ibu doyan nulis dengan tema cagar budaya Indonesia. Adapun tips dari beliau supaya bisa memenangkan lomba adalah sebagai berikut:
1. Nekat
2. ATM (amati, tiru, modifikasi)
3. Banyak belajar
4. Nulis dan nulis
5. Banyak berdoa
Dari blog mbak dyah ini saya bisa belajar tentang bagaimana cara menulis yang bagus, supaya bisa mendapatkan juara. Selain itu blog mbak Dyah ini infografisnya sangat bagus, jadi pembaca akan sangat nyaman berkunjung ke blognya mbak Dyah. Kedepannya saya juga ingin belajar tentang bagaimana cara membuat infografis yang bagus buat blog saya.
Bagi yang penasaran dengan websitenya mbak Dyah bisa langsung kunjungi roemahaura.com

3. Konsinsten
Seperti yang saya jelaskan di atas bahwa tidak ada yang mudah untuk meraih kesuksesan. Untuk bisa sukses dibutuhkan kerja keras dan semangat pantang menyerah. Hal terpenting lagi yang harus dimiliki adalah konsisten. Jadi ketika usahamu belum membuahkan hasil jangan menyerah. Tetaplah berusaha hingga mimpimu menjadi nyata. Begitu juga dalam dunia blogger, ketika blog kita masih biasa saja dan belum menghasilkan apa-apa. Kita tidak boleh patah semangat, kita harus terus memolesnya hingga banyak yang terpesona dengan blog kita. Percayalah bahwa tidak ada kerja keras yang sia-sia. Setiap ketekunan dan kerja keras pasti manis buahnya. Jadi bersabarlah jika kita ingin menikmatinya. Jangan mudah menyerah apalagi putus asa.

Manfaat menjadi blogger

Bagi saya sendiri ada begitu banyak manfaat yang saya rasakan setelah menjadi blogger. 
1. Pengetahuan menjadi bertambah
Dengan menjadi seorang blogger maka pengetahuan kita akan bertambah. Sebab ketika kita ingin menulis sebuah topik maka kita akan membaca beberapa artikel. Dari artikel yang kita baca tersebutlah pengetahuan kita semakin bertambah. Semakin banyak artikel yang kita buat maka akan semakin banyak pula pengetahuan yang akan kita dapat. Hal inipun berlaku kepada saya, dulu sebelum menjadi blogger saya tidak begitu hafal dan mengetahui tentang manfaat ataupun kandungan sebuah makanan. Kini setelah menjadi blogger karena saya sering menulis tentang makanan baik sayur dan buah, akhirnya saya mengetahui kandungan gizi dari sebuah makanan dan hafal dengan manfaatnya. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari saya. Jadi saya bisa memilih makanan yang sehat dan gizinya seimbang.

2. Teman bertambah
Salah satu hal positif yang saya dapatkan ketika menjadi seorang blogger adalah teman saya semakin bertambah. Dengan banyaknya teman maka semakin luas jaringan yang saya dapatkan. Tidak dipungkiri pula banyak job blogger yang saya dapatkan karena informasi dari teman sesama blogger.

3. Mendapat tambahan penghasilan
Sebenarnya salah satu motivasi awal saya untuk terjun di dunia blogger adalah untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Alhamdulillah hingga saat ini blog saya sudah mulai menghasilkan, meskipun masih sedikit dan belum maksimal.  Adapun penghasilan tersebut saya dapatkan dari review sebuah produk dan juga content placement.

Sebagaimana yang saya sampaikan tadi salah satu cara untuk menjadi blogger adalah mengikuti kelas online. Adapun kelas online yang bisa kalian ikuti untuk menambah keahlian sebagai blogger adalah kelas jago seo on page dalam 2 minggu. Dalam kelas ini kalian akan belajar seo on page dari ahlinya. Jadi jangan ragu lagi, segera daftarkan diri kalian. Yuk, langsung klik gambar dibawah ya untuk daftar...


jago seo on page

Comments

  1. Ternyata dunia blogger tidak semudah kelihatannya ya, dalam angan blogger itu cuma duduk, nulis dan dapat fee ternyata.... Wow banget kak perjuangannya

    ReplyDelete
  2. wah... saya nih perlu banyak belajar banget, masih banyak yang belum sya pahami dalam dunia blogging ini dan alhamdulillah kita bisa belajar bareng sambil saling mengingatkan ya mbak.

    ReplyDelete
  3. wah keren coach irwin dan coach pewe yg ngajar. mantap jiwa.

    ReplyDelete
  4. Seru banget ya Mba ikut kelas menaikkan DA ini. Aku pun jadinya mupeng nih kepengen DA di atas 10.

    ReplyDelete
  5. memang ya mba banyak proses untuk tau cara menjadi blogger ini apalagi bisa menambah networking itu merupakan hal yg tidak mudah kalo dari dalam diri ini ga ada kemauan untuk terus belajar ya

    ReplyDelete
  6. Menjadi blogger yang profesional dan menghasilkan memang butuh usaha dan kerja keras ya. Belajar terus menerus dan tetap rendah hati pastinya
    Saya masih harus berproses panjang nih untuk jadi blogger seperti itu

    ReplyDelete
  7. Semangaat mba Sulis. Sama sama berjuang kita hehehe

    ReplyDelete
  8. Semangaat mba Sulis. Sama sama berjuang kita hehehe
    Kemarin sempet mau nyerah. Tapi udah telanjur badah nyemplung kenapa ngga dituntaskan aja yaah kwkw

    ReplyDelete
  9. Widiih keren pematerinya selebtwit yang awesome tapi jomlo hihi Semoga semakin semangat ngeblog ya mbak, makin naik DA-nya, semakin banyak rezeki mengalir lewat jalan blog.

    ReplyDelete
  10. Segrup nih sama Mbak Dyah. Ulasannya sama. Hehe .. saya kudu berguru nih. Kawan blogger emang jadi penyemangat. Terima kasih banyak Mbak artikelnya

    ReplyDelete
  11. Ilmu dalam dunia blog itu sangat luas ya, kita juga perlu melek teknologi, biar gak kudet.

    Saya JUGA ngerasain manfaatnya Setelah menjadi blogger, banyak banget dah pokoknya...

    ReplyDelete
  12. Jadi inget awal ngeblog itu memang cuma ingin nulis. Makin ke sini makin harus ditentuin salah satunya dengan banyak belajar spt di artikel ini

    ReplyDelete
  13. Ngeblog aktif baru setahun, ternyata semakin banyak yang perlu dipelajari. Semakin banyak yg belum ketahui. Terima kasih artikelnya. Mohon bimbingannya ya para senior

    ReplyDelete
  14. Seru juga ya jadi blogger itu setelah mempelajarinya selain itu memang banyak teman blog

    ReplyDelete
  15. Aku menulis tepatnya menjadi seorang blogger tahun 2019, itu juga dikenalkan sama saudari pertamaku yang sudah lama menjadi sworang blogger.

    Tapi tulisanku masih jauh dari kata SEMPURNA, eeh tapi bukan suatu kendala aku menjadi minder. Nah biasanya itu aku minta saran gimana penulisanku atau gaya bahasa yang aku gunakan udah tepat atau belum sama saudariku.

    Kan lumayan kalau tulisanku ada yang ngelirik dan jadi ladang penghasilan

    ReplyDelete
  16. BEnar banget ini, harus banyak membekali diri dengan aneka pengetahuan kalau mau sukses sebagai blogger.

    ReplyDelete
  17. Kudu banyak baca dan riset ya ternyata. Tapi yah kalo aku lagi penasaran pengen nulis twntang sesuatu tuh cwpwt gt jadi tulisannya. Kalo yang gak berkwNn,suka lama ngahulengnya,nulis apa yah,haha.

    ReplyDelete
  18. Keep fighting. Enjoy be blogger and always look and learning anything about blogging. Finding your pashion and keep this so hard and try to grow sure.

    ReplyDelete
  19. Belajar dan harus rajin belajar meningkatkan skill blog. Apalagi ikutan kelas yang mantul banget ini coach nya, sehingga banyak ilmu yang terserap dan kudu kontinu menerapkannya ya

    ReplyDelete
  20. Saya jadi teringat sebuah kata bijak yaitu orang optimis akan kalah dengan yang konsisten. Menjadi Blogger kata kuncinya adalah konsisten biar mendapat tujuan nya

    ReplyDelete
  21. Konsisten itu kayaknya yang paling penting ya, kalau nggak diterapkan secara konsisten nanti ilmunya ngendap.

    ReplyDelete
  22. Masuk grup ini mesti strong dan konsisten, hasil sejalan dengan perjuangan. Terimakasih sudah menjadi teman seperjuangan denganku mbak. moga kita bisa terus konsisten menerapkan ilmu yang sudah didapatkan ya.

    ReplyDelete
  23. Menjadi blogger memang semenyenangkan itu ya kak. Nah kalau belajarnya bareng dan saling mengenal, rasanya lebih accelerate apalagi kalau ada mentor yg kece2 :D

    ReplyDelete
  24. Bermanfaat sekali nih buat saya tang baru di dunia blog, biar bisa lebih grow lagi

    ReplyDelete
  25. bener banget mengalahkan kemalasan itu yang susah. Jadi blogger kesannya enak soalnya jadi dikira bisa malas-malasan

    ReplyDelete
  26. waahhiyaaa mbah dyah umm aura ni salah satu blogger berprestasi,, keren keren,, kaka juga keren tapi,, blogger sukses adalah blogger yang nggak pernah bosen buat belajar dan upgrade ilmu, dah itu aja :)

    ReplyDelete
  27. konsistennya ini niy ka yang belum bisa aku pegang, padahal udah dibuat jadwal kapan aja harus nulis blog tapi malasnya ya ampun, malah mainin sosmed mulu heheheh

    ReplyDelete
  28. Nice share kak. Makasih bnyk yaa.. tips2nya kudu diikutin ni biar jd blogger sukses

    ReplyDelete
  29. Terima kasih sharingnya, Mbak. Jadi blogger kalau mau sukses memang harus banyak usaha ya. Saya pengen juga nih belajar naikin DA

    ReplyDelete
  30. Saya sudah lama pengen naikin DA, alhamdulillah ada naik dikit. Pengen dah nyemplung di kelas mas Irwin tapi belum diijinkan. Penasaran ngikuti sensasi semangat belajar di sana.

    ReplyDelete
  31. Menaikkan di itu PR yang paling sulit ya Kak, Beruntung banget nih kakak bisa ikutan belajar online sama coach berpengalaman gitu. Thanks ilmunya kak

    ReplyDelete
  32. Saya selama ini belajar otodidak tuh. mengalir apa adanya. makanya blognya juga masih apa adanya ya. hiks... perlu sekolah lagi nih

    ReplyDelete
  33. Nama coachnya gak asing, emang sangat mumpuni dalam hal ini. Beruntung kakak bisa ikut kelasnya. Suks3s terus

    ReplyDelete
  34. Keren banget nih ada kelas begitu. Menurut saya, kenalan dan membangun jaringan dengan sesama blogger itu salah satu cara jadi blogger kompeten, apalagi kalau kita bisa saling berbagi

    ReplyDelete
  35. seru ya mbak ikutan kelas menaikkan DA, banyak ketemu teman seperjuangan dan ilmu yang banyak tentang BLog. seru!

    ReplyDelete

Post a Comment