Tips Membeli Rumah Agar Tidak Menyesal

tips membeli rumah

Memiliki sebuah rumah adalah impian setiap keluarga. Namun keinginan untuk membeli rumah bukanlah hal yang mudah. Karena harga rumah yang semakin mahal dari hari ke hari. Membuat orang harus benar-benar mengumpulkan dana untuk membeli rumah.  Mengingat harga rumah yang cukup mahal kita harus benar-benar teliti sebelum membelinya. Supaya kita mendapatkan rumah yang sesuai keinginan dan dana yang kita keluarkan tidak sia-sia.

Tips membeli rumah

Agar kita tidak kecewa dikemudian hari. Berikut ini adalah adalah beberapa pertimbangan yang harus kita lakukan sebelum membeli rumah :

1. Menyiapkan dana
Mengingat harga rumah yang tidak murah, hal pertama yang harus dipersiapkan untuk membeli rumah adalah kesiapan finansial.  Maka dari itu kita harus menyiapkan jauh-jauh hari dana tersebut. Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk menyiapkan dana tersebut adalah menabung. Jadi, jika kita ingin membeli rumah hendaknya sedini mungkin menyisihkan uang untuk keperluan tersebut. Semakin cepat kita menabung maka semakin cepat pula uang terkumpul. Sehingga semakin cepat pula kita membeli rumah.

2. Memilih lokasi yang strategis
Lokasi yang strategis ini sangat penting karena akan memudah kita dan keluarga dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Untuk strategis atau tidaknya sebuah rumah yang dibeli kita harus melihatnya secara langsung ke lokasinya. Apakah lokasinya dekat dengan jalan raya atau tidak, selain itu apakah lokasinya juga dekat dengan fasilitas umum atau tidak. Memang rumah yang berada ditengah kota biasanya memiliki kemudahan akses. Namun meskipun rumah yang kita beli berada dipinggiran kota, tidaklah masalah. Asalkan jalan menuju ke rumah tersebut mudah dijangkau dengan berbagai macam kendaraan.

3. Memilih tipe rumah yang sesuai keinginan
Ketika membeli rumah hal yang perlu diperhatikan adalah tipe rumah. Hal ini harus kita sesuaikan dengan kebutuhan dan juga dana yang tersedia. Kita harus memastikan bahwa tipe rumah yang kita pilih nyaman dan cocok ditempati oleh seluruh anggota keluarga. Begitupun dengan desain arsitektunya sesuai dengan keinginan keluarga kita. Selain itu pastikan juga bahwa kapasitasnya memadai. Karena tipe rumah yang sesuai dengan keinginan akan menghadirkan kenyamanan bagi penghuninya.

4. Mencari rumah melalui situs propeti
Dengan menggunakan situs properti seperti jual rumah maka kita memiliki kebebebasan untuk mencari tipe rumah sesuai dengan keinginan lalu membandingkan dari satu rumah dengan rumah lainnya. Situs properti memberikan banyak kemudahan bagi kita. Salah satunya adalah menyediakan beragam tipe rumah yang sesuai kebutuhan dan juga memberikan keleluasaan bagi kita untuk memilih rumah yang sesuai.  Selain itu juga, jika kita berminat terhadap salah satu rumah yang ada di situs tersebut, kita tinggal menghubungi nomer yang terdapat dalam iklan tersebut. Melalui nomor kontak tersebut kita bisa melakukan negosiasi ataupun pembelian. Jadi dengan menggunakan cara ini maka kita akan lebih banyak menghemat waktu dan juga biaya.

5.  Menentukan cara pembayaran
Ada dua cara pembayaran yang bisa kita lakukan saat membeli rumah. Pertama dengan cara tunai, kedua dengan cara kredit. Jika dana membeli rumah tersedia maka sebaiknya kita membayarnya secara tunai. Karena selain membuat hati lebih tenang membeli secara tunai akan mendapatkan diskonan/potongan harga. Sebaliknya jika dananya belum tersedia sebaiknya kita membelinya dengan cara kredit. Dengan cara kredit ini maka dana keluarga untuk keperluan yang lain tidak akan terganggu.

Jadi, yang berencana membeli rumah bisa mengikuti tips tersebut supaya tidak menyesal dan rumah idaman berhasil didapatkan.

Nah, bagi kalian yang tinggal di Jakarta dan saat ini sedang mencari rumah baik sebagai tempat tinggal, investasi ataupun tempat usaha. Tidak usah bingung lagi langsung saja kunjungi www.jualrumahjakarta.com.
Di sana tersedia berbagai macam tipe rumah yang bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan.  Spesifikasi luas setiap rumah, jumlah ruangan dijelaskan secara detail dan terperinci. Sehingga memudahkan kita dalam memilih rumah yang sesuai dengan impian.

Comments

  1. memilih lokasi yang strategis penting banget apalagi yang bebas banjir, aman dari perampokan, lingkungan ramah anak wah sempurna

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, betul itu faktor keamanan dan kenyamanan harus diutamakan

      Delete
  2. Untuk daerah jakarta sudah ada situs khusus untuk jual beli rumah ya? Nah ini pas banget kalau mau jual atau lagi cari rumah. Lebih mudah dan terpercaya juga kan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, jadi lebih mudah. Tidak perlu mencari langsung dan waktunya juga lebih leluasa

      Delete
  3. Nah, memilih rumah itu harus sesuai dengan buget yang tersedia. Mengenai letaknya yang strategis kalau saya sih milih rumah yang dekat dengan masjid, karena ini pesan dari almarhum Abah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rumah dekat masjid juga pilihan yang bagus. Sebab memudahkan kita untuk melakukan sholat lima waktu secara berjamaah

      Delete
  4. nabung nabung, hihi. bener banget dari tips-tips diatas. menyiapkan dana sesuai dengan harga rumah yang diinginkan ya. sebisa mungkin kurangi kredit, hihi. makasih mba sharingnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak😊

      Benar mbak, semakin cepat menabung semakin cepat pula uang terkumpul😊

      Delete
  5. Tapi dijakarta rumah saat ini harganya semakin luar biasa secara luas lahan semakin terbatas permintaan semakin banyak...saya mensiasatinya dengan bergeser ke daerah sekitaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu juga pilihan yang bagus,Yang penting aksesnya mudah...

      Delete
  6. Menyiapkan dana sesuai kemampuan dan menabung, tepat banget asal bisa tetap disiplin ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup betul banget mbak, harus disiplin nabungnya supaya uangnya cepat terkumpul😊

      Delete
  7. Salah satu pertimbangan memilih lokasi strategis bagiku adalah memilih daerah yang lancar aliran air PAM nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup betul banget, soalnya air adalah kebutuhan yang sangat penting bagi manusia....

      Delete
  8. Wah, jadi pengen segera punya rumah impian. Saya bahkan sudah mengancang2 mau tipe yang mana dan segala macam. Tapi sayangnya untuk menjalankan tips pertama masih susah, belum bisa nabung karena uang yang didapat habis buat kebutuhan terus. Eh, maaf jadi numpang curhat Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan keinginan yang kuat pasti bisa. Mungkin nabungnya tidak perlu banyak dulu yang penting disipilin

      Delete
  9. Dua pekan lalu saya mendapat kabar salah satu rekan suami saya kena tipu developer. Mereka sudah setor 300 juta, tapi rumah yang dijanjikan dibangun tak kunjung ada. Kasihaaaaaaan sekali saya melihat mereka. Memang ada banyak hal perlu diperhatikan dan dipertimbangkan ketika kita hendak membangun rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh kasihan ya mbak, jadi milih developer itu harus hati-hati juga. Harus diteliti dulu apakah ia terpercaya atau tidak, supaya tidak kena tipu

      Delete
  10. saat akan membeli apapun kita memang harus cermat dan teliti, begitu juga saat memutuskan akan membeli rumah. karena akhir-akhir ini banyak terjadi penipuan. oleh karena itu kita harus tetap hati-hati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul sekal harus cermat dan teliti. Apalagi kalau membeli rumah, soalnya harga rumah itu mahal jadi jangan sampai kena tipu

      Delete
  11. wah enak sekarang ya , ada situs yang menyediakan informasi tentang properti sehingga tidak menyesal saat membeli rumah. Saya dan suami beli rumah di Jakarta tahun 2006 Dan ditinggali tahun 2007. Dan itu nyarinya masih langsung ke lokasi...hihi. Perjuangan banget pokoknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kenangan tersendiri ya mbak😊

      Iya mbak, sekarang lebih mudah. Tinggal buka webnya dan pilih-pilih rumah yang sesuai dengan keinginan😊

      Delete
  12. Iya bener nih harus tau lingkungannya dulu apalagi kalau udah punya buntut2 kaya kita, jangan sampai zonk pas udah pindah rumah tetangganya sm lingkungan ga kondusif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, betul banget mbak. Harus juga di teliti kondisi lingkungannya. Karena lingkungan yang sesuai akan membuat kita nyaman😊

      Delete
  13. satu lagi mungkin yang perlu ditambahkan, mencari informasi dari orang sekitar mengenai kelebihan dan kekurangan rumah di lokasi tersebut sebagai perbandingan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Pak, benar sekali. Jadi kita bisa benar-benar memastikan apakah rumah yang akan kita beli sesuai atau tidak dengan keinginan kita.

      Delete
  14. Keren ya. Sudah ada situs khusus rumah di Jakarta. Jadi bisa lebih diketahui daerah yang rawan banjir atau tidak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, jadi kita bisa lebih mudah saat ingin membeli rumah yang sesuai dengan keinginan kita☺

      Delete
  15. noted banget untuk mencari rumah bagi generasi millenial saat ini menjadi ujian tersendiri sih *wkwk curhat. Dan lokasi serta pendanaan yang harus dipersiapkan jauh-jauh hari

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Iya harus hati-hati dalam beli rumah. Banyak hal yang harus dipertimbangkan termasuk cari info tentang developer dan material yang dipakai.

    ReplyDelete
  18. Memilih rumah salah satu yang harus diperhatikan yaitu lingkungan sekitar. Pilihlah rumah yang masyarakatnya religius, agar setidaknya anak-anak kita kelak dapat dewasa dengan lingkungan yang agamais

    ReplyDelete
  19. tipsnya sangat berguna sekali kak, memang benar sebelum kita membeli rumah harus tau lokasi strategisnya, ke amanannya, banjir tidak, agamanya juga penting kalo menurutku. Aku baru kumpulin uang untuk beli rumah yang nyaman

    ReplyDelete
  20. Artikel tentang tips membeli rumah ini benar banget nih. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan ketika memutuskan membeli rumah ya ternyata, selain tentu saja menyiapkan dananya.

    ReplyDelete
  21. Bismillah semoga aku bisa beli rumah dengan tunai, beneran deh kalau kredit berasa dikejar-kejar huhuyu
    Terimakasih tips nya mbaaak

    ReplyDelete
  22. Saya kalau sekarang cari uangnya dulu, baru nanti bisa cari rumah yang dimau. Tapi setidaknya melalui artikel ini saya dapat gambarannya.

    ReplyDelete
  23. Wah benar sekali ini tipsnya selain mempersiapkan dana yang paling penting memperhatikan marketing bisa dipercaya atau tidak ya

    ReplyDelete
  24. Punya rumah sendiri yang ada kebunnya adalah impian kami. Tapi nabung kok ga cukup juga duitnya ya, hehehe...

    ReplyDelete

Post a Comment