Manfaat jeruk nipis bagi kesehatan

Manfaat jeruk nipis

Siapa yang tidak kenal dengan jeruk nipis, buah ini sudah sangat akrab dengan masyarkat Indonesia. Buah ini selain dibuat minuman juga sering digunakan untuk tambahan dalam makanan. Misalnya saja saat makan soto, agar kuahnya terasa segar gurih makan ditambahi dengan perasaan jeruk nipis. 

Rupanya selain bermanfaat untuk makanan dan minuman. Jeruk nipis memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan. Adapun kandungan yang terdapat dalam jeruk nipis adalah vitamin C, serat, zat besi, kalsium protein, kalium dan thiamin.

Di Indonesia penaman jeruk nipis berbeda-beda di setiap daerah. Adapun namanya adalah kelangsa, jeruk pecel, jeruk alit, Jeruk nipis kadang juga disamakan dengan jeruk limau dan jeruk lemon. Padahal jeruk nipis berbeda dengan kedua jeruk tadi. 

Jeruk limau dan jeruk nipis sering disamakan karena warna dan bentuknya hampir sama. Yang membedakan jeruk nipis dan jeruk limau adalah ukurannya. Jeruk limau memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan jeruk nipis. Sedangkan perbedaan jeruk nipis dengan jeruk lemon bisa dilihat dari warna dan bentuknya. Jeruk nipis memiliki warna hijau terang dan bentuknya lebih bulat dibandingkan dengan jeruk lemon. Jeruk lemon memiliki bentuk oval dan memiliki warna kuning cerah. 



Manfaat jeruk nipis bagi kesehatan

Berikut ini adalah manfaat jeruk nipis bagi kesehatan
1. Mencegah penuaan dini
Jeruk mengandung , vitamin C, flavonoid dan antioksidan yang sangat dibutuhkan dalam memproduksi kolagen. Maka dari itu dengan minun air perasan jeruk nipis dapat menjaga kelembaban kulit dan mampu mencegah penuaan dini. 

2. Membantu menurunkan berat badan
Asam sitrat yang terkandung dalam jeruk nipis dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Sehingga kita bisa membakar kalori lebih banyak dan menyimpan lebih sedikit lemak. Selain itu Vitamin C yang terdapat dalam jeruk nipis juga berfungsi untuk membakar lemak dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaat ini kita bisa mengkonsumsi segelas jeruk nipis saat pagi hari dan menjelang tidur. Tetapi perlu diingat juga, kita harus tetap berolahraga supaya kalori terbakar. Jangan lupa pula untuk mengkonsumsi buah dan sayur supaya hasilnya maksimal. 

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Jeruk mengandung banyak vitamin C dan antioksidan yang sangat bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sisitem imun yang kuat akan mampu melawan penyakit yang masuk ke dalam tubuh, seperti film, pilek dan lain sebagainya. Selain itu vitamin C yang terdapat dalam jeruk nipis akan meningkatkan produksi sel sehat sehingga mempercepat proses penyembuhan penyakit. 

4. Mengurangi risiko sakit jantung
Salah satu kandungan jeruk nipis adalah kalium, kalium sangat berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung. Sebab kalium mampu menurunkan tekanan darah yang merupakan penyebab utama penyakit jantung. Selain itu juga minum air perasan jeruk nipis dipercaya mampu mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah. 

5. Mampu menurunkan risiko kanker
Kanker merupakan pertumbuhan sel yang abnormal, jika dibiarkan maka sel kanker bisa menyebar ke seluruh tubuh sehingga mengancam keselamatan jiwa. Jeruk nipis kaya akan antioksidan sehingga mampu menjaga tubuh dari radikal bebas, meningkatkan pertahanan seo-sel tubuh dan meningkatkan sistem imun tubuh. 

6. Melancarkan pencernaan
Jika kita mengalami sembelit, kita bisa minum perasaan jeruk nipis untuk mengatasinya. Sebab kandungan flavonoidnya dapat merangsang pengeluaran enzim-enzim pencernaan. Selain itu sifat asam dari jeruk nipis juga mampu merangsang pergerakan usus. Sehingga feses didalam perut akan lebih mudah terdorong ke bawah. 

7. Mampu mengatasi penyakit peradangan
Dalam penelitian yang dimuat oleh Annals of the Rheumatic menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi vitamin C dalam jumlah sedikit berisiko mengalami arthritis tiga kali lebih besar jika dibandingkan dengan orang yang mengkonsumsi asupan vitamin C dalam jumlah optimal. 

Bagi yang mengalami penyakit inflamasi ataupun peradangan seperti asam urat, radang sendi. Bisa mengkonsumsi air perasan jeruk nipis untuk mengatasinya. 

8. Mengurangi risiko terkena batu ginjal
Jeruk nipis mengandung asam sitrat yang mampu mencegah pembentukan batu ginjal. Kandungan asam sitrat tersebut mampu memecah batu ginjal menjadi kecil-kecil sehingga mudah melewati ginjal. Jika kita rutin mengkonsumsi air perasan jeruk nipis, kita memiliki resiko yang rendah untuk terkena batu ginjal. 

Itulah tadi manfaat jeruk nipis bagi kesehatan. Tetapi dalam mengkonsumsi jeruk nipis kita harus bijaksana. Sebab kandungan asam sitrat jeruk nipis lebih banyak dibandingkan dengan jeruk jenis lain. Sehingga jika dikonsumsi secara berlebihan bisa menimbulkan munculnya asam lambung. Selain itu konsumsi jeruk nipis yang berlebihan juga akan menipiskan email. Sehingga gigi mudah keropos. Jadi disarankan setelah minum jeruk nipis tidak menggosok gigi terlebih dahulu karena akan membuat asam meningkat. Hal ini tidak baik bagi kesehatan gigi. 

Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Wah jadi begitu manfaatnya jeruk nipis salah satunya awet muda selalu. Mau dong awet muda selalu...

    ReplyDelete
  3. Sejak ada covid19 jadi rajin konsumsi Jeruk Nipis, ternyata banyak sekali manfaat yg didapat ya. Yang belum aku tahu adalah sehabis minum justru jangan langsung gosok gigi. Makasih mbak, info bermanfaat karena kemarin pernah gitu. Duh, untung baca info ini.

    ReplyDelete
  4. thank you for your information.. jadi banyak tahu.

    ReplyDelete
  5. Aku komsumsi jeruk nipis dikala batuk ajah, biasanya manjur dan batuk mereda , kalo dikomsumsi sehari hari tak kuat sebab asamnya...duuuh aku koment begini saat puasa alhasil jadi ngences sendiri ngebayangin asamnya itu...hehehe

    ReplyDelete
  6. Jeruk Nipis itu minuman segar yang bisa bikin melek ya, kak. Dan selalu jadi pilihan saat jeruk lemon harganya bikin geleng-geleng. Apalagi kalau jeruk nipisnya dicemplungin es batu. Diminum siang-siang... Beuh maknyusss

    ReplyDelete
  7. Aku suka banget jeruk nipis. Mau pake air hangat atau air dingin. Selalu jadi idola. Baru tahu setelah baca artikel ini kalau jeruk nipis juga bisa mengurangi resiko terkena batu ginjal.

    ReplyDelete
  8. Sangat bermanfaat tips kesehatannya, tp punya sakit lambung jd masalah.

    ReplyDelete
  9. Setiap masak sambal pasti deh kami pakai jeruk nipis. Rasanya makin menggigit di lidah kalau cabenya dikasih jeruk nipis. Masak nasipun juga sedikit ditetesi jeruk nipis biar kadar gula nasi berkurang, katanya sih begitu.

    ReplyDelete
  10. Jeruk nipis memang banyak manfaatnya ya. Kalau aku sudah lebih dari setahun minum jeruk nipis ini setiap pagi saat bangun tidur. Lumayan sih bisa bantu tingkatin daya tahan tubuh dan jadi jarang sakit

    ReplyDelete
  11. Aku paling suka jeruk nipis dalam sebuah masakan karena rasanya yang segar. Ternyata banyak manfaatnya termasuk untuk jantung ya Kak.

    ReplyDelete
  12. wah membantu menurunkan berat badan, hahha. harus sering konsumsi ya mba biar pencernaan lancar dan berat badan juga turun. uh keren banget ini jeruk nipis. auto beli banyak haha.

    ReplyDelete
  13. Masyaallah banyak ya Mba Sulis... manfaat jeruk nipis ini, bs mengurangi risiko batu ginjal jg... sy dulu ikutan polmak FC tiap hari br bangun minumnya jeniper ini dicampur air anget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insyaallah selepas puasa pingin menata gaya hidup ah agar lebih sehat lg misalnya dg rutin mengonsumsi jeruk nipis ini. Makasih Mbak Sulis

      Delete
  14. Karena membantu meningkatkan imun itulah, sekarang dianjurkan minum-minuman yang mengandung Vit C tinggi seperti jeruk nipis ini di masa pandemi. Tentu saja asupan makanan juga diperhatikan.

    ReplyDelete
  15. Kak, asam sitrat di jeruk nipis akan muncul jika terkena air panas , sedangkan jika terkena air dingin pH nya justru sangat basa sehingga aman untuk lambung bahkan ini adalah obat maagku sebagai pengganti antasida .. CMIWIW

    ReplyDelete
  16. salah satu favorit nih, jeruk nipis… apalagi dicampurkan ke makanan berkuah seperti soto, dan nasi goreng juga enak :)

    ReplyDelete
  17. DI balik segudang manfaatnya, ada juga minusnya Mbak. Lambung dan kalsium pada tulang. Saya pernah minum jeniper terus, tapi sendi kaki makin kaku.

    ReplyDelete
  18. nice info kak, sekarang harus lebih sering mengkonsumsi jeruk nipis untuk menjaga kesehatan

    ReplyDelete
  19. Teryata ada banyak manfaat konsumsi jeruk nipis ini. Biasanya juga dipakai untuk di buat di ikan yang mentah. Agar tidak cepat busuk

    ReplyDelete
  20. Banyak ya khasiat jeruk nipis. Padahal sudah biasa pakai buat tambahan minuman. Mantap infonya.

    ReplyDelete
  21. terima kasih tipsnya. kebetulan saya suka dengan minuman ini. jeruk nipis selalu tersedia di rumah.

    ReplyDelete
  22. Banyak ya manfaatnya, bahkan sampai mengobati batu ginjal. Jadi ingat papa mertua saya beberapa bulan lalu baru selesai operasi batu ginjal.

    ReplyDelete
  23. Saya juga suka sekali makan bakso pakai jeruk nipis, Mbak Sulis. Jadi segar sekali ya, Mbak.
    Selain itu, saya suka juga buat minuman jeruk nipis. Tapi gulanya dibanyakin, terus simpan dulu di lemari es hehehe.

    ReplyDelete
  24. Jeruk nipis ini kandungan vitamin c nya tinggi ya kak sehingga bisa memperkuat imunitas tubuh saya sering minum air jeruk nipis hangat campur madu hehe

    ReplyDelete
  25. Wah, banyak banget khasiat jeruk nipis ini ya. Pantesan ada tetanggaku yang menjalankan terapi jeniper (jeruk nipis peras) ini berhasil mengatasi penyakitnya.

    ReplyDelete
  26. Sebenarnya memang banyak manfaatnya tapi kadang saya suka males minumnya, hehehe. Kalau sudah malas melanda padahal cuma mencet jeruk nipis untuk di campur ke teh hangat rasanya susah gitu bagi saya.

    ReplyDelete
  27. Ternyata Jeruk NIPIS banyak MANFAATNYA BAGI KESEHATAN

    ReplyDelete
  28. Duh jadi pengen minum es jeruk nipis nih..suegeeer.. Aku juga sering bikin infused water pake jeruk nipis mba. Airnya terasa lebih segar meski tidak dingin..hehe.. Alhamdulillah ternyata jeruk nipis ini sangat bermanfaat ya..

    ReplyDelete
  29. Jeruk nipis adalah minuman yang akhir-akhir ini menjadi minuman saya tetapi dicampur dengan jahe dan serei. Alhamdulillah menjadi obat yang cocok dengan lambung saya

    ReplyDelete
  30. paling enak jeruk nipis diminum sama air hangat juga madu nih pahgi-pagi, ups kan baru aja adzan subuh hehe, makasih infonya mbak suliss

    ReplyDelete
  31. Memang bikin badan enakan Mbak. Lebih kuat imunitasnya. Apalagi bagi saya yang alergi dingin dan mudah flu.
    Tapi jeruk nipis bikin tulang linu, nih.
    Oh iya, kalau bisa Minumnya pakai sedotan

    ReplyDelete
  32. Baru tahu saya kalau manfaatnya sebanyak ini. Besok harus beli banyak nih, hihi ....

    ReplyDelete
  33. Ternyata banyak sekali manfaatnya ya jeruk nipis. Saya taunya cuma buat diminum aja, jadi es, atau jeruk anget.

    ReplyDelete
  34. Pas banget... saya juga sering konsumsi jeruk nipis.. kadang dicampur sama madu.. atau ga langsung2.. kalau dicampur air panas..hilang rasa asamnnya.. dan baru tahu manfaatnya jeruk nipis bagus buat jantung dan kanker..kirain buat nurunin berat badan saja

    ReplyDelete
  35. Saya kemarin sempat rutin olahrga ditambah minum air detoks jeruk nipis. Hasilnya berat badan cepat turun. Sekarang kayaknya haru dimulai lg nih krn ternyata banyak banget manfaatnya selain itu

    ReplyDelete
  36. Banyak ya ternyata manfaat dari jeruk nipis ini, aku sekarang karena ngeliat temenku jadi kebiasaan tiap makan di warung yang ada jeruk nipis, selain dikasih ke makanan, juga dikasih ke teh biar ada jeruk nipisnya. Yang perlu diingat jangan berlebihan dan langsung gosok gigi, siap

    ReplyDelete
  37. Jadi ingat dulu waktu kecil suka banget konsumsi jeruk nipis langsung hehehhe biasalah anak kecil. Terus dimarah mama, katanya "jangan banyak - banyak makan jurus nipis nanti lambung kamu tipis" 🤣

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts