Skip to main content

Featured

Liburan Staycation di Hotel Murah Surabaya

Java Paragon Hotel & ResidencesSetelah lama di rumah aja karena pandemi, liburan tampaknya bisa menjadi pilihan menarik untuk dilakukan demi sedikit menyegarkan diri. Namun liburan keluar kota belum menjadi pilihan yang bagus, karena akses keluar masuk kota yang masih sulit dan cukup rawan. Nah oleh sebab itu liburan staycation mungkin bisa menjadi pilihan kalian saat ini. Staycation telah lama menjadi tren liburan yang diminati oleh anak muda di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Jogja, dan lainnya. Selain biaya liburan yang lebih hemat, liburan staycation ini juga tidak terlalu merepotkan, karena cukup dengan menginap selama beberapa hari di hotel yang kalian mau, sambil memanjakan diri dengan fasilitas hotel yang bagus. Bagi kalian yang ada di Surabaya, kalian juga bisa memesan hotel murah Surabaya melalui Traveloka loh untuk staycation bersama orang tersayang. Referensi hotel murah di Surabaya dari TravelokaBerikut ini beberapa hotel yang bisa…

Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen

Kopi jujur

Kopi adalah minuman yang sudah tidak asing lagi masyarakat Indonesia. Penggemar minuman kopi juga berasal dari beragam kalangan baik remaja, orang dewasa hingga orang tua. Hingga tidak heranlah jika kini mulai banyak bermunculan cafe yang menjadikan kopi sebagai sajian utamanya. Aroma kopi yang keluar saat kopi diseduh menjadi pemikat tersendiri bagi peminatnya.

Minuman kopi berasal dari seduhan biji kopi yang sebelumnya telah disangrai lalu dihaluskan. Proses pembuatan kopi hingga sampai dinikmati cukup panjang. Mulai dari pemanenan biji lalu penjemuran, setelah dijemur kemudian pelepasan kulit ari biji kopi. Setelah kopi benar-benar kering selanjutnya disangrai baru kemudian dihaluskan. Pada tahap inilah kopi siap untuk dipasarkan dan dinikmati. Namun sebenarnya kopi ada juga yang dijual bukan dalam bentuk bubuk tetapi dalam bentuk biji. Selanjutnya biji kopi nanti akan disangrai dan dihaluskan sendiri oleh si pembeli. 

Saat ini ada dua jenis kopi yang terkenal untuk dikonsumsi yaitu kopi jenis arabika dan kopi jenis robusta.

Kopi arabika memiliki biji yang memanjang, agak pipih dan memiliki ukuran yang agak besar. Sedangkan biji kopi robusta bentuknya agak membulat dan terlihat padat. Dari segi ukuran juga lebih kecil dibanding biji kopi arabika. Dari sisi perawatan kopi robusta lebih mudah, sebab kandungan kafein dan asam klorogeniknya yang tinggi membuatnya kebal dari serangan hama dan penyakit. Sebaliknya kopi arabika lebih rentan terserang hama penyakit. Selain itu juga kopi robusta lebih cepat berkembang dan cepat berbuah, berbeda dengan arabika yang memerlukan beberapa tahun untuk memproduksi buah. 

Dari segi rasa kopi robusta lebih tajam bahkan seperti pahit. Hal ini karena kandungan kafein dalam kopi robusta dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan kopi arabika. Sedangkan kopi arabika memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan dengan kopi robusta. Sebab kopi arabika memiliki kandungan gula dan lipid lebih tinggi dibandingkan robusta. Jadi meskipun diminum tanpa menambahkan gula kopi arabika sudah memiliki rasa manis.

Minuman kopi ini sangat cocok menemani suasana santai saat berkumpul dengan teman ataupun keluarga. Bahkan dahulu kala seseorang saat pagi hari ketika membaca koran teman setianya adalah kopi. Tidak hanya itu kopi juga akan bersanding manis dengan gorengan yang disajikan pada pagi hari. Kini seiring pergeseran zaman kopi tidak hanya dijadikan teman membaca koran tetapi menjadi teman saat anak muda berselancar di dunia maya. Kegiatan ngobrol juga tidak akan menjadi asyik  jika tidak ada kopinya.

Manfaat minum kopi

Ada beberapa manfaat minum kopi yang bisa kita dapatkan; 

1. Membuat badan kembali segar
Saat pagi hari ketika mata masih terasa ngantuk, segeralah membuat kopi. Aroma seduhan kopi seketika akan mengusir rasa kantuk yang ada. Terlebih saat meminum air kopi, maka hangatnya akan membuat kita bersemangat dalam menjalani hari.

2. Memberikan efek relaksasi
Saat pikiran sedang penat cobalah untuk meminum kopi. Aroma kopi akan memberikan ketenangan untuk kita. Untuk perempuan minum kopi mampu meningkatkan homon serotin yang mampu menekan timbulnya stress.

3. Sumber anti oksidan
Rupanya kopi merupakan salah satu minuman yang kaya akan anti oksidan. Senyawa ini berfungsi dalam menangkal radikal bebas sehingga tubuh tetap sehat. Adapun senyawa yang terdapat dalam  kopi adalah polifenol, flavonoid, proantasianidin, kumarin, asam klorogenat dan tokoferol.

4. Meningkatkan fungsi otak
Menurut sebuah penelitian bahwa kandungan kafein dalam kopi dapat membantu otak untuk mengingat informasi lebih lama. Jadi setelah meminum kopi,  kafein dalam kopi ini akan mengaktifkan saraf dan hormon-hormon yang berfungsi untuk meningkatkan kerja otak. Seperti daya ingat, konsentrasi dan juga suasana hati. 

5. Meningkatkan stamina
Kafein dalam kopi mampu memecah lemak sebagai sumber energi. Jadi minum kopi bisa dijadikan alternatif untuk meningkatkan stamina saat melakukan kegiatan olahraga. 

6. Mempercepat metabolisme tubuh
Lagi diet? Dan sedang mencari minuman yang cocok. Minuman kopi bisa menjadi minuman pilihan bagi pelaku diet sebab kafein dalam kopi mampu meningkatkan pembakaran lemak tubuh dan meningkatkan metabolisme. Itu artinya lemak tubuh kita akan diubah menjadi energi sehingga timbunan lemak akan berkurang. Oya, minumnya tanpa tambahan gula ya, supaya hasilnya maksimal.

Dipasaran ada dua jenis kopi yang biasanya sudah dikenal yaitu kopi murni dan kopi essen. Kopi essen adalah kopi yang sudah berperisai artinya sudah diberikan tambahan rasa. Bahan bakunya tidak sepenuhnya berasal dari biji kopi asli tetapi sudah ada campuran berbagai bahan kimia. Dalam satu ton produksi kopi essen hanya dibutuhkan satu kilo biji kopi asli. Sehingga kopi essense ini dijual dengan harga yang murah. Hanya 1000-2000 ribu sudah bisa mendapatkan satu sachet kopi berperisai. 

Dibandingkan dengan kopi asli yang banyak memberikan manfaat. Sebaliknya ada beberapa dampak negatif bagi kesehatan jika mengkonsumsi yang sudah berperisai. 
Adapun dampak negatif bagi kesehatan jika terlalu sering mengkonsumsi kopi jenis ini adalah;

1. Meningkatkan risiko hipertensi
Kopi essen mengandung krimer yang tidak dapat dicerna oleh tubuh dengan sempurna. Dalam jangka panjang hal ini akan membahayakan sebab bisa mengakibatkan penyumbatan pembulu darah. Adanya penyumbatan pembulu darah inilah yang pada akhirnya melahirkan hipertensi. 

2. Meningkatkan risiko diabetes
Kopi essense biasanya mengandung pemanis buatan. Sebagaimana yang kita ketahui pemanis buatan tidak baik bagi kesehatan. Sebab pemanis buatan kandungan kalorinya cukup tinggi. Sehingga meningkatkan risiko diabetes. 

3. Meningkatkan kolesterol jahat
Krimer yang terdapat dalam kopi berperisai sulit dicerna dengan baik. Sehingga menimbulkan penumpukkan dalam tubuh akibatnya kandungan lemak jahat juga semakin meningkat. 

Nah, supaya kita bisa mendapatkan manfaat positif dari minum kopi. Maka lebih baik kita memilih untuk minum kopi asli. Supaya kebaikan kopi bisa benar-benar kita rasakan. 

Mengenal kopi jujur

Mungkin kita penasaran dengan sebutan kopi jujur. Kopi jujur adalah kopi asli tanpa essen. Jadi penikmat kopi bisa benar-benar menikmati kopi asli yang dihasilkan oleh petani kopi rubusta di bengkulu. Semua prosesnya transparan, sehingga melahirkan kejujuran atas kemurnian kopi yang disajikan. 

Kopi jujur dan aksi nyata melawan corona
Saat ini dunia sedang dilanda wabah corona atau disebut juga dengan covid 19. Sudah banyak korban yang ditimbulkan oleh wabah ini. Sebagai bentuk aksi melawan korona, kopi jujur memberikan satu juta cup kopi jujur kepada tenaga medis, tenaga kesehatan dan juga seluruh karyawan dan staff yang berada digarda terdepan melawan wabah covid 19 di Jakarta. 

Dalam aksi ini kopi jujur mengajak seluruh masyarakat luas, baik komunitas kopi, para barista, pengusaha, influencer, selebgram, youtuber, publik figure untuk mendukung aksi tersebut dengan cara membantu share, like, dan juga penyebar luasan informasi kegiatan. Aksi kopi jujur kawan corona ini akan dilakukan selamat 2 bukan terhitung mulai tanggal 39 maret sampai dengn 39 Mei 2020.

Ada 8 rumah sakit rujukan yang akan diberikan kopi jujur secara gratis. Tidak hanya itu kini kopi jujur juga memberikan bantuan berupa Kopi + Gula Aren + Jahe dan Roti  kepada para driver taxi, driver ojek online, ojek pangkalan dan bajaj yang mulai kesulitan mencari penumpang karena dampak sosial distancing.

Jika kita ingin berjuang bersama kopi jujur melawan korona, kita bisa memberikan dukungan dana melalui link berikut:

1.http://Kitabisa.com/kopijujurlawancorona
2.http://bit.ly/benihbaikkopijujur

Mari bersama kita lawan corona. 

Comments

  1. Saya kepingin juga ngadain di Balikpapan, tapi bagaimana caranya yah mbak?

    ReplyDelete
  2. Inspiring bgt ya
    Kopi jujur melawan covid 19
    Dengan kopi kita harus jujur hehe

    ReplyDelete
  3. ayah saya banget ini suka kopi tanpa campuran. meski beliau enggak ngerokok, tapi tetap doyan kopi hitam. kalau saya mah kopi susu haha. apalgi pakai es, duh es kopi susu diminum siang-siang tuh seger bangeeet. jadi pengen ngopi hihi

    ReplyDelete
  4. Kopi jujur kopinya orang-orang mujur ha ha

    ReplyDelete
  5. Ditengah pandemi Corona banyak pihak yang peduli bergotong royong membantu sesama salah satunya dengan campaign kopi jujur ini ya semoga dapat meringankan beban nakes kita dibnyk rumah sakit

    ReplyDelete
  6. Aksi ini wajib kita support. Semua orang bisa berkontribusi, bisa saling bantu dengan berbagai cara, termasuk caranya Kopi Jujur. Sukses slalu untuk aksinya. Semoga banyak juga yg termotivasi melakukannya di daerah lain.

    ReplyDelete
  7. Memang lebih aman minum kopi asli ya Mba. Kalo bisa pun tanpa gula biar khasiatnya lebih josss

    ReplyDelete
  8. Sebagai pecinta kopi, saya salut banget dengan konsep kopi jujur ini. Bukan hanya inovatif tapi terjaga kepercayaan kita padanya.

    Dan ada program baik yang harus diikuti dan diramaikan.
    Yuk...

    ReplyDelete
  9. Saya termasuk yang tidak bisa meminum kopi ka, entah kenapa selalu berujung sakit. katanya karena ada maag. Sesekali saya minum yang mix tapi.
    Kopi jujur ini lagi ngtrend di media sosial y k. Programnya bagus, sukses terus program kopi jujurnya.

    ReplyDelete
  10. Inovasi kopu jujur ini keren. Ada lagi aksi #kpijujurmelawankorona. Semoga bermanfaat kegiatannya. Suami saya nih paling doyan kopi. Ternyata banyak manfaat yang kopi asli ya

    ReplyDelete
  11. Sudah kopinya bermanfaat, inovatif pula acaranya. Semoga sukses, meluas lagi ke banyak rumah sakit agar lebih banyak yg meraup manfatnya.

    ReplyDelete
  12. Keren nih. berjuang lewat kopi, semoga banyak yang tergerak melakukan aksi kerelawanan.

    ReplyDelete
  13. Sebagai pecinta kopi, saya mengamini manfaat kopi di atas, saya merasakan langsung! Ngomong-ngomong, baru tau mengenai brand Kopi Jujur, pengen nyoba jadinya.

    ReplyDelete
  14. Aku suka sekali mencium aroma kopi, tapi sayang belum bisa menikmati minumannya. Suka deg-degan kalo habis minum kopi.
    Sukses dengan program kopi jujur ya, mbak, namanya keren

    ReplyDelete
  15. Hampir setiap hari, aku minum kopi. Kopi kesukaanku ya kopi hitam, yang dibrew pake metode vietnam drip. Simpel dan enak.

    ReplyDelete
  16. Saling membantu dengan apa yang kita bisa. Gerakan kopi jujqur ini bagus sekali ditiru.

    ReplyDelete
  17. Keren banget program Kopi Jujur ini, saya kira para tenaga medis hingga pekerja harian yang mendapatkan kopi ini akan sanagt senang sekali

    ReplyDelete
  18. Kopi teman setia..kala yang lain terlelap...secangkir kopi tetap hadir menenami sampai tandasnya... bahkan saat ini kopi (kopi jujur) pun sudah ikut membantu melawan covid dengan kehadirannya... keren

    ReplyDelete
  19. Tapi emang bener kopi itu bisa ningkatin stamina dan smangat kita pas nau aktivitas ya mbak

    Ga salah aku sllau konsumsi kopi sehari sekali ituuuhh

    ReplyDelete
  20. banyak banget ya manfaat kopi hitam dan pastinya lebih jujur daripada kamu. hehe. iya gak sih?

    ReplyDelete

Post a Comment