Tips cuci tangan 6 langkah untuk menjaga kesehatan

cuci tangan 6 langkah

Tangan adalah anggota tubuh yang paling sering bersentuhan dengan banyak benda. Bukan hanya benda yang bersih tetapi juga benda yang kotor. Maka dari itu tangan banyak menyimpan bakteri, kuman dan virus. Sehingga tangan menjadi sumber utama penyebaran penyakit dalam tubuh kita. Supaya kuman, bakteri maupun virus tidak masuk ke tubuh, kita harus selalu menjaga kebersihan tangan dengan cara mencucinya. Cuci tangan 6 langkah harus kita terapkan supaya tangan benar-benar higienis. 

Selama ini banyak orang yang mengabaikan tentang cuci tangan, padahal cuci tangan memiliki manfaat yang banyak sekali bagi kesehatan. Kebiasaan ini bahkan mampu memutus mata rantai penyebaran virus corona yang saat ini sedang melanda dunia. Maka dari itu gerakan mencuci tangan harus digalakkan supaya kita terhindar dari penyakit covid 19.

Manfaat dari cuci tangan untuk menjaga kesehatan

Selain mencegah penularan covid 19 ada banyak manfaat yang kita peroleh dari mencuci tangan yaitu;

1. Terhindar dari penyakit serius
Tangan yang kotor mengandung kuman, bakteri dan virus. Jika makan tanpa mencuci tangan maka kuman, virus dan bakteri akan menempel di makanan tersebut. Sehingga kita bisa mengalami diare. 

Dengan mencuci tangan maka kita bisa terhindar dari penyakit diare.  Selain mencegah diare, mencuci tangan juga bisa menghindarkan kita dari penyakit serius seperti infeksi parasit, infeksi nosokomial dan juga hepatitis A. 

2. Mencegah batuk dan pilek
Tangan adalah bagian tubuh yang banyak melakukan aktifitas termasuk bersentuhan langsung dengan hal-hal yang memudahkan penyebaran penyakit. Misalnya saja memegang pintu, memegang uang dan juga menggunakan fasilitas umum. Jika ada salah satu orang yang terkena batuk dan pilek lalu ia menggunakan fasilitas umum yang juga kita gunakan. Jika tidak mencuci tangan maka kita berpotensi untuk tertular batuk dan pilek tersebut. 

3. Mencegah infeksi mata
Ketika mata terasa gatal maka secara otomatis kita akan menggunakan tangan untuk menguceknya. Tangan yang terkontaminasi kuman jahat, jika digunakan untuk mengucek mata akan menyebabkan kita mengalami infeksi mata. Maka jika kita ingin menyentuh bagian mata usahakan tangan dalam keadaan bersih supaya terhindar dari infeksi mata. 


Untuk menjaga kebersihan tangan lebih disarankan untuk mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir. Sebab hal ini lebih efektif untuk menghilangkan kuman, bakteri dan virus dibandingkan membersihkan tangan menggunakan cairan pembersih tangan/hand sanitizer. 

Tiga Kesalahan Dalam Mencuci Tangan yang Harus Dihindari
Sebenarnya sudah banyak orang yang membersihkan tangan setelah selesai beraktifitas. Sayangnya, kebanyakan dari mereka tidak melakukan langkah cuci tangan yang benar. Jadi, hindari 3 kebiasaan salah dalam mencuci tangan supaya kuman, bakteri dan virus benar-benar hilang. Adapun 3 kesalahan tersebut adalah;

1. Mencuci tangan tidak menggunakan sabun dan kurang dari 20 detik

Cara yang benar dalam mencuci tangan adalah menggunakan sabun selama 20 detik. Namun kebanyakan orang mencuci tangan tidak menggunakan sabun dan hanya 6 detik. Sehingga kuman, bakteri dan virus tidak bisa hilang dan masih menempel di tangan kita. 

2. Hanya menggosok telapak tangan
Kebiasaan yang sering kita lakukan saat mencuci tangan adalah hanya menggosok telapak tangan saja. Padahal sela-sela jari dan juga punggung tangan juga harus dibersihkan. 

3. Tidak dikeringkan
Mengeringkan tangan setelah mencuci tangan adalah penting, supaya tangan tidak lembab. Sebab kondisi tangan yang lembab akan membuat kuman, bakteri dan virus akan mudah berkembang biak.

Tips  Cuci Tangan 6 Langkah Untuk Menjaga Kesehatan

Supaya tangan kita benar-benar bersih maka kita perlu menerapkan langkah yang benar dalam mencuci tangan. Nah, berikut ini tips cuci tangan 6 langkah untuk menjaga kesehatan; 

1. Basahi kedua tangan dengan air bersih yang mengalir lalu tuangkan sabun ke telapak tangan kemudian gosok-gosokan kedua telapak tangan tersebut. 

2. Gosok punggung tangan dan sela-sela jari bagian luar. Gosok secara bergantian antara punggung tangan kanan dengan punggung tangan kiri. Begitupun dengan sela-sela jari bagian luar. Selanjutnya bersihkan sela-sela jari bagian dalam. 




3. Kunci jari-jari dari sisi dalam dengan menggunakan kedua tangan lalu diputar-putar. 

4. Gosok ibu jari tangan kiri dengan cara diputar-putar dalam genggaman telapak tangan kanan. Lakukan hal yang sama pada ibu jari tangan kanan. 



5. Kuncupkan jari-jari tangan sebelah kiri lalu gosok-gosokkan ke telapak tangan bagian kanan. Setelah selasai, lakukan hal yang sama pada jari-jari tangan sebelah kanan. 

6. Gosok pergelangan tangan kanan dan kiri selanjutnya bilas dengan air mengalir. Kemudian keringkan dengan tisu atau lap kering sekali pakai.

Kebiasaan mencuci tangan ini harus menjadi kebiasan kita dan juga keluarga kita. Karena dengan 6 langkah cuci tangan yang benar kita telah melindungi tubuh dari ancaman penyakit yang disebabkan oleh kuman, bakteri dan juga virus. Mencuci tangan adalah langkah yang paling mudah untuk menjaga kesehatan. Mari tularkan kebiasaan mencuci tangan di lingkungan sekitar kita. Sebab tubuh yang sehat dimulai dari tangan yang bersih. 






Comments

  1. Asslamu alaikum mba, sepertinya kita satu grup lagi nih. Hehehe. Dari tulisan mbak, jujur saya yang paling malas adalah mengeringkan tangan yang basah sehabis dicuci. Biasanya saya biarkan kering sendiri atau diusap ke baju. Seharunya itu yang tidak boleh ya mbak.

    ReplyDelete
  2. Stepnya detail banget. Orang yang sudah terbiasa cuci tangan seperti ini insyaAllah ngga akan jadi beban dan ribet. Yang ngga terbiasa harus membiasakan diri, biar cuci tangan jadi kebiasaan akhirnya.

    ReplyDelete
  3. Memang cuci tangan penting banget apalagi dikondisi seperti saat ini ya kak. . Semoga kita sehat2 semua dan dijauhkan dari sakit penyakit ya kak . . Amin

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah saya selalu cuci tangan, soalnya rajin wudhu hehe. Tapi memang benar cuci tangan itu penting, orang2 saat ini juga terkadang cuci tangan ala kadarnya tanpa memperhatikan standarisasi kesehatan

    ReplyDelete
  5. Banyak banget yang mengira cuci tangan ya udah cuci dnegan gosok-gosok tangan aja tanpa ke sela-sela jari, buku-buku jari, kuku-kuku jari bahkan kadang jempol kanan kiri malah gak kena sabun

    ReplyDelete
  6. Nah bener banget kak skrg yg kulihat org rajin cuci tangan sama ber handsanizer sama pake sarung tangan klo kepasar..jadi serba ingin bersih gitu ya semua orang skrg tuh..

    ReplyDelete
  7. Aku malah teringat pada lagu anakku yang masih di paud.
    Ikuti ya..


    Sing "ada 6 langkah dalam cuci tangan mulai dari depan sampai ke belakang titik sela-sela jari buku-buku jari kuku kuku jari jempol pergelangan".

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku gak tahu malah ada nyanyinya mba. Hahaha. Boleh bagi link-nya sesekali mba, atau share judul lagunya apa. Nanti dicari di YouTube. Biasanya kalo sambil nyanyi anak lebih semangat ya.

      Delete
  8. wahh banyak yaa cara mencuci tangan, semoga kita selalu terhindar dari segala jenis penyakit karena rutin cuci tangan

    ReplyDelete
  9. Mencuci tangan kurang dari 20 detik. Ini nih yang sering saya langgar. Buru2 melulu. Next nggak boleh terlalu cepat. Harus ikuti step2 seperti dalam tulisan ini.

    ReplyDelete
  10. Wah ini harus benar2 diterapkan nih sehari2, kadang buibu apa2 pingin buru2 aja lupa ngeringin tangannya haha, tfs ya Mba Sulis

    ReplyDelete
  11. Penting buat kesehatann untuk menjaga kebersihan salah satunya dengan mencuci tangan, namun ternyata ada 6 cara yang baru saya ketahui, biasanya lansung ajah cuci tangan pakai sabun sudah hhehehe Thanks Mba Sulis

    ReplyDelete
  12. hehehe... sebelum ini saya sering melakukan kesalahan dalam melakukan cuci tangan. Guyur air, gosok-gosok sebentar terus tangan di kepret kepretkan untuk mengeringkan, bukannya di lap pakai kain

    ReplyDelete
  13. dari step cuci tangan yang bener paling miss cuci tangan smp 20 detik, kadang cuma secepetnya aja hihi. makasih remindernya ya

    ReplyDelete
  14. Selama ini aku salah dalam mencuci tangan, kalo aku cuci tanggan kalo udah basah dan kelihatan lebih bersih yaudah. ehh terntayaada langkah-langkahnya. Bisa aku coba agar aku BeHangat.Com semakin sehat selalu

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts