Bahan makanan yang sebaiknya disimpan di kulkas dan yang tidak



Tips menyimpan sayur
Supaya waktu lebih efektif, menyimpan stok bahan makanan memang pilihan yang tepat. Biasanya kulkas adalah tempat untuk menyimpan bahan-bahan makanan tersebut. Adapun alasannya karena kulkas memiliki suhu udara dingin sehingga baik untuk menyimpan sayuran dan juga buah.

Ada beragam cara penyimpanan bahan makanan. Ada yang langsung disimpan tanpa perlu dibungkus tetapi ada pula yang harus ditaruh dalam wadah tertutup. Memang untuk sebagian bahan makanan seperti sayuran ataupun buah, suhu dingin kulkas mampu membuat kesegarannya lebih tahan lama. Tetapi disisi lain ada buah dan juga sayur yang jika disimpan didalam kulkas malah membuatnya kehilangan kesegara, rasanya menjadi hambar dan kandungan gizinya berkurang. 

Jenis bahan makanan yang sebaiknya disimpan di kulkas

Berikut ini adalah jenis bahan makanan yang sebaiknya disimpan di kulkas

1. Sayuran 

Adapun jenis sayuran yang baik disimpan dikulkas adalah sawi hijau, sawi putih, bit, kubis, wortel, pockchoy, bayam, kembang kol, selada, asparagus, lobak, wortel, buncis. Sebelum disimpan sayuran tadi sebaiknya dibungkus terlebih dahulu dengan kertas ataupun tisu. Sebab jika tidak makan akan membuatnya sayuran tadi cepat layu. Untuk sayuran yang berbentuk lembaran seperti selada, pok choy sebaiknya dicuci terlebih dahulu sebelum disimpan dikulkas. Sebaiknya jenis sayuran ini harus dikonsumsi setelah disimpan dua hingga tiga hari. 

2. Jagung

Supaya jagung lebih tahan lama sebaiknya disimpan dikulkas. Tidak perlu dibersihkan saat di simpan di kulkas. Cara menyimpannya bungkus dengan kertas kemudian taruh didalam kulkas. 

3. Buah

Jenis buah-buahan yang sebaiknya disimpan dikulkas diantarnya adalah apel, stroberi, nanas, mangga, pear, ceri. Sama seperti menyimpan sayuran sebaiknya buah dibungkus dengan kertas atau tisu sebelum disimpan dikulkas untuk menjaga kesegerannya. 

Hal yang perlu diperhatikan dalam menyimpan bahan makanan adalah membedakan tempat penyimpanan buah dan sayur. Sebab buah mengeluarkan gas etilen lebih banyak dibandingan dengan sayuran. Sehingga akan membuat sayuran akan cepat layu. Jadi sebaiknya sayuran dan buah di simpan ditempat yang berbeda. 

Nah berikut ini adalah bahan makanan yang sebaiknya tidak disimpan di kulkas dan yang sebaiknya disimpan di kulkas. 
Adapun sayuran dan buah yang sebaiknya tidak disimpan di kulkas adalah sebagai berikut;

1. Kentang
Untuk sayur jenis umbi-umbian sebaiknya tidak perlu disimpan di kulkas. Sebab meskipun disimpan di kulkas tidak akan menambah kesegarannya. Selain itu menurut penelitian kentang yang disimpan di kulkas akan mengubah zat pagi menjadi gula lebih cepat. Sehingga berpengaruh terhadap rasa dan teksturnya. Rasanya akan semakin manis menyengat dan teksturnya akan berubah menjadi keras. 
Kentang sebaiknya disimpan disuhu ruangan dengan dibungkus kertas. Hindari menyimpan kentang dalam kantong plastik sebab akan membuatnya cepat busuk. 

2. Tomat
Tomat jika disimpan didalam kulkas akan membuatnya kulitnya kisut dan teksturnya  menjadi lembek serta rasanya akan hambar. Sebaiknya tomat disimpan di suhu ruangan depan yang dilapisi kertas dibagian bawahnya. Pisahkan segera jika ada tomat yang busuk sebab akan mempengaruhi tomat lainnya. 

3. Telur
Selama ini banyak orang yang menyimpan telur didalam kulkas. Padahal sebaiknya telur disimpan diluar kulkas. Sebab jika disimpan di kulkas akan semakin banyak terkontaminasi bakteri. Jika ingin menyimpan telur di kulkas sebaiknya dicuci terlebih dahulu. 

4. Alpukat
Ketika menyimpan buah di kulkas tentu kita berharap supaya tidak mudah busuk. Alpukat ketika masak memiliki teksturnya yang lembut. Sebaiknya buah alpukat tidak disimpan di kulkas sebab akan membuat rasanya berubah. Kalaupun ingin menyimpan di kulkas sebaiknya alpukat dikupas terlebih dahulu, dipotong kecil-kecil. Kemudian masukkan ke dalam wadah kedap udara supaya teksturnya tetap bagus. Sebab jika dibiarkan dalam wadah terbuka buah alpukat akan berubah menjadi hitam. 

5. Pisang
Pisang adalah buah yang kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Buah pisang, jika sudah masak termasuk buah yang cepat busuk. Selain itu kandungan vitamin C juga akan berkurang. Jadi kita perlu berhati-hati dalam menyimpannya. Untuk menyimpan buah pisang sebaiknya jangan di kulkas. Sebab akan membuat kulit pisang berubah menjadi hitam. Jika kulitnya mulai menghitam maka akan mempengaruhi rasanya dan membuatnya cepat busuk. 

6. Semangka dan melon
Sama dengan buah pisang, buah semangka dan melon  juga sebaiknya tidak disimpan dikulkas. Karena rasanya akan berubah, biasanya rasa manisnya mulai berkurang. Selain itu kandungan antioksidannya juga akan berkurang. Jika kita tetap ingin menyimpannya dikulkas sebaiknya jangan dibiarkan untuk waktu yang lama. Sebaiknya sebelum disimpan dikulkas buah melon dan semangka dikupas dari kulitnya lalu dipotong kecil-kecil kemudian taruh dalam wadah kedap udara. Selain lebih menghemat ruangan, kesegaran dari buah melon dan semangka akan tetap terjaga. 

7. Kemangi
Daun kemangi memiliki aroma yang khas sehingga makanan yang diberi daun kemangi memiliki cita rasa sendiri. Selain untuk bumbu tambahan dalam memasak, daun kemangi juga cukup enak dijadikan lalapan/dimakan mentah. 

Sebaiknya daun kemangi ini tidak disimpan dikulkas. Karena akan membuatnya cepat kayu dan juga aroma asli kemangi akan hilang. Sebab daun kemangi termasuk sayuran yang mudah menyerap aroma dari makanan lain yang ada dikulkas. Sebaiknya jika ingin menyimpan daun kemangi dikulkas. Taruh dalam wadah tertutup, terapi sebaiknya tidak disimpan untuk jangka waktu yang lama. Jika di simpan disuhu ruangan  untuk membuatnya segar  daun kemangi direndam didalam air. 

8. Makanan kaleng
Makanan kaleng sebaiknya tidak disimpan dikulkas sebab akan membuatnya lembek dan berair. Sebaiknya makanan kaleng disimpan disuhu ruangan dan jauh dari paparan sinar matahari langsung. 

9. Roti
Untuk menyimpan roti supaya awet biasanya orang akan menaruhnya dikulkas. Memang ketika ditaruh dikulkas akan menghambat pertumbuhan jamur tetapi hal ini akan merubah tekstur roti. Sebab tekstur roti yang awalnya lembut berubah menjadi kering dan kasar. Sebaiknya simpan roti disuhu ruangan dalam wadah kedap udara. Usahakan roti habis dalam waktu tiga hari. 

10. Jenis kacang-kacangan
Untuk jenis kacang-kacangan mentah seperti kacang tanah, kacang mente, kacang almond dan kacang hijau sebaiknya tidak disimpan dikulkas. Sebab akan mengurangi rasa gurih serta kerenyahan dari kacang tersebut. Selain itu kacang-kacangan juga akan menyerap aroma dari makanan lain sehingga rasa khasnya akan berkurang. Sebaiknya simpan kacang-kacangan tersebut didalam wadah tertutup kemudian simpan ditempat yang kering, sejuk dan jauh dari paparan sinar matahari secara langsung. Namun jika kita ingin menyimpan dalam jangka waktu yang lama misalnya satu tahun. Maka kita bisa menyimpannya dalam wadah tertutup kemudian taruh ke dalam frezzer. 

Itulah tadi deretan bahan makanan yang sebaiknya disimpan dikulkas dan yang sebaiknya tidak disimpan dikulkas. Dengan mengetahui cara penyimpanan yang tepat maka bahan makanan tersebut akan tetap bagus kondisinya . Sehingga saat kita konsumsi kandungan gizi pada makanan tersebut  tetap terjaga dengan baik. 


Comments