Laporkan Penyalahgunaan

Popular Posts

Contac Us

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Jumlah Pengunjung

Arsip

Labels List

Kelas Growth Blogger dari Growthing.id

Popular

Mengenal Beda Kunci Inggris Biasa dan Kunci Inggris Torsi Serta Fungsinya

15 komentar

 

mengenal perbedaan kunci inggris torsi dengan kunci inggris biasa

Dalam kehidupan sehari-hari kita sudah tidak asing lagi dengan peralatan kunci inggris. Peralatan ini memiliki banyak kegunaan untuk memudahkan aktivitas kita. Lalu apa itu kunci inggris? Kunci inggris adalah salah satu alat yang sering digunakan dalam berbagai macam kegiatan seperti perbaikan, konstruksi,  otomotif dan industri. Secara umum manfaat kunci inggris adalah alat yang biasa digunakan untuk mengencangkan atau melepaskan mur/baut.

Meskipun terlihat sederhana, tetapi kunci inggris memiliki peranan yang cukup penting. Hal ini karena kunci inggris seringkali jadi penyelamat ketika kita kesulitan dalam membuka benda yang terkunci atau ketika kita ingin mengencangkan baut yang kendor. 

Dengan kegunaannya yang serbaguna ini maka kunci inggris menjadi salah satu perkakas yang tidak bisa tergantikan. Kunci inggris adalah peralatan kecil tetapi memiliki manfaat yang besar. Selanjutnya kunci Inggris hadir dalam berbagai ukuran. Adapun ukuran kunci inggris dimulai dari 6 inci, 8 inci, 10 inci, 12 inci, 15 inci, 18 inci dan 24 inci. Dengan berbagai macam ukuran tadi maka memungkinkan kita untuk mengatasi mur/baut dalam berbagai ukuran.

ukuran kunci inggris

Ada 2 jenis kunci inggris yang biasa digunakan, yakni kunci inggris biasa dan kunci inggris torsi. Namun sayangnya tidak semua orang memahami perbedaan kedua kunci inggris tersebut. Padahal memahami perbedaan kedua kunci inggris tadi sangatlah penting agar kita bisa menggunakan alat tersebut dengan lebih efektif dan efisien.

Nah, pada artikel ini kita akan membahas mengenai perbedaan antara kunci inggris biasa dan kunci inggris torsi beserta manfaatnya.

Perbedaan Kunci Inggris biasa dan Kunci inggris torsi serta kegunaannya

1. Perbedaan desain

  • Kunci Inggris Biasa

Kunci inggris biasa bahan dasarnya umumnya terbuat dari logam, seperti baja/besi tahan karat. Pemilihan bahan tadi bertujuan untuk memberikan ketahan dan kekuatan terhadap tekanan saat kunci digunakan. Kunci inggris biasa desainnya juga sederhana, berbentuk rahang yang dapat disesuaikan dengan ukuran mur atau baut. Rahang kunci tersebut terhubung dengan pegangan yang memudahkan kita dalam menggunakannya.  

  • Kunci Inggris Torsi

Kunci Inggris torsi memiliki perbedaan kunci yang menonjol dari kunci Inggris biasa. Perbedaannya adalah desain kunci torsi dilengkapi dengan mekanisme yang memudahkan kita untuk mengatur jumlah torsi yang akan digunakan pada baut atau mur. 

2. Perbedaan fungsi

  • Fungsi kunci inggris biasa

Berikut ini adalah beberapa manfaat kunci inggris biasa:

1. Mengencangkan dan Melepaskan Baut Mur

Kunci inggris biasanya mempunyai fungsi utama untuk melepas dan mengencangkan baut /mur. Cara kerjanya cukup mudah kita tinggal menyesuaikan ukuran kunci inggris biasa dengan ukuran baut yang akan dikencangkan atau dilepaskan selanjutnya tinggal memutar gagang pengangan kunci.

2. Dapat digunakan dalam Berbagai Kondisi/keadaan

Kunci inggris biasa juga bisa digunakan dalam berbagai kondisi, seperti perbaikan kendaraan, konstruksi bangunan industri. Karena bisa digunakan dalam berbagai kondisi maka menjadikan kunci inggris sebagai alat yang sangat serbaguna.

3. Kegunaan di Rumah Tangga

Kunci inggris biasa tidak hanya digunakan oleh kalangan profesional tetapi peralatan ini juga sangat penting untuk ada didalam peralatan rumah tangga. Dalam rumah tangga kunci inggris biasa digunakan untuk membuka barang-barang yang sulit dibuka seperti untuk memperbaiki kran bocor.

  • Fungsi Kunci inggris torsi

Adapun fungsi dari kunci inggris torsi adalah sebagai berikut:

1. Pemasangan Baut dan Mur secara presisi

Kunci inggris torsi memiliki fungsi utama untuk memastikan bahwa baut/mur dikencangkan dengan jumlah torsi yang sesuai dengan spesifikasi produsen. Hal ini penting agar pemasangan baut/mur tidak terlalu kencang atau terlalu kendor.

2. Penggunaan dalam Industri Otomotif

Dalam industri otomotif, kunci torsi biasanya digunakan untuk pemasangan baut pada mesin, roda, rantai dan pada bagian lainnya. Dengan kunci inggris torsi ini maka teknisi bisa memastikan jika mur/baut kendaraan dipasang dengan torsi yang sesuai.

3. Berfungsi dalam  Perbaikan dan Perakitan Mesin

Kursi inggris torsi dalam perbaikan dan perakitan mesin memiliki peranan yang sangat penting karena dapat memastikan keakuratan dan keandalan.  Baut yang dipasang dengan torsi yang sesuai dapat memastikan mesin bisa bekerja dengan optimal 

Meskipun memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk melepas atau mengencangkan baut dan mur. Namun ada terdapat perbedaan utama, kunci inggris torsi memiliki kemampuan kunci torsi yang memungkinkan kita untuk mengatur torsi yang tepat untuk diterapkan pada baut. Sedangkan kunci inggris biasa digunakan untuk mengencangkan atau melepaskan baut dengan gaya yang konstan. Dengan memahami perbedaan kedua kunci inggris tersebut maka kita bisa memilih alat yang tepat untuk menyelesaikan pekerjaan kita secara lebih efektif.

Cara merawat kunci inggris

merawat kunci inggris

Agar awet dan tetap bisa digunakan dengan baik maka kunci inggris perlu dirawat dengan benar. Berikut ini adalah beberapa cara untuk merawat kunci inggris;

  • Membersihkan kunci inggris secara rutin baik digunakan maupun tidak.
  • Beri pelumas pada bagian rahang agar fungsinya tetap lancar.
  • Simpan kunci inggris ditempat yang kering dan terlindung dari sinar matahari agar terhindar dari karat.
  • Gunakan kunci inggris sesuai dengan prosedurnya dan jangan gunakan secara berlebihan.

Kawanlama.com rekomendasi tempat membeli kunci inggris yang berkualitas

manfaat kunci inggris

Jika kalian saat ini sedang mencari kunci inggris, maka kawanlama.com adalah solusinya. Kawanlama.com menyediakan berbagai macam kunci inggris. Kalian bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Tidak perlu ragu, karena produknya terjamin kualitasnya.

Di kawanlama.com kalian bisa menemukan kunci inggris dengan berbagai ukuran, bentuk dan material. Produknya didesain secara ergonomis untuk memberikan kepuasan dan kenyamanan bagi pelanggan. 

Yuk tunggu apa lagi, segera kunjungi kawanlama.com dan temukan kunci inggris yang sesuai dengan kebutuhan kalian.

Related Posts

There is no other posts in this category.

15 komentar

  1. Kunci inggris berkualitas tentunya simpel digunakan, aman, dan tahan karat. Terima kasih ulasannya

    BalasHapus
  2. Keren ya, ternyata kunci Inggris sekarang tampilannya bermacam warna. Kalau dulu taunya kunci Inggris cuma dari besi aja warna metal gitu, hehehee...

    BalasHapus
  3. Oo ternyata ada 2 jenis kunci inggris ya, kunci Inggris biasa dan torsi. Selama ini taunya ya hanya kinci inggris saja. Wah terima kasih ulasannya, jadi nambah pengetahuan.

    BalasHapus
  4. Ini perlengkapan rumah tangga yang perlu dimiliki, paling tidak beberapa lah. Kadang ada saja yang terjadi dan tangan kita tidak terlalu kuat untuk mengatasi. Jadi butuh aneka kunci untuk mengangkat, menggeser, memutar dll. Kalau saya paling tidak ada alat untuk mengencangkan baut yang kendor pada peralatan rumah tangga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak, kunci inggris itu sangat perlu buat saya dan keluarga. Bahkan untuk keperluan rumah tangga. apalagi menyangkut kndaraan pribadi yang kadang perlu perbaikan ringan.

      Hapus
  5. Lho aku baru tahu ternyata kunci inggris itu beda-beda to. Ku pikir sama aja selama ini. Dan memang ya kunci inggris ini adalah salah satu perlatan rumah tangga yang wajib punya gak sih. Soalnya manfaatnya banyak banget untk membantu kerjaan rumah tangga.
    Trus aku juga penasaran banget, kenapa namanya kunci Inggris ya?

    BalasHapus
  6. Kunci inggris ini penting punya, walau bukan untuk bisnis bengkel dan sejenisnya ya. Perbaikan ringan seperti sepeda motor atau otomotif lainnya bisa sangat terbantu dengan kunci inggris ini.

    BalasHapus
  7. Akibat sering bergaul sama bapak dulu di rumah, jadinya sangat familiar dengan kunci inggris kk. Biasanya selain memperbaiki peralatan di rumah, kami sering main bengkel bengkelan sepeda motor bapak.

    BalasHapus
  8. Kunci inggris saya tahu tetapi baru tahu ada yang nanamnya kunci inggris torsi. Pengen lihat sendiri dari dekat yang seperti apa modelnya kunci inggris torsi itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak. Aku pun pengen tahu nih kunci inggris torsi kayak apa. Di rumah ada se-tas peralatan gitu kunci inggris biasa punya suami. Suka dipakai macam-macam. Kadang benerin sepeda, buka baut ban, dll.

      Hapus
  9. Kunci inggris saya tahu tetapi baru tahu ada yang nanamnya kunci inggris torsi. Pengen lihat sendiri dari dekat yang seperti apa modelnya kunci inggris torsi itu.

    BalasHapus
  10. Astaga meski mirip tapi beda-beda juga ya fungsinya Kunci Inggris dan Kunci torsi. Kedua pekakas ini memang harus ada dirumah untuk jaga-jaga jika ada peralatan yang rusak. Meski bukan untuk berbengkel tapi setidaknya ready di rumah

    BalasHapus
  11. Sepertinya lebih mudah dan banyak fiturnya kunci inggris torsi. Bisa lebih sempit ruang yang dibutuhkan.. kunci inggris ini legend juga. Bisa untuk banyak ukurannya. (Supadilah/Padil)

    BalasHapus
  12. Wkwkw...membaca ini saya malu-malu sendiri sebagai laki-laki. Karena pas disuruh ambil kunci inggris sama bapak dulu, bingung bentuknya kek mana. Dan ternyata kunci inggris ada versi torsinya.

    BalasHapus
  13. Di rumah ada kunci inggris karena serba guna. Malah baru tahu ada jenis torsi gitu. Tapi memang fungsinya lebih ke industri otomatif kok ya.

    BalasHapus

Posting Komentar