Kebaikan di bulan ramadan yang bisa dilakukan dari rumah



Berbagi kebaikan

Ramadan tahun ini memang terasa berbeda dengan Ramadan tahun kemarin. Adanya pandemi COVID-19 menyebabkan beberapa kegiatan yang identik dengan bulan Ramadan tidak bisa terlaksana. Biasanya bulan Ramadan selalu identik dengan kegiatan ngabuburit, sahur of the road dan juga buka bersama. Namun sayangnya untuk saat ini kegiatan tersebut tidak bisa dilakukan. Sebab kegiatan yang melibatkan banyak orang membuat potensi tertular COVID-19 semakin besar. Meskipun demikian ada banyak kebaikan di bulan ramadan yang bisa kita lakukan dari rumah.

Bagi saya pribadi saya cukup merasakan perbedaan dalam Ramadan kali. Tahun lalu hampir setiap hari ada saja agenda jadwal buka bersama. Terutama suami saya, kalau saya paling buka bersama dengan saudara dan juga teman kerja. Tetapi kalau suami jadwal buka bersamanya mulai dari bukber teman bersama SD, teman SMP, teman SMA hingga teman kuliah. Tentu saja buka bersama ini juga sekaligus menjadi sarana silaturahmi. Karena belum tentu mereka bisa bertemu setiap harinya. Jadi waktu bukber menjadi waktu yang sangat berharga dan paling ditunggu. Namun untuk saat ini jadwal bukber tidak ada. Buka selalu di rumah bersama anak-anak. Sebab di rumah saja memang pilihan yang tepat untuk memutuskan mata rantai penyebaran COVID-19. Meskipun terkadang rindu juga dengan suasana buka bersama tetapi demi kebaikan bersama kita harus tetap di rumah saja.

Selain buka bersama saya dan suami biasanya juga ngabuburit menunggu waktu berbuka. Biasanya saya dan suami akan pergi naik sepeda motor keliling jalan raya disekitar rumah untuk mencari jajanan buat buka puasa. Ramadan tahun lalu hal ini sering saya lakukan, tetapi saat ini jika tidak mendesak saya tidak keluar rumah. Namun beberapa waktu saya sempatkan juga keluar untuk mencari jajanan sebab anak saya meminta. Ketika saya keluar untuk mencari jajan buka puasa, tahun ini suasananya cukup berbeda. Dampak ekonomi dari wabah corona ini benar-benar terasa. Ramadan tahun lalu di depan jalan raya dekat rumah saya banyak sekali penjual aneka jajanan dan juga lauk untuk buka puasa. Untuk saat ini jumlahnya cukup jauh berkurang. Hanya ada beberapa saja. Saya juga lihat pembeli juga tidak begitu banyak. Bahkan ketika hari berikutnya saya lihat penjualnya juga semakin sedikit. Mungkin karena sedikit pembeli jadi mereka memilih untuk tidak berjualan dari pada rugi.

Meskipun kegiatan rutin seperti buka bersama dan ngabuburit tidak bisa lagi dilakukan saya tetap menjalani ibadah Ramadan dengan suka cita dan penuh kebahagiaan. Sebab bulan Ramadan biasanya hanya datang sekali dalam setahun dan pahala kebaikan yang dilakukan akan dilipat gandakan.


Kebaikan dari rumah yang bisa kita lakukan ditengah pandemi COVID-19

Bulan ramadan adalah bulan yang penuh keberkahan. Maka sudah seharusnya di bulan yang penuh berkah ini kita berlomba-lomba melakukan kebaikan. Tidak perlu bingung meskipun di rumah saja kita tetap bisa berbagi kebaikan. Berikut ini adalah beberapa kebaikan yang bisa kita lakukan dibulan Ramadan. Selain untuk mendapatkan pahala harapannya kebaikan kita bisa memberikan manfaat postif untuk menanggulangi penyebaran pandemi COVID-19

1. Melakukan donasi secara online
Dalam era digital ini kita dimudahkan untuk melakukan donasi. Jadi kita tidak perlu keluar rumah atau bertemu langsung dengan orang yang kita beri donasi. Cukup melalui smartphone kita sudah bisa melakukan donasi. Saat ini sudah banyak penyalur dana donasi yang bisa dilakukan secara online. Nominalnya juga terserah kepada kita, semampu kita. Dengan uang 1000 rupiah pun kita sudah bisa berdonasi. Jadi tidak perlu menunggu banyak. Kita pun juga bisa memilih jenis donasi yang akan kita sumbang. Misalnya donasi untuk pembelian ADP ataupun donasi untuk memberikan sembako bagi mereka yang ekonominya terdampak karena wabah corona. Meskipun nilai nominal donasi kita kecil, tetapi sangat berarti bagi orang lain.

2. Menyebarkan berita kebaikan dan berbagi kebaikan melalui tulisan
Media massa kita dan lini Media sosial kita saat ini dibanjiri dengan berita penyebaran wabah covid. Mulai dari jumlah orang yang sudah tertular sampai dengan jumlah korban akibat COVID-19. Penyebaran berita yang terus menerus demikian rupanya cukup menganggu dan mampu mempengaruhi psikis orang yang membacanya. Sehingga menimbulkan rasa panik, khawatir dan takut berlebihan sehingga memicu timbulnya stress. Padahal hal yang demikian tidak baik sebab  ketika mengalami stress maka sistem imun akan menurun.

Jadi usahakan kita tidak turut menyebarkan berita yang tidak jelas sumbernya. Beritakan hal yang positif. Misalnya memberikan cara meningkatkan sistem imun tubuh agar terhindar dari COVID-19. Tips selama kegiatan di rumah supaya tidak bosan. Dengan membaca berita yang positif maka orang tidak berada dalam ketakutan dan kekhawatiran. Sehingga orang akan tetap bisa berfikir jernih dalam menyikapi keadaan. Takut boleh tetapi tidak boleh berlebihan, sebab takut yang berlebihan justru akan menghilangkan kewaspadaan.

Selain menyebarkan berita mengenai hal yang positif kita juga bisa menyebarkan kebaikan melalui tulisan yang kita buat. Tulisan tersebut bisa kita tulis di media sosial kita atau juga di blog pribadi kita. Kita bisa menuliskan beragam tulisan mulai dari opini kita, tips memasak juga pengalaman pribadi saat menjalani kegiatan di rumah. Mungkin kita merasa tulisan kita tidak bagus atau kurang bermanfaat. Tetapi bisa jadi tulisan yang kita anggap tidak bagus ini bisa memberikan dampak positif bagi orang lain. Jadi jangan ragu untuk menulis karena berbagi kebaikan tidak hanya melalui materi, berbagi inspirasi melalui tulisan juga merupakan kebaikan.

3. Memasak untuk dibagikan
Ketika di rumah saja tentu saja kita banyak memiliki waktu luang. Jadi waktu luang yang kita miliki bisa digunakan untuk memasak makanan yang nantinya bisa dibagikan ke warga sekitar yang membutuhkan sebagai menu berbuka puasa. Kegiatan ini bisa membuat jadi pengisi waktu luang saat menunggu buka puasa. Selain itu masak di rumah bersama seluruh anggota keluarga membuat ikatan keluarga semakin erat. Untuk penyalurannya kita bisa minta petugas dari lihat RT untuk membagikan.

4. Membeli makanan secara online
Di media masa kita ketahui bahwa banyak orang yang terdampak ekonomi akibat COVID 19 ini. Salah satunya adalah ojek online. Sebelum wabah COVID-19 mereka banyak sekali mendapatkan order. Mulai dari mengangkut penumpang hingga jasa mengantar makanan. Namun kini, mereka mulai kesulitan untuk mendapatkan orderan. Sebab adanya himbauan untuk bekerja di rumah membuat ojol kehilangan banyak pelanggan. Bahkan saya pernah membaca ada ojol yang hanya dapat 10.000 rupiah perhari bahkan ada juga ojol yang terpaksa harus keluar dari kontrakan karena tidak punya uang untuk membayarnya.

Untuk meringankan beban mereka dan supaya mereka tetap mendapatkan penghasilan ada baiknya kita membeli makanan secara online. Hal ini juga cukup menguntungkan bagi kita sebab kita tidak perlu keluar rumah, cukup menunggu di rumah saja. Ketika kita memberi makanan ada baiknya kita juga membelikan makanan bagi pengantar makanan kita. Selain itu kita juga bisa memberikan tips buat mereka.

5. Belanja online
Belanja online saat ini bisa menjadi alternatif untuk belanja di tengah himbauan untuk tetap di rumah saja. Sebab belanja online mengurangi frekuensi kita untuk keluar rumah. Pelaku usaha banyak yang terdampak dari wabah ini. Mereka pendapatannya mulai menurun. Salah satu cara untuk bisa membantu pelaku industri usaha kecil dan menengah tetap bertahan adalah dengan belanja produknya. Kita bisa membeli produknya secara online. Dengan demikian makanan roda perekonomian tetap berputar sehingga pelaku industri usaha kecil dan menengah tetap mendapatkan pemasukan serta tetap bisa mengaji karyawannya.

6. Memberikan parsel
Biasanya kita akan saling berkunjung saat hari raya tiba. Tetapi kegiatan saling mengunjungi ini untuk sekarang tidak bisa kita lakukan. Nah, sebagian gantinya kita bisa mengirimkan parcel ke saudara kita. Parcel ini bisa kita jadikan sebagai simbol untuk mempererat jalinan silaturahmi meskipun tidak bisa bertemu secara langsung. Mungkin parcel yang kita kirimkan bisa berupa bahan-bahan sembako. Sehingga bahan tersebut bisa bermanfaat untuk kebutuhan harian saudara kita. 

7. Berbagi ilmu secara online
Sebagai mana yang telah kita ketahui ada banyak cara untuk berbagi salah satunya adalah berbagi ilmu. Di masa sekarang merupakan kesempatan yang sangat bagus bagi kita untuk membagikan ilmu yang kita miliki. Jika kita punya keahlian menulis kita bisa membuka kelas menulis online secara gratis. Kegiatan ini sangat bermanfaat sekali sebab dengan banyak kegiatan maka rasa bosan selama di rumah akan teralihkan. 
7 kebaikan di bulan ramadan yang bisa dilakukan dari rumah

Manfaat berbuat kebaikan

Berbuat bagi memang harus kita tanamkan sejak dini. Sebab berbuat baik merupakan sikap kepedulian dan juga bentuk kasih sayang terhadap sesama dan lingkungan sekitar. Selain bermanfaat bagi orang lain, berbuat bagi juga sangat bermanfaat bagi diri kita. 
Adapun manfaat dari berbuat kebaikan adalah sebagai berikut;

1. Membuat kita lebih bahagia
Ketika kita melakukan sebuah kebaikan tentu kita akan turut pula merasakan kebahagiaan. Melihat mereka yang tersenyum karena kebaikan yang kita berikan merupakan sebuah kebahagiaan tersendiri. Kita sudah tidak asing lagi mendengar sebuah kalimat yang mengatakan bahwa kebahagiaan tidak pernah bisa dibeli. Tetapi dengan kebaikan kita mampu membeli kebahagiaan. Kebaikan dan kebahagiaan mempunyai hubungan yang berbanding lurus. Artinya semakin banyak kebaikan yang kita lakukan maka semakin banyak pula kebahagiaan yang kita dapatkan.

2. Membuat kita lebih sehat
Ketika kita melakukan kebaikan misalnya dengan memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan. Secara ilmiah hal ini mampu meningkatkan kerja serotonin, neurotransmiter yang sangat berperan terhadap kepuasan dan dan juga kenyamanan dalam diri kita. Selain itu berbuat kebaikan juga akan membantu otak melepaskan endorfin secara alami. Sehingga kita lebih bahagia, mood meningkat. Saat pikiran kita bahagia dan mood meningkat maka penyakit tidak mudah terserang penyakit. Sebab pikiran yang bahagia membuat orang dalam tubuh bekerja dengan lebih baik.

3. Menghilangkan stress
Ada banyak penyebab stress, banyak pekerjaan juga membuat orang mudah stress. Tidak hanya banyak pekerjaan, ketika kita di rumah saja seperti sekarang ini juga berpotensi menimbulkan stress. Sebab ruang gerak kita menjadi terbatas dan kita tidak bisa melakukan kegiatan jalan-jalam untuk merefresh pikiran kita. Untuk mengatasi hal tersebut kita bisa melakukan kebaikan yang bermanfaat bagi orang lain. Sebab ketika kita melakukan kebaikan untuk orang lain fokus terhadap permasalahan yang dihadapi jadi teralihkan. Sehingga perasaan menjadi lebih ringan dan lupa dengan tekanan ataupun kebosanan yang sedang dihadapi.

4. Menjadi lebih berarti
Sebuah studi yang dilakukan oleh Cambridge University, university of Plymouth dan university of California LA, mengungkap fakta bahwa ketika melihat seseorang membantu kesulitan orang lain. Maka hal tersebut akan memunculkan sebuah kesenangan. Sehingga tersebut ingin juga melakukan kebaikan yang sama. 
Tentu saja menjadi kebahagiaan tersendiri jika ada orang yang berbuat kebaikan karena terinspirasi dari kita. Kita akan akan merasa bahwa hidup kita menjadi lebih berarti. Selain itu dengan menginspirasi orang lain untuk berbuat kebaikan maka kita telah berperan serta untuk membantu keadaaan menjadi lebih baik.

5. Terhindar dari pengaruh negatif
Berbuat kebaikan adalah suatu perbuatan mulai yang memberikan pengaruh yang kuat buat diri kita. Selain membuat tubuh sehat berbuat baik juga melindungi kita dari pengaruh negatif. Ketika suka berbuat baik maka kita akan memandang segala sesuatu dari sudut pandang yang positif. Sehingga ketika mendapatkan masalah kita juga akan melihatnya dari sudut pandang positif pula. Dengan demikian kita akan menghadapi semua masalah dengan penuh semangat dan tidak merasa tertekan.

6. Mendatangkan kebaikan untuk kita
Ketika kita berbuat kebaikan untuk orang lain maka kebaikan tersebut juga akan kembali pada diri kita. Karena setiap kebaikan pasti akan mendatangkan kebaikan. Kebaikan tersebut akan kembali dalam diri kita melalui cara yang berbeda. Bisa jadi berupa nikmat kesehatan, kemudahan dalam menyelesaikan masalah ataupun kemudahan dalam melunasi hutang. Jadi jangan pernah ragu untuk berbagi kebaikan. Semakin banyak kebaikan yang kita lakukan maka semakin banyak pula kebaikan yang akan kita dapatkan.

7. Menghilangkan kecemasan
Ketika kita cemas pastinya perasaan kita akan tidak nyaman bahkan selera makan juga akan berkurang. Sebenarnya ada banyak cara untuk menghilangkan kecemasan. Misalnya berolahraga, Jalan-jalan ataupun minum obat. Tetapi sebenarnya kita memiliki cara yang mudah untuk menghilangkan kecemasan yaitu dengan berbuat kebaikan. 

Berbagi kebaikan tidak hanya memberikan manfaat bagi orang yang kita beri, tetapi juga mendatangkan kebahagiaan, ketenangan dan juga kenyamanan bagi kita. Mari kita terus tebarkan hal positif dari rumah. Bersama kita lawan korona dengan tetap di rumah saja. Meskipun terkadang muncul rasa bosan, namun dengan memiliki banyak kegiatan di rumah rasa bosan akan menghilang. Ada banyak kegiatan yang bisa kita lakukan, misalnya membersihkan rumah, memasak menu berbuka puasa, dan menulis diblog. Sehingga meskipun dirumah saja kita tetap bahagia dan produktif dalam berkarya. Usahakan untuk tidak keluar rumah jika tidak ada tugas dan tidak ada keperluan yang mendesak. Jika terpaksa keluar jangan lupa untuk menggunakan masker dan membawa hand sanitizer.

Harapan saya dan tentunya menjadi harapan semua orang adalah wabah pandemi COVID-19 ini segera berlalu. Semoga secepatnya ditemukan vaksin untuk mengobati penyakit Covid-19. Sehingga kehidupan kembali berjalan dengan normal dan perekonomian segera pulih. Kita bisa bekerja di kantor, anak-anak belajar di sekolah, masjid kembali di buka dan tentunya bisa mudik untuk bertemu dengan saudara yang sudah lama tidak berjumpa. 

Tulisan ini diikutsertakan dalam Blog Competition "Ceritaku Dari Rumah"  yang diselenggarakan oleh Ramadan Virtual Festival dari Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan

Comments

  1. betul, banyak yang bisa dikerjakan selama di rumah aja. tetap berbagi kebaikan dan menebar manfaat. selamat puasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Selamat menjalankan ibadah puasa juga....

      Delete
  2. Selalu berbuat kebaikan dengan ikhlas tanpa menginginkan imbalan atau pengen dipuji melainkan ingin berbagi saja dan membahagiakan orang lain

    ReplyDelete
  3. Menarik ulasannya. Setiap orang punya caranya sendiri berbuat kebaikan dan bermanfaat bagi orang lain, juga hewan, lingkungan sekitar, dan alam. Begitupun saat wabah terjadi, media sosial dan internet menjadi cara yang efektif untuk mewujudkannya, bisa lewat, blog, YouTube, Ig, FB, Twitter, maupun platform e-commerce

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali Pak, media sosial bisa kita jadikan sebagai ladang untuk berbuat kebaikan...

      Delete
  4. banyak sekali hal baik yang bisa dilakukan ya, apalagi ketika bulan ramadhan kaya giniii, biasanya orang banyak berlomba lomba berbuat kebaikan, semoga semakin banyak orang baik yang membantu sesama

    ReplyDelete
  5. betul sekali ka manfaat berbuat baik itu kerasa banget sama saya kalau kita abis berbuat kebaikan itu kita merasa lebih bahagia dan merasa hidup kita jadi lebih bermanfaat saja buat ornag lain, dan biasanya nagih kalau kita sudah berbuat baik terus kita lihat yang ditolongin bahagia itu gimana gitu, pengen lagi, semoga kita selalu diberikan kebaikan dan jalan untuk terus berbuat baik ya ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin...
      Iya mbak, ketika berbuat baik kita akan merasakan kebahagiaan dan merasa diri jadi lebih bermanfaat.

      Delete
  6. Benar sekali semua yang dituliskan di atas. Meskipun di rumah saja, banyak hal utamanya dalam berbagi kebaikan yang bisa kita lakukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, meski di rumah ada banyak kebaikan yang bisa kita lakukan...

      Delete
  7. Walaupun di rumah aja, tetap bisa berbagi dan melakukan kebaikan dari rumah ya ka. Karena sekarang banyak yang bisa dilakukan secara online

    ReplyDelete
  8. setuju mbaa.. banyak yang bisa dilakukan walaupun di rumah saja.

    semoga bisa mendapatkan manfaat yah selama kita di rumah aja

    ReplyDelete
  9. Masya Allah, dari ke 7 cara melakukan kebaikan disaaat bulan ramadhan ditengah mewabahnya virus corona ini benar-benar sangat bermainfaat sekali mbak. Hanya dengan berbagi ilmu secara online dan tidak menebar berita hoaxs pun itu sudah termasuk memberikan kebaikan pada orang lain...

    ReplyDelete
  10. Betul banget. Berbagi dan produktif bisa kok sambil di rumah aja juga. Dibuat happy dan bikin happy org lain yuk

    ReplyDelete
  11. Betul banget mba, setuju bahwa meski dirumah aja pun kita bisa melakukan banyak hal yang bermanfaat, bahkan nggak cuma buat kita tapi juga orang lain.

    ReplyDelete
  12. Bener banget nih, saya sama teman-teman saya sdh lama merencanakan mau bukber pas ramadhan. Eh trnyata ada musibah pandemi ini, akhirnya batal.Tpi selalu ada hikmah dibalik itu, selalu berbuat baik meski ditengah keterbatasan seperti apapun. Artikelnya bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  13. Saya setuju dengan banyaknya kebaikan menjalankan ibadah shaum di tengah pandemi ini. Ada beberapa hal yang menjadikan kita lebih fokus beribadah saat kita dirumah saja. setidaknya jadi nggak mikirin jadwal bukber yang padat merayap tiap harinya hehehhehe

    ReplyDelete
  14. Sependapat kak. Apalagi disaat bulan yang penuh berkah ini. Perbanyak ibadah dan berbagi untuk orang lain.

    ReplyDelete
  15. Yupss.. kita harus saling berbagi untuk mereka yg membutuhkan juga ya kak...

    mari berteman dan saling follow :)

    ReplyDelete
  16. Benar banget mba, jangan karena pandemi ini lalu dijadikan alasan utk tidak berbuat kebaikan. Semangat terus mbaaa utk berbuat kebaikan.

    ReplyDelete
  17. Berdiam di rumah bukan berarti tidak bermanfaat ya mbak. Masih banyak kebaikan-kebaikan yang bisa mendatangkan pahala, terutama di bulan Ramadan ini.

    ReplyDelete
  18. Bener banget si, banyak kebaikan yang bisa dilakukan meskipun hanya dari rumah saja. Yang paling sederhana sih ya membagikan informasi yang bermanfaat di media sosial agar.

    ReplyDelete
  19. Semua kebaikan yg dilakukan saat ramadhan meski di rumah ternyata memberi efek yang luar biasa.

    Hal yang saya suka adalah efeknya terhadap jiwa, hilangkan kecemasan dll.

    ReplyDelete
  20. Sepakat..berbagi kebaikan tidak hanya memberikan manfaat bagi orang yang kita beri, tetapi juga mendatangkan kebahagiaan, ketenangan dan juga kenyamanan bagi kita. Semoga pandemi ini segera pergi dan kita bisa hidup normal lagi. Aamiin

    ReplyDelete
  21. Setuju mbaa. Meskipun ngga bisa kemana mana, masih banyak yg bisa kita lakukan. Berbagi juga sebagai stress releasing itu betull banget.

    ReplyDelete
  22. Setuju, banyak cara untuk berbagi. Bangsa kita memang kepeduliannya tinggi. Semoga pandemi ini segera berakhir ya 🙏

    ReplyDelete
  23. Ramadan ini emang bulan mustajab ya mbak,, berbagi di bulan ini kayaknya langsung cash diganti. Masyaallah,, sy mengalaminya. Sedekah cuma 100k kok diganjar berkali lipat, huhuu

    ReplyDelete
  24. Saya punya tetangga seorang ibu, usia paruh baya. Melihatnya saya seperti melihat ibu saya karena mereka sebaya. Si ibu tinggal sendiri di rumahnya. Anak-anak jauh bekerja. Makanya saya ikut sedih, dan terdorong buat kasih hantaran camilan berbuka puasa. Setidaknya setiap minggu itu ada kasih si ibu. Senang sekali dia. Saya pun ikut senang. Hal-hal sederhana begini kadang begitu berharga bagi orang lain.

    ReplyDelete
  25. Banyak kebaikan yang bisa kita lakukan meski dari rumah aja. Tinggal pilih mana yang paling cocok untuk kita terapkan
    Jadi, di rumah aja bisa tetap produktif dan berbagi ya

    ReplyDelete
  26. meskipun di rumah banyak kebaikan yang bisa kita lakukan untuk sesama ya mbak sulis.

    ReplyDelete
  27. selama dirumah jadi lebih banyk waktu buat asah keahlian nyobain resep, beberes tanaman, nulis blog dll heheh pokoknya ada aja yg dikerjain.. klo sy..

    ReplyDelete
  28. Setuju. Memang kalau kreatif, kita akan selalu mwnemukan cara untuk tetap menebar kebaikan meskipun hanya di rumah saja. Kwterbatasan bukan halangan. Niatlah yg utama. Dengan niat dan kesunggugan, segalanya jadi mudah.

    ReplyDelete
  29. dari 7 point kegiatan, pengin point ke 3, pengin masak terus dibagi-bagikan ke tetangga atau siapapun. Semoga bisa melakukan hal tersebut segera. Terima kasih ide kebaikannya kak

    Oh iya barangkali berkenan mampir ke blog saya kak:
    Berbuat Baik Bisa dari Rumah #CeritakuDariRumah

    ReplyDelete
  30. Dari rumah bisa banyak yang dilakukan. Selalu produktif, berbagi dan menginspirasi sesama. Semoga pandemi ini cepat berlalu.

    ReplyDelete
  31. Catatan penting ini, ya kak. bahwa soal berderma mengasihi sesama itu nggak harus datang dan mengulurkan bantuan. di tengah pandemi covid.19 banyak cara yang bisa dilakukan untuk support program dompet dhuafa. semoga barokah untuk semua

    ReplyDelete
  32. Ah iya benar, skrg semua serba online ya, memanfaatkan teknologi canggih nih utk kebaikan pastinya. Semoga menang ya kak tulisannya

    ReplyDelete
  33. Setuju banget, berbuat kebaikan bisa juga dilakukan meski dari rumah, balik lagi ke masing2 orang apakah mau melakukannya ataukah tidak

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts