Yummy app, cari resep masakan jadi mudah



Yummy app

Menyediakan makanan yang diminati anggota keluarga terkadang gampang-gampang susah. Karena jika makanan disajikan dalam olahan yang sama membuat anggota keluarga bosan saat memakannya. Seperti yang saya alami, ketika saya hanya membuat olahan ayam goreng saja selama dua hari berturut-turut. Rupanya selera anak mulai menurun, tetapi ketika keesokan harinya saya ganti menjadi ayam bakar. Selera makan anak langsung meningkat. Dari sini saya bisa simpulkan bahwa perlu dibutuhkan kreativitas dalam memasak. Supaya tidak menimbulkan kebosanan saat menyantap makanan. Jadi meskipun bahannya sama tetapi jika dimasak dengan cara berbeda. Maka akan mengundang rasa ketertarikan untuk menikmati makan tersebut.

Namun sayangnya saya tidak punya banyak kreativitas dalam menyajikan menu masakan. Berbicara keahlian memasak, meskipun perempuan keahlian memasak saya masih jauh dari standar. Paling olahan masakan yang bisa saya buat adalah tumisan dan goreng telur. Selain itu saya juga sering bingung mau masak apa hari ini dengan bahan yang sama dengan kemarin.

Tetapi untuk saat ini saya tidak perlu bingung lagi, karena sudah ada yummy apps. Yummy app merupakan aplikasi resep masakan yang memudahkan kita mencari dan berbagi resep masakan. Aplikasi ini membuat saya menjadi chef andalan untuk keluarga. Semua resep yang saya butuhkan tersedia lengkap di aplikasi ini. Mulai dari makanan utama, aneka camilan/ jajanan dan juga minuman banyak tersedia pilihan resepnya. Selain itu kita juga bisa memilih waktu untuk membuat masakan. Artinya jika kita punya waktu sedikit untuk memasak maka kita bisa memilih resep yang sehat namun proses pembuatannya cepat. Tidak hanya mencari resep, melalui aplikasi ini kita bisa membagikan resep yang kita miliki.

Review fitur dalam yummy app

Dalam yummy app ada beragam fitur yang memudahkan kita dalam memasak dan mengatasi kendala saat memasak. Beberapa fitur yang ada di yummy app diantaranya adalah;

1.  FITUR HOME
Dalam fitur home ada beberapa menu, diantaranya adalah

A. Kategori



Dalam menu kategori ada beberapa topik resep masakan yang disajikan, yaitu;

1. Yummy Tips
Dalam fitur ini kita akan mendapatkan tips untuk memudahkan kita dalam memasak makanan. Misalnya tips dalam mengolah ataupun membersihkan lobster dan juga tips membuka kerang. Selain itu kita juga akan mendapatkan tips mulai dari membersihkan bahan makanan, menggunakan peralatan dapur hingga membersihkan peralatan dapur. Melalui kategori tips ini pengetahuan kita mengenai dunia masak memasak akan jauh meningkat. Kesulitan yang kita alami akan sangat mudah kita selesaikan melalui tips dari yummy app ini. Misalnya yang saya alami nih, saya biasanya selalu kesulitan untuk membersihkan bagian bawah peralatan masak misalnya panci, teflon atau juga wajan.

Melalui kategori tips ini saya bisa menemukan cara yang mudah untuk membersihkan bagian bawah peralatan memasak tersebut. Rupanya ada dua cara yang bisa kita lakukan. Pertama menggunakan minyak goreng yang dicampur dengan cairan pencuci piring. Lalu dituangkan ke bagian bawah panci/ teflon tunggu hingga 10 menit. Kemudian bersihkan dengan silk, selanjutnya bilas dengan air. Kedua menggunakan jeruk lemon yang campur dengan baking soda. Caranya sama, tuang cairan tadi ke bagian bawah panci/ teflon diamkan selama 10 menit. Selanjutnya bersihkan dengan silk lalu bilas. Untuk hasilnya benar-benar memukau, noda hitam hilang dan peralatan dapur jadi bersih keset.

2. Yummy bumbu dasar
Kategori bumbu dasar ini menyajikan aneka resep mulai makanan yang berbahan dasar telur, ayam, ikan ataupun daging sapi. Untuk makanan dalam kategori bumbu dasar rata-rata durasi memasaknya sekitar 30 -45 menit. Namun demikian ada juga yang durasi memasaknya hanya 10 menit. Selain itu dalam menu kategori juga disediakan resep Yummy makanan pembukaan, Yummy Menu utama, yummy makanan penutup, Camilan, Makanan pendamping dan Minuman.

2. Inspirasi Menu Ramadan
Dalam aplikasi yummy app ini kita juga akan disajikan aneka inspirasi resep saat bulan Ramadhan. Jadi kita tidak perlu bingung lagi hari ini mau masak apa untuk menu buka puasa. Selalu ada inspirasi untuk memasak aneka masakan yang lezat dan juga nikmat. Meskipun di rumah saja kita bisa menyajikan makanan seperti di restoran ataupun di rumah makan. Jadi dengan yummy app ini kita tidak akan kehabisan inspirasi masakan untuk berbuka puasa nanti. Selalu ada resep yang bisa dicoba setiap harinya.

3. Resep Sahur
Selain inspirasi resep bulan Ramadhan yummy app juga menyediakan resep pilihan untuk menu sahur. Resep yang disajikan cukup mudah tetapi rasanya cukup nikmat. Sangat cocok sebagai lauk sahur kita. Yang menarik lagi waktu memasaknya ini cukup singkat hanya butuh 15 menit. Kita tahu sendiri ya, kalau sahur itu paling malas untuk masak. Terapi melalui yummy app ini kita bisa memilih aneka menu/lauk yang lezat tapi cara masaknya cukup singkat. Dengan demikian maka kita tidak malas lagi untuk memasak sebab hanya butuh 15 menit lauk sudah jadi dan siap disajikan.

Berhubung bulan Ramadan sudah berlalu. Maka untuk inspirasi menu Ramadan dan resep sahur tidak ada, diganti dengan dessert dan cita rasa mancanegara.

4. Penjaga Imun
Tidak hanya itu yummy juga menyediakan aneka minuman untuk menjaga imun tubuh. Menu ini sangat cicik untuk menjaga imum tubuh kita dalam menghadapi pandemi covid 19. Ada banyak pilihan jenis minuman penjaga imun yang bisa kita coba. Seperti wedang jahe dan minuman rempah. 



2. FITUR MASAK

Sebagai ibu rumah tangga terkadang kita bingung mau masak apa hari ini? Tidak hanya itu terkadang kita juga bingung sudah punya bahan tetapi tidak tahu mau dimasak apa supaya anggota keluarga menyukainya. Untuk sekarang kita tidak perlu bingung lagi? Sebab aplikasi yummy app sudah memberikan solusinya. Melalui fitur memasak ini kita tinggal memilih bahan apa yang kita punya atau yang ingin kita masak. Kita bisa memilih minimal dua bahan untuk dimasak. Setelah kita memilih bahan yang akan dimasak maka akan muncul beragam rekomendasi resep. Misalnya seperti yang saya lakukan, beberapa hari yang lalu di rumah hanya ada bahan telur dan juga bihun. Karena diluar hujan cukup deras, jadi tidak bisa beli bahan lainnya. Saya sempat bingung, mau dibuat apa bihun ini. Soalnya kalau dibuat bihun goreng sudah biasa jadi anak-anak tidak tertarik lagi.

Akhirnya saya buka yummy app kemudian masuk fitur memasak. Lalu saya tulis dua bahan yang saya punya tadi yaitu telur dan bihun. Setelah saya klik terapkan muncul banyak rekomendasi resep masakan berbahan telur dan bihun. Ada bihun goreng pedas, bihun kuah asam, bihun siram telur, bihun telur kukus, dan juga egg dumpling. Akhirnya saya memutuskan untuk membuat egg dumpling. Ternyata anak-anak cukup menyukainya. Terbukti tidak butuh lama ketika buka puasa tiba anak-anak langsung mengambilnya dan habis saat itu juga.

Berikut ini adalah hasil saya memasak egg dumpling resep dari yummy app



3. FITUR KOMUNITAS

Kita juga bisa menuliskan resep andalan kita menggunakan fitur komunitas. Dalam fitur komunitas tersebut kita tinggal klik buat resep untuk menuliskan tahapan-tahapan dari resep masakan yang kita buat. Setelah selesai maka pihak yummy akan melakukan peninjauan. Jika lolos maka resep kita akan dipublish yummy app dan kita akan mendapatkan point. Point yang telah kita kumpulan tadi bisa kita tukar dengan uang. Bagaimana? Menarik bukan, dengan berbagi resep kita bisa mendapatkan uang

Kelebihan yummy app

1. Ada notifikasi resep setiap hari
Notifikasi ini berisi resep masakan yang bisa kita coba hari ini. Jadi ini sangat memudahkan kita, jika hari ini kita belum menemukan resep masakan untuk kita masak hari ini.

2. Resep masakan lengkap
Aplikasi ini sangat lengkap, semua resep masakan mulai dari lauk makan, camilan, menu mpasi hingga minuman semua ada. Jadi tidak perlu khawatir lagi kehabisan ide untuk memasak menu harian. Setiap hari selalu ada resep baru yang bisa kita coba.

3. Tutorial masakan lengkap
Tutorial video

Bahan
                         Tutorial step by step
Kelebihan dari yummy app ini adalah setiap tahapan langkah dalam memasak ditujukan secara detail begitupun dengan bahannya, durasi memasak hingga porsi dari masakan yang dihasilkan. Selain ada video juga disediakan tutorial tulisan yang disertai dengan gambar. Jadi kita tidak perlu khawatir lagi ada satu tahapan yang terlewat. Sebab dalam memasak jika ada satu tahapan yang terlewat maka akan mengubah cita rasa dari masakan. Hal ini sesuai dengan pengalaman saya pribadi. Saya ini tipe orang yang mudah mengingat gambar dari pada tulisan. Jadi kalau resep saja tanpa ada gambarnya biasanya saya sering lupa tahapan berikutnya. Misalnya ketika saya sedang membuat roti saya hanya baca sekilas saja. Selanjutnya segera beraksi. Setelah mau dikukus rotinya saya baru sadar ternyata gulanya belum saya campurkan. Akhirnya saya tuangkan gula ke adonan tersebut lalu saya mixer lagi. Rupanya setelah dikukus hasilnya gulanya mengendap dibawah dan tidak hancur, masih terlihat butiran-butiran gula pasir. Untuk rasaya tentu bagian bawah yang manis sebab gulanya ngumpul di bagian bawah. Sedangkan bagian atas rasanya tawar. Ini artinya saya gagal dalam membuat roti tersebut. Namun dengan yummy app, kita tidak perlu takut lagi masakan kita gagal. Karena tutorial lengkap dan sangat detail.

4. Bisa berbagi resep
Selain untuk mencari resep melalui yummy app ini kita bisa berbagi resep yang kita miliki. Saat resep kita di approve dan dipublish kita akan memperoleh point. Point tersebut nantinya bisa ditukarkan dengan uang. Untuk berbagi resep kita bisa menggunakan menu komunitas.

4. Bisa memilih masakan sesuai dengan dana yang dimiliki

Untuk memilih resep yang sesuai dengan dana yang dimiliki kita bisa menggunakan fitur filter. Dalam fitur ini kita bisa mencari resep berdasarkan durasi memasak, porsi makanan dan juga dana untuk membuat masakan tersebut. Jadi kita sudah bisa memperhitungkan dari awal dana yang akan kita keluarkan saat akan membuat masakan dalam jumlah yang besar.


Bagi yang memiliki bayi, tidak perlu repot lagi mencari resep untuk membuat menu mpasi. Tinggal tulis saja di kolom pencarian "menu mpasi". Nanti akan muncul banyak resep rekomendasi mengenai pembuatan MPASI. Misalnya saja mpasi dari edamame dan mpasi dari pepaya apel.


Oya melalui aplikasi ini kita juga bisa mendapatkan hadiah yang cukup menggiurkan. Cara untuk mendapatkannya cukup mudah yaitu kita harus menyelesaikan misi yang ada di jago masak. Jadi sambil belajar masak kita juga bisa mendapatkan hadiah. Menyenangkan sekali bukan?

Jadi mumpung di rumah aja yuk, asah kemampuan bakat memasak bersama aplikasi yummy. Bersama aplikasi yummy kita tidak akan pernah kehabisan ide dalam menyajikan menu yang sehat dan bergizi untuk keluar. Aplikasi yummy membuat kemampuan memasak naik hingga berkali lipat. Yuk buruan download yummy app.

Comments

  1. Sekarang mau masak apa saja jadi lebih mudah karena banyak panduannya. Seperti aplikasi yummy app

    ReplyDelete
  2. Yummy app membantu banget pastinya tidak hanya sekedar mengisi waktu luang berkreasi tapi menambah pengetahuan dan ujungnya bisa menambah pundi penghasilan

    ReplyDelete
  3. Aku yang tadinya ga tahu ada aplikasi memasak seperti YUMMY jadi skrng rajin nengok aplikasi itu. Berguna banget ketika kita buntu memasak makanan utk keluarga

    ReplyDelete
  4. Hihi, tahun lalu belum kenal yummy App dan popmama jadi menu mpasi itu2 aja si kecil bosennn. Sekarang sih lahapp. Makan apa aja, menu2 di yummyapp juga enak enak. Duh timbangan bakal ke kanan terus nih

    ReplyDelete
  5. Menarik dan informatif banget sih Yummyapp ini. Ada tips triknya juga buat yang belum pandai di dapur macam saya. Selain itu ada filter untuk menyesuaikan dengan bahan makanan yang kita punya sekaligus timmer waktunya. Masak bisa jadi lebih seru dan menyenangkan

    ReplyDelete
  6. Waah aplikasi yang sangat berguna ini gan. Sekarang masak dan membuat makanan jadi mudah. Kini akhirnya siapapun bisa jadi koki tanpa terkecuali.

    ReplyDelete
  7. Lagi hapening banget nih aplikasi Yummy. Saya iseng-iseng kemarin sempat coba install, dan isinya menarik-menarik ya. Sampai ada menu MPASI buat bayi juga.

    ReplyDelete
  8. Iya mbak. Mentok mikirin mau masak apa hari ini. Saya sudah instal aplikasinya. Menunya beragam. Trims.

    ReplyDelete
  9. Spaghetti tahu muffin nya pasti disuka anak2 ya Mbak Sulis.. kl dibikin camilan. Hmm Yummy App emang yummy deh hasil masakannya

    ReplyDelete
  10. Wah...keren nih, ada resep MPASI. Biasanya kan resep-resep masakan aja. Memang nih, tiap pagi suka bingung, masak apa yaaa ntar siang. Apalagi sekarang kaan banyak di rumah...

    ReplyDelete
  11. Fitur yummy app ternyata banyak. Sangat menyenangkan bisa belajar masak kalaua da resep lengkap gini. Apalagi kalau udah bosan ama masakan yang itu-itu aja wkwk

    ReplyDelete
  12. Aplikasi yang cocok dg keadaan sekarang yang kebanyakan waktunya diam rumah aja. Jadi bisa memperdalam ilmu memasak dengan melihat resep di aplikasi yummy ini

    ReplyDelete
  13. keren banget ya kak aplikasi yummy app ada tutorial dan bisa sesuaikan dng dana yg kita miliki yg pasti menghasilkan mknan sehat dan bergizi ya untuk keluarga

    ReplyDelete
  14. YummyApp sedang booming ya. Kemaren temanku juga gunakan ini aplikasi.. Katanya lebih ringan dan smooth.

    ReplyDelete
  15. yummy aplikasi yg skrg sedang viral keren banget ini hehe

    ReplyDelete
  16. Banyak bantu banget nih yummy app aku juga pakai untuk inspirasi masak sehari hari 😁

    ReplyDelete
  17. seru aplikasinya ya mbak. aku juga instal dan ngebantu banget buat bimbing aku belajar masak. siip deh.pokoke. berasa punya guru masak

    ReplyDelete
  18. Saya baru pake app yummy, utk upload resep kira2 peninjauannya berapa lama ya ?

    ReplyDelete

Post a Comment