Tuesday, May 26, 2020

Cara mengatasi flu dengan cepat


Cara mengatasi flu

Penyakit flu atau influenza adalah penyakit yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Penyakit ini bisa menyerang orang dari berbagai usia. Mulai anak-anak, orang tua hingga orang dewasa. Penyakit ini sebenarnya termasuk ringan tetapi jika kita terkena flu maka aktivitas kita akan terganggu. Sebab penyakit flu membuat kondisi fisik kita lemah sehingga kita sulit untuk melakukan aktivitas harian. Supaya penyakit ini segera sembuh dan tidak menganggu aktivitas kita maka kita perlu mengetahui cara mengatasi flu dengan cepat. 

Perbedaan flu dan pilek

Selama ini orang menganggap bahwa penyakit flu sama dengan penyakit pilek. Meskipun memiliki kesamaan gejala tetapi flu dan pilek disebabkan oleh faktor yang berbeda. Pilek merupakan gangguan saluran pernapasan atas yang disebabkan oleh virus. Diantara 100 jenis virus penyebab pilek, virus rhinovirus paling mudah menularkan pilek dan menyebabkan bersin. Selain disebabkan oleh virus, pilek juga disebabkan oleh alergi. Dibandingkan dengan flu gejala pilek jauh lebih ringan sehingga tidak menganggu aktivitas kita. 

Penyakit flu merupakan infeksi virus yang menyerang saluran pernapasan mulai dari hidung tenggorokan hingga ke paru-paru. Ada tiga jenis virus penyebab flu yaitu influenza A, influenza B, dan influenza C. Penyakit flu merupakan penyakit yang mudah menular ke orang lain. Kecepatan penularannya semakin tinggi saat 3-4 hari pertama setelah penderitanya terinfeksi. Bahkan sebelum muncul gejalanya penderita flu bisa menularkan penyakitnya ke orang lain. Gejala flu biasanya datang secara mendadak dan lebih parah jika dibandingkan dengan gejala pilek. Sehingga penyakit ini bisa menganggu aktivitas kita. Berbeda dengan pilek jika tidak ditangani secara serius penyakit flu dapat menyebabkan radang paru-paru (pneumonia). 

Cara penularan
Kita bisa tertular penyakit flu dari orang yang merupakan derita penyakit flu. Penularannya bisa melalui percikan air liur diudara ketika penderitanya batuk atau bersin. Oleh karenanya ketika mengalami flu hendaknya kita tutup menggunakan siku atau tangan saat bersin atau batuk. Supaya penyakit flu tidak menular ke orang lain. Selain itu juga menyentuh anggota tubuh seperti mulut dan hidung setelah tangan kita menyentuh benda/barang yang sudah terkontaminasi virus juga juga bisa menjadi penyebab kita tertular flu. 

Gejala flu
Adapun gejala flu diantaranya adalah:
  • Badan teras pegal-pegal
  • Mengalami batuk 
  • Sakit kepala.
  • Sakit tenggorokan.
  • Bersin-bersin
  • Hidung tersumbat atau beringus/meler.
  • Nafsu makan menurun
  • Demam (sampai atau bahkan lebih dari 40°C)
  • Panas dingin dan nyeri otot
  • Sakit mata, mata terasa pedih
  • Suara serak


Faktor resiko
Faktor risiko yang menyebabkan seseorang mudah terkena influenza/flu diantaranya:

1. Usia
Flu cenderung menyerang balita dan anak-anak. Hal ini karena anak-anak sistem imunnya baru berkembang dan orang tua sistem imunnya mengalami perubahan seiring bertambahnya usia. Biasanya anak usia dibawah 1 tahun dan orang tua diatas 65 tahun cenderung lebih mudah terserang flu. 

2. Lingkungan tempat tinggal
Lingkungan tempat tinggal juga berpengaruh terhadap penularannya penyakit flu. Jika dilingkungan tersebut sanitasinya buruk maka menyebabkan perbagai macam penyakit mudah berkembang, tidak terkecuali penyakit flu. 

3. Sistem kekebalan tubuh lemah
Seseorang yang memiliki sistem imun tubuh yang lemah memiliki potensi yang lebih besar terkena flu dibandingkan dengan seseorang yang memiliki sistem imun yang kuat. Adapun golongan orang yang memiliki sistem imun yang lemah di antaranya penderita HIV/AIDS, orang yang sedang melakukan pengobatan kanker dan pengguna obat kortikosteroid. 

4. Memiliki penyakit kronis
Memiliki penyakit medis tertentu seperti diabetes, asma, penyakit jantung, atau obesitas dapat meningkatkan risiko komplikasi akibat infeksi flu. 

5. Ibu hamil
Ibu hamil juga rentan terkena infeksi flu, utamanya pada saat trimester dua dan tiga. Ibu hamil lebih berisiko mengalami infeksi karena perubahan hormon dan fungsi sistem kekebalan tubuh. 

Pencegahan Flu

Seperti yang kita ketahui bahwa virus flu dapat menyebar melalui batuk, bersin dari penderita flu serta menyentuh benda-benda yang sudah terkontaminasi virus flu. Maka dari itu, langkah terbaik untuk mencegah terjadinya flu adalah dengan selalu menjaga kebersihan tangan kita. 

Jadi usahakan untuk selalu mencuci tangan setelah selesai melakukan aktivitas dan selalu menggunakan masker saat bepergian. Selain itu, cara pencegahan flu juga bisa dilakukan dengan pemberian vaksin. 

Cara mengatasi flu
Sebenarnya penyakit flu bisa sembuh dengan sendirinya tetapi kita bisa melakukan pengobatan untuk mengurangi gejala dan mempercepat proses penyembuhan. Berikut ini adalah cara mengatasi flu:

1. Menggunakan obat-obatan
Karena flu disebabkan oleh virus maka flu tidak bisa disembuhkan dengan antibiotik. Tetapi kita bisa menggunakan jenis obat-obatan lain untuk mengurangi gejala flu. Adapun obat yang bisa digunakan untuk mengatasi gejala flu adalah obat non aspirin seperti acetaminophen, ibuprofen, paracetamol dan dekongestan. 

2. Menghirup uap hangat
Untuk mengatasi hidung yang tersumbat kita bisa menggunakan uap air hangat. Sebab uap air hangat mampu mengencerkan ingus yang ada di hidung. Sehingga jalan nafas menjadi lega. Adapun caranya adalah dengan merebus air setelah panas air tersebut kemudian ditaruh ke dalam baskom. Selanjutnya tundukkan kepala kita di atas baskom untuk menghirup uap air panas tersebut. 

3. Menggunakan minyak esensial 
Ketika kita menghirup uap air panas kita bisa menambahkan minyak esensial ke dalam air panas tersebut. Misalnya kita bisa menambahkan minyak Eucalyptus. Minyak ini mampu melonggarkan otot-otot hidung dan mampu mengatasi hidung tersumbat. Selain itu aromanya juga memberikan efek relaksasi, sehingga tidur menjadi lebih nyenyak. 

4. Minum air putih yang banyak
Ketika kita sakit jumlah cairan dalam tubuh berkurang. Supaya tubuh tetap bisa melawan penyakit maka perlu minum air yang banyak. Minum air yang banyak juga membantu mengencerkan lendir dibawah hidung dan mengurangi penyumbatan di hidung. Sehingga jalan nafas menjadi lebih lega dan lancar. 

5. Berkumur dengan air garam hangat
Saat mengalami flu biasanya tenggorokan akan terasa gatal. Untuk mengatasinya kita bisa berkumur dengan air garam hangat. Tidak hanya itu, air garam mampu menarik kelebihan air dalam tenggorokan yang mengalami peradangan. Selain itu air garam juga dapat mengencerkan lendir atau dahak yang menyumbat saluran pernapasan. 

6. Istirahat yang cukup
Istirahat yang cukup sangat dibutuhkan supaya kita lekas sembuh. Sebab dengan istirahat yang cukup akan dapat membuat tumbuh kembali prima. Sehingga sistem imun juga akan meningkat dan siap untuk melawan virus penyebab penyakit. 

7. Mengkonsumsi makanan yang bergizi
Ketika tubuh sakit maka kita membutuhkan makanan yang bergizi supaya tubuh kembali bugar dan sistem imun tubuh akan meningkat. Sistem imun tubuh yang kuat akan memudahkan tubuh melawan penyakit. Sehingga penyakit yang kita alami akan cepat sembuh. 

8. Mandi air hangat
Mandi air hangat selain membuat tubuh terasa lebih nyaman, uap dari air panas juga akan membuat lendir di dalam hidung menjadi lebih encer. Sehingga lendir tersebut lebih mudah untuk dikeluarkan dan saluran pernapasan jadi lebih lancar. 

Itulah tadi beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi flu supaya lekas sembuh. Supaya kita terbebas dari penyakit flu, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan. Sebab kebersihan awal dari kesehatan. 

Previous Post
Next Post

29 comments:

  1. Wah terimakasih informasi nanti kalau keluargaku kena flu dipraktekkan

    ReplyDelete
  2. Flu ini tampaknya sepele, tapi bener2 bisa nyusahin lho..hehe.. Trims tips2nya ya..

    ReplyDelete
  3. Flu ini tampak seple tapi harus banget dicegah ya. Apa lagi bagi anak2, terkadang cepat seklai terkena flu, huhuhuhu.
    Terima kasih untuk informasinya. Sekarang ini setiap malam aku selalu pasang difusser juga supaya anak2 tidak gampang sakit

    ReplyDelete
  4. Flu dan pilek serupa tapi tak sama. Bahasa Inggris nya pilek itu cold. Flu lebih kompleks ya, jadi inget film the flu yang mirip sekali dengan kasus korona saat ini

    ReplyDelete
  5. Ternyata flu dan pilek beda ya. Beda penyebab dan kekritisannya.
    KAlau saya, berarti masuk pilek karena disebabkan alergi dingin. Dan serumah tidak ada yang ketularan. Kecuali kala flu yang dimulai anak, pasti serumah jadi bergantian flu.

    ReplyDelete
  6. Aku baru tahu kalau pilek dan fly itu ada bedanya, meski sama2 disebabkan virus. Baru tahu juga kalau kumur air garam bisa mengencerkan lendir. Selama ini tahunya kumur air garam bagus untuk membunuh bakteri di mulut aja. Nice info ☺

    ReplyDelete
  7. waaa terima kasih infonyaa, berguna banget nih terlebih kondisinya lagi seperti ini , sakit dikit bawaanya udah was was dan takut pergi ke dokter huhu

    ReplyDelete
  8. Makan bakso hangat super pedes/ makan enak, air yang banyak, biasanya manjur untuk ngatasain kalau aku flu.

    ReplyDelete
  9. Kumur air garam hangat nih, yang sering kupraktekin jika sedang flu disertai batuk. Istirahat, makan buah dan sayur. Pasti besoknya sudah reda.

    ReplyDelete
  10. makanya kalau aku mulai awal flu badan pasti sakit semua. aku pikir kayak flu tulang gitu ternyata ini gejalanya ya mba

    ReplyDelete
  11. Makasih banyak infonya kak, aku jadi tahu penyebab flu dan cara mengatasinya salah satunya kumur air garam aku baru tahu nih kak

    ReplyDelete
  12. baca ini aku nambah ilmu baru, baru tahu bedanya pilek sama flu aku kira sama aja ternyata dua penyakit yang berbeda ya, dan gejalanya juga beda, ini bisa salah penanganan kalau ga tahu bedanya ya mba, hatur nuhun infonya

    ReplyDelete
  13. Mba Sulis saya sempet kena flu abis lebaran kemaren, Alhamdulillah sesuai tips yg mbak tuliskan ini, sy ada juga minum obat2an dan pake essential oil juga

    ReplyDelete
  14. Kebetulan serumah pada flu. Beruntungnya nemu artikel ini. Makasi kak ��

    ReplyDelete
  15. MInum teh lemon madu hanget, itu juga manjur buat flu kak. Sekarang emang kalau flu mending hometreatmen dulu daripada ke rumah sakit.

    ReplyDelete
  16. Cerita tentang flu ini, saya jadi ingat saat saya menderita flu ketika awal covid menyerang Indo. Parnonya bukan main, tapi belum ada seminggu untungnya sudah sembuh. Btw, terimakasih infonya kak

    ReplyDelete
  17. Flu tuh penyakit yang kelihatannya enteng tapi rasanya nggak enak banget. Apalagi kalau sudah meler. Kepala pusing, badan pun sakit-sakit. Makan apa aja rasanya nggak enak. Coba deh kalau jadi karyawan terus ijin nggak masuk kantor karena sakit flu, pasti dianggapnya sepele. Beda dengan sakit tipus atau DBD.

    Kalau sedang flu, paling enak memang banyak minum air putih, makan sup hangat agak panas, dan makan buah-buahan yang banyak. Aku sendiri jarang banget minum obat. Aku tuh cemen banget sih sama rasa pahitnya obat, hihihi ...

    ReplyDelete
  18. Saya kalo udah flu, bantai aja istirahat, tidur sedkit lebih lama. Udah deh, bangun-bangun segar dan flunya jauh berkurang. Sisanya minum air putih hangat lebih sering. Kalo udah mentok banget, baru minum obat.

    ReplyDelete
  19. Thanks mbak kebetulan saat ini lagi sakit flu, tepat banget ketemu artikel ini

    ReplyDelete
  20. Aq selalu sedia ibuprofen mb di rumah, untuk anak2 kalo tiba2 flu atau demam. Untuk dewasanya panadol..

    ReplyDelete
  21. Flu itu emang kelihatannya sepele, tapi kalo lagi parah bikin ga bisa ngapa2in lho.. Nice info kak

    ReplyDelete
  22. Bener bangett. Aku pernah sakit flu bisa sampai 10 hari karena memang ngga bisa disepelekan. Butuh istirahat total menurutku. Kalau sambil kerja mah byeee. Auto lama sembuhnya

    ReplyDelete
  23. Flu sebenarnya penyakit yang perlu diwaspadai juga. Tapi rasanya flu ini seperti disepelekan saja

    ReplyDelete
  24. Yang menghirup uap hangat aku baru tau, ternyata bisa untuk menguatasi flu juga ya. Nanti bisa dicoba nih kalo ngalamin flu lagi.

    ReplyDelete
  25. Mandi air hangat nih yang jarang kupraktekkan. Soalnya akdang kalau udah flu yang sampai demam itu kan jadi gak mandi hehe. padahal harusnya tetap mandi ya

    ReplyDelete
  26. Sakit flu ini ringan ga ringan ya kan
    Dibilang ga ringan tapi bisa beraktifitas kerja, dibilang ringan tapi meriang n ga nyaman haha
    Tq kiat2nyaaa
    Membantu sekali karena saya sering kena flu

    ReplyDelete
  27. flu ini memang suka datang dan pergi oh begitu saja ya. bener nih kita harus mencegah daripada mengobati, memang ga enak bgt ya kalau flu

    ReplyDelete
  28. semuanya saya lakukan saat pilek atau demam dan memang sangat efektif

    ReplyDelete
  29. Berarti saya pagi hari itu pilek ya bukan flu.. hanya sebatas bersin2 saja dan beranjak siang hilang dengan sendirinya .. jadi tahu bedanya flu dan pilek

    ReplyDelete