Skip to main content

Featured

Liburan Staycation di Hotel Murah Surabaya

Java Paragon Hotel & ResidencesSetelah lama di rumah aja karena pandemi, liburan tampaknya bisa menjadi pilihan menarik untuk dilakukan demi sedikit menyegarkan diri. Namun liburan keluar kota belum menjadi pilihan yang bagus, karena akses keluar masuk kota yang masih sulit dan cukup rawan. Nah oleh sebab itu liburan staycation mungkin bisa menjadi pilihan kalian saat ini. Staycation telah lama menjadi tren liburan yang diminati oleh anak muda di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Jogja, dan lainnya. Selain biaya liburan yang lebih hemat, liburan staycation ini juga tidak terlalu merepotkan, karena cukup dengan menginap selama beberapa hari di hotel yang kalian mau, sambil memanjakan diri dengan fasilitas hotel yang bagus. Bagi kalian yang ada di Surabaya, kalian juga bisa memesan hotel murah Surabaya melalui Traveloka loh untuk staycation bersama orang tersayang. Referensi hotel murah di Surabaya dari TravelokaBerikut ini beberapa hotel yang bisa…

Pelatihan barista dan usaha warung kopi untuk menjadi barista dan pengusaha yang profesional

Bisnis kopi

Bisnis warung kopi merupakan bisnis yang cukup menjanjikan. Sebab minum kopi telah menjadi trend masa kini dan juga menjadi gaya hidup masyarakat perkotaan. Saat ini menikmati kopi bersama teman dan rekan rekan di warung kopi merupakan hal yang biasa dan sering dilakukan. Melihat hal ini tentunya peluang untuk membuka warung kopi cukup terbuka lebar. Untuk menunjang keberhasilan warung kopi diperlukan perencanaan yang matang seperti mengikuti pelatihan barista dan usaha warung kopi. 


Keuntungan membuka bisnis warung kopi

Selain hal tersebut, ada beberapa alasan kenapa bisnis warung kopi cukup menguntungkan adalah sebagai berikut;

1. Pelanggan warung kopi berasal dari berbagai usia dan lapisan sosial
Berbeda dengan bisnis kuliner yang terkadang memiliki pelanggan khusus. Bisnis warung kopi memiliki pelanggan dari berbagai kalangan usia. Mulai dari remaja, orang dewasa hingga orang tua. Baik orang kaya ataupun orang biasanya. Maka dari itu, kita perlu khawatir lagi untuk mencari konsumen. Dengan jumlah konsumen yang terdiri dari berbagai usia dan lapisan sosial maka peluang untuk mendatangkan keuntungan cukup besar. Terlebih jika fasilitas warung kopinya memberikan akses wifi gratis. Maka akan semakin membuat betah pelanggan dan juga menambah jumlah pelanggan.
2. Tidak membutuhkan modal besar
Tidak seperti bisnis kuliner yang harus menyediakan menu yang sangat bervariasi. Warung kopi hanya menyediakan menu utama kopi. Jadi dari segi modal untuk membeli bahan baku tidak terlalu besar. Paling dana yang besar dikeluarkan untuk menyewa tempat. 
3. Omset didapat setiap hari
Jika bisnis dalam bidang lain terkandang omset tidak didapatkan setiap hari tetapi melalaui bisnis warung kopi omset bisa didapatkan setiap hari. Hal ini karena setiap hari orang minum kopi. Omset juga akan cepat meningkat saat akhir pekan atau saat jari libur. Sebab saat akhir pekan dan jari libur orang cenderung menghabiskan waktu bersantai diluar rumah. Salah satu tujuan tempat bersantai bersama teman ataupun keluarga adalah warung kopi. 
4. Harga terjangkau
Bisnis warung kopi cukup menguntungkan sebab harganya cukup terjangkau. Dengan harga yang terjangkau inilah maka akan banyak mendatangkan pelanggan. Semakin banyak pelanggan maka akan semakin banyak pula keuntungan yang didapat.

Mengenal profesi barista
Melihat bisnis warung kopi yang menjamur, salah satu profesi yang sangat dibutuhkan adalah barista. Barista adalah sebutan untuk bagi orang yang pekerjaannya membuat dan menyajikan kopi kepada pelanggan. Kata barista sendiri  berasal dari bahasa Italia yang memiliki arti "pelayan bar. Dari definisi ini kita ketahui bahwa tugas utama barista adalah meracik dan menyajikan kopi kepada pelanggan.



Keuntungan menjadi barista

Adapun keuntungan menjadi barista adalah sebagai berikut;

1.Mengetahui cara dan tips meracik kopi yang baik
Menjadi seorang barista kita akan mengetahui bagaimana meracik kopi yang baik dan nikmat. Sebab menjadi barista tidak hanya sekedar menyeduhkan kopi untuk diberikan kepada pelanggan. Karena kalau hanya sekedar menyeduh kopi semua orang bisa. Tetapi barista harus mengetahui karakteristik kopi, jenis kopi dan memahami teknik pembuatan minuman berbahan dasar kopi. Sehingga mampu menghadirkan rasa kopi yang nikmat saat diminum. 
2. Bertemu dengan banyak orang
Salah satu keuntungan menjadi barista adalah bisa berjumpa dengan banyak orang. Bahkan bisa berbeda setiap harinya. Dengan bertemu banyak orang maka akan semakin banyak wawasan yang didapat. Tentu hal ini akan membuat hari sangat menyenangkan. Tidak hanya itu bertemu banyak orang juga membuat kemampuan komunikasi meningkat. 
3. Tidak perlu menggunakan baju formal saat bekerja
Berbeda dengan pekerjaan kantoran yang terikat dengan baju dinas yang formal. Menjadi barista lebih bisa mengekspresikan diri. Sebab ketika masuk kerja, mereka tidak harus menggunakan sepatu, setelan jas dan juga dasi. Tetapi mereka bisa menggunakan baju yang sesuai dengan style dan passion. 
4. Menularkan energi positif kepada orang lain
Pelanggan yang datang ke warung kopi biasanya memiliki beragam tujuan. Ada yang sekedar ngobrol bersama teman ataupun rekan kerja. Terapi ada juga yang pergi ke warung kopi untuk mencari kenyamanan, menghilangkan kepenatan, mengusir kegalauan dan juga kegundahan. Ketika barista menyajikan kopi dan mengajak pelanggan berbincang-bincang. Maka secara tidak langsung ia telah menularkan energi positif kepada pelanggan tersebut. Sebab permasalahan yang dialami pelanggan tersebut bisa teralihkan saat ngobrol santai dengannya. 
5. Bisa mencicipi kopi gratis setiap hari
Hal ini adalah bonus yang didapatkan ketika menjadi seorang barista. Jika orang lain harus mengeluarkan uang untuk menikmati kopi. Tetapi dengan menjadi barista setiap hari bisa menikmati kopi tanpa perlu mengeluarkan uang. 

Mengenal Bencoolen coffee 
Bencoolen coffee adalah nama brand yang dikelola oleh KPTIK (Komite Penyelaras Teknologi dan Komunikasi). Sedangkan kopi kapsul "Bencoolen Coffe dicetuskan oleh ir. Dedi Yudianta dalam rangka memperkenalkan kopi bengkulu ke tingkat nasional hingga internasional. 

Setelah Sumatra Selatan dan Lampung, bengkulu merupakan penghasilan kopi robusta terbesar nomer 3. Kopi Robusta memiliki kandungan kafein dan asam klorogenik yang tinggi sehingga membuatnya kebal terhadap serangan hama dan penyakit. Kopi robusta mampu tumbuh dengan baik di ketinggian 400-700m dpl dengan suhu 21-24°C dan butuh waktu sekitar 10-11 bulan untuk proses dari bunga ke buah. Dari segi rasa, kopi robusta memiliki rasa yang seperti coklat, sedangkan aroma yang dihasilkan khas dan manis. 

Pandemi COVID-19 membuat banyak orang penghasilannya berkurang bahkan kehilangan pekerjaan. Sebagai bentuk perhatian dan rasa tanggung jawab terhadap dampak COVID-19, Bencoolen coffee mengadakan pelatihan barista & usaha kopi yang dilakukan secara online dalam program Prakerja. Dalam pelatihan ini Bencoolen coffee akan memberikan pelatihan berupa ilmu wirausaha kedai susu kopi secara reguler dan Pelatihan Barista mulai dari material hingga praktek lapangan supaya masyarakat dapat melakukan usaha secara mandiri. 

Mendapatkan pelatihan barista dan usaha warung kopi melalui pelatihan prakerja
Di tengah pandemi COVID-19 banyak kegiatan ekonomi yang terdampak. Sebab pandemi COVID 19 membuat omset perusahaan mengalami penurunan. Akibatnya perusahaan harus mengurangi jumlah karyawannya untuk meminimalisir pengeluaran perusahaan. 

Akibat dari PHK ini otomatis mereka kehilangan pendapatan dan mereka menjadi bagian dari masyarakat prakerja. Prakerja berasal dari dua kata yaitu pra artinya belum sedangkan kerja artinya adalah pekerjaan. Jadi prakerja bisa diartikan sebelum bekerja atau belum bekerja. Nah, ketika seseorang berada pada kondisi pra kerja atau belum mendapatkan pekerjaannya. Maka ia harus membekali dirinya dengan ketrampilan untuk menambah kompetensi dirinya supaya bisa bersaing dengan para pencari kerja lainnya.

Untuk membekali ketrampilan para pencari kerja, maka pemerintah mengeluarkan kartu prakerja. Kartu Prakerja merupakan program pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya yang diperuntukkan bagi pencari kerja, pekerja yang terkena PHK atau pekerjaan yang membutuhkan peningkatan kompetensi. 

Dengan kartu ini para pencari kerja bisa memilih pelatih yang sesuai dengan bidang yang diminatinya. Harapannya melalui kartu pra kerja ini masyarakat bisa mendapatkan pekerjaan baru dan juga bisa membuka usaha baru. Sehingga perekonomian mereka bisa kembali pulih seperti sediakala. 

Salah satu pelatihan Prakerja yang bisa diambil oleh pemilik kartu Prakerja adalah pelatihan barista dan usaha warung kopi yang diselenggarakan oleh Bencoolen Coffe. Bencoolen Coffe memberikan pelatihan menjadi pengusaha kopi yang kekinian.Tidak hanya itu benceloon Coffe juga memberikan pelatihan barista, cara memasarkan kopi secara online mapun menjadi agen kopi di daerah sekitar kita.

Pelatihan barista dan usaha warung kopi
Dalam pelatihan barista peserta akan mendapatkan manfaat yang sangat luar biasa. Adapun keahlian yang diajarkan dalam pelatihan barista adalah
1. Mengetahui karakteristik kopi dan jenis kopi jujur.
3. Menerapkan teknik pembuatan dasar kopi
3. Mengetahui tugas profesi barista.
4. Pelatihan pemahaman dan penggunaan peralatan kopi yang bisa digunakan barista
5. Pelatihan tips dan trik dalam meracik kopi standar barista. 

Selain menjadi barista Bencoolen Coffe juga menyediakan pelatihan untuk menjadi pengusaha warung kopi. Dalam pelatihan ini peserta akan diberikan pengetahuan dalam membuka usaha kopi susu kekinian dengan modal minim. Jadi kita bisa membuka warung kopi di daerah sekitar kita dengan biaya yang terjangkau. Tetapi tetap memberikan penyajian dan cita rasa kopi jujur terbaik.

Adapun paket pelatihan barista dan usaha warung kopi adalah sebagai berikut; 


PAKET PELATIHAN BARISTA
MENJADI BARISTA PEMULA
  •  Memahami Jenis Kopi
  •  Memahami Karakteristik Kopi
  •  Teknik Dasar Pembuatan Kopi
  •  Mengupas Profesi BARISTA
  •  Pemahaman Tugas BARISTA
USAHA KEDAI KOPI SUSU KEKINIAN DENGAN MODAL MINIM
  •  Pemahaman Berwirausaha
  •  Implementasi Kewirausahaan Kopi
  •  Skema Wirausaha Kedai Kopi Susu Kekinian
  •  Tips Pemilihan Lokasi Berjualan
  •  Penerapan Wirausaha Kopi Mandiri .
OUTLET WARUNG KOPI
  • Persiapan membuka outlet
  • Peralatan yang dipersiapkan
  • Perhitungan modal kerja
  • Racikan kopi rasa cafe dengan harga warkop
  • Penerapan outlet warung kopi
Bencoolen Coffe berkomitmen untuk memberikan pelatihan yang terbaik untuk pesertanya. Sehingga nantinya bisa mendapatkan pekerjaan atau pun membuka usaha warung kopi. Hal ini sesuai dengan yang disampaikan oleh mentor Bencoolen Coffe, Adhe. Ia mengatakan bahwa setelah peserta menyelesaikan pelatihan dan lulus ujian akan diberikan sertifikasi kelulusan barista. Sertifikat ini nanti bisa dimanfaatkan untuk mencari kerja sebagai barista atau bisa dijadikan sebagai bukti kelayakan untuk membuka warung kopi di daerah sekitarnya. 

Cara mengikuti pelatihan barista dan usaha warung kopi
Cara untuk mengikuti training ini sangat mudah kita cukup melakukan pendaftaran secara online di situs prakerja Bencoolen coffee. Selanjutnya kita melakukan pembayaran dan kita sudah dapat mengikuti program ini.
Adapun yang bisa mengikuti pelatihan ini adalah
  • Para kaum milenial
  • Pemilik UMKM
  • Masyarakat umum yang tertarik untuk membuka usaha kedai kopi susu kekinian dengan modal minim.
  • Para peserta prakerja yang sudah memiliki kartu Prakerja sebagai program bantuan berupa biaya untuk pengembangan kompetensi terdiri dari para pencari kerja, pekerja yang di-PHK, serta yang membutuhkan peningkatan kapasitas.
Tidak ada syarat khusus untuk mengikuti pelatihan barista dan usaha warung kopi yang diselenggarakan oleh Bencoolen Coffe. Peserta cuma harus memiliki kelengkapan komputer untuk mengakses materi. Adapun yang diperlukan untuk mengakses materi adalah " 
  • Koneksi internet yang stabil
  • Gadget (Handphone / Laptop)
  • Mengunduh aplikasi ZOOM
  • Buku dan Alat Tulis untuk mencatat materi 
Materi yang diberikan dalam pelatihan barista dan usaha warung kopi ini dibagi menjadi 3 pelatihan utama. Yaitu pelatihan Barista pemula, Usaha Kedai Kopi susu kekinian dan Outlet Warung Kopi. Jika kita mengikuti semua pelatihan yang di sampaikan oleh Bencoolen Coffe maka akan diberikan bimbingan gratis mengenai meracik kopi dan membuka outlet. Selain itu juga kita akan mendapatkan coffee bag seberat 100 gram secara gratis untuk bahan pembuatan kopi. 

Nah bagi kalian yang tertarik dengan pelatihan yang diselenggarakan oleh Bencoolen coffee. Yuk segera daftarkan diri kalian. Mari wujudkan impian kalian menjadi barista handal dan pengusaha warung kopi yang sukses bersama Bencoolen coffee. 




Comments

  1. Wuih mau dong coffe bagnya dong gimana cara daftarnya?

    ReplyDelete
  2. Wah keren ada pelatihan jadi barista. Cara daftarnya harus punya kartu prakerja dulu ya? Kalo yang nggak punya gimana?

    ReplyDelete
  3. Bermanfaat banget ni infonya. Btw, itu pelatihan khusus buat peserta program prakerja kah?

    ReplyDelete
  4. Nggak kebayang ya kalau sekarang profesi barista itu diminati kaum muda. Keterampilan meracik kopi memang nggak gampang

    ReplyDelete
  5. Aku baru tahu ada.pelatihan menjadi barista. Nampaknya jadi angin segar bagi para lulusan sekolah yang ingin segera mendapat pekerjaan

    ReplyDelete
  6. Meski saya bukan penyuka kopi, tapi apa yang dipaparkan di atas membuat saya tertarik pada bisnis kopi. Apa lagi fasilitas yang ditawarkan Bencoolen Coffee memudahkan calon barista atau pengusaha cafe kopi. Nice info.

    ReplyDelete
  7. Wah iya nih, buka usaha warung kopi emang lumayan omset yang didapatnya. Apalagi kopi barista yang sekarang banyak digandrungi anak muda, pasti makin ramai pengunjungnya.

    ReplyDelete
  8. Kumplit banget infonya kak beber bener membantu buat orang yang akan buka usaha Coffee shop serta lapangan kerja jadi barista ini menarik banget

    ReplyDelete
  9. Iya ya. Bisnis kopi selalu menguntungkan. Saya tak tahu kapan kopi jadi gaya hidup wajib... Tapi memang itu benar adanya.
    Saya sendiri juga termasuk yang harus ngopi tiap hari, minimal segelas

    ReplyDelete
  10. Untuk lokasi usaha warung kopi bagusnya dilokasi yg seperti apa kak?

    ReplyDelete

Post a Comment