4 sayur yang mudah dan bergizi

4 ide olahan sayur

Sebagai ibu rumah tangga yang merangkap sebagai ibu yang bekerja diluar rumah dan tidak memiliki asisten rumah tangga.  Maka harus pandai-pandai dalam mengatur waktu. Terutama membagi waktu saat dipagi hari.  Harus bisa membagi waktu antara memasak dan juga menyiapkan diri untuk berangkat kerja. Oleh karena itu seorang ibu harus pandai memilih-milah masakan yang bisa matang dalam waktu cepat. Tetapi memiliki gizi yang cukup tinggi.

 4 ide olahan sayur

Nah berikut ini adalah beberapa olahan sayur yang penyajiannya cepat namun kandungan nutrisinya cukup tinggi. Sehingga bisa kita masak dalam waktu yang cukup singkat.

1. Sayur bayam
Sayur bayam ini adalah sayur yang sangat mudah,  praktisi dan cepat matang. Bahan yang diperlukan hanya satu ikat bayam.  Untuk bumbunya kita gunakan bawang merah ataupun bawang putih dan juga kunci. Jika tidak menggunakan kunci sebenarnya tidak masalah,  tetapi jika kita menggunakan kunci makan sayur bayam aromanya akan harum. Sedangkan bumbunya setelah dicuci bisa langsung diiris tipis-tipis ataupun diulek. Bayamnya dicuci bersih selanjutnya dipotong-potong. Selanjutnya siapkan air dpanci, setelah airnya mendidih masukkan bayam, bumbu,  garam dan penyedap kemudian masak kurang lebih 15 menit.

2. Sayur asem
Sesuai dengan namanya sayur ini memiliki rasa yang asam.  Bahan yang diperlukan juga cukup mudah bisa menggunakan kacang panjang, timun,  kecambah ataupun wortel. Untuk bumbunya bawang merah,  bawang putih,  laos, dan juga buah asam. Jika kita tidak memiliki buah asam bisa menggunakan buah tomat sebagai gantinya. Cara memasaknya sama dengan sayur asam sayuran dan bumbu dimasukkan secara bersamaan setelah itu dimasak hingga mendidih.

3 Sayur sop
Untuk sayur sop bahan yang diperlukan adalah wortel, kentang, buncis dan sayur kol. Bumbu yang digunakan adalah bawang merah, bawang putih, merica,  pala dan bawang daun. Semua bahan setelah dicuci kemudian diiris kecil-kecil. Selanjutnya untuk bumbunya setelah dikupas, dicuci lalu dihaluskan. Untuk bawang daun diiris kecil-kecil. Kemudian bumbu yang sudah dihaluskan ditumis dengan sedikit minyak. Setelah matang masukkan ke dalam panci yang telah berisi sayuran. Lalu masak hingga mendidih kurang lebih 15 menit.

4. Aneka tumisan
Sedangkan jika kita ingin memasak tumisan bumbu yang kita gunakan terdiri dari bawang merah, bawang putih jika suka pedas kita bisa menambahkan cabai rawit. Sedangkan sayuran yang digunakan untuk tumisan adalah kangkung,  kacang panjang atau juga kecambah.

Itulah tadi aneka sayuran yang mudah dan cepat untuk disajikan bagi keluarga kita. Selamat mencoba.

Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment