4 ide olahan telur yang praktis dan lezat


4 ide olahan telur



Telur adalah lauk yang entah dan juga mudah dalam mengolahnya. Lauk ini merusak sumber protein terbaik.  Adapun kandungan yang dimiliki telur selain telur  adalah vitamin A,D,B12 dan kolin. Kolin merupakan nutrsi yang penting untuk kemampuan memori, mood, dan kontrol otot. Selama kehamilan kolin sangat dibutuhkan untuk perkembangan janin dan mencegah anak cacat lahir. Menurut data United States Department of Agriculture (USDA) satu buitir telur besar mengandung 6 gram protein dan 72 kalori. Maka telur ini merupakan salah satu sumber makanan yang kaya nutrisi namun rendah kalori.

Biasanya telur diolah dengan cara digoreng.  Ada dua jenis cara menggoreng telur ada telur ceplok dan telur dadar.  Telur ceplok lebih mudah dibandingkan dengan telur dadar  karena tinggal dimasukkan ke wajan yang telah diisi minyak. Sedangkan telur dadar kita harus menyiapkan bumbu setelah itu telurnya diaduk dengan bumbu tersebut.

 4 ide olahan telur

Jika terus menerus telur digoreng baik ceplok ataupun telur dadar maka kita akan mengalami kebosanan.  Nah agar kita tidak bosan menikmati olahan telur kita bisa mengolahnya menjadi berbagai olahan. Berikut ini adalah beberapa olahan telur yang bisa kita coba:

1. Membuat telur semur
Adapun bumbu yang diperlukan bawang merah,  bawang putih, merica,  garam dan penyedap. Sebelumnya telur direbus dahulu selanjutnya dikupas kulitnya. Untuk semua bumbunya dihaluskan kemudian digoreng.  Setelah bumbu harum masukkan telur tambahkan air dan kecap. Kemudian masak hingga mendidih. Lebih baik memasaknya lebih lama supaya bumbunya lebih meresap.

2. Sambal goreng telur
Bahan yang diperlukan bawang merah, bawang putih,  cabai merah besar,  cabai rawit, tomat,  garam dan penyedap. Siapakan  6 butir telur selanjutnya digoreng dengan cara diceplok. Kemudian haluskan semua bumbu selanjutnya goreng. Setelah harum masukkan telur lalu tambahkan air.  Masak hingga mendidih dan airnya tinggal sedikit.

3. Orak arik telur
Ini merupakan olahan telur yang cukup mudah dan rasanya cukup lezat. Bumbu yang diperlukan adalah bawang merah, bawang putih,  cabai rawit,  garam dan penyedap. Cara pembuatan semua bumbu dicuci selanjutnya diiris tipis-tipis. Lalu ditumis dengan sedikit minyak setelah harum selanjutnya masukkan telur kemudian diorak-arik. Tambahkan garam dan penyedapnya.

4. Telur pindang
Bahan yang diperlukan 6 butir telur. Bumbu yang digunakan bawang merah, bawang putih, ketumbar,  daun jambu bisa juga menggunakan kulit dari bawang merah dan juga teh. Bawang merah,  bawang putih,  ketumbar dihaluskan. Kemudian masukkan ke dalam panci, lalu masukkan telur,  daun jambu/daun bawangnya,  tambahkan garam dan penyedap. Selanjutnya rebus,  setelah dua puluh menit pukul-pukul telur dengan menggunakan sendok supaya kulitnya retak,  sehingga bumbunya meresap ke dalam telur.  Rebus kembali hingga airnya menyusut.

Nah itulah tadi beberapa olahan menu telur yang bisa kita coba. Meskipun cuma lauk telur tetapi jika diolah dengan cara berbeda.  Maka kita tidak akan bosan untuk menikmatinya.

Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts