Tips menjalani diet yang mudah dan menyenangkan


Saat ini banyak orang yang senang dengan program diet. Alasannya pun bermacam-macam,  ada yang demi kesehatan dan ada juga yang demi penampilan. Tetapi tidak dipungkiri kelebihan berat badan selain merugikan kesehatan juga tidak bagus untuk penampilan. 

Melakukan program diet, apapun alasannya tidak jadi masalah.  Yang terpenting adalah komitmen untuk terus menjalani diet supaya bisa mendapatkan berat badan yang diinginkan. Karena program diet ini adalah program yang gampang-gampang susah.  Gampang karena menganggap diet itu mudah,  susahnya adalah setelah dijalani.  Rupanya menjalankan diet tidak semudah yang dibayangkan.  Adapun faktor yang menyebabkan susah untuk menjalani diet adalah tidak mampu mengontol makanan selain itu kurangnya dukungan dari orang sekitar.

 tips diet yang mudah

Nah berikut ini adalah tips yang bisa kita jalankan supaya berat badan impian kita dapatkan.

1. Kuatkan niat
Hal pertama yang harus kita lakukan ketika menjalani diet adalah menguatkan niat. Niat merupakan modal awal dalam menjalani diet. Dengan adanya niat yang kuat maka kita akan mampu melawan godaan selama diet.  Misalnya saja niat kita diet adalah ingin sehat.  Jadi ketika ditengah jalan semangat kita kendor,  kita ingat lagi tujuan diet kita. Bahwa apa yang kita lakukan adalah demi kesehatan kita. Kita juga harus ingat bahwa kesehatan adalah hal penting dalam hidup kita. Ketika sehat kita bisa melakukan aktivitas apa saja yang kita inginkan. Jika kita ingat hal yang demikian maka semangat diet yang kendor akan terpacu kembali.

2. Memilih diet yang cocok
Saat ini ada banyak jenis diet yang bisa kita pilih,  mulai dari diet keto,  food combining,  DEBM dan lain sebagainya.  Dari bermacam-macam diet yang ada kita bisa mempelajari kira-kira jenis diet apa yang cocok dengan kita dan kita yakin bisa menjalaninya. Pemilihan jenis diet ini penting supaya kita bisa menikmati proses kita. Sehingga ketika menjalankan program diet ini kita memiliki perasaan bahagia dan tidak merasa tertekan dengan adanya pantangan makanan yang tidak boleh kita konsumsi.

3. Belilah baju motivasi
Membeli baju motivasi ini bisa menjadi penyemangat kita untuk terus melakukan program diet. Jadi ketika kita ingat baju motivasi maka semangat kita akan terus menyala dan pantang kendor. Tidak akan berhenti diet sebelum baju muat dibadan.  Maka dari itu belilah baju motivasi.  Jika saat ini ukuran baju kita XL maka sebagai baju motivasi kita bisa membeli baju ukuran L atau S.

4. Menyiapkan segala amunisi
Salah satu hal terpenting agar program diet tetap berada di jalurnya adalah menyiapkan amunisi. Jadi bahan makanan yang sesuai dengan program diet kita harus kita sediakan dirumah.  Jika persediaan diet tidak ada maka potensi untuk tidak menjalankan program diet akan besar.  Sebaliknya jika amunisi diet kita siapkan maka kita akn terus konsisten untuk menjalankan program diet kita.

5. Mengikuti grup diet
Mengikuti grup diet ini juga penting selain saling support, grup program diet juga berfungsi untuk sharing. Dalam grup ini kita bisa berbagi pengalaman tentang program yang sedang dijalani.  Sehingga nantinya jika ada keluhan selama program diet maka ada anggota grup lain yang bisa berbagi saran. Jadi dengan adanya teman di grup kita makan kita akan lebih bersemangat dan termotivasi untuk terus konsisten di program diet yang sedang kita jalani. 

6. Cari motivasi terdalam kenapa kamu ingin diet
Jadi sebelum memutuskan mengikuti program diet, kita harus berhasil menemukan motivasi terkuat yang membuat kita melakukan diet. Jangan diet karena hanya ikut-ikutan. Sebab jika hanya ikut-ikutan maka niat dan konsistensinya kurang. Sehingga berpotensi program dietnya gagal. 

Ketika kita sudah menemukan motivasi terkuat kita untuk melakukan diet. Maka godaan sekuat apapun tidak akan membuat kita mengagalkan program diet yang sedang dijalani. Misalnya motivasinya ingin bisa memakai baju ukuran M. Ketika hal ini belum tercapai maka program diet harus tetap dijalankan. Selain itu pula motivasi tersebut akan menjadi pengingat kita supaya tetap konsisten di jalur diet. 

Itulah tadi beberapa hal yang bisa menunjang kesuksesan program diet kita. Tetapi intinya yang membuat program diet kita berhasil adalah kekuatan dari niat kita. Karena apapun jenis dietnya jika tidak di barengan dengan niat yang kuat, program tersebut tidak akan berhasil. Maka dari itu perkuat niat kita untuk menjalani program diet. Dengan niat yang kuat maka keberhasilan akan kita dapat.

Comments

  1. Diet juga banyak jenisnya ya, jadi kita gak sembarangan asal main diet. Betul itu, faktor support dari lingkungan dan orang-orang sekitar juga perlu, jadi dietnya biar lebih maksimal.

    Kalo saya gak perlu diet, soalnya makan banyak aja, badan gak gemuk-gemuk hahahaha

    ReplyDelete
  2. Ternyata ada diet yg menyenangkan. Saya justru gak boleh dan tak disarankan diet.

    ReplyDelete
  3. Saya kesindir banget ini k. huhu Cita-cita pengen kurus tapi hobinya ngemil. Saya catat ah artikelnya penting banget buat panduan saya yang kepengen banget turun 5 kilo lagi ajaa ya ampun heheheh curcol

    ReplyDelete
  4. Saya mirip dengan masruhin tidak boleh diet, tp ini nice banget infonya, bisa saya bagikan ke temen temen

    ReplyDelete
  5. Sy pernah diet tp ga pake Konsul tenaga medis hasilnya jadi sakit beneran. Selain niat ternyata diet juga hrs ada konsultasi dulu ya supaya terarah krna bagaimanapun kita bukan ahli kesehatan .yang ada bukan sehat malah sakit klo dietnya asal aja.

    ReplyDelete
  6. Duuuuh saya agak sensitif nih sama diet
    Bukan apa-apa, apalagi di masa kayak sekarang, bawaannya pengen ngemil melulu
    Soalnya pak suami dan bocah yang di rumah tiap hari selalu minta cemilan
    Jadilah emak ikut makan juga hiks
    Gagal dieeeeet
    Kayaknya aku perlu nyobain tipsnya nih

    ReplyDelete
  7. Kalau pelanggan sayur organik saya, mereka konsumsi smoothies sayur buah organik

    ReplyDelete
  8. Terkadang godaan untuk makan begitu besarrrrrr sekali. Kalau sudah begini terpaksa deh ambyar. Makan ini makan itu tak perduli dengan diet yang dilakukan.

    ReplyDelete
  9. Semua ok tipsnya
    Kadang udah tau juga dari tips bbg sumber, tp tetep goyah
    Niatnya blm kuat ini haha

    ReplyDelete
  10. Apapun memang dimulai dengan niat, terutama untuk soal diet ini. Kalau tak bisa konsisten melaksanakan niatnya, bisa aja selalu tergoda dengan nikmatnya makanan

    ReplyDelete
  11. Aku pernah melakukan diet total ninggalin nasi hanya makan buah aja ,2 minggu kemudian tepar ke rs, salah dietnya memang ga konsultasi karena merasa makan nasi seperti membuat gendut aja gitu, sekarang mah makan aja nasinya cuma sedikit malah kalau bisa nasi merah, jangan banyak ngemil juga sie.

    ReplyDelete
  12. yap niat emang paling awal sih untuk diet ini. saya juga lagi diet hehe. setiap orang emang beda-beda cara dietnya. kalo saya cukup enggak makan nasi dan sering puasa aja tanpa olahraga, seminggu bisa 2-3 kg turun haha. tapi kalo suami saya harus dibarengin olahraga baru bisa turun. nah beda-beda emang cari aja yang nyaman untuk kita agar dietnya asyik hihi

    ReplyDelete
  13. Saa ini masih berantakan dulu kak... secara dirumah... bukannya mengurangi makan...malah cemilan banyak masuk...ini yg bikin timbangan naik...

    ReplyDelete
  14. wah diet aduh jadi malu, masih maju mundur. taooi aku pernah turun secara drastis mbak, caranya melahirkan...wkwk tapi abis itu naik lagi abis menyusui bayi ssecara emam mulu

    ReplyDelete
  15. Saya gak pernah spesifik melakukan diet tertentu, mau itu badan melar abis melahirkan sekali pun. Kalo merasa timbangan sedang geser ke kanan tak terkendali, saya biasanya mengurangi karbohidrat, perbanyak minum air putih, makan dengan piring ukuran kecil. Kalo pola makannya tetap seperti biasa, 3x sehari. Nasi dan gula itu benar-benar bikin gendut emang. Hihihi. Kalo daging-dagingan, tahu tempe, ikan, ayam, udang, cumi mah aku lanjut aja makan.

    ReplyDelete
  16. Yang paling sangat penting adalah yang nomor 6 yaitu motivasi Kak, karena apapun jenis diet tanpa motivasi yang kuat itu hasilnya bakalan Zero. Saya sudah mencoba berbagai macam diet mulai dari food combining, keto, debm, ataupun dengan membeli berbagai produk diklaim bisa menurunkan berat badan sekian puluh kilogram

    ReplyDelete
  17. Membeli baju ukuran kecil itu agaknya menjadi motivasi paling kuat bagi sebagian orang ya Mbak. Apalagi kalau bajunya mahal.

    ReplyDelete
  18. Niat, adalah 50% dari keberhasilan dari program diet yang dijalani. Dengan niat yang kuat, maka apapun program dietnya bisa dilakukan tanpa ada rasa berat yang berarti.

    ReplyDelete
  19. Diet saya anjuran dari obgyn untuk diet polong karena ada miom. Segala bentuk polong spt kacang kedele stop. Sesekali aja pengen ngunyah tahu tempe huhu

    ReplyDelete
  20. Setuju, semua dimulai dari niat, kalau kuat bakalan sukses hebat. Ku pribadi ga pernah diet karena badan stabl aja. Tapi kalau suamiku tipe gampang gemuk..jadi dia menjaga pola makan, dan karena niatan, sekarang bisa proporsional juga.

    ReplyDelete
  21. kalo aku sih bertekad diet itu biar makin sehat aja kak, trus sih yg paling utama itu konsisten jaga asupan makan dan juga rutin buat workout, nah konsistennya itu yg susyeee wkwk

    ReplyDelete
  22. kalau saya ... mungkin ngga butuh diet terlalu ketat paling menjalani pola hidup sehat aja, etapi yang kaya gitu masuk diet nggak sih? hehe

    ReplyDelete
  23. Poin 3 bikin senyum2 sendiri. Baru nyadar memang perlu baju motivasi. Baju motivasi ini lebih mirip baju goal taget diet, ya mb, hihi

    ReplyDelete
  24. Jadi ini yang bikin aku selama ini gagal Mulu dietnya. Karena aku gak beli baju motivasi. Oke baiklah, next aku mau beli baju ukuran XS biar termotivasi untuk bisa make baju itu. Thanks tipsnya ya

    ReplyDelete
  25. memilih baju untuk memotivasi emang efektif banget nih hihihi, aku juga akhir akhir ini naik berat badan , dan motivasinya adalah baju baju lucu yang dulu muat dan sekarang sama sekali udah nggak muat, berharap bisa muat lagi hehehe

    ReplyDelete
  26. saya pengen makan banyak malahan susah niy mba hehehe biar agak berisi badannya, btw banyakannya niatnya ini yang ga konsisten ya mba hehehe pengamanan teman-teman kalau mau diet selalu terganggu niatnya heheeh, bisa aku sarankan tipsnya buat teman yang lagi pengen turun berat badannya

    ReplyDelete
  27. Wah good idea bgt beli baju motivasi. Hehe. Buat sy yg susah cari metode diet yg cocok. Krn keseringan kita cuma ngikutin keberhasilan orang lain aja, pdhl blm tentu cocok tuk tubuh kita sendiri.

    ReplyDelete
  28. Ini mah cocok buat suami saya diet mah harus konsisten gak boleh sampai kendor

    ReplyDelete
  29. Aku jadi kangen diet. Hehehe. 2017 lalu dietku berhasil karena ikut program salah satu minuman suplemen. Cuma kok habis itu jenuh jadi ga lanjut.

    ReplyDelete

Post a Comment