tips mencegah luka bakar agar tidak melepuh



tips mencegah luka bakar

Tidak hanya orang yang bekerja diluar rumah saja yang mengalami kecelakaan kerja.  Ibu rumah tangga yang sedang bekerja di dapur pun bisa mengalami kecelakaan kerja. Adapun kecelakaan kerja yang dialami bisa karena teriris tangganya ataupun mengalami luka bakar. Luka bakar tersebut bisa disebabkan oleh tercipratnya minyak goreng,  atau tanpa sengaja menyentuh perabotan dapur yang masih panas. Karena terkena benda-benda yang panas inilah maka biasanya kulit akan melepuh. Setelah melepuh bisanya akan meletus.  Jika tidak hati-hati menjaga luka bakar yang telah meletus.  Maka luka bakar tersebut akan menjadi luka terbuka yang cukup menyakitkan.  Karena akan menimbulkan rasa pedih terlebih jika terkena dengan air. Selain rasa perih yang cukup menyiksa,  setelah kering luka bakar akan meninggalkan bekas hitam.  Di mana bekas tersebut cukup menganggu penampilan kita.

 Tips mencegah luka bakar

Sebenarnya salah satu hal yang harus kita lakukan jika mengalami adalah mencegah luka bakar tersebut supaya tidak sampai melepuh. Jika tidak sampai melepuh maka bekas luka bakar tersebut tidak akan meninggalkan bekas hitam. Kalaupun melepuh,  sebenarnya kita masih bisa mencegahnya supaya tidak meninggalkan bekas hitam. Caranya adalah menjaga agar kulit yang melepuh tadi tidak pecah dan kita biarkan supaya kempes dengan sendirinya. Tetapi hal ini sulit dilakukan karena kita juga banyak aktivitas. Tanpa disadari saat beraktivitas tersebut tiba-tiba kulit yang melepuh tersebut.

Selama ini orang menggunakan pasta gigi untuk memberikan pertolongan pertama pada luka bakar. Memang setelah diolesi pasta gigi kulit yang mengalami luka bakar akan terasa adem. Tetapi tindakan ini tidak dianjurkan karena bisa memperparah luka bakar. Hal ini karena pasta gigi banyak mengandung zat kimia. Misalnya adalah zat pemutih yang membuat gigi supaya putih. Sayangnya zat ini akan membuat jaringan kulit disekitar luka rusak.

Dalam tulisan kali ini saya akan berbagi tips mengatasi luka bakar supaya tidak menggelembung. Jadi ketika kita terkena luka bakar kita harus segera memberikan pertolongan pertama pada luka bakar tersebut.  Karena jika tidak seperti maka luka bakar tersebut dalam beberapa waktu ke depan akan melepuh. Adapu ramuan tradisional yang bisa kita gunakan supaya luka bakar tidak melepuh adalah cabai rawit dan garam. Cara membuatnya seperti kita membuat sambal yaitu cabai rawit dan garam diulek.  Setelah itu segera balurkan hasil ulekan cabai rawit tersebut ke luka bakar tersebut.  Rasanya memang cukup panas,  tetapi itu hanya sesat. Karena setelah itu akan reda dan berganti dengan rasa adem.

Salah satu hal yang harus diperhatikan untuk mencegah terjadinya luka bakar adalah jarak waktu antara terjadinya luka bakar dengan pemberian pertolongan pertama. Usahakan pertolongan pertama dilakukan secepatnya.  Jangan sampai ditunda karena jika ditunda pengobatan dengan cabai tersebut tidak akan berhasil dan luka bakar kita akan tetap melepuh. Maka dari itu semakin cepat memberikan pertolongan maka akan semakin lebih baik lagi.

Nah,  itulah tadi tips mengatasi luka bakar supaya tidak melepuh dan meninggalkan bekas hitam. Cukup mudah bukan?  Tetapi alangkah lebih baik jika kita berhati-hati ketika memasak supaya kita tidak mengalami luka bakar.


Comments

  1. wah baru tahu, aku biasanya pakai mentega atau garam

    ReplyDelete
  2. Wah ternyata mentega juga bisa ya.. .jadi nambah info baru.

    Terima kasih telah berkunjung

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment