Agar mie instan nikmat dan memiliki gizi tinggi


                              Pixabay. com
Mie instan?  Siapa yang tidak menyukai makanan ini.  Makanan nikmat dengan proses penyajian yang cepat. Ada banyak varian yang disediakan oleh mie instant seperti mie goreng,  mie rebus rasa soto,  rasa kare,  rasa ayam bawang dan masih banyak lagi lainnya. Bagi sebagian orang ada yang mengkonsumsi mie instan bersama dengan nasi.  Padahal ini tidak dianjurkan karena mie instan sudah cukup mengandung kalori yang tinggi,  begitupun juga dengan nasi.  Jika keduanya digabungkan makan kalorinya akan meningkat.  Sehingga bisa menyebabkan kegemukan. Maka dari itu sebaiknya konsumsi mie instan tanpa nasi. 

 tips agar mie instan lebih sehat

Untuk menambah gizi yang terdapat pada mie instant kita bisa tambahkan telur ataupun aneka sayuran.  Dengan demikian kita akan cukup mendapatkan asupan makanan yang bergizi. Adapun sayuran yang bisa kita gunakan untuk tambahan mie instan adalah,  sawi putih, kubis, wortel dan juga kecambah.  Jika kita menggunakan wortel maka wortel nya harus dimasukkan terlebih dahulu supaya wortelnya matang.  Setelah itu baru kita masukkan mie instan nya.  Untuk kecambah,  sawi putih dan kubis bisa ditambahkan saat air rebusan mie instan mendidih. 

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam memasak mie instan adalah lamanya waktu merebus mie.  Usahakan agar waktunya tidak terlalu lama dan juga terlalu cepat.  Jika terlalu cepat biasanya mie instan masih agak keras.  Sebaliknya jika terlalu lama maka tekstur mienya akan lembek. Tentunya hal ini akan mengurangi kelezatan mie instan.  Oleh karenanya saat merebus mie instant kita harus lihat tekstur mienya jika sudah empuk segera matikan kompornya. 

Jika membuat mie kuah juga harus diperhatikan airnya.  Banyaknya air harus disesuaikan dengan bumbunya.  Jangan terlalu sedikit karena rasa kuahnya akan asin dan jangan pula terlalu banyak agar rasanya tidak hambar. Kalau  kita menggunakan telur dalam kuahnya saat telurnya dimasukkan jangan langsung diaduk. Supaya tidak menyatu dengan kuahnya.  Tunggu sebentar setelah itu baru diaduk sehingga tekstur telurnya masih kelihatan. Supaya lebih nikmat jangan lupa taburi bawang goreng di atasnya. 

Dengan konsumsi mie instan tanpa nasi dan menambahkan aneka sayuran.  Maka konsumsi mie instan tetap aman dan tetap memiliki gizi tinggi. Jadi tidak perlu khawatir lagi untuk kelebihan berat badan. 

Comments