Laporkan Penyalahgunaan

Popular Posts

Contac Us

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Jumlah Pengunjung

Arsip

Labels List

Kelas Growth Blogger dari Growthing.id

Popular

pedas segar sambal matah (dabu-dabu)

Posting Komentar


sambal dabu-dabu
Suatu hari ketika melihat sebuah tanyangan memasak di sebuah stasiun televisi saya begitu tergoda dengan hasil olahannya.  Saat itu chef tersebut memasak menu ikan goreng dengan sambal mentah sebagai pendampingnya.

Selain tertarik dengan ikan goreng yang digoreng garing saya juga sangat tertarik sekali dengan olahan sambal mentahnya. Karena kelihatannya begitu enak sekali ikan goreng disiram dengan sambal mentah tersebut.
Memang selama ini saya juga sering membuat sambal mentah tetapi sambal mentah tersetrum biasanya saya Ulek.

 resep sambal dabu-dabu

Tetapi ditayangkan televisi tersebut sambalnya tidak diulek melainkan semua bahan sambal diiris tipis-tipis. Karena penasaran dengan rasa yang dihasilkan maka saya pun mencoba membuat olahan sambal matah tersebut.  Adapun bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut
1. Cabai rawit
2. Bawang merah
3. Jeruk nipis
4. Tomat
5. Minyak goreng

Cara pembuatan
Semua bahan dicuci bersih selanjutnya diiris tipis-tipis taruh ke dalam piring atau mangkuk. Kemudian tambahkan perasan jeruk nipis, garam dan juga penyedap.  Selanjutnya siram dengan minyak panas. Oya biar lebih enak kita bisa menggunakan minyak bekas menggoreng ikan. Usahakan minyak yang digunakan untuk menyiram sambal benar-benar panas. Supaya semua bahan benar-benar kayu.

Setelah beberapa hari saya baru mengetahui bahwa sambal mentah seperti ini adalah sambal khas dari daerah Manado  Sulawesi Selatan.  Di sana sambal ini biasa disebut dengan sambal dabu-dabu dan biasanya sambal ini digunakan untuk makanan laut,  bisa berupa ikan bakar ataupun ikan goreng.

Selain ikan bakar sambal debu-debu ini juga cocok untuk tahu,  tempe ataupun juga telur.
Rasa yang dihasilkan dari sambal matahini adalah pedes,  gurih dan juga seger.  Meskipun hanya lauk tempe dan sambal debu-debu tetapi sanggup memberikan kenikmatan makan yang tiada tara. Sambal matah ini cocok dikonsumsi kapan saja siang,  pagi ataupun malam. Bagi yang penasaran dengan sambal matah ini buruan segera buat dan rasakan sensasi pedas segar yang membuat kita ketagihan.

Related Posts

Posting Komentar