Cara mengatasi anak susah makan

Cara mengatasi anak susah makan

Memiliki anak kecil atau balita, salah satu permasalahan yang dihadapi adalah anak susah makan. Menghadapi hal ini tidak jarang ibu mengalami perasaan jengkel, marah hingga frustasi. Banyak orang tua yang bingung bagaimana cara mengatasi anak susah makan. Kegiatan makan bagi orang dewasa adalah hal yang menyenangkan tetapi dihadapan anak kecil kegiatan ini bisa menjadi hal yang sangat susah dilakukan. 

Anak susah makan tidak bisa kita biarkan sebab akan membuatnya kekurangan gizi. Jika kondisi kurang gizi ini terus berlanjut maka anak akan mengalami stunting. Stunting adalah kondisi anak gagal mengalami pertumbuhan akibat kekurangan gizi, baik itu pertumbuhan badan maupun pertumbuhan otak. 

Dampak jangka pendek dari stunting adalah terganggunya perkembangan otak, gangguan pada pertumbuhan fisiknya (berat badan tidak sesuai dengan usianya) dan gangguan metabolisme. Sedangkan dampak jangka panjang diantaranya adalah penurunan kemampuan kognitif anak, melemahnya daya tahan tubuh dan memiliki risiko tinggi terhadap penyakit metabolik. Maka dari itu sebagai ibu kita harus pandai-pandai menyiasati agar anak bisa makan dengan lahap. Supaya anak tercukupi kebutuhan gizinya dengan baik. Sehingga tumbuh kembang anak sesuai dengan periode pertumbuhannya. 

Ada beberapa faktor yang menyebabkan anak susah makan, diantaranya:
1. Hanya menyukai makanan tertentu saja
2. Lebih banyak makan jajan
3. Bosan dengan menu yang ada

Tips cara mengatasi anak susah makan

Bagi bunda yang sedang binggung menghadapi si kecil yang susah makan. Berikut ini beberapa cara mengatasi anak susah makan; 

1. Buat menu yang bervariasi. 
Untuk menarik minat anak supaya makan, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membuat variasi menu. Sehingga menu makan saat pagi, siang dan sore hari berbeda. Dengan cara yang demikian maka anak tidak akan bosan dengan menu yang disajikan. Sebab salah satu anak susah makan adalah bosan dengan menu yang sama. Menu yang berbeda tentu akan membuat anak tertarik untuk mencobanya. Semakin bervariasi makanan yang diberikan tentu akan semakin lengkap gizi yang diperoleh. 

2. Tanyakan kepada anak menu yang akan dimakan
Jadi sebelum membuat masakan untuk anak, ada baiknya kita tanyakan dulu menu apa yang ingin di makan. Dengan bertanya kepada anak, maka hal ini juga akan menarik minat anak terhadap makanan. Sehingga jika kita buatkan makanan yang diinginkan maka anak akan bersemangat untuk makan. 

3. Ajak makan sambil bermain
Usia anak-anak adalah usia bermain. Jadi mereka lebih suka bermain dibandingkan disuruh makan. Untuk menyiasati agar anak tidak lupa makan. Jadi sambil bermain kita suapin. Biasanya dengan cara ini anak akan lebih lahap untuk makan. Sebab saat bermain perasaan anak senang. Jadi ketika disuruh makan akan lebih mudah bahkan kita tidak perlu merayunya lagi. Hal yang perlu diperhatikan saat menyuapi anak sambil bermain porsinya harus sesuai dengan standarnya. Jangan sampai karena mudah di suapi kemudian porsi makannya dilebihkan. 

4. Beri makan dalam porsi yang kecil
Dalam menyajikan makanan kepada anak, usahakan untuk menyajikannya dalam wadah yang kecil semisal mangkuk kecil. Sebab menyajikan makanan anak dalam porsi besar justru akan menghilangkan selera anak. Bisa jadi saat melihatnya saja anak sudah tidak tertarik karena banyaknya porsi yang disajikan. Sebaliknya jika disajikan dalam jumlah kecil anak akan semakin tertarik untuk mencobanya. 

5. Libatkan anak dalam menyiapkan makanannya
Supaya anak bersemangat untuk makan, ada baiknya kita libatkan anak dalam menyajikan menu makannya. Misalnya saja kita ajak untuk membeli dan memilih sayur ataupun buah. Selanjutnya anak juga bisa diajak untuk memasak bersama. Dengan melibatkan anak, maka akan timbul rasa penasaran mengenai hasil masakannya. Dengan demikan, tanpa disuruh anak akan minta makan dengan sendirinya. 

6. Sajikan dalam bentuk yang unik dan menarik
Anak kecil sangat menyukai hal-hal yang unik. Begitupun dengan menu makanan, anak lebih suka untuk mencoba menu yang disajikan secara unik dan menarik. Jadi meskipun jenisnya sama tetapi ditampilkan dalam sajian yang berbeda akan membuatnya tertarik untuk menikmatinya. Contoh sajian menu yang unik, misalnya saja dengan membentuk menu makanan seperti boneka ataupun dengan memberikan garnish yang menarik. Tampilan yang unik akan mengundang rasa penasaran sang anak dan anak akan senang hati saat di suruh makan. 

7. Kurangi konsumsi makanan ringan/jajan
Salah satu penyebab anak susah makan adalah karena terlalu banyak makan jajan. Makanan ringan/jajan ini sebenarnya tidak sehat sebab makanan ini tinggi kalori tetapi rendah gizi. Maka usahakan agar jangan memperkenalkan terlebih dahulu jajanan tersebut kepada balita. Sebab jajanan tersebut biasanya mengandung penyedap dan tinggi akan kandungan garam. Jajanan yang banyak mengandung penyedap membuat anak kecanduan sehingga lebih memilih jajanan dibandingkan dengan makan. Kalaupun kita mau memberikan jajanan usahakan jajanan yang sehat misalnya nugget yang dibuat sendiri ataupun membuat camilan dari buah. Usahakan jangan menyimpan jajanan ringan supaya anak tidak kecanduan terhadap jajanan tersebut. 

8. Berikan reward jika anak menghabiskan makanan
Memberikan penghargaan terhadap anak yang mau menghabiskan makanan mempunyai pengaruh yang cukup penting. Sebab dengan diberikan pujian akan membuat anak tertarik lagi untuk melakukan hal yang sama. Untuk memberikan pujian kepada anak tidak perlu membelikan barang yang mahal harganya. Cukup berikan tepuk tangan ataupun diajak jalan-jalan sudah cukup membuatnya gembira. 

Nah, itulah tadi beberapa cara mengatasi anak susah makan. Selanjutnya untuk melihat apakah anak sudah terpenuhi kebutuhannya gizinya, kita bisa membuat catatan kecil tentang apa saja yang dikonsumsi oleh sang anak. Kita catat mulai dari asupan karbohidrat, protein, buah dan sayuran. Jika sekiranya asupan gizi anak kurang maka kita bisa membuat kudapan yang sehat. Misalnya kita buatkan kue sendiri ataupun kita buat salad buah dan sayur. Sehingga kebutuhan asupan gizi anak bisa terpenuhi dari kudapan tadi. 

Memang menghadapai anak susah makan dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Sabar dalam merayu anak untuk mau makan. Jangan terburu marah jika anak sulit untuk makan. Sebab jika dimarahi anak malah akan semakin tidak mau makan. Bahkan bisa jadi kegiatan makan akan menjadi hal yang menakutkan bagi anak. Selanjutnya ibu juga harus telaten dalam menyajikan menu makanan anak. Semakin unik sajian menu makanannya maka anak semakin tertarik untuk memakannya. Menyiapkan menu yang unik dan juga menarik memang tidak mudah. Terkadang butuh ketrampilan khusus dan juga waktu yang lama. Tetapi demi sang buah hati hal itu bukanlah masalah, yang penting si kecil mau makan dengan lahap. 

Comments

  1. Tips2 di atas sudah kucoba semua. Sayangnya, si bocah masih susah makan. Sampe kasih vit tambah nafsu makan juga. Duh, si Mak pusing, Bund. Jadi, ya sekarang ini di kalau makan nasi sama kerupuk. Sayur lauknya dimakan pisah. Kalau nasi bareng lauk dia gak mau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus tetap semangat ya bun, kita memang harus mencoba bermcam cara supaya anak mau makan😊

      Delete
  2. Wah makasih tipsnye, saya bookmarked, mana tau ada yang butuhin informasi ini. Alhamdulillah anak saya doyan makannya. Ngemilnya juga doyan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya silakan

      Alhamdulillah ya kalau si kecil doyan makan. ..

      Delete
  3. kalau orang jawa ada istilih di cekok 'i yaitu meminumkan jamu penambah nafsu makan sama si Anak. Jamunya dikasih madu dan hasilnya cespleng si anak jd doyan makan..hehe

    ReplyDelete
  4. Saya punga ponakan yang ketiga²nya sangat susah klo di suruh makan. Berbagai macam cara sudah mamanya lkuka seerti yang bunda sebutin di atas. Tp anaknya aja ngunyahnya lama bgt atau bahkn gk di telan² tuh nasi. Wkwkwk heran juga saya, kenapa mood makan pada ank tidak seperti orang dewasa yang sering kalap hahah

    ReplyDelete
  5. Ponakan saya umurnya 5 tahun. Sejak kecil ga doyan makan nasi. Semua upaya sudah dicoba emaknya tapi tetep ga bisa maem nasi. Jangankan maem, mencium aroma nasi saja dia mual-mual. Dulu maemnya cuma tempe, tapi sekarang sudah mau makan kentang goreng sama kfc. Emaknya pusing hiks

    ReplyDelete
  6. Biasanya sih, biar anak-anak mau makan sayur dan ikan biasanya buat makanan yang dia sukai dengan bahan-bahan makanan yang kurang dia sukai seperti sayur dan ikan diblender dan campur dalam makanan yang disukai tanpa sadar dia memakan yg tidak ia sukai dan menggangap makanan yg ia makan adalah makanan kesukannya.

    ReplyDelete
  7. Bener, setuju banget sama artikel ini. Drama punya anak-anak terutama balita yang soal makannya ya mb. Alhamdulillah saya pun sedang dalam masa itu, dan anak-anak suka makanan apa saja karena sejak kecil saya biasakan makan seadanya.

    ReplyDelete
  8. betul, kalo anak 2 tahun nggak suka makan sayur, gimana ? saran koh hendra perlu dicoba

    ReplyDelete
  9. Kalo putri saya susah diajak makan, biasanya dijanjikan reward-nya ke minimarket di ujung jalan. Ditambah lagi, kadang-kadang dia sambil buka YouTube sambil nonton acara kuliner. Tips yang lain belum dicoba nih, terutama melibatkan anak dalam menyiapkan makanan. Nanti dicoba ah, makasih tipsnya.

    ReplyDelete
  10. Memang ya kalau anak uda susah makan seperti dua mau berakhir Bikin stres banget :(
    Kita sebagai ibu harus selalu sabar dan kreatif :)

    ReplyDelete
  11. Tips nya boleh juga nih mba. Iya terkadang anak-anak susah makan mgkin krn tdk cocok dgn menu makanan. Tp klu diajak ikutan masak mgkn mau yaencicip hadil karyanya.hihi

    ReplyDelete
  12. absolutely agree with u mbak... anakku kalau udh susya makan, harus utak atik menu atau makan di luar hehe

    ReplyDelete
  13. Wiwin | pratiwanggini.netApril 20, 2020 at 12:50 AM

    Pas banget nih, pas baca ini pas anak saya sedang susah makan. Dia sudah bisa pilih-pilih makanan yang hanya enak dirasakannya. Kurang tertarik untuk mencoba aneka macam rasa dan model makanan. Huhuhuhu... emaknya masih butuh usaha keras agar dia mau makan dengan mudah..

    ReplyDelete
  14. Penasaran sih, kenapa anak susah makan. Apa karna bosan, ga suka sama makanannya, malas, atau apa. Soalnya ada mamak yg udah coba ini itu, tetep susah makan anaknya :(

    ReplyDelete
  15. Aku ngalamin nih masa-masa anakku susah makan. Kalau gak salah umurnya sekitar setahunan deh waktu itu. Salah satu tipsnya ya ngajak makan sambil bermain atau bercerita. Atau bisa juga dengan membuat bento-bentoan. Biasanya anak-anak suka bentuk yang lucu

    Kalau sekarang sih malah aku yang kewalahan ngadepin selera makannya haha

    ReplyDelete
  16. Cocok banget nih, Mbak. Hampir tiap orangtua punya problem anaknya susah makan. Kata Mbak, salah satunya dengan mengurangi jajan. Benar, Mbak. Jajan biasanya mengandung banyak rasa yang disukai anak padahal itu tidak bagus untuknya. Kalau sudah tau banyak rasa, dia enggan nyoba makanan di rumah.

    ReplyDelete
  17. No.8 blm pernah aq coba. Tp anakku ga susah2 amat sih makannya. Cuma kalo makan lamaaaa banget.. kadang malah dia tuh lupa kalo lagi makan. Akhirnya makannya ditinggal maen gituu

    ReplyDelete
  18. Tipsnya mantul, Mbak. Kebetulan ponakanku lagi GTM, ntar aku coba terapin cara ini deh. Makasih sharingnya ya, Mbak.

    ReplyDelete
  19. Tipsnya sangat membantu sekali kak, memang benar saat anakanak susah makan membuat orang tua jadi khawatir jika nanti jadi sakit. untuk tipsnya sangat bagus kak, akan aku coba.

    ReplyDelete
  20. Sebagai seorang ibu kita harus pinter-pinter nih dalam memberi asupan nutrisi untuk anak. Kasihan kalau sampai kekurangan gizi.

    ReplyDelete
  21. Wah anak saya baru-baru ini susah makan nanti diterapkan tipsnya semoga berhasil yaa

    ReplyDelete
  22. Wah pas banget nih tipsnya, bisa kurekomkan ke kakak yg kemarin ngeluh bocilnya makin susah makan. TFS ya Kak..

    ReplyDelete
  23. cocok nih mbak untuk orangtuanya yang memiliki anak GTM. kalau membujuk anak kecil harus sekreatif mungkin ya mbak.

    ReplyDelete
  24. Save dulu persiapan besok jika punya anak. Duh, semoga anakku kelak nggak susah makannya. Memang aku sendiri juga masih suka susah makan, ha, ha.

    ReplyDelete
  25. Ini bagus banget tipsnya. Sy sering lihat ibu2 sekarang jajanin anak balitanya untuk ngebujuk makan. Alasannya klo masakan sendiri gak mau dimakan.

    ReplyDelete
  26. Jajanan atau makanan ringan itu yang jadi big problem banget. Aku udah ngelarang, eh pulang2 bapaknya ya bawain seabrek2. Btw, pinter deh si kecil action fotonya. Pas banget. Mewakili post. He....

    ReplyDelete
  27. wah aku kayak adeknya ga doyan makan, karena memang makan hanya makanan tertentu saja, jika tidak ada udah deh ga makan jadinya, tapi biasanya aku ganti dengan buah-buahan yang banyak. tips ini nanti bisa aku terapkan ke anak-anak aku kalau sampai susah makan kayak maminya hehehhe

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts