Tips menyimpan sayuran di kulkas


Sebagai seorang ibu rumah tangga yang juga bekerja diluar saya harus pandai-pandai dalam mengatur waktu. Salah satu hal yang saya perhatikan supaya hemat waktu adalah kegiatan belanja. Kegiatan ini biasanya saya lakukan seminggu sekali yaitu hari minggu. Sebab dihari aktif, waktu pagi hari saya harus berkejaran dengan jadwal masuk kerja. Sehingga tidak punya cukup banyak waktu untuk pergi ke pasar. Karena ada banyak pekerjaan yang harus diselesaikan pada pagi hari misalnya saja memasak, lalu membersihkan rumah dan menyiapkan keperluan anak sekolah.

Karena saya hanya satu minggu sekali ke pasar. Maka biasanya saya membeli bahan sayur-sayuran dan keperluan dapur yang kiranya cukup untuk satu minggu. Untuk sayuran seperti biasanya saya taruh di dalam kulkas. Sedangkan untuk bahan yang lain saya taruh ditempat yang cukup pencahayaan nya. Sebab jika bahan memasak seperti bawang merah ataupun bawang putih ditaruh di tempat yang lembab maka akan cepat busuk. Jika disimpan dikulkas dikupas dulu lalu dipotong-potong supaya tidak tumbuh.

Tips menyimpan sayuran di kulkas

Ada beberapa cara yang saya lakukan saat menyimpan sayuran didalam kulkas.

Pertama, untuk bahan yang tidak segera dimasak.
Bahan makanan seperti sayuran yang tidak segera dimasak saya bungkus dengan kertas. Cara bungkusnya adalah sebagai berikut, jadi sayuran tersebut saya lipat jadi dia supaya bentuknya pendek. Selanjutnya bagian ujung yang ada daunnya saya bungkus dengan kertas lalu saya ikat dengan karet. Sebenarnya menggunakan kantong kresek juga bisa, tetapi karena saya mengurangi penggunaan plastik saya menggunakan kertas. Bisa kertas koran ataupun kalender yang sudah tidak terpakai.

Kedua, untuk bahan yang besoknya akan saya masak saya taruh dalam botol bekas air minum.
 Jadi biasanya saat malam hari saya akan potong-potong sayuran. Misalnya untuk wortel dan wortel saya kupas kulitnya lalu saya potong kecil-kecil. Selanjutnya potongan sayuran tersebut saya taruh dalam wadah tertutup semisal wadah untuk menaruh bekal nasi. Saya menaruh dalam wadah yang tertutup supaya sayuran tersebut kondisinya segar.

Ketiga, untuk seledri dan daun bawang ditaruh dalam botol bekas air minum.
Jadi botol bekas air minum bisa kita manfaatkan untuk menyimpan bahan sayuran. Caranya adalah sebagai berikut:
1. Ambil dua botol bekas air minum selanjutnya potong menjadi dua bagian. Setelah itu botol dicuci bersih.
2. Cuci bersih daun seledri dan juga daun bawang lalu masukkan ke potongan botol bagian bawah selanjutnya tutup dengan bagian botol yang bagian atas. Untuk daun bawang jika terlalu panjang bisa dipotong menjadi dua bagian.

Dengan cara yang demikian maka kedua bahan memasak tadi akan segar dan awet. Selain itu juga lebih praktis karena sudah dibersihkan dahulu. Jadi tinggal dipakai saja. Selain itu botol bekas air minum tersebut juga bisa dibuat untuk menyimpan tomat. Tetapi untuk menyimpan tomat kita pilih botol yang ukurannya agak besar.

Nah itulah tadi tips untuk menyimpan sayuran supaya tidak mudah kayu. Sehingga saat dimasak bahan makanan tersebut kondisinya tetap segar

Comments