Skip to main content

Featured

Liburan Staycation di Hotel Murah Surabaya

Java Paragon Hotel & ResidencesSetelah lama di rumah aja karena pandemi, liburan tampaknya bisa menjadi pilihan menarik untuk dilakukan demi sedikit menyegarkan diri. Namun liburan keluar kota belum menjadi pilihan yang bagus, karena akses keluar masuk kota yang masih sulit dan cukup rawan. Nah oleh sebab itu liburan staycation mungkin bisa menjadi pilihan kalian saat ini. Staycation telah lama menjadi tren liburan yang diminati oleh anak muda di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Jogja, dan lainnya. Selain biaya liburan yang lebih hemat, liburan staycation ini juga tidak terlalu merepotkan, karena cukup dengan menginap selama beberapa hari di hotel yang kalian mau, sambil memanjakan diri dengan fasilitas hotel yang bagus. Bagi kalian yang ada di Surabaya, kalian juga bisa memesan hotel murah Surabaya melalui Traveloka loh untuk staycation bersama orang tersayang. Referensi hotel murah di Surabaya dari TravelokaBerikut ini beberapa hotel yang bisa…

Manfaat olahraga basket untuk kesehatan

Manfaat olahraga basket
 

Salah satu olahraga yang cukup digemari oleh kawula adalah bola basket. Selain memberikan kesenangan,  manfaat olahraga bola basket bagi kesehatan ternyata banyak sekali. Tidak hanya Indonesia, di negara lain olahraga ini juga cukup diminati. Makanya tidak heran jika setiap tahun selalu diadakan kompetisi dalam olahraga basket. Misalnya saja di Misalnya di Inggris ada British basketball league, Amerika NBA(national basketball Association, sedangkan di indonesia sendir ada IBL Indonesia Baksetball Leaguage.

Olahraga basket ini dimainkan oleh 2 tim. Masing-masing tim terdiri dari 5 anggota pemain. Berbeda dengan sepak bola yang terdapat penjaga gawangnya. Olahraga basket tidak ada penjaga ringnya. Setiap pemain memiliki tugas yang sama, yaitu merebut bola dan kemudian memasukkan ke dalam ring lawan. 

6 Manfaat olahraga basket

Dibalik keseruannya, rupanya banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh dari permainan ini. Nah berikut ini adalah beberapa manfaat bermain basket

1. Membakar kalori

Bagi yang sedang menjalani program penurunan berat badan olahraga basketball bisa jadi pilihannya. Sebab dalam olahraga basket terdapat gerakan yang mampu membakar kalori lebih banyak. Misalnya lari menggiring bola dan juga gerakan melompat saat memasukkan bola ke ring lawan. Dalam olahraga ini pemain biasnya berlari 4-5 mil selama satu jam. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kegiatan olahraga basket mampu membakar kalori 650-750 kalori perjam

2. Bagus untuk menjaga Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Dalam olahraga basket ada banyak kegiatan yang dilakukan dengan gerakan yang cepat dan intensitas yang tinggi. Misalnya gerakan lari, melompat dan juga dribling. Gerakan-gerakan ini biasanya dilakukan dengan cepat. Gerakan yang cepat seperti ini bagus untuk latihan kardiovaskular. Sebab dapat mempercepat pernafasan dan meningkatkan pasokan darah beroksigen ke otot-otot tubuh. Semakin lama dan semakin sering bermain bola basket maka semakin cepat pula denyut jantung meningkat. Sehingga  olahraga ini sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung, mengurangi risiko stroke dan juga mencegah dari tekanan darah tinggi.Detak jantung yang kuat akan membuat tubuh lebih efisien, secara otomatis akan mengurangi kadar  gula dan lemak dari darah.

3. Keterampilan dan Koordinasi Motorik yang Lebih Baik

Ketika akan memasukkan bola ke dalam ring basket, kita membutuhkan kordinasi antara mata dan juga tangan. Agar berhasil dengan baik maka kegiatan ini harus dilatih dengan sesering mungkin. Semakin sering dilatih maka kordinasi antara mata dan tangan juga akan semakin baik. Sehingga nanti ketika menggiring bola tidak harus selalu melihat ke bola, tetapi kegiatan murni menjadi tugas koordinasi motorik.

4. Melatih konsentrasi dan disiplin diri

Sama halnya dengan kegiatan olahraga lainnya, yang memiliki peraturan yang harus ditaati. Begitupun dalam olahraga basket ini. Terdapat aturan-aturan yang harus patuhi oleh para pemainnya. Sehingga masing-masing pemain harus bersikap sesuai dengan aturan supaya tidak mendapatkan hukuman. Dalam kehidupan sehari-hari hal itu sangat membantu sekali untuk melatih kedisiplinan diri dan juga memupuk jiwa sportifitas. Menjunjung tinggi kejujuran dan membuat kita menjadi lebih kompetitif.

5. Melatih kekuatan otot

Olahraga basket banyak sekali yang menggunakan otot. Misalnya saja kegiatan lari di lapangan, saat berlari kita menggunakan semua otot utama kaki, termasuk juga otot betis, paha belakang dan juga paha depan. Selain itu kegiatan shooting menggunakan otot-otot bagian atas dan lengan, otot bisep dan dada. Semakin intens latihan yang dilakukan maka otot juga semakin kuat.

6. Mengurangi Stres dan Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ketika kita melakukan olahraga selain badan merasa bugar maka juga mendatangkan kebahagiaan. Sehingga ketika kita mengalami kejenuhan ataupun stress maka olahraga basket bisa menjadi solusi untuk mengalihkan perasaan tersebut. Sebab saat berolahraga kita akan bertemu dengan banyak orang. Kegiatan bersosialisasi ini mampu memberikan suasana baru dan membuat hati lebih bahagia dan bersemangat. Pikiran yang bahagia akan mampu meningkatkan sistem imun dalam tubuh dan membuat kita terhindar dari penyakit.

Nah, itulah 6 manfaat yang bisa kita peroleh jika melakukan olahraga basket. Dengan olahraga selain mendapatkan kebahagiaan kesehatan juga akan terjaga.

Comments