Senin, 04 Januari 2021

Kelebihan digital marketing

Kelebihan digital marketing

Di era sekarang ini kita sudah tidak asing lagi dengan istilah digital marketing. Lalu sebenarnya apa yang dimaksud dengan digital marketing? Digital marketing adalah kegiatan pemasaran sebuah produk atau kegiatan memperkenalkan sebuah brand kepada masyarakat melalui media digital atau internet. Adapun tujuan dari digital marketing adalah untuk mendapatkan jangkauan konsumen yang luas dan juga cepat. Karena internet memiliki jangkauan yang luas dan menjangkau berbagai kalangan, maka tidak heranlah jika produsen menggunakannya sebagai media untuk memperkenalkan produknya.

Kelebihan digital marketing

Dengan banyaknya produsen menggunakan digital marketing untuk memperkenalkan produknya, menunjukkan bahwa digital marketing memiliki banyak kelebihan. Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh digital marketing adalah sebagai berikut :

1. Dapat menjangkau konsumen lebih luas

Digital marketing dapat menjangkau konsumen lebih luas, sebab dengan internet konsumen yang tidak terjangkau dengan penjualan offline bisa dijangkau.  Dimanapun lokasinya selama jaringan internet bisa diakses maka pemasaran produk tetap bisa dilakukan. Sangat praktis dan mudah untuk dilakukan.

Ada beberapa platform yang bisa kita lakukan untuk melakukan penjualan secara online. Beberapa diantaranya misalnya menggunakan Facebook, instagram, website hingga marketplace. Semua platform tadi menyediakan beragam fitur yang sangat membantu kita dalam mempromosikan produk kita.

2. Meningkatkan penjualan

Dengan jangkauan yamg lebih luas maka membuat produk kita akan semakin dikenal oleh masyarakat. Hal ini tentu akan berdampak positif terhadap penjualan produk kita. Semakin dikenal maka akan semakin banyak pula pembeli yang datang. Di tambah lagi jika menerapkan strategi pemasaran yang tepat maka penghasilan yang datang akan berkali lipat. 

3. Biaya iklan lebih murah

Dibandingkan dengan iklan yang menggunakan media konvensional, beriklan melalui digital marketing jauh lebih murah. Jika dengan media konvensional kita akan mengeluarkan dana jutaan hingga puluhan juta. Sebaliknya dengan digital marketing kita bisa beriklan mulai dari 50.000 perhari. Jadi kita bisa memanfaatkan Google Ads, Facebook dan instagram untuk media promosi produk kita.

4. Membangun branding

Dengan menggunakan digital marketing maka akan membantu eksistensi produk kita. Semakin sering orang melihat brand kita di dunia maya, maka orang akan semakin mudah mengingat produk kita. Sehingga nantinya ketika orang melakukan pencarian terkait dengan produk kita mereka akan lebih cepat mengingatnya. Hal ini sangat penting untuk membangun branding dari produk yang kita jual.

5. Mendekatkan dengan konsumen

Salah satu keunggulan lain dari digital marketing adalah adanya komunikasi langsung antara pembeli dan penjual. Hal ini sangat bermanfaat sekali sebab sebagai produsen kita bisa mengetahui secara langsung keluhan ataupun keinginan konsumen. Sehingga nantinya kita bisa memperbaiki keluhan yang disampaikan konsumen dan juga meningkatkan kualitas pelayanan. Dengan cara demikian tentu penjualan kita juga akan meningkat.

6. Mendapatkan Data Pemasaran

Ketika beriklan dengan menggunakan digital marketing baik menggunakan Google ads ataupun Facebook ad keuntungan yang bisa kita peroleh selain jangkauan yang luas adalah data. Jadi kita bisa memperoleh data siapa saja yang melihat kita, gender, usia, lokasi dan minat. Selanjutnya data tersebut bisa kita gunakan untuk mengelola iklan supaya efektif dan tepat sasaran.


Previous Post
Next Post

2 komentar:

  1. Makin keren Blognya, Mbak Sulis..👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Pak atas apresiasinya. Terima kasih juga telah berkenan berkunjung ke blog saya.

      Hapus