Saturday, November 14, 2020

Cara belajar Seo bagi pemula

 

Cara belajar seo bagi pemula

Jika kita ingin menjadi seorang bloggers yang sukses. Selain kemampuan menulis ternyata ada banyak hal yang dikuasai. Salah satunya adalah harus menguasai SEO. Baik itu SEO on page maupun SEO of page. Karena ingin meningkatkan kemampuan saya sebagai blogger maka saya juga belajar SEO. Harapan saya dengan belajar SEO tulisan saya bisa banyak pembacanya.

Ada beberapa cara yang saya lakukan untuk belajar SEO. Awalnya saya belajar dengan membaca artikel di google. Cukup banyak artikel yang saya baca. Tapi hasilnya bukannya saya bisa tapi tambah semakin pusing. Hal ini karena setelah saya baca timbul banyak pertanyaan. Dan saya tidak tahu pertanyaan tersebut harus saya tujukan ke siapa. 

Selanjutnya saya juga belajar melalui youtube, tapi hasilnya juga sama. Hal ini karena dengan belajar sendiri baik membaca artikel dan juga dari YouTube, saat ada yang  tidak dipahami kita tidak bisa menanyakan langsung kepada pemberi materi. Inilah salah satu kelemahan jika kita belajar sendiri, karena belajar melalui artikel maupun melihat youtube adalah komunikasi satu arah. Jadi kalau kita tidak paham tidak ada orang yang bisa diajak diskusi untuk mengatasi ketidakpahaman kita.

Kelas seo online untuk belajar seo bagi pemula

Setelah kebingungan bagaimana cara belajar seo yang baik dan benar. Kemudian saya berusaha mencari sekolah online untuk belajar SEO online.  Menurut saya langkah terbaik cara belajar seo bagi pemula adalah mengikuti kelas seo online. Sebab komunikasinya dua arah. Jadi ketika ada materi yang tidak dipahami kita bisa bertanya langsung kepada pemateri.

Setelah mencari-cari, akhirnya saya bersyukur sekali bisa bertemu dengan kelas online yang diadakan oleh Mas Irwin dan Mas Pewe. Mereka merupakan coach yang luar biasa. Kemampuan mereka sudah tidak diragukan lagi. Sudah bertahun-tahun mereka bekerja di dunia digital.  Berdasarkan Curriculum vite Mas Irwin merupakan anggota Asosiasi Praktisi SEO Indonesia dan Digital Marketing Consultant di 8 perusahaan, 9 web UMKM, dan 3 Non Profit. 

Melalui kelas SEO online inilah saya mendapatkan banyak pencerahan. Hal-hal yang tidak saya ketahui tentang blog, semua dibuka secara gamblang dan tuntas di kelas ini. Selain itu pula salah satu hal yang sangat menarik bagi saya adalah dengan mengikuti kelas online ini kita bisa mengoptimalkan blog kita supaya mendapatkan trafik yang tinggi. 

Sedikit cerita, sebagai blogger pemula ketika ingin mendapatkan traffic yang tinggi maka saya melakukan blogwalking. Pernah, karena ada tuntutan untuk dapat sebuah trafik yang tinggi dalam dua hari saya harus blogwalking ke 100 blog lebih, hingga saya mabuk membaca artikel. Bagi yang punya banyak waktu luang, mungkin blogwalking tidaklah masalah. Tapi bagi saya yang harus bekerja dan juga ngurusin anak. Maka ketika blogwalking saya harus benar-benar bisa membagi waktu supaya semua bisa saya kerjakan dengan baik. Ketika mengikuti kelas online ini kita akan diajarin bagaimana cara mendapatkan trafik yang tinggi tanpa harus blogwalking. Jadi blogwalking hanya seperlunya saja buka sebagai jalan utama untuk mendapatkan pengunjung yang banyak. 

Pengalaman mengikuti kelas SEO Online

Hal yang saya rasakan ketika mengikuti kelas SEO online ini adalah senang. Sebab saya bertemu orang yang bisa menjawab semua kebingungan saya saat belajar menjadi seorang blogger. Selain itu juga saya banyak mendapatkan ilmu yang sangat berharga sekali. Sebuah ilmu yang sangat berguna bagi orang yang benar-benar ingin menekuni dunia blogger. 

Nah, berikut ini adalah beberapa materi yang diberikan dalam kelas SEO online ini.

1. Google Analytics

Saya dulu awalnya tidak tahu kalau ternyata blog itu harus dipasang Google analytics. Perkiraan saya dulu, kalau punya blog itu setelah nulis lalu publish, selesai. Ternyata tidak semudah itu langkah untuk menjadi bloggers yang sukses. Ternyata blog kita juga harus dipasang Google analyticsnya. Kalau kita bingung ataupun belum tahu cara memasang Google analitik, tidak perlu khawatir. Di dalam kelas seo online ini kita akan diajarin cara memasang Google analitik hingga cara bacanya. Ternyata ada banyak manfaat lho dari Google analytics ini. Berikut ini adalah manfaat jika kita memasang Google analytics buat blog kita.

1. Mengetahui jumlah pengunjung kita

Untuk mengetahui jumlah pengunjung kita, bisa dilihat dari akusisi

2. Mengetahui dari mana pengunjung kita mengakses web kita

Jadi kita bisa tahu apakah pengunjung kita mengakses web kita melalui komputer ataukah melalui mobil. Kalau banyak yang dari mobile maka template web kita harus disetting mobil friendly

3. Mengetahui jenis artikel yang sering dikunjungi oleh pembaca blog

Dengan menggunakan Google analitik kita bisa mengetahui kira-kira jenis artikel apa yang paling sering dikunjungi oleh pengunjung kita. Dari sini kemudian kita jadikan acuan untuk membuat artikel selanjutnya. Misalnya pengunjung kita suka dengan review produk kecantikan. Maka untuk selanjutnya kita bisa membuat artikel dengan tema yang sama.

2. Google Search Console

Setelah memasang Google analitik di blog langkah selanjutnya adalah memasang Google searh console. Ternyata ini juga sama penting seperti Google analitik. Ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari Google Searh Console ini

1. Mengetahui performa blog

Dengan menggunakan Google searh console kita bisa mengetahui jumlah trafik, keyword yang populer, broken link, page rank, impression dan CTR.

 2. Mengetahui domain yang memberikan link ke website kita .  

Manfaat lain Google Search console adalah kita bisa mengetahu website yang memberikan backlink ke blog kita. 

3. Submit Sitemap Website

Sebelum masuk kelas online SEO ini tentu saja saya tidak paham mengenai penggunaan Sitemap website ini. Ternyata sitemap website ini sangat penting buat blog kita, karena berfungsi untuk mengetahui url terbaru dari website kita.

4. Inspeksi URL

Ketika kita menginginkan agar tulisan kita segera terindex oleh Google, maka cara yang bisa kita lakukan adalah dengan menggunakan menu inspeksi URL di Google searh console. Sayangnya untuk saat ini layanan inspeksi URL ditangguhkan.

3. Riset Keyword

Sebelum belajar di kelas SEO online ini, saya benar-benar tidak tahu kalau ingin tulisan mendapatkan trafik yang tinggi, kita harus melakukan riset keyword terlebih dahulu. Dari riset keyword inilah, kita bisa jadikan patokan mengenai tema tulisan yang akan ditulis. Sekali lagi melalui kelas ini saya benar-benar mendapatkan pencerahan. Jadi kalau mau menulis tidak asal menulis harus melakukan riset keyword dulu. Supaya tulisan kita ada yang membaca. Kan, percuma kalau kita nulis tapi gak ada pembacanya hehe...

4. Materi SEO

Ini nih, materi yang mantap banget. Jadi kita akan diajarin bagaimana cara menerapkan SEO untuk artikel kita, baik secara SEO onpage maupun SEO ofpage. Kita akan diajarin mulai dari tahapan awal SEO on page melalui judul, gambar dan juga meta descripstion. Kalau sebelum masuk kelas SEO online ini, tentu saja hal ini tidak saya pahami. Nulis ya nulis saja, setelah selesai langsung publish. Ternyata hal ini sangat penting untuk artikel kita supaya bisa berada di page one. Hal penting lagi yang saya dapat dari kelas ini adalah ternyata artikel itu harus ada link internal dan link eksternalnya. Kalau tidak ada, maka artikel kita menjadi yatim piatu. Dan inilah kondisi artikel saya sebelum belajar kelas SEO online ini. Hampir 90,% artikel diblog saya yatim piatu.

5. Audit web

Di akhir kelas ini, kita juga belajar tentang bagaimana cara audit blog kita. Audit blog ini perlu supaya kita mengetahui apakah blog kita baik-baik saja atau mengidap penyakit yang sudah kronis. Ternyata setelah diaudit, blog saya cukup banyak penyakitnya. Dan tentunya tugas saya selanjutnya adalah memberikan pengobatan untuk blog saya. Dalam artian saya harus memperbaiki kesalahan-kesalahan yang ada diblog saya. 

Nah, bagi teman-teman yang kebingungan bagaimana cara mendapatkan trafik yang tinggi. Belajar SEO dengan mengikuti kelas SEO online yang diadakan oleh Mas Irwin dan Mas Pewe adalah pilihan yang tepat dan juga bijaksana. Tepat karena kalian mendapatkan guru yang sudah berpengalaman dibidangnya. Bijaksana karena kalian mengambil langkah yang benar  untuk meningkatkan trafik dengan belajar SEO secara online. Karena cara belajar secara online ini waktunya fleksibel dan materinya bisa dibaca berulang-ulang. Kabar gembiranya lagi, meskipun kelasnya sudah selesai, tapi kelasnya tidak dibubarkan. Jadi, jika dikemudian hari kita menemukan permasalahan terkait dengan blog kita, kita tetap bisa bertanya kepada beliau berdua.

Dalam mengikuti kelas ini tidak perlu khawatir, sebab jika kita tidak paham dengan materi yang diberikan. Para pemateri siap menjawab pertanyaan kita. Jadi kita tidak akan bingung lagi, hal ini tentu berbeda jika kita belajar sendiri. Saat kita bingung, tidak ada orang yang bisa menjawab pertanyaan kita. Hingga akhirnya bingung ditambah bingung jadinya malah tidak paham-paham. Tetapi dengan mengikuti kelas SEO online ini, kebingungan kita akan terjawab semua hingga kita benar-benar paham tentang bagaimana cara menerapkan SEO di artikel kita. Hingga akhirnya traffic blog kita naik dan DA juga ikutan naik.

Previous Post
Next Post

0 Comments: