Monday, November 2, 2020

Apa itu gagal ginjal dan bagaimana cara mencegahnya

 

Ciri-ciri gagal ginjal

Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan organ tubuh ini. Organ ini adalah ginjal. Ginjal merupakan organ tubuh yang letaknya berada dibawah tulang rusuk bagian belakang. Ginjal memiliki fungsi yang sangat vital bagi kesehatan tubuh. Adapun fungsi ginjal adalah menyaring darah dan membuang zat-zat limbah yang ada di dalam tubuh. Limbah ini selanjutnya dibuang bersama dengan urin. Ginjal bisa kehilangan fungsinya jika kita mengalami penyakit gagal ginjal. Maka dari itu kita perlu mengetahui apa itu gagal ginjal. Supaya kita bisa melakukan pencegahan sehingga terhindar dari penyakit ini.

Mengenal gagal ginjal dan ciri-ciri gagal ginjal

Penyakit gagal ginjal adalah kondisi ketika ginjal kehilangan kemampuannya dalam menyaring darah dan zat sisa dalam tubuh. Ketika ginjal kehilangan fungsi penyaringan,  maka akan terjadi penumpukan racun dan kotoran dalam tubuh. Penyakit gagal ginjal biasanya adalah tahap akhir dari penyakit ginjal. Yaitu ketika ginjal mengalami kerusakan yang cukup parah, berlangsung lama maka akan terjadi gangguan fungsi ginjal secara permanen.

Untuk meminimalisir resiko terkena penyakit gagal ginjal, maka kita perlu mengetahui ciri-ciri penyakit gagal ginjal, penyebab dan cara mencegahnya. 

Berikut ini adalah ciri-ciri penyakit gagal ginjal

1. Mudah Lelah dan sulit konsentrasi

Ginjal yang mengalami penurunan fungsi membuat racun dan kotoran menumpuk didalam tubuh. Akibat tubuh menjadi mudah lelah, lemah. Selain itu juga dapat menyebabkan kita sulit berkonsentrasi. Di beberapa kasus, penyakit ini juga bisa menyebabkan anemia. Sehingga tubuh selalu terasa lemah dan lunglai.

2. Kulit Kering dan gatal

Kulit kering dan terasa gatal bisa menjadi indikasi penyakit gagal ginjal yang biasa dialami pengidap gagal ginjal stadium lanjut. Munculnya Kulit kering dan gatal ini terjadi karena ginjal tidak lagi mampu menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi yang ada di dalam darah.

3. Terdapat darah saat buang air kecil

Salah satu fungsi ginjal adalah memisahkan limbah dari darah dan kemudian mengeluarkannya melalui urin. Tetapi ketika ginjal mengalami penurun fungsi, proses ini bisa terganggu. Akibatnya bisa membuat darah bercampur dalam urin. Adanya darah dalam urin selain menandakan adanya penyakit gagal ginjal, juga menjadi indikasi adanya penyakit lain. Seperti batu , tumor atau infeksi lainnya.

4. Adanya busa dalam urin

Adanya busa dalam urin mengindikasikan bahwa fungsi ginjal terganggu. Sebab adanya busa tersebut menandakan bahwa terdapat protein dalam urin tersebut. Protein yang biasa ditemukan dalam urin adalah albumin, yaitu protein yang biasanya terdapat dalam telur. Maka dari itu busa dalam urin tersebut seperti busa yang ada didalam telur saat kita mengaduknya. 

5. Buang air kecil lebih sering

Jika kita mengalami  buang air kecil lebih sering, hal ini bisa menjadi tanda penyakit ginjal. Sebab, Ketika ginjal mengalami penurunan fungsi dapat menyebabkan meningkatnya keinginan untuk buang air kecil. Selain itu sering buang air kecil juga menjadi tanda adanya infeksi saluran kemana atau pembesaran prostat pada pria.

6. Pembengkakan pada area mata

Ketika ginjal tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik, maka protein albumin bisa bocor keluar jaringan. Adanya pembengkakan di area mata bisa menjadi indikasi bocornya protein dalam darah. 

7. Pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki

Ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal diantaranya adalah betis, kaki dam pergelangan kaki membengkak. Hal ini terjadi akibat adanya penumpukan sodium. Selain itu, tangan dan wajah merupakan bagian tubuh yang rentan mengalami pembengkakan jika terjadi masalah pada fungsi ginjal.

8. Nafsu makan menurun

Menurunnya nafsu makan bisa menjadi salah satu ciri adanya gangguan dalam ginjal. Sebab penderita penyakit ginjal mengalami uremia. Ketika mengalami uremia maka rasa masakan yang masuk rasanya berbeda, seperti rasa logam. Uremia ini juga menyebabkan rasa mual dan juga muntah. Hal ini bisa menjadi sebab menurunnya nafsu makan yang berakibat pada penurunan berat badan.

Penyebab penyakit gagal ginjal

Setiap orang berpotensi mengalami gagal ginjal. Tetapi ada beberapa faktor yang membuat orang memiliki resiko lebih tinggi untuk terkena gagal ginjal. Faktor tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Menderita penyakit diabetes, hipertensi dan jantung.

2. Adanya riwayat keluarga yang mengalami penyakit ginjal

3. Menderita kolesterol tinggi

4. Mengalami gangguan ginjal misalnya radang ginjal, infeksi ginjal, polip ginjal, batu ginjal dan lain sebagainya.

5. Menderita obesitas

6. Berusia lanjut

Cara pencegahan gagal ginjal

Melakukan pencegahan jauh lebih baik dari pada mengobati. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah gagal ginjal.

1. Menerapkan gaya hidup sehat, misalnya dengan minum air 2-3 liter perhari, tidak merokok dan rutin melakukan kegiatan olahraga

2. Melakukan diet rendah garam, mengurangi konsumsi gula dan makanan tinggi kolesterol

3. Mengkonsumsi makanan yang sehat, misalnya mengkonsumsi buah-buahan, biji-bijian  dan sayur-sayuran.

4. Melakukan pemeriksaan rutin terhadap kondisi ginjal. Sehingga bisa diketahui kondisi ginjal dari waktu ke waktu.

5. Mengkonsumsi makanan rendah kalium, misalnya apel, kol, dan stoberi.

6. Mengurangi asupan protein dan fosfor.

Dengan mengetahui ciri-ciri penyakit gagal ginjal, jika muncul gejala kita bisa melakukan pencegahan sedini mungkin. Sehingga kita bisa meminimalisir resiko terkena penyakit gagal ginjal.
Previous Post
Next Post

1 comment:

  1. Untuk ciri-ciri yamg nomer 4 itu sering sih, tapi kalau untuk pertanda yang lain gak sih.. Apakah kalau termasuk disalah satunya itu bisa dikategorikan seperti itu atau harus semuanya?

    ReplyDelete