Cara atasi ketombe yang mudah

Cara atasi ketombe


Memiliki masalah rambut berketombe memang cukup menganggu. Sebab hal ini membuat kulit kepala terasa gatal sehingga kita berkeinginan menggaruk kepala kita. Tetapi nyatanya dengan garukan rasa gatal akibat ketombe tidak hilang bahkan bisa makin menjadi-jadi. Maka dari itu agar masalah rambut berketombe tidak menganggu aktifitas, kita perlu mengetahui cara atasi ketombe. 

Ketombe merupakan kondisi kulit kepala yang bersifat kronik yang terdapat serpihan-serpihan kulit kepala berwarna putih atau pun kekuningan. Tanda kita mengalami rambut berketombe cukup mudah dikenali yaitu adanya rasa gatal di kepala dan saat di sisir ada serpihan-serpihan putih yang jatuh.

Penyebab dan cara atasi ketombe

Ada beberapa penyebab rambut berketombe

1. Dermatitis seboroik

Merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan kulit yang memerah dan berminyak dan tertutup sisik berwarna putih atau kekuningan. Penyakit ini juga bisa menyerang bagian tubuh lain yang banyak mengandung kelenjar minyak. Misalnya hidung dan bagian belakang telinga.

2. Jarang keramas ataupun terlalu sering keramas

Ketika kita jarang keramas maka minyak dan sek kulit mati akan menumpuk di kepala. Hal inilah nanti yang akan menyebabkan munculnya ketombe. Sebaliknya terlalu sering keramas juga dapat menimbulkan ketombe. Sebab terlalu sering keramas dapat menghilangkan minyak alami rambut dan menimbulkan iritasi di kulit kepala. Maka dari itu disarankan untuk mencuci rambut tiga hari sekali.

3. Stress

Tidak dipungkiri stress dapat memunculkan gangguan kesehatan. Selain dapat menimbulkan kerontokan stress dapat menyebabkan munculnya ketombe. Maka dari itu kita perlu melakukan relaksasi supaya pikiran kita kembali segar.  Jangan lupa pula untuk memenuhi kebutuhan tidur 8 jam/hari.

4. Jarang menyisir rambut

Malas menyisir rambut juga dapat membuat rambut berketombe. Hal ini karena kotoran dan sel kulit mati menumpuk di kulit kepala. Maka dari itu kita harus menyisir rambut setiap hari. Selain membuat rambut rapi dan lembut, menyisir rambut dapat menghilangkan rambut dari kotoran dan sel kulit mati. 

Cara mengatasi ketombe dengan mudah

Berikut ini adalah cara mengatasi ketombe dengan mudah yang bisa kita lakukan.

1. Menggunakan sampo antiketombe

Rutin menggunakan sampo anti ketombe bisa memudahkan kita untuk mengatasi ketombe. Sebab kandungan sampo anti ketombe diformulasikan dengan bahan yang bisa mengatasi jamur maupun bakteri penyebab ketombe. Selain dapat menghilangkan ketombe juga mampu meredakan rasa gatal yang ditimbulkan oleh ketombe. Selain itu juga kegiatan keramas sendiri dapat membersihkan kulit kepala dari kotoran dan sel kulit mati. Sehingga kulit kepala menjadi bersih.

2. Menggunakan minyak kelapa

Bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi ketombe adalah minyak kelapa. Selain menghilangkan ketombe, minyak kelapa juga dapat melembabkan kulit kepala. Cara menggunakannya cukup mudah. Oleskan minyak secara merata ke kulit kepala, selanjutnya diamkan beberapa saat kemudian bilas hingga bersih.

3. Menggunakan baking soda

Adapun cara kerja baking soda dalam mengatasi ketombe adalah dengan menghilangkan sel-sel kulit mati dan mengurangi minyak berlebih yang ada di kulit kepala. Jika kita ingin menggunakan baking soda sebagai penghilang ketombe caranya juga cukup mudah. Campur baking soda dengan sedikit air lalu usapkan ke seluruh kulit kepala. Diamkan sebentar lalu bilas hingga bersih. 

4.  Menggunakan cuka 

Cuka mengandung enzim yang dapat membunuh jamur dan bakteri. Selain itu juga keasaman cuka apel dapat menghilangkan sumbatan pada pori-pori kulit kepala dan menyeimbangkan Ph-nya. Cara menggunakannya, campur 60 ml cuka sari apel dengan 60 ml air. Lalu usapkan ke kulit kepala diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air.

5. Menggunakan bawang putih

Dibalik baunya yang menyengat ternyata bawang putih bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe. Sebab bawang putin memiliki kandungan anti jamur yang dapat membunuh bakteri ataupun jamur penyebab ketombe. Cara menggunakannya, ambil beberapa siung bawang putih selajutnya memarkan. Tambahkan sedikit air kemudian oleskan ke kulit kepala secara merata. Tunggu sekitar 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

6. Menggunakan garam

Selain digunakan sebagai bumbu dalam masakan, garam juga bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe. Garam berfungsi sebagai eksfoliasi yang mampu mengangkat sel kulit mati. Cara menggunakannya campur garam dengan air selajutnya usapkan ke kulit kepala. Diamkan sebentar, selanjutnya bilas hingga bersih. 

7.  Menggunakan lemon 

Tidak hanya dijadikan minuman yang menyegarkan ternyata lemon juga cukup ampuh untuk mengatasi ketombe. Lemon dapat mengurangi minyak berlebih pada kulit kepala dan dan memperkuat akar rambut. Sehingga lemon bisa digunakan untuk mencegah rambut rontok dan menghilangkan ketombe. Cara menggunakannya juga cukup mudah. Buah lemon diperas airnya. Selanjutnya air perasaan tersebut diusapkan ke kulit kepala. Setelah 15 menit, bersihkan rambut dengan air bersih.

Nah itulah tadi beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi ketombe. Selamat mencoba.


Comments