Monday, October 12, 2020

Manfaat bermain bersama anak

 


Seperti yang kita ketahui bahwa bermain adalah kegiatan yang tidak bisa dipisahkan dari anak. Bagi anak bermain ini adalah tugas utamanya sebab dengan bermain tumbuh kembangnya bisa berjalan dengan optimal. Menurut Profesor Doris Fromberg Direktur Pendidikan Guru Anak Usia Dini di Universitas Hofstra  dalam ceramah Tedx Talk-nya, menjelaskan mengapa permainan merupakan kegiatan penting dari proses belajar untuk anak. Hal ini karena saat anak bermain biasanya seluruh tubuhnya aktif.  Mulai dari berlari, menari, memanjat, bergulir. Semua kegiatan tersebut  membantu perkembangan otot dan membantu menyempurnakan keterampilan motoriknya.

Sebagai orang tua tentu kita akan senang ketika melihat anak tumbuh sehat dan aktif bermain. Karena bermain memiliki banyak manfaat bagi anak maka orang tua perlu mendampingi anak saat bermain. Supaya orang tua lebih bisa memahami sejauh mana tumbuh kembang anak. Nah, berikut ini adalah manfaat bermain bersama anak.

Manfaat bermain bersama anak

1. Mengetahui dan mengembangkan bakat anak

Salah saru cara untuk mengetahui bakat anak adalah dengan bermain bersama. Dari bermain bersama ini kemudian kita ketahui potensi anak. Misalnya jika anak suka bermain masak-masakan berarti anak kemungkinan suka menjadi chef atau misalnya anak suka bermain jual-jualan maka anak kemungkinan suka menjadi pengusaha. Selain itu pula saat bermain kemampuan anak baik dari segi kognitif, motorik, sosial dan juga bahasanya akan berkembang. Jadi bermain memberikan manfaat yang banyak bagi anak. Maka dari itu orang tua perlu mendampingi anak saat bermain.

2. Menjaga anak saat bermain.

Kenapa orang tua perlu menjaga anak saat bermain? Hal ini karena biasanya anak belum memahami mana mainan yang aman untuknya dan yang tidak. Rasa ingin tahu yang besar pada anak mendorongnya untuk mencoba hal baru tanpa tahu resiko yang dialaminya. Maka disinilah peran orang tua dalam mendampingi anak bermain sangat diperlukan. Orang tua mengarahkan pada anak mana permainan yang aman untuknya dan mana yang tidak. Selain itu orang tua juga menunjukkan bagaimana caranya memainkan sebuah permainan permainan tersebut aman dimainkan oleh anak.

3. Membangun ikatan emosional

Ketika orang tua bermain dengan anak maka akan tercipta kedekatan emosional dengan anak. Sebab anak biasanya akan selalu bertanya kepada orang tua tentang permainan yang sedang dilakukan. Di sinilah komunikasi terbangun sehingga kedepannya anak lebih mudah bercerita apa saja kepada orang tuanya. Selain itu juga dengan bermain bersama orang tua akan lebih memahami karakter anak. Hal ini bisa diketahui dari permainan yang disukai dan yang tidak disukai oleh anak.

4. Membuat kita bahagia

Ketika kita bermain bersama anak tentu kita akan merasakan sebuah kebahagiaan. Terkadang saat ada masalah datang lalu kita bermain dengar anak maka masalah yang kita hadapi terasa jadi lebih ringan dan kita juga menjadi lebih tenang dan juga bahagia. Perasaan ini timbul karena saat bermain dengan anak disadari atau tidak hormon oksitosin atau hormon bahagia pada orang tua meningkat. Jadi bermain bersama anak tidak hanya membuat anak senang tetapi orang tua pun ikut merasakan manfaat positifnya.

5. Merupakan kegiatan yang  spesial

Mendampingi anak saat bermain merupakan hal yang spesial. Karena masa kecil anak ini adalah masa pembentukan karakter. Jadi sebagai orang tua melalui kegiatan bermain ini bisa menanamkan karakter yang positif bagi anak. Ada banyak hal baik yang bisa ditanamkan kepada anak melalui kegiatan bermain. Misalnya saja kejujuran dan sportivitas. 

Menyediakan tempat bermain anak bersama GrowFit Playground 

Saat ini sebagai orang tua kita tidak perlu bingung lagi untuk menyediakan wahana bermain untuk anak. Sekarang telah hadir  GrowFit Playground yang merupakan sebuah perusahaan yang menyediakan wahana permainan anak yang bisa dipasang di rumah. Jadi kita tidak perlu mengajak anak keluar rumah untuk menikmati sebuah wahana permainan. 



GrowFit Playground hadir bertujuan untuk menjadikan anak aktif secara fisik dengan cara yang mudah dan menyenangkan. Dengan membuat tempat bermain khusus di rumah maka anak-anak akan tetap aktif secara fisik tanpa perlu meninggalkan rumah. Bahan permainan Growith playground menggunakan cat anti gores yang aman untuk anak karena tidak beracun dan juga plastik serta baja dengan kualitas yang terbaik. Bahan permainan ini mampu menahan beban maksimum hingga 150 kg. Jadi tidak perlu khawatir lagi akan kekuatan dari bahan ini.  


Telah banyak penghargaan yang didapatkan oleh GrowFit Playground mulai dari penghargaan inovasi, desain dan kualitas selama 18 tahun terakhir. Perusahaan GrowFit Playground juga telah mendapatkan sertifikasi TUV NORD. Ini menjadi bukti bahwa produk GrowFit Playground merupakan produk yang paling aman, paling andal dan memiliki kualitas tertinggi.


Untuk area Jabodetabek Produk GrowFit Playground dibanderol dengan harga 12,5 juta. Harga tersebut sudah termasuk biaya pemasangan. Jika berminat untuk memiliki produk tersebut bisa menghubungi no 0 811-186-417 atau juga bisa memesannya melalui marketplace GrowFit Playground di Tokopedia. Mari jadikan kegiatan bermain anak menjadi lebih menyenangkan dan menyehatkan bersama GrowFit Playground.




Previous Post
Next Post

0 Comments: