Laporkan Penyalahgunaan

Popular Posts

Contac Us

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Jumlah Pengunjung

Arsip

Labels List

Kelas Growth Blogger dari Growthing.id

Popular

Rokat Tasek, Kearifan Lokal Masyarakat Pesisir Madura

Setiap daerah memiliki tradisi dan adat tersendiri yang berbeda dengan daerah lainnya. Perbedaan tradisi tersebut salah satunya karena dipengaruhi oleh kondisi geografis. Misalnya di daerah agraris muncul tradisi petik padi. Sedangkan untuk di daerah pesisir muncul tradisi petik laut.

Begitupun dengan daerah tempat tinggal saya yang berada di pesisir pantai utara pulau Madura. Karena mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai nelayan maka lahirlah tradisi petik laut atau dalam bahasa Madura disebut dengan istilah Rokat Tasek. 

Tradisi ini sudah muncul sejak ratusan tahun yang lalu dan hingga kini terus dipertahankan. Hal ini karena dalam tradisi tersebut terdapat nilai-nilai luhur yang dianggap sakral sehingga tradisi tersebut sangat melekat dan sulit untuk tergantikan. 

Rokat Tasek adalah bahasa asli Madura rokat yang berasal dari bahasa Jawa ruwat yang memiliki arti melebur atau membuang. Istilah ruwat sendiri identik dengan lukat yang memiliki arti menghapus, membebaskan dan membersihkan. Sedangkan tasek memiliki arti laut.

Tradisi Rokat Tasek adalah doa dan pengharapan kepada Tuhan agar memberikan keselamatan kepada masyarakat secara umum dan kepada nelayan ketika melaut agar terhindar dari bala/hal-hal yang tidak diinginkan. Rokat Tasek juga merupakan ungkapan syukur kepada Tuhan atas kelimpahan rezeki yang diberikan. 

Dalam pelaksanaannya, Rokat Tasek diadakan sekali dalam setahun. Biasanya Rokat Tasek dilakukan pada bulan Juni atau Juli hal ini karena pada bulan tersebut jumlah ikan melimpah. 

Untuk menyambut acara Rokat Tasek nelayan akan menghias perahu yang mereka miliki. Perahu tersebut dihias dengan bendera dan juga umbul-umbul yang berwarna-warni. Setelah selesai dihias, kapal akan berjejer di pinggir pantai. Selanjutnya di dalam perahu tersebut ditaruh tumpeng, sayuran dan aneka makanan lainnya sebagai simbol yang melambangkan ungkapan terima kasih kepada Tuhan atas rezeki yang diberikan dan juga harapan agar rezekinya semakin bertambah. 

Pagi hari sebelum acara dimulai masyarakat berkumpul di pinggir pantai untuk menyaksikan acara Rokat Tasek. Biasanya acara Rokat Tasek diawali dengan istighosah secara bersama-sama atau tahlilan. Setelah itu dilanjutkan dengan melarungkan tumpeng dan juga makanan lainnya ke laut. 

Tradisi Rokat Tasek tidak hanya sekedar tradisi tetapi merupakan kearifan lokal yang banyak mengandung nilai moral seperti nilai religi, nilai gotong royong, nilai kerukunan, nilai persatuan dan nilai keindahan. Selain itu juga melalui tradisi Rokat Tasek generasi muda dapat belajar tentang adat dan budaya yang ada di daerahnya. 

Bersama IndiHome Kenalkan Budaya Bangsa Agar Mendunia

Tradisi Rokat Tasek adalah salah satu kekayaan alam non benda yang harus kita jaga dan kita lestarikan. Sebab selain mengandung nilai-nilai luhur dalam kehidupan tradisi tersebut juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Sebab tradisi Rokat Tasek bisa di jadikan sebagai daya tarik wisata agar masyarakat luar berkunjung ke daerah tersebut. 

Tetapi sayangnya tradisi Rokat Tasek kalah populer jika dibandingkan dengan tradisi petik padi. Padahal negara kita memiliki panjang pantai sekitar 99.083 km dan merupakan negara kedua yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia.  

Melihat hal tersebut saya berkeinginan untuk memperkenalkan salah satu kearifan lokal daerah saya yaitu Rokat Tasek agar semakin dikenal oleh masyarakat luas. Lalu bagaimana caranya untuk memperkenalkan budaya tersebut? Karena sekarang adalah dunia digital maka saya akan mengenalkan budaya tersebut melalui media digital. Karena cara tersebut lebih efektif, biayanya murah dan jangkauannya luas, tidak hanya antar pulau tetapi juga antar negara bahkan antar benua. 

Ketika kita ingin melakukan kegiatan promosi tentunya kita akan memilih jaringan internet yang lancar. Begitupun dengan saya, agar kegiatan memperkenalkan budaya Rokat Tasek ini lancar maka saya memilih jaringan IndiHome. Sebab jaringan IndiHome ini cukup stabil meskipun saya tinggal di desa. Jadi saya gak perlu pergi ke tempat yang tinggi untuk menemukan sinyal. Cukup dari rumah bisa melakukan kegiatan posting tanpa perlu pusing mikirin jaringan yang lelet. 

IndiHome adalah singkatan dari Indonesia Digital Home yang merupakan salah satu produk dari PT Telkom Indonesia. IndiHome memberikan layanan internet, layanan telepon dan layanan tayangan TV. Karena memberikan 3 layanan maka Telkom memberikan label IndiHome sebagai tiga layanan dalam satu paket (3-in-1). 

Hadirnya IndiHome dengan tiga layanan dalam satu paket juga menjadi bukti bahwa Telkom Group terus berupaya untuk meningkatkan kualitas dan layanan bagi masyarakat dalam berkomunikasi dan berselancar di dunia maya

Alasan memilih jaringan IndiHome

Selain jaringan yang stabil ada beberapa alasan lain kenapa saya memilih IndiHome. Berikut ini adalah alasannya;

1. Internet Unlimited tanpa ada batasan kuota

Seringkali ketika menggunakan internet kita khawatir akan biaya kuota yang membengkak. Tetapi dengan menggunakan IndiHome kita bisa menggunakan internet sepuasnya tanpa perlu khawatir tentang biaya kuota. 

2. Modem bisa digunakan untuk wifi

Ini merupakan hal yang sangat menyenangkan, sebab cukup pasang modem IndiHome. Semua anggota keluarga bisa ikut menggunakan jaringan internet tersebut. Jadi menurut saya lebih hemat dan juga praktis. 

3. Menyediakan Banyak Pilihan Paket Berlangganan

Banyaknya pilihan paket berlangganan memudahkan kita untuk memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan dan juga dana yang dimiliki. Untuk harganya pun bervariasi mulai dari 200 ribuan perbulan. Menurut saya ini merupakan harga yang cukup terjangkau dan sangat cocok digunakan untuk internet skala rumah tangga. 

4. Membayar Biaya Tagihan Mudah

Membayar biaya tagihan IndiHome sangat mudah karena IndiHome memberikan banyak pilihan seperti mendatangi kantor IndiHome, Indomaret, Alfamart, Tokopedia, Shopee, E-wallet, ATM dan juga mobile banking. Tentu saja ingin sangat memudahkan sekali bagi kita yang tidak punya banyak waktu luang. Untuk menghemat waktu bisa memilih membayar tagihan melalui mobil banking atau E-wallet. Jadi kita tidak perlu keluar rumah untuk melakukan pembayaran biaya tagihan. 

Nah itulah tadi beberapa beberapa alasan kenapa memilih IndiHome. IndiHome adalah internetnya Indonesia dengan jaringan stabil yang membuat kita nyaman, dan sangat memudahkan kita untuk berbagi cerita ke berbagai belahan dunia. 

Related Posts

Posting Komentar