Laporkan Penyalahgunaan

Popular Posts

Contac Us

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Jumlah Pengunjung

Arsip

Labels List

Kelas Growth Blogger dari Growthing.id

Popular

Resep Ayam Goreng Mentega

Salah satu produk hewani yang mudah didapat adalah ayam. Ayam memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk tubuh. Daging ayam kaya akan kandungan protein (mineral penting bagi tubuh) yang berfungi untuk menjaga sistem metabolisme tubuh,  menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan kekuatan tulang. Selain itu protein juga sangat bagus untuk meningkatkan sistem imun tubuh. 

Ayam bisa diolah menjadi berbagai masakan yang enak dan istimewa. Mulai Mulai dari masakan berkuah,  dibakar hingga digoreng. Untuk masakan ayam goreng selain digoreng dengan bumbu sederhana ayam juga bisa digoreng dengan balutan tepung yang biasa disebut dengan ayam crispy.

Olahan daging ayam sangat cocok digunakan untuk menu harian,  mulai dari sarapan, makan siang dan juga makan malam.  Tetapi  jika kalian bosan dengan masakan ayam yang biasa-biasa saja kalian bisa mengolah ayam menjadi menu spesial lainnya. Misalnya ayam goreng mentega atau ayam kecap.

Agar masakan daging ayam kita memiliki cita rasa lezat yang maksimal kita perlu mengetahui cara memasak ayam dengan baik dan benar. Hal terpenting untuk mendapatkan hasil olahan menu ayam yang lezat dan nikmat terletak pada pemilihan daging ayam. Pilihlah daging ayam segar terlebih dahulu. Daging ayam muda rasanya enak dan tekstur dagingnya tidak terlalu kasar. Selanjutnya jangan menyimpan ayam di lemari es terlalu lama. Paling lambat dua hari. Jika terlalu lama disimpan dikulkas dapat merusak kesegaran ayam dan menurunkan kualitas daging ayam. 

Ayam goreng mentega adalah salah satu hidangan Indonesia. Makanan ini dapat ditemukan dibanyak restoran. Selain mempunyai rasa yang enak, untuk membuat ayam goreng mentega juga cukup mudah, karena bahan-bahan yang gunakan sangat mudah ditemukan baik di pasar tradisional ataupun swalayan.

Sesuai dengan namanya ayam goreng mentega tentu saja salah satu bahan yang digunakan adalah mentega. Untuk membuat ayam goreng mentega biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan ayam goreng biasa. Hal ini karena ayamnya harus terlebih dahulu dimarinasi.  Ketika dimarinasi ini ayam akan didiamkan dalam waktu yang cukup lama sekitar 15-20 menit, tujuannya agar bumbu-bumbu meresap hingga ke dalam dagingnya. Jadi sebelum dioven atau digoreng daging ayam terlebih dahulu direndam dengan rempah-rempah yang  terdiri dari bawang putih, kecap asin, dan merica.

Penasaran dengan cara membuatnya? Yuk simak berikut ini adalah resep ayam goreng mentega

Pertama yang kita lakukan adalah menyiapkan bahan saus untuk marinasi, adapun bahan yang dibutuhkan untuk membuat sausnya adalah sebagai berikut;


1. 3 sdt bawang putih bubuk

2. 5 sdm kecap asin

3. 1 sdt merica


Bahan

500 gr dada/paha ayam

1 bawang putih, potong tipis

1 bawang bombay, potong tipis

4 sdm mentega

1 sdt merica

2 sdm kecap inggris

4 sdm kecap manis

1 buah jeruk nipis/limau

Cara Membuat

1. Marinasi daging ayam dengan saus marinasi yang sebelumnya sudah kita buat lalu diamkan selama 15-20 menit

2. Taruh ayam di loyang, kemudian tuang sisa saus marinasi ke atas daging ayam dan beri 4 sdm minyak ke dalam loyangnya agar daging ayamnya tidak lengket. Setelah itu masukkan dalam oven selama 20-25 menit dengan suhu 175°C hingga ayam berwarna agak kecoklatan.

3. Setelah matang keluarkan ayam dari oven kemudian digoreng sampai matang

 4. Tumis bawang bombay dan bawang putih kemudian tambahkan  4 sdm mentega kemudain tumis sampai wangi.

5. Selanjutnya masukkan merica, kecap inggris, dan kecap manis lalu aduk hingga rata.

6. Setelah semua bumbu tercampur kemudian masukkan ayam goreng, lalu siram-siram dengan bumbunya sehingga bumbunya meresap ke dalam ayamnya. Matikan api jika bumbunya sudah mendidih dan agak mengental, selanjutnya tes rasanya, pastikan rasanya sudah enak.

7. Terakhir taruh di atas piring kemudian sajikan ayam goreng mentega dengan jeruk nipis/limau dan nasi hangat.

Memang dibandingkan dengan ayam goreng biasa membuat ayam goreng mentega membutuhkan waktu yang lebih lama. Tetapi hal ini sebanding dengan kualitas rasa yang dihasilkan. Rasa gurih dan lezat dari ayam goreng mentega membuat siapa saja menyukainya dan agar semakin enak kita bisa menambahkan  perasan jeruk lemon pedas atau sambal sayur yang diisi kecap manis. 

Setelah mencoba olahan ayam goreng mentega, kalian juga bisa mencoba resep ayam kecap. Untuk membuat ayam kecap cara dan bumbunya juga cukup mudah dan rasanya juga tak kalah nikmat.  



Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar