Laporkan Penyalahgunaan

Popular Posts

Contac Us

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Jumlah Pengunjung

Arsip

Labels List

Kelas Growth Blogger dari Growthing.id

Popular

Tips Memilih Cream Penghilang Flek Hitam Terbaik

Ada banyak masalah kulit wajah, salah satunya adalah flek hitam. Flek hitam meskipun tidak menimbulkan rasa sakit tetapi hal ini dapat menganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Sehingga orang melakukan beragam cara untuk menghilangkannya. Mulai dari cara alami hingga menggunakan cream penghilang flek hitam terbaik

Flek hitam muncul karena terjadi penumpukan melanin di area wajah tertentu. Bukan hanya perempuan saja yang menderita flek hitam tetapi pria juga bisa mengalami flek hitam. 

Penyebab munculnya flek hitam

Selain karena terkena paparan sinar matahari, ada banyak faktor penyebab munculnya flek hitam. Nah berikut ini ada beberapa faktor yang menyebabkan timbulnya flek hitam: 

1. Genetika

Flek di wajah bisa bersifat genetik atau disebabkan oleh faktor genetik. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa faktor genetik berperan dalam munculnya bintik hitam pada kulit. Jadi, kalau kita memiliki flek hitam ada baiknya kita melihat ke keluarga kita. Bisa jadi orang tua atau kakek-nenek kita memiliki flek hitam dikulitnya yang kemudian diturunkan ke kita. 

2. Terkena paparan sinar matahari

Melakukan aktivitas di luar ruangan tanpa sunscreen atau tabir surya membuat kulit wajah kita rentan terhadap munculnya flek hitam. Selain itu pula paparan sinar matahari yang terlalu lama juga dapat merusak kolagen pada kulit yang dapat memicu munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan.

3. Perubahan hormonal

Pada wanita perubahan hormon biasanya terjadi saat menstruasi atau hamil. Karena pada saat ini terjadi peningkatan hormon estrogen yang mempengaruhi produksi melanin pada kulit sehingga menimbulkan bintik hitam pada kulit.

4. Pertambahan usia

Elastisitas kulit dapat menurun seiring bertambahnya usia. Ini karena berkurangnya produksi protein kolagen di kulit. Elastisitas kulit yang menurun juga diduga menjadi penyebab kulit gelap.

Salah satu cara yang banyak dilakukan orang untuk menghilangkan flek hitam adalah dengan menggunakan cream penghilang flek hitam. Namun sebelum memutuskan membeli cream penghilang flek ada baiknya kita mengetahui cara untuk memilih cream penghilang flek terbaik agar kita mendapatkan produk dengan kualitas terbaik. 

Cara memilih cream penghilang flek hitam terbaik

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kita lakukan sebelum memutuskan membeli cream penghilang flek;

1. Periksa komposisi bahan aktif pada kemasan produk

Krim yang diformulasikan khusus untuk membantu mengatasi flek hitam mengandung berbagai macam kandungan bahan. Setiap kandungan bahan dapat memberikan efek yang berbeda. Maka dari itu kita harus mengetahui bahan aktif dalam setiap krim. Berikut ini contoh kandungan bahannya: 

  • Asam Traneksamat

Bahan aktif ini berasal dari asam amino sintetis yang dapat memberikan manfaat anti penuaan pada kulit. Zat ini juga dapat menghambat pembentukan melanosit untuk mencegah terbentuknya bintik hitam. 

  • Arbutin

Arbutin adalah bahan yang biasa ditemukan dalam krim penghilang flek hitam. Zat ini didapat dari buah lingonberry. Arbutin juga dapat mencegah bintik hitam dengan menghambat aktivitas enzim tirosinase yang terlibat dalam produksi melanin.

  • Turunan vitamin C

Sifat antioksidan vitamin C dapat mengencangkan kulit melawan efek penuaan dan merawat kulit berjerawat. Turunan vitamin C adalah salah satu bahan yang sangat dianjurkan bagi siapa saja yang ingin mengatasi flek hitam. Maka carilah krim yang mengandung bahan-bahan tersebut untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

  • Ekstrak plasenta

Ini adalah komponen yang diperoleh dari ekstraksi plasenta hewan. Bahan ini dikenal karena kemampuannya untuk merangsang produksi sel-sel kulit baru. Selain itu ekstrak plasenta tentunya dapat mencegah produksi melanin yang berlebihan sehingga banyak digunakan oleh produsen dalam formulasi krim yang bertujuan untuk menghilangkan flek hitam.

2. Pilih yang aman dan mengandung pelembap

Produk yang telah tersertifikasi aman oleh instansi pemerintah tentunya akan memberikan kenyamanan saat kita menggunakannya. Selain itu penting juga untuk memperhatikan kandungan pelembab dari krim yang ingin itu beli. Adanya pelembab dapat meningkatkan efektivitas krim dimana dapat melindungi kulit dari sinar UV yang menyebabkan lebih banyak bintik hitam.

3. Cek keamanan produk

Semua produk perawatan kulit yang beredar di Indonesia harus memiliki izin edar yang dikeluarkan oleh BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Namun ini tidak berarti bahwa produk tanpa sertifikasi BPOM tidak direkomendasikan karena beberapa produk diimpor. Jadi sebelum menggunakannya kita harus memastikan bahwa produk tersebut telah diuji keamanannya oleh badan pengawas di negara asal produk tersebut dibuat. 

4. Pilih yang sesuai dengan jenis kulit

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, langkah selanjutnya adalah memilih cream yang sesuai dengan jenis kulit. Kalau kita memiliki kulit yang sensitif kita harus hati-hati dan teliti dalam memilih produk sebab jika salah pilih dapat menimbulkan iritasi. 

Selanjutnya, jika kita memiliki kulit kering dan berminyak, maka pilihlah produk yang memiliki  kandungan hyluronic. Kandungan ini berfungsi untuk membantu proses perawatan bagi kulit berminyak. 

Kesimpulan

Umumnya, flek hitam tidak berbahaya sehingga tidak membutuhkan penanganan yang khusus. Meskipun demikian dalam memilih cream penghilang flek hitam haruslah tetap hati-hati dan teliti supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Salah dalam memilih produk bisa-bisa menyebabkan kulit wajah jadi iritasi sehingga berpotensi flek hitam semakin parah. 

Nah, untuk mendapatkan cream penghilang flek hitam terbaik kalian bisa mengunjungi website ceklist.id. Yuk, segera temukan cream penghilang flek terbaik untuk kulit wajah kalian. 


Related Posts

Posting Komentar