Laporkan Penyalahgunaan

Popular Posts

Contac Us

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Jumlah Pengunjung

Arsip

Labels List

Kelas Growth Blogger dari Growthing.id

Popular

Cara Mengatasi Sunburn Dengan Mudah

Beraktivitas diluar rumah dengan durasi yang cukup lama dapat menimbulkan surburn. Hal ini terjadi karena matahari mengandung sinar ultraviolet atau UV. Paparan sinar UV yang berlebihan bisa berdampak buruk untuk kulit kita. Tidak hanya menganggu penampilan sunburn juga menimbulkan rasa sakit. Maka dari itu kita harus mengetahui cara mengatasi surburn

Sunburn biasanya muncul pada area yang tidak tertutup baju. Meskipun demikian menurut Mayo Clinic area tubuh yang tertutup juga bisa mengalami sunburn. Misalnya saja ketika kita menggunakan pakaian yang tipis dan longgar yang memungkinkan sinar UV masuk. 

Gejala Sunburn

Berikut ini adalah beberapa gejala yang muncul jika kita mengalami sunburn;

  • Saat disentuh kulit terasa panas dan perih
  • Kulit akan berwarna kemerahan, melepuh dan mengelupas
  • Kulit menjadi bengkak
  • Mata terasa pedih/berair
  • Kulit terasa nyeri dan gatal

Cara Mudah Mengatasi Sunburn

Cara untuk mengatasi sunburn adalah dengan melakukan perawatan kulit secara rutin. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi sunburn;

Kompres dengan air dingin

Sunburn atau sengatan matahari pada dasarnya adalah peradangan pada kulit. Salah satu cara untuk meredakan area kulit yang terbakar matahari adalah dengan mengompresnya menggunakan air dingin. 

Untuk mengompres kulit yang terbakar matahari caranya menggunakan kain yang dicelupkan ke dalam air dingin atau es. Perlu diingat jika kita menggunakan es batu jangan gunakan langsung es batu tersebut tapi bungkuslah es tersebut menggunakan kain baru dioleskan ke kulit yang mengalami iritasi. Sebab jika kita meletakkan es batu langsung di kulit makan akan berisiko mengalami radang dingin. 

Selain menggunakan kompres dingin kita juga bisa mandi air dingin untuk menyegarkan area yang terbakar matahari. Hindari penggunaan produk sabun dengan bahan kimia yang keras untuk mencegah iritasi kulit yang semakin parah.

Perbanyak konsumsi air putih

Kita harus meningkatkan konsumsi air putih saat kulit terkena sinar matahari. Terlalu banyak paparan sinar matahari dapat membakar kulit. Kondisi ini menyebabkan tubuh kehilangan beberapa cairan. 

Selain itu saat terkena sinar matahari cairan tubuh tertarik ke permukaan kulit dan akhirnya menguap. Ini juga meningkatkan risiko dehidrasi.Dehidrasi dapat menyebabkan kulit terasa kering yang dapat menyebabkan kulit terbakar atau gatal. Oleh karena itu penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Selain tubuh terhidrasi dengan baik kondisi kulit juga akan membaik.

Menggunakan lidah buaya

Menggunakan lidah buaya juga menjadi pilihan untuk merawat kulit yang rusak akibat sinar matahari termasuk wajah. Caranya adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya segar langsung dari tanamannya ke area kulit yang terpapar sinar matahari.

Lidah buaya bisa digunakan untuk mengatasi sunburn karena lidah buaya memiliki efek menenangkan pada kulit yang meradang dan dapat membantu menyembuhkan luka bakar ringan. Jika tidak memiliki tanaman lidah buaya kita juga bisa mengoleskan produk gel lidah buaya yang dijual bebas ke wajah dan tubuh yang mengalami sunburn. 

Jangan lupa untuk mencuci dulu lidah buaya sebelum digunakan dan untuk hasil maksimal lidah buaya bisa disimpan dahulu di dalam kulkas sebelum digunakan. 

Kompres dengan menggunakan masker mentimun

Mentimun tidak hanya membuat kulit cerah dan segar tetapi juga membantu merawat kulit yang terbakar sinar matahari. Mentimun mengandung antioksidan alami dan sifat pereda nyeri yang baik untuk kulit.

Ada banyak cara untuk menggunakan mentimun sebagai obat. Kita bisa menumbuk mentimun atau memotong mentimun menjadi irisan tipis. Kemudian dioleskan ke kulit yang terbakar. Biarkan selama beberapa menit dan ulangi prosesnya sampai kulit yang terbakar sembuh kembali.

Gunakan krim pelembab

Biasanya kulit yang terbakar matahari akan disertai dengan pengelupasan. Untuk mengatasi hal ini kita bisa menggunakan krim pelembab karena dapat mempermudah proses pengelupasan dan dapat mengurangi rasa perih. 

Lakukan perlindungan lanjutan

Saat kita harus melakukan aktivitas di bawah sinar matahari gunakan pakaian yang nyaman dan menutupi kulit sepenuhnya. Juga gunakan kacamata hitam dengan perlindungan UV. Selalu gunakan tabir surya atau krim yang sesuai dengan kulit kita, minimal SPF 30 terutama pada bagian tubuh yang mudah terkena sinar matahari. Ulangi setiap 2 jam jika kita mudah berkeringat atau saat berenang. 

Kesimpulan

Sebenarnya sinar matahari baik untuk kesehatan karena bisa merangsang pembentukan vitamin D. Tetapi disisi lain, paparan sinar UV yang berlebihan dapat berdampak buruk pada kulit sebab dapat menyebabkan sunburn. Maka untuk mencegah terjadinya sunburn lakukan cara-cara diatas tadi. 

Selain menyebabkan sunburn paparan terlalu lama sinar matahari juga bisa menyebabkan kulit berwarna gelap. Meskipun terlindung ketiak juga memiliki potensi menjadi gelap. Hal ini bisa saja terjadi jika kita menggunakan baju yang longgar atau tipis, selain itu iritasi juga bisa menyebabkan ketiak berwarna gelap. Untuk mengatasinya kita bisa menggunakan Dove Deodorant Dry Serum Collagen + Vitamin B3. Sebab deodoran ini dapat membantu regenerasi sel kulit hingga 20 lapisan. Selain itu juga mengandung 10x Collagen Booster dan Vitamin B3 yang telah teruji secara klinis dapat menghilangkan noda gelap pada kulit ketiak. 

Related Posts

Posting Komentar