Laporkan Penyalahgunaan

Popular Posts

Contac Us

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Jumlah Pengunjung

Arsip

Labels List

Kelas Growth Blogger dari Growthing.id

Popular

Tips Menjaga Kesehatan Mata

"Mata adalah permata tubuh." - Henry David Thoreau

Kiranya kalimat ini benar adanya, mata adalah anugerah yang harus kita syukuri dan juga harus kita jaga. Dengan mata kita bisa melihat keindahan dunia, bahkan dengan mata juga kita bisa membaca suasana yang tak terucap oleh kata-kata. 

Maka hendaknya kita harus menjaga dengan sebaik-baiknya. Bukankah lebih baik mencegah dari pada mengobati. Jadi sedini mungkin kesehatan mata haruslah kita rawat dan kita perhatikan. 

Sedikit berbagi cerita tentang pengalaman saya ketika mengalami sakit mata. Duh sungguh tersiksanya. Mata merah, pedih, berair, penuh dengan belekan, dan sakit jika terkena cahaya. Belum lagi saat bangun tidur mata lengket sulit dibuka. 

Bahkan saya harus menggunakan air panas untuk membukanya. Saya basuh pelan-pelan mata saya dengan air hangat kemudian perlahan-lahan kelompok mata saya buka. Tentu saja saya juga harus berjuang menahan sakit saat membukanya karena meskipun sudah dibasuh dengan air hangat bukan berarti kelompok mata bisa dengan mudah dibuka. 

Beneran deh sakit mata benar-benar menganggu aktivitas. Mau keluar rumah mata sakit saat kena cahaya, mau baca juga susah karena mata terasa pedih dan perih. Belum lagi rasa gatal yang ditimbulkan rasanya pengen digaruk sekeras-kerasnya. Tapi itu gak boleh dilakukan karena akan mempertahankan sakit mata. 

Nah sakit mata yang demikian memberikan gambaran kepada kita betapa berharganya nikmat mata ini. Jadi mulai sekarang menjaga kesehatan mata juga harus kita prioritaskan. Karena kesehatan mata juga berpengaruh terhadap produktivitas kerja kita. 

Mengenal jenis-jenis penyakit mata

Untuk lebih menambah wawasan kita, berikut ini adalah beberapa jenis sakit mata;

1. Katarak

Pengidap katarak penglihatannya akan tampak kabur hal ini karena lensa mata yang biasanya jernih jadi keruh. Mereka biasanya akan kesulitan melihat saat malam hari dan sensitif dengan sinar. Banyak faktor yang menyebabkan munculnya penyakit katarak, selain faktor umur penyakit diabetes juga bisa menyebabkan munculnya katarak. 

 2. Glaukoma

Salah satu penyakit mata yang cukup ditakuti adalah Glaukoma. Glaukoma merupakan penyakit mata yang terjadi karena tingginya tekanan bola mata sehingga menyebabkan rusaknya saraf optik. 

3. Hipermetropia (rabun dekat) 

Hipermetropia atau rabun dekat adalah kelainan refraksi dengan gejala yang sama dengan presbiopia atau mata tua. Pasien memiliki keluhan yang sama yaitu kesulitan melihat objek yang dekat. Tetapi terdapat perbedaan pada dua kelainan ini. Jika hipermetropia adalah kelainan pada bentuk kornea atau lensa mata yang tidak normal sehingga cahaya yang masuk fokusnya berada di depan retina. Sedangkan presbiopia merupakan gangguan refraksi yang disebabkan oleh pengerasan otot di sekitar lensa mata akibat penuaan.

4. Rabun Jauh (Myopia)

Penyakit rabun jauh bisa dialami oleh usia tua dan juga usia muda. Rabun jauh merupakan gangguan penglihatan yang terjadi karena fokus cahaya jatuh dibelakang retina. 

5. Silinder

Kelainan ini menyebabkan penglihatan menjadi kabur karena bentuk kornea tidak cembung sempurna. 

6. Mata Tua (Presbiopi)

Mata tua dipengaruhi oleh faktor usia. Sebab dengan bertambahnya usia saya akomodasi pada penglihatan dapat berkurang. Biasanya penyakit ini mulai muncul pada usia 44-46 tahun. Pada usia tersebut kemampuan membaca huruf kecil akan berkurang. 

Itulah tadi beberapa jenis sakit mata, dimana sakit mata tersebut bisa berpotensi menimbulkan kebutaan. Melihat ada banyak jenis penyakit mata. Maka kita harus menjaga kesehatan mata selayaknya menjaga kesehatan organ tubuh lainnya. 

Oya saya juga akan berbagi cerita mengenai cara yang saya lakukan untuk mengatasi sakit mata. Jadi ketika kita sudah mengalami gejala sakit mata segera hubungi dokter mata ya. Karena pengalaman saya dulu, ketika saya sakit mata dan tidak segera menghubungi dokter mata tapi saya coba obati sendiri dengan membasuhnya dengan air hangat malah membuat saya sakit mata makin parah. 

Hal ini terbukti dengan makin banyaknya belekan yang keluar dari mata dan mata yang semakin perih. Karena sudah tidak tahan akhirnya saya segera mengunjungi dokter mata. Setelah diperiksa saya hasilnya mata saya terkena infeksi debu. Dan karena diobati oleh ahlinya maka tidak butuh waktu lama penyakit mata yang saya alami segera sembuh. 

Selain sakit mata karena infeksi debu salah satu penyakit mata yang saya alami hingga saat ini adalah rabun jauh. Untuk gejala yang saya alami ketika saya mengalami rabun jauh adalah saya tidak bisa melihat jelas benda-benda dalam jarak jauh. Setelah diperiksa akhirnya saya dinyatakan mengalami minus 2,75 untuk mata kiri dan 2,5 untuk mata kanan. 

Menurut saya rabun jauh yang saya alami ini bukan karena keturunan ataupun karena usia sebab orang tua saya tidak ada yang mengalami rabun jauh dan ketika mengalami rabun jauh ini di usia 28 tahun. Bisa jadi rabun jauh yang saya alami adalah karena kebiasaan saya yang sering membaca dalam posisi tidur. Maklum hobby saya memang membaca jadi seringkali saya membaca buku hingga berjam-jam sampai ketiduran. Selain itu juga karena saya membaca dikamar yang kurang pencahayaan. 

Jadi disini saya akan berbagi tips agar kita bisa sakit mata. 

Tips menjaga kesehatan mata

1. Lakukan pemeriksaan mata secara rutin

Pemeriksaan mata secara rutin penting untuk dilakukan untuk perawatan dan juga pencegahan penyakit mata secara dini. Misalnya untuk mencegah penyakit kata karena bertambahnya usia seperti katarak dan glaukoma. Umumnya kita disarankan untuk memeriksa mata minimal 2 kali dalam setahun. Dan untuk usia 40 tahun ke atas disarankan 1 kali dalam setahun.  

2. Mengkonsumsi makanan yang sehat

Beberapa jenis makanan yang memiliki peranan penting untuk menjaga kesehatan mata adalah makanan yang kaya kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E, lutein, selenium, dan asam lemak omega-3. Di ketahui kandungan-kandungan nutrisi tersebut dapat mencegah munculnya penyakit mata karena pertambahan usia misalnya katarak. 

3. Hindari menggunakan smartphone terlalu lama

Jika kita terlalu lama menatap layar smartphone, maka mata bisa lelah. Mata lelah ini memiliki gejala sakit kepala, nyeri leher, bahu dan punggung, mata kering, dan pandangan mata menjadi kabur. Untuk menghindari mata lelah maka kita bisa mengalihkan pandangan selama 20 detik setiap 20 menit. Selain itu kita juga bisa mengistirahatkan mata selama 15 menit setiap 2 jam sekali. 

4. Hindari paparan sinar ultraviolet

Sinar ultraviolet ternyata tidak hanya menimbulkan masalah kulit. Tetap juga dapat menyebabkan kerusakan pada mata. Paparan berlebihan sinar ultraviolet pada mata dapat menyebabkan katarak, degenerasi makula, kornea terbakar, dan bahkan kanker mata. Maka dari itu ketika keluar rumah hendaknya kita menggunakan kacamata hitam yang dapat melindungi mata dari paparan sinar ultraviolet. 

5. Menghentikan kebiasaan merokok

Merokok dapat menyebabkan berbagai macam penyakit mata seperti mata kering, penyakit katarak, degenerasi makula, meningkatkan risiko retinopati diabetik, dan kerusakan saraf optik yang dapat menyebabkan kebutaan serta dapat merusak retina mata. Maka demi menjaga kesehatan mata alangkah baiknya jika kita menghentikan kebiasaa merokok. 

6. Olaraga rutin

Cara selanjutnya untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa olahraga rutin dapat mengurangi risiko munculnya penyakit mata, tidak hanya itu olahraga juga dapat menurunkan risiko kehilangan penglihatan karena berbagai macam penyakit seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan kadar kolesterol yang tinggi.

Namun jika kalian saat ini sudah mengalami sakit mata kalian tidak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak teknologi canggih yang digunakan untuk mengatasi sakit mata misalnya saja dengan operasi lasik. Kalian bisa melakukan operasi lasik di National Lasik Center (NLC). 

Mengenal lebih dekat National Lasik Center (NLC)

National Lasik Center (NLC) merupakan pusat bedah refraksi laser ( Pusat Lasik).  NLC berkomitmen untuk memberikan pelayanan lasik terbaik. Hal ini dibuktikan dengan menghadirkan dokter spesialis mata ahli dibidang operasi bedah refraksi. Selain itu juga NLC menggunakan teknologi modern

Sumber gambar:  https://nationallasikcenter.id/

Nah, berikut ini alasan kenapa kalian harus memilih NLC jika ingin melakukan operasi lasik

1. NLC diawasi oleh spesialis dokter mata

Diawasi oleh lebih dari 40 dokter spesialis mata serta sub spesialis mata.  Mereka bukan hanya spesialis mata biasa sebab dokter NLC selalu belajar dan mau mengajarkan ilmunya.

2. Menggunakan Generasi Baru 

Yakni dengan menggunakan Laser Mata oleh ZEISS. Selain Laser Vision Correction (SMILE, FemtoLasik dan PRK tersedia juga Phakik IOL & RLE. 

3. Dokter spesialis mata yang berpengalaman

NLC memiliki dokter spesialis mata yang berpengalaman dan berkompetensi. Dokter yang praktek sudah mendapatkan sertifikat dari Jerman. 

4. Memberikan layanan terbaik

Memastikan pasien mendapatkan pengalaman yang terbaik. Sehingga keinginan pasien untuk terbebas dari kacamata bisa terwujud. 

5. Tersedia di berbagai daerah

Untuk memudahkan perawatan dan pengobatan sakit mata, kita bisa memilih lokasi NLC sesuai dengan tempat tinggal kita.

Kesimpulan

Nah jika kalian memiliki kelurahan terkait sakit mata, yuk jangan ditunda! Segera periksa ke dokter mata untuk menemukan perawatan terbaik bagi gejala penyakit mata yang kalian alami. 

Jangan lupa ya untuk terus memprioritaskan kesehatan mata, karena mata adalah jendela dunia. 


Related Posts

Posting Komentar