Tips Mudah membuat MPASI


Bagi ibu yang bekerja diluar, kegiatan menyiapkan makanan pendamping ASI adalah kegiatan yang tidak mudah dilakukan. Karena mereka juga harus diburu waktu berangkat ke kantor. Sehingga kegiatan membuat MPASI terkadang tidak sempat dilakukan. Beberapa ibu kemudian memilih untuk membeli cateringan MPASI. Hal ini memang jauh lebih mudah dan praktis karena bisa menghemat waktu dan juga tenaga.

Namun disisi lain kita tidak bisa memilih sendiri kualitas dari bahan yang digunakan. Oleh karenanya ada sebagian ibu-ibu yang tetap membuat MPASI ditengah-tengah kesibukan mereka. Banyak keuntungan yang bisa diperoleh jika kita membuat MPASI sendiri. Pertama, kita bisa memilih sendiri kualitas bahannya. Kedua, kita bisa menjaga higienitas dalam proses pembuatannya.

Nah berikut ini adalah cara mudah membuat MPASI.

1. Dengan cara ditim
Cara pembuatannya, pertama cuci bersih beras setelah itu sisihkan. Selanjutnya kupas wortel cuci kemudian potong-potong kecil. Setelah itu masukkan wortel dan beras ke dalam panci tim. Kemudian tambahkan air kaldu yang sebelumnya telah diberi bumbu. Bumbu yang dipakai untuk membuat air kaldu adalah bawang merah, bawang putih dan sedikit garam. Tambahkan air kaldu agak  banyak, hal ini supaya nasi yang dihasilkan lembek. Tambahkan sedikit garam lalu tim beras tersebut kurang lebih 45 menit. Saat mau diberikan jika kurang lembek harap dihaluskan kembali dengan menggunakan sendok.

2. Dengan cara diblender
Untuk hal ini kita tidak perlu memasak secara khusus yang terpenting kita memiliki kuah sayur untuk nanti dicampurkan dengan nasi. Cara membuatnya cukup mudah nasi dan sayur dicampur kemudian dimasukkan ke dalam blender selanjutnya diblender hingga halus. Perlu diperhatikan juga sayur yang digunakan adalah sayur sup. Jangan gunakan sayur yang bersantan.

Dalam membuat MPASI bahan makanan yang digunakan harus mengandung karbohidrat dan juga lemak sebagai sumber energi. Selain itu juga harus mengandung protein hewani. Protein hewani ini berguna untuk pertumbuhan otot, organ dan juga membentuk sistem kekebalan tubuh. Dengan asupan protein yang bagus maka anak akan tumbuh sehat dan cerdas.

Perlu diperhatikan juga bahan untuk membuat MPASI, jangan gunakan kentang, jagung ataupun ubi jalar.  Karena kentang dan ubi mengandung serat cukup banyak. Sedangkan bayi hanya membutuhkan 5 gram serat perharinya. Jika terlalu banyak maka akan menyebabkan sembelit.

Sumber gambar : Pixabay.com

Comments