Mari Rencanakan Biaya Pendidikan Anak Bersama Asuransi Pendidikan Dari Sequis




          Sumber gambar : Pixabay.com

Kehadiran seorang anak dalam sebuah keluarga adalah anugerah yang tidak ternilai harganya. Sebagai orang tua tentu harus bisa memberikan yang terbaik bagi anaknya. Mulai dari kasih sayang, perhatian, perlindungan dan juga pendidikan. Karena anak tidak hanya tumpuan harapan keluarga namun juga tumpuan harapan dari sebuah bangsa. Selain itu salah satu indikator keberhasilan sebuah keluarga dilihat dari keberhasilannya dalam memberikan pendidikan bagi anaknya. Maka, orang tua harus merencanakan biaya pendidikan anak sebaik mungkin demi masa depannya. 

Di zaman sekarang, semakin hari biaya pendidikan semakin meningkat. Ibarat kata semakin banyak anak semakin banyak juga biaya pengeluaran keluarga. Hal ini memang tidak bisa dipungkiri. Semua kebutuhan di setiap sendi kehidupan seiring waktu perlahan-lahan semakin naik. Menambah anggota keluarga sama juga dengan menambah biaya pengeluaran. Mulai dari kebutuhan makan dan juga pendidikan semuanya akan bertambah. 

Di masa depan kita tidak pernah mengetahui tentang perubahan ekonomi yang ada dalam keluarga kita. Mungkin saja saat ini ekonomi kita cukup tinggi dan stabil sehingga bisa membiayai semua kebutuhan keluarga termasuk membiayai biaya pendidikan anak. Tetapi bisa saja nanti ekonomi kita mengalami kemunduran. Bisa karena adanya inflasi yang semakin tinggi, masalah dalam pekerjaan, sakit hingga hal buruk terjadi dalam kehidupan.

Dilansir dari HSBC Global Resort 2017, orang tua di Indonesia rata-rata mengeluarkan biaya pendidikan sebesar 269 juta untuk setiap anaknya. Biaya ini digunakan untuk pendidikan mulai dari tingkat PAUD hingga menjadi sarjana. Dengan demikian, di ASEAN biaya pendidikan di Indonesia menempati posisi ke 3. Pertama ditempati oleh negara Singapura selanjutnya posisi kedua ditempati oleh negara Malaysia. Sedangkan untuk urutan di dunia Indonesia berada pada posisi ke 13 sebagai negara dengan biaya pendidikan termahal di dunia. Bahkan lebih mahal dari biaya pendidikan di Prancis yang menghabiskan dana hanya 237 juta.




Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan keluhan orang tua saat harus membayar biaya pendidikan anaknya. Hingga ramainya pegadaian saat musim anak masuk sekolah. Tidak jarang pula para orang tua harus mencari pinjaman untuk keperluan biaya pendidikan. Memang salah satu faktor yang membuat orang tua kebingungan dalam mencari dana pendidikan adalah karena tidak adanya perencanaan awal dalam biaya pendidikan. Padahal seharusnya sejak awal biaya pendidikan haruslah sudah dipikirkan. Hal ini penting karena memberikan pendidikan adalah salah satu jalan untuk membuka kesuksesan. Pendidikan yang diberikan untuk anak harus yang terbaik. Karena memberikan pendidikan kepada anak ini tidak bisa diulang. Mungkin kita bisa salah dalam membuat bangunan, tetapi kita tidak boleh salah dalam memberikan pendidikan kepada anak. Salah membuat bangunan bisa dibuat ulang atau diperbaiki tetapi kalau salah dalam memberikan pendidikan akibatnya bisa fatal.



          Sumber gambar : Pixabay.com
Tingginya biaya pendidikan, memang mengharuskan orang tua untuk merencanakan biaya pendidikan anaknya sedini mungkin. Salah satu cara untuk merencanakan dan memberikan kepastian biaya pendidikan anak adalah dengan menggunakan asuransi pendidikan. Dengan asuransi pendidikan, maka biaya pendidikan anak akan terlindungi jika seandainya nanti terjadi sesuatu dalam perekonomian keluarga. Asuransi pendidikan akan memberikan jaminan supaya buah hati kita bisa terus melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Asuransi pendidikan tidak hanya menjamin pendidikan anak saat kita masih bekerja. Tetap asuransi pendidikan juga akan menjamin pendidikan anak, meskipun kita tidak lagi bisa bekerja. Semisal karena sakit atau hal buruk lainnya terjadi dalam hidup kita.


Berikut ini adalah manfaat jika kita memiliki asuransi pendidikan:

1. Memberikan jaminan biaya pendidikan anak

Dengan mengikuti asuransi pendidikan, orang tua telah berperan untuk melindungi biaya pendidikan anaknya. Jika seandainya sesuatu terjadi dalam perekonomian keluarga. Maka kelangsungan biaya pendidikan anak tidak akan terganggu. Sehingga anak bisa melanjutkan pendidikannya dengan tuntas. Selain itu pula asuransi memberikan kemudahan proses pencarian. Karena jika sudah tiba temponya, biaya pendidikan bisa langsung dicairkan dan orang tua tidak perlu lagi mencari pinjaman untuk biaya saat harus membayar biaya sekolah.

2. Membuat hati menjadi tenang

Asuransi pendidikan memberikan ketenangan karena adanya penjamin dari biaya pendidikan. Sehingga orang tua tidak lagi kebingungan memikirkan biaya pendidikan anak. Ketika orang tua telah mempersiapkan biaya pendidikan, anak akan fokus untuk belajar dan orang tua pun tenang saat bekerja. Sebaliknya jika tidak ada persiapan dana, konsentrasi belajar anak terganggu dan orang tua pun tidak tenang saat bekerja dan ekonomi keluarga akan terganggu.

3. Sebagai perencana keuangan

Salah satu hal yang harus dilakukan untuk menjaga kestabilan keuangan keluarga adalah perencanaan keuangan. Dengan adanya perencanaan keuangan kita bisa mengatur biaya pengeluaran untuk kebutuhan hidup. Sehingga kedepannya kita tidak akan mengalami kebingungan jika tiba saatnya harus mengeluarkan biaya untuk berbagai macam keperluan. Semisal ketika anak akan masuk sekolah, kita tidak perlu pusing lagi untuk memikirkan biaya masuk sekolah. Sehingga keuangan keluarga akan tetap stabil jika seandainya nanti ada permasalahan dalam ekonomi keluarga.

4. Sebagai sarana berinvestasi
Selain sebagai penjamin biaya pendidikan asuransi juga bisa digunakan sebagai sarana untuk investasi. Tidak dipungkiri semakin hari biaya kehidupan semakin tinggi salah satu penyebabnya adalah nilai rupiah yang tidak stabil. Oleh karenanya, kita perlu mengamankan keuangan kita. Karena di masa depan belum tentu kita hasil kerja kita bisa mengejar tingginya inflasi. Dengan mengikuti asuransi pendidikan maka kita telah melakukan investasi untuk menjamin kelangsungan biaya pendidikan anak. Sehingga masa depan anak tidak terganggu dengan pasang surutnya ekonomi keluarga.

5. Mengatur biaya pendidikan secara berjenjang

Salah satu hal yang menarik dari asuransi pendidikan adalah pembiayaan pendidikan secara berkala. Hal ini karena dalam proses pencairannya dilakukan secara berkala dan disesuaikan dengan jenjang pendidikan anak. Biaya asuransi yang cair ketika anak akan memasuki SD tentu akan berbeda dengan jumlah dana yang cair ketika anak memasuki jenjang SLTP. Semakin tinggi jenjang pendidikannya maka semakin tinggi pula dana yang dicairkan. Tentu hal ini sangat membantu sekali karena biaya pendidikan dari satu jenjang ke jenjang berikutnya selalu mengalami kenaikan.

Memilih asuransi pendidikan yang terpercaya

Untuk kepastian jaminan pendidikan anak, alangkah lebih baik jika orang tua mendaftarkan ke asuransi pendidikan saat anak masih kecil atau balita. Karena semakin kecil usia anak ketika didaftarkan, maka akan semakin kecil pula premi yang dibayarkan. Sebaliknya, semakin besar usia anak saat didaftarkan. Maka premi yang dibayarkan akan semakin besar pula.

Salah satu perusahaan asuransi yang menyediakan asuransi pendidikan adalah Sequis.  Memiliki pengalaman selama 35 tahun di industri asuransi, maka Sequis layak dijadikan pilihan sebagai asuransi pendidikan untuk buah hati kita. Selain asuransi pendidikan, Sequis juga memiliki produk asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Asuransi kesehatan ini adalah program yang membantu kita untuk mempersiapkan dana perawatan kesehatan. Sedangkan asuransi jiwa asuransi adalah program yang bertujuan memberikan biaya perlindungan terhadap resiko yang akan datang dalam kehidupan.

Ada lima jenis produk asuransi pendidikan yang ditawarkan oleh Sequis yaitu:

TelePro Beasiswa Berjangka  merupakan produk dwiguna asuransi. Karena memberikan  dua manfaat sekaligus yaitu manfaat dana pendidikan yang dicairkan sesuai jadwal dan manfaat perlindungan jiwa yang khusus ditawarkan untuk nasabah BRI Britama. 

2. Edu Plus
Asuransi Edu Plus adalah produk kerja sama Sequis dan BRI yang memberikan jaminan dana pendidikan terjadwal dan juga manfaat meninggal dunia.
Sequis Edu Plan merupakan asuransi pendidikan yang memberi jaminan biaya pendidikan serta perlindungan jiwa dengan pembayaran premium.

4. Sequis EduPlan Insurance
Inflasi dan biaya pendidikan dari hari ke hari semakin meningkat. Untuk mengatasinya maka kita harus melakukan perencanaan keuangan yang tepat dan optimal. Sequis EduPlan Insurance akan membantu kita untuk menyediakan perencanaan keuangan yang tepat dan optimal bagi biaya pendidikan anak kita.

5. Sequis Global EduPlan Insurance
Global EduPlan Insurance adalah program asuransi pendidikan untuk membantu perencanaan biaya pendidikan hingga ke luar negeri. 

Masing-masing produk asuransi pendidikan Sequis memiliki keunggulan tersendiri. Di mana semua keunggulan tersebut mendatangkan keuntungan berlipat bagi nasabahnya. Jadi kita tinggal menyesuaikan dengan kondisi keuangan keluarga. 

Bagi orang tua yang ingin memberikan jaminan dana pendidikan untuk buah hatinya. Segera daftarkan buah hatinya ke asuransi pendidikan Sequis. Bersama dengan asuransi pendidikan dari Sequis kita telah merencanakan biaya pendidikan anak sejak dini dengan lebih optimal. Dengan asuransi pendidikan, biaya pendidikan aman dan bekerja pun menjadi tenang.

Comments

Post a Comment

Popular Posts