Bagaimana masa depan dari Customer Service berbasis manusia?



Customer service merupakan layanan dari sebuah perusahaan untuk melayani dan juga memberikan kepuasan kepada pelanggan. Dalam dunia usaha keberadaan customer servis, mutlak diperlukan. Karena customer servis ini yang akan menjadi penghubung perusahaan dengan pembeli/pelanggan.  Customer servis juga merupakan asisten dari perusahaan dalam penjualan produk. Mereka adalah pihak yang mendekatkan perusahaan dengan pelanggan. Karena jika ada permasalahan yang pertama kali berhadapan dengan pelanggan adalah customer servis.

Tugas customer servis

Adapun tugas seorang customer servis adalah sebagai berikut: 

1. Sebagaimana penerima tamu
Customer servis ini adalah pihak pertama yang bertemu dengan pelanggan. Oleh karenanya, customer servis harus memberikan kesan yang ramah  kepada pelanggan. Dengan keramahan maka pelanggan akan merasa nyaman. Sehingga pelanggan akan lebih mudah untuk melakukan komunikasi. Selain itu pelanggan juga merasa dihormati dan diperlukan baik. Kesan awal yang baik tentunya akan menjadi jalan bagi terjualnya sebuah produk.

2. Memberikan pelayanan kepada pelanggan
Tugas utama customer servis adalah memberikan pelayanan terbaik kepada para pembeli. Oleh karenanya mereka dituntut untuk memiliki kepribadian yang ramah dan tidak mudah terbawa emosi. Tidak dipungkiri terkadang memang ada pembeli yang rewel. Dalam mengahadapi kondisi seperti ini customer servis harus bisa mengatur suasana agar tetap nyaman dan kondusif. Sehingga pelanggan mereka puas dengan pelayanan yang diberikan.

3. Sebagai komunikator
Seorang customer servis juga bertugas untuk menjawab berbagai permasalahan yang dialami oleh pelanggan. Misalnya kualitas produk, biaya pengirimannya dan lain sebagainya. Tentunya dengan jawaban yang memuaskan, maka pelanggan akan sangat senang. Sehingga kepercayaan terhadap perusahaan semakin meningkat. Hal ini tentu akan berdampak positif pada penjualan sebuah produk.

Di era digital ini, penjualan ataupun pemasaran sebuah produk tidak hanya dilakukan secara offline tetapi juga dilakukan secara online. Pemasaran ataupun penjualan yang dilakukan secara online, tentu saja jangkauan lebih luas. Oleh karenanya, pertanyaan ataupun keluhan yang datang akan jauh lebih banyak. Tentu saja menjadi hal yang sangat melelahkan jika harus membaca ratusan chat dan menjawabnya. Bisa jadi pertanyaan pembeli ataupun keluhan pelanggan baru bisa terjawab setelah berhari-hari. Jika ini terjadi tentu akan mengurangi reputasi dari perusahaan.


Namun kini tidak perlu khawatir lagi, sekarang sudah aplikasi untuk mempermudah pekerjaan tersebut namanya chatbotika. Botika sendiri adalah suatu artificial intelligence dengan natural language processing (NLP) yang bisa memahami percakapan bahasa Indonesia sehari-hari. Dengan kecerdasan buatan yang dimiliki, Botika bertugas untuk menjawab berbagai macam pertanyaan dan keluhan pepanggan melalui aplikasi chat Facebook Messenger, LINE dan Telegram. Jadi melakukan chat dengan menggunakan aplikasi chatbotika serasa bercakap-cakap dengan manusia.



Jika kita atau perusahaan menggunakan aplikasi Chatbotika dalam sekejap puluhan atau ratusan pertanyaan dari pelanggan bisa langsung terselesaikan. Sehingga pelanggan tidak perlu menunggu lama respon untuk mengetahui jawaban dari informasi yang mereka butuhkan.

Kelebihan Menggunakan Aplikasi Chatbotika

Adapun kelebihan botika dibandingkan dengan customer manusia adalah: 

1. Siap melayani selama 24 jam per 7 hari
Berbeda dengan manusia yang memiliki waktu dan kemampuan yang terbatas. Chatbotika bisa memberikan pelayanan prima. Karena sebagai robot ia tidak memiliki rasa capek dan tidak mengenal istilah libur. Kapanpun diperlukan selalu siap.

Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi perusahaan karena dengan chatbotika kepercayaan dengan pelanggan bisa terbangun.

2. Menangani pelanggan dengan baik
Berbeda dengan manusia yang mudah terbawa emosi. Sehingga terkadang memberikan pelayanan yang kurang memuaskan saat menghadapi masalah. Berbeda dengan chatbotika, kecerdasan ini akan selalu tampil prima dan menyenangkan saat berhadapan dengan pelanggan.

3. Mengurangi biaya operasional
Ketika panjualan produk mengalami peninggakatan, tentunya kita akan menambah jumlah karyawan. Karena jika hanya ditangani oleh satu atau dua orang akan mengalami kerepotan. Menambah karyawan tentu saja menambah pengeluaran. Dengan botika ketika penjualan meningkat dan pelanggan kita bertambah. Kita tidak perlu menambah karyawan. Sebanyak apapun pertanyaan dan keluhan chatbotika bisa menyelesaikannya.

4. Memberikan kepuasan kepada pelanggan
Tentu saja dengan pelayanan yang cepat pelanggan maka pelanggan akan merasa senang. Mereka merasa lebih diperhatikan, selain itu juga memberikan kesan yang positif bahwa perusahaan kalian sangat menghargai pelanggan. Dengan demikian maka perusahaan akan mendapatkan nilai tambah dan pembeli merasa puas dengan pelayanan tersebut. Sehingga dikemudian hari mereka akan kembali membeli produk tersebut.



Masa depan customer servis berbasis manusia dalam era digital

Di era digital ini memang banyak pekerjaan yang awalnya dilakukan oleh manusia tergantikan oleh mesin atau robot. Salah satunya adalah pekerjaan  customer servis. Robot yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan bisa melakukan pekerjaan yang dilakukan oleh manusia. Disisi lain kemajuan teknologi dibidang robot mendatang keuntungan karena perusahaan bisa melakukan efisiensi tenaga kerja. Tetapi disisi lain kehadiran robot canggih juga membawa dampak negatif karena mengakibatkan pengangguran.

Dengan adanya robot canggih yang bisa bekerja sebagai customer servis, lalu bagaimanakah masa depan customer setelah berbasis manusia? Menurut saya, pekerjaan customer servis berbasis manusia masih ada. Meskipun jumlahnya mulai berkurang. Karena pada intinya penggunaan robot bukan untuk menggantikan peran manusia tetapi untuk membantu pekerjaan manusia.

Berikut ini adalah alasan mengapa pekerjaan sebagai customer servis tetap tersedia:  

1. Pemasaran produk tidak hanya melalui online tetapi juga offline
Pemasaran melalui offline tentu saja membutuhkan customer servis yang berbasis manusia, bukan yang berbasis robot.

2. Sebagai pengendali dari aplikasi
Sebenarnya dengan adanya aplikasi botika ini mempermudah tugas dari customer servis. Jika biasanya customer setelah harus membuka satu persatu pertanyaan lalu menjawabnya. Maka dengan aplikasi botika customer servis tinggal mengontrol isi chat dari  aplikasi chatbotika dan melakukan rekap orderan. Meskipun sebenarnya botika juga bisa melakukan rekap orderan, tetapi akan lebih mudah jika orderan tersebut ditulis ulang untuk memudahkan proses pengiriman.

Jadi menurut saya sebuah perusahaan harus memiliki customer servis berbasis manusia dan juga berbasis robot. Customer servis berbasis manusia bertugas memberikan pelayanan dan kepuasan kepada pelanggan untuk penjualan secara offline. Sedangkan  Customer servis berbasis robot bertugas memberikan pelayanan dan kepuasan kepada pelanggan untuk penjualan secara online dengan jangkauan lebih luas. Tentunya dengan menggunakan aplikasi Chatbotika akan jauh lebih mempermudah pekerjaan kita. Karena selalu siap melayani pelanggan selama 24 jam. Dengan demikian pelayanan terhadap pelanggan akan lebih maksimal. Sehingga penjualan akan meningkat dan keuntungan perusahaan kian berlipat.

Yuk! Buruan gunakan aplikasi Chatbotika jika ingin meningkatkan penjualan dan kualitas pelayanan perusahaan.

Comments