Cara terbaik belajar menulis adalah menulis


Cara terbaik belajar menulis adalah menulis. Kata bijak ini memang benar adanya. Ketika kita ingin menguasai sebuah pekerjaan. Jalan terbaik yang harus ditempuh adalah melakukan pekerjaan tersebut. Misalnya saja keinginan untuk bisa menguasai ilmu menulis. Maka kita harus berani untuk memulai sebuah tulisan.

cara belajar menulis

Dengan berani memulai membuat tulisan maka kita sudah mengawali sebuah langkah untuk bisa menulis. Tidak perlu takut salah untuk mulai menulis. Jika kita sering merasa takut tidak bisa menulis. Maka sampai kapanpun kita tidak bisa untuk menulis. Buanglah rasa takut tersebut dan mulailah menulis.

Selain itu jangan terlalu banyak berfikir, menulis sajalah. Terlalu banyak berpikir malah akan membuat keraguan dalam diri kita. Sehingga kita ragu pada kemampuan kita. Padahal hal terpenting untuk menguasai hal baru adalah rasa yakin dan percaya diri bahwa kita bisa. Demikian dengan menulis, yakinkan bahwa diri kita bisa menulis. Baru setelah kita bisa menulis. Selanjutnya kita berpikir agar tulisan kita bagus dan bisa memberikan manfaat bagi orang lain.

Pertama mengawalinya memang sulit. Tapi jika kita terus menerus melakukan. Maka hal tersebut akan menjadi kebiasaan kita. Jadikanlah kegiatan menulis sebagai candu. Dengan demikian kita akan selalu ketagihan untuk menulis. Dan kita tidak lagi kesulitan untuk membuat tulisan.

Jadi jangan pernah berharap kita bisa menulis jika kita tidak memulainya dengan  menulis.  Karena pada dasarnya keahlian menulis adalah keahlian yang harus terus diasah. Bukan kemampuan yang tiba-tiba bisa langsung dikuasai. Oleh karenanya, kita harus sabar dalam menjalani prosesnya. Jangan menyerah apalagi putus asa. Penulis terkenal pun butuh perjuangan yang panjang hingga karyanya bisa dikenal. Maka dari itu teruslah menulis dan menulis. Niscaya suatu hari karyamu bisa berjaya.

Sumber gambar : Pixabay.com

Comments

Popular Posts