Tips mengatasi diskonan saat belanja

tips belanja


Bagi ibu-ibu kegiatan belanja adalah sebuah kegiatan yang menyenangkan. Dengan pergi belanja kepenatan dalam melaksanakan pekerjaan rumah tangga bisa hilang. Maka tak heran banyak ibu rumah tangga yang memilih kegiatan belanja sebagai sarana untuk refreshing. Sehingga setelah belanja bisa bersemangat kembali mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

Namun ada hal yang perlu diperhatikan dalam berbelanja. Karena kegiatan belanja yang tidak terencana dengan baik bisa membengkakkan anggaran keluarga. Oleh karenanya perlu adanya pertimbangan-pertimbangan agar kegiatan belanja tidak membuat anggaran belanja berantakan. Terlebih saat ada diskonan kita harus lebih jeli dan teliti lagi sebelum memutuskan untuk belanja.

 tips mengatasi diskonan

Nah berikut ini adalah tips agar kita tidak kalap saat ada diskonan.

1. Bawa uang tunai seperlunya
Jika kita ingin belanja maka kita harus bawa uang yang sesuai dengan jumlah yang akan kita keluarkan. Jangan membawa uang berlebihan karena jika membawa uang berlebihan saat tergoda barang diskonan kita akan dengan mudah mengeluarkan uang. Sebaliknya jika uang yang dibawa hanya sesuai dengan bar belanjaan maka saat diskonan kita tidak akan mudah tergoda. Hal ini karena kita tentu akan malas jika harus pulang lagi untuk mengambil uang.

2. Jangan bawa ATM
Salah satu kemudahan membawa ATM adalah memudahkan kita bertransaksi saat tidak membawa uang tunai. Oleh karenanya saat belanja usahakan pula jangan membawa ATM. Karena dengan membawa ATM saat ada diskonan kita akan dengan mudah mengeluarkan uang dengan AYAM yang kita bawa.

3. Bawa catatan
Ini penting juga karena dengan membawa catatan tujuan belanja kita jadi lebih fokus. Tentu saja hal ini berbeda jika kita tidak membawa catatan. Biasanya kita melihat-lihat semua barang yang di toko. Hal ini bisa munculkan lapar mata. Kita jadi membeli barang yang tidak kita butuhkan tetapi yang kita beli adalah barang yang kita inginkan.

4. Ingat prioritas
Ketika ada diskonan saat belanja kita harus tetap fokus pada tujuan belanja kita. Kita harus bisa berpikir apakah barang-barang tersebut benar-benar sangat kita butuhkan atau tidak. Jika benar-benar kita butuhkan dan sangat kita perlukan kita membelinya. Namun jika tudak kita butuhkan sevaiknya kita lupakan.

Nah itulah tadi beberapa vara yang bisa kita lakukan agar tidak mudah tergoda dengan diskonan. Semoga bermanfaat.

Sumber gambar : Pixabay.com

Comments