Gagal? Jadikanlah evaluasi perbaikan diri




Pernah merasa kecewa karena mengalami kegagalan adalah hal yang biasa. Tetapi kita tidak boleh meratapi dengan berlebihan. Karena meratapi kekalahan hanya akan membuat kita jatuh ke lubang kekecewaan yang lebih dalam. Sehingga kita akan kehilangan semangat untuk bangkit lagi. Anggaplah kegagalan sebagai sesuatu hal yang wajar terjadi dalam menggapai sebuah impian. Ada dua hal yang didapat dari sebuah usaha bisa sukses ataupun berhasil. Jadi salah satu hal tersebutlah yang nantinya akan kita terima.

cara mengatasi kegagalan

Kalaupun kita memperoleh kegagalan bukan berarti usaha kita sia-sia. Sebaliknya ada pelajaran berharga yang tidak pernah kita dapatkan meskipun kita sekolah tinggi. Karena kegagalan adalah guru yang mengajarkan tentang kelemahan dan kekurangan kita. Tanpa kegagalan sulit bagi kita mengevaluasi kekurangan kita. Sehingga kita akan kesulitan untuk menata langkah baru demi kesuksesan kita dimasa mendatang. Sebaliknya ketika kita gagal kita bisa memperbaiki kesalahan-kesalahan yang tahu kita miliki. Selanjutnya kita pun bisa berbenah untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Jadi kegagalan bukanlah hal yang menyakitkan melainkan sesuatu hal yang bisa membuat kita lebih baik lagi. Melecutkan pontensi kita dan juga memperbaiki kualitas diri kita. Tak perlu berlarut dengan kesedihan saat mengalami kegagalan. Segeralah lakukan evaluasi lalu bangkit untuk memperbaiki diri. Semakin cepat melakukan evaluasi maka semakin cepat pula kesuksesan akan kita raih. Oleh karenanya jangan buang waktu percuma untuk meratapi kegagalan.
Karena pada dasarnya meskipun kita gagal kita sebenarnya tidak kalah. Kita kalah itu jika kita tidak mau berusaha lagi untuk bangkit dari kegagalan. Itu adalah kekalahan yang sebenarnya. Tetapi jika kita terus berusaha, tidak peduli berapa kali gagal. Sebagaimana kata bijak 9 kali kegagalanmu  balaslah dengan 10 kali dengan kebangkitanmu. Maka kita adalah sebenar-benarnya pemenang. Karena seorang pemenang sejati tidak akan menyerap sebelum impian berada digenggaman.

Jadi teruslah untuk berjuang jangan sampai kegagalan membuat langkah terhenti. Sebaliknya, kegagalan jadikan sebagai alat evaluasi untuk kita menjadi lebih baik lagi. Dengan semangat, kerja keras dan pantang menyerah maka tidak mustahil impian akan segera ditangan. Karena yakinlah tidak ada usaha yang sia-sia. Semuanya pasti akan akan ada hasilnya.

Sumber gambar : Pixabay.com

Comments