4 Ide Olahan Lauk dari Telur



Salah satu olahan lauk yang paling mudah dimasak adalah telur. Tinggal panaskan wajan, tuangkan minyak lalu masukkan telur. Hanya perlu lima menit dan telur siap untuk dihidangkan. Tetapi kita akan mengalami kebosanan jika telur hanya digoreng saja. Oleh karenanya kita membutuhkan variasi dari olahan telur ini. Sehingga meskipun lauk telur tetapi cita rasanya memiliki perbedaan.

 olahan dari telur

Nah berikut ini adalah ide olahan telur yang patut dicoba.

1. Balado telur
Bumbu yang diperlukan adalah bawang merah, bawang putih, cabai merah, tomat, garam dan penyedap. Pertama rebus telur setelah matang kupas kulitnya. Selanjutnya haluskan semua bumbu. Setelah itu goreng hingga tercium bau harum. Kemudian masukkan telur tambahkan sedikit air, garam dan penyedap. Masak hingga kurang lebih 15 menit. Setelah itu angkat dan sajikan. Biar lebih enak kita bisa menambahkan taburan bawang goreng diatasnya.

2. Semur telur
Rebus telur setelah matang buang kulitnya lalu sisihkan. Selanjutnya kita siapkan bumbunya. Bumbu yang diperlukan adalah bawang merah, bawang putih, merica, kecap dan lengkuas. Cuci semua bumbu selanjutnya dihaluskan. Siapkan wajan lalu tumis bumbu setelah harum masukkan telurnya. Kemudian tambahkan sedikit ai, kecap, garam dan penyedap ya. Tunggu kurang lebih 20 menit setelah itu angkat lalu sajikan.

3. Telur pindang
Proses untuk membuat telur pindang membutuhkan waktu agak lama. Oleh karenanya sebaiknya kita memasak dalam ukuran besar saja. Biar hemat energi tenaga dan juga biaya. Bahan yang diperlukan 10 butir telur. Telur tersebut kemudian direbus setelah matang dikupas kulitnya. Selanjutnya siapkan bumbunya, yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, merica dan ketumbar. Supaya warnanya merah kita bisa menggunakan teh, daun jambu, ataupun daun bawang merah. Pilih salah satu diantaranya bahan tersebut. Bawang merah, bawang putih, ketumbar, dan merica kemudian dihaluskan. Setelah halus masukkan ke dalam panci, kemudian masukkan pula telur, garam, penyedap dan air. Rebus kembali hingga kurang lebih 1 jam. Semakin lama merebusnya maka akan semakin meresap bumbunya.

4. Orak-arik telur
Olahan telur ini cukup cepat untuk disajikan. Bahan yang diperlukan 3 butir telur. Bumbunya terdiri dari bawang merah, bawang putih, dan cabai jika ingin rasa pedas. Selanjutnya semua bumbu tadi diiris tipis-tipis lalu ditumis dengan sedikit minyak. Setelah matang masukkan tiga butir telur kemudian di orak-arik hingga telurnya matang. Jangan lupa pula untuk memasukkan garam dan juga penyedapnya. Mask kurang lebih 10 menit. Setelah itu angkat dan telur orak-arik siap dijadikan lauk makan.

Nah itulah tadi empat ide membuat olahan lauk dari telur. Meskipun lauknya telur jika dimasak dengan sajian yang berbeda maka maka pun kian berselera.

Sumber gambar : Pixabay.com

Comments

Popular Posts