Manfaat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam Era Digital

Sumber gambar : Pixabay.com
Pendidikan  anak usia dini merupakan pendidikan bagi anak pra sekolah usia 0 sampai 6 tahun. Dimana usia ini adalah periode emas dalam proses perkembangannya. Memberikan pendidikan anak pada usia dini dalam era digital penting untuk dilakukan. Karena di usia ini adalah masa membangun pondasi karakter anak. Dalam usia ini anak akan diajarkan tentang pendidikan agama,  moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, dan juga sosial-emosional. Sehingga kedepannya anak akan tumbuh menjadi generasi yang cerdas, berkualitas dan juga berkarakter

Peran orang tua dalam pendidikan anak usia dini adalah membimbing,  mengarahkan dan juga mengasah kemampuan yang dimiliki oleh anak. Salah satu cara yang bisa dilakukan orang tua untuk mengarahkan dan mengasah kemampuan anak adalah memberikan lingkungan yang menunjang perkembangan anak.

Memasukkan anak ke sekolah PAUD bisa menjadi alternatif untuk memberikan lingkungan yang baik bagi tumbuh kembang anak. Di sekolah PAUD sambil bermain mereka juga akan mendapatkan stimulus pendidikan yang berguna untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak. Sehingga anak memiliki bekal untuk memasuki jenjang pendidikan berikutnya.

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh jika anak mengikuti sekolah di Pendidikan Anak Usia Dini, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Melatih Kemampuan Bersosialisasi
Dalam ilmu  sosiologi selain keluarga salah satu sarana untuk bersosialisasi adalah sekolah. Dengan mengikuti sekolah PAUD anak akan lebih cepat bergaul dan juga akan lebih mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Hal ini tentunya baik untuk perkembangan sang anak. Karena di masa depan anak akan bertemu orang dengan beragam karakter. Dengan kemampuan sosialisasi yang baik maka anak akan mampu berinteraksi dengan berbagai macam karakter yang berbeda. Selain itu kemampuan sosialisasi yang baik sangat menunjang kesuksesan anak dimasa mendatang.

2. Melatih Kemampuan Berbahasa
Ketika mengikuti sekolah PAUD anak akan berinteraksi dan juga berkomunikasi dengan teman-teman dan juga gurunya. Semakin sering anak melakukan komunikasi maka kemampuan berbahasa anak semakin berkembang dengan baik. Dengan memiliki kemampuan berbahasa yang baik, anak akan mudah menyampaikan perasaan, pendapat dan juga gagasan. Selain itu kemampuan berbahasa yang baik juga memudahkan seseorang untuk beradaptasi dan  berinteraksi dengan orang lain.

3. Membangun Kecerdasan Emosional
Menurut penelitian, penunjang utama kesuksesan seseorang dimasa depan 80 % ditentukan oleh kecerdasan emosional. Oleh karenanya alangkah lebih baik jika kita menyekolahkan anak ke PAUD. Hal ini sebagai bekal untuk meningkatkan kecerdasan emosional. Salah satu kecerdasan emosional yang dikembangkan adalah empati. Ketika anak berada di lingkungan sekolah maka kemampuan berempati akan berkembang dengan cukup baik. Di sekolah mereka akan diajarkan untuk menolong teman yang kesulitan kemudian juga diajarkan untuk saling bekerja sama. Dengan kecerdasan emosional yang baik maka di masa depan anak akan memiliki kepedulian dan kepekaan yang tinggi terhadap situasi dan kondisi orang lain. Selain itu anak juga memiliki kemampuan yang baik dalam menempatkan posisinya dalam sebuah lingkungan.
Sumber gambar : Pixabay.com


4. Mengembangkan  Kecerdasan Multiple Anak
Usia prasekolah adalah usia yang sangat bagus untuk mengembangkan kecerdasan multiple anak. Menurut Howard Gardner kecerdasan multiple terdiri dari sembilan tipe kecerdasan yaitu, kecerdasan linguistik, kecerdasan logika matematika, kecerdasan visual spasial, kecerdasan kinestetik, musical, emosi interpersonal, emosi intrapersonal, dan naturalis. Dengan memasukkan anak ke sekolah PAUD maka orang tua bisa mengetahui lebih dini kecerdasan yang dimiliki oleh sang anak. Sehingga nantinya orang tua akan lebih mudah mengarahkan anak dan memberikan pendidikan yang tepat sesuai dengan tipe kecerdasan yang dimilikinya.

5. Melatih Rasa Percaya Diri.
Ketika sejak kecil anak sudah terbiasa berinteraksi dengan orang lain. Maka rasa percaya diri anak mulai terbangun. Sehingga anak tidak menjadi pemalu dan berani menunjukkan kemampuan dan bakat yang dimilikinya. Tentunya ini adalah hal positif yang diharapkan oleh setiap orang tua. Dengan memiliki rasa percaya diri yang baik dimasa mendatang anak akan tumbuh menjadi pribadi yang tegas, bertanggung jawab  dalam pilihan dan selalu memiliki semangat yang positif. selain itu rasa percaya diri  juga akan  memperbesar peluang karir sang anak.

Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini dalam Era Digital

Dalam era digital, tumbuh kembang anak akan selalu berdampingan dengan kecanggihan teknologi. Selain beragam manfaat positif dari kecanggihan teknologi. Kecanggihan teknologi juga dapat merusak tumbuh kembang anak. Salah satu diantaranya anak kurang bersosialisasi karena terlalu sering bermain game. Tentu saja hal ini akan mengganggu psikologis anak, berdasarkan penelitian yang dilakukan Family Online Safety dan Heart Research dalam tulisan yang berjudul " Parenting in the Digital Age" anak akan tumbuh menjadi pribadi yang temperamen. 

Beberapa waktu lalu media massa memberitakan puluhan anak di semarang mengalami gangguan mental akibat kecanduan bermain game di gadget. Tentunya hal ini harus menjadi perhatian penting bagi orang tua dan pihak sekolah. Supaya membekali anak tentang  cara memanfaatkan kecanggihan teknologi  secara bijaksana.

Maka dari itu pendidikan anak usia dini yang selaras dengan perkembangan teknologi mutlak dilakukan. Karena 25 tahun mendatang mereka merupakan tulang punggung dari pembangunan bangsa. Dengan mengedukasi tentang pemanfaatan teknologi sejak dini. Diharapkan anak bisa menggunakan kecanggihan teknologi untuk menambah wawasan, aktualisasi diri dan juga untuk mengembangkan peluang ekonomi.

Agar anak terhindar dari dampak negatif kecanggihan teknologi. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua dalam pendidikan anak usia dini dalam era digital. 
1. Membatasi penggunaan gadget
2. Mendampingi anak saat menggunakan gadget
3. Mencarikan konten yang berfungsi untuk meningkatkan kecerdasan anak

Selain kegiatan-kegiatan diatas, memasukkan anak ke PAUD merupakan tindakan yang tepat. Karena sekolah PAUD memberikan pengetahuan dan juga menanamkan karakter positif sedini mungkin. Sehingga nantinya anak tumbuh menjadi  pribadi yang kreatif dan inovatif yang mampu memaafkan kecanggihan era digital untuk mengembangkan minat dan bakat yang dimilikinya.
Sumber gambar:https://www.appletreebsd.com/

Memasukkan anak ke sekolah  PAUD memberikan dampak positif bagi tumbuh kembang anak. Berikut ini adalah beberapa manfaat pendidikan paud diera digital.

1. Menumbuhkan kreativitas anak.
Dengan dibekali ilmu pengetahuan sejak dini, maka kreativitas anak lebih cepat berkembang. Karena dalam era digital banyak sekali kemudahan yang diberikan dalam memperoleh informasi dan juga ilmu pengetahuan. Sehingga nantinya  anak tidak hanya akan menjadi konsumen dari kecanggihan teknologi. Sebaliknya anak akan mampu menciptakan hal-hal baru yang membawa manfaat.

2.  Terhindar dari dampak negatif dari kecanggihan teknologi era digital.
Dengan menanamkan karakter positif sejak dini, maka anak akan memiliki filter terhadap hal-hal yang akan merusak masa depannya. Sehingga diera digital ini anak akan bijaksana menggunakan kecanggihan teknologi. Anak nantinya akan memanfaatkan kecanggihan teknologi era digital untuk mengembangkan kemampuan yang dimilikinya.

Sejalan dengan keinginan para orang tua yang ingin memberikan pendidikan terbaik bagi buah hatinya. Salah satu institusi PAUD di Indonesi Aplle Tree Pre-School BSD hadir untuk menjawab kebutuhan tersebut.  Dengan kurikulum modern yang terintegrasi, PAUD Apple Tree Pre- School bertujuan mengembangkan berbagai kecerdasan anak selain itu juga memfasilitasi dan mengasuh anak melalui pendidikan standar tinggi. Sehingga akan lahir generasi-generasi emas bangsa yang cerdas dan berkarakter.

Untuk memberikan pendidikan yang berstandar tinggi, Apple Tree Pre-School BSD menggunakan kurikulum singapura, yang merupakan  kurikulum terbaik  se-ASEAN. Selain itu untuk pendukung perkembangan anak agar sesuai dengan periode pertumbuhannya. PAUD Apple Tree Pre-School BSD menyediakan kelas sesuai dengan  perkembangan anak yang didasarkan pada kekuatan, kebutuhan dan kemampuan anak. Sehingga kemampuan tiap anak bisa berkembang dengan optimal.

Sumber gambar : https://www.appletreebsd.com/

Bersama Aplle Tree Pre-School BSD dengan kurikulum modern  yang terintegrasi. Orang tua telah berperan dalam membekali anak dengan kemampuan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, dan juga membekali kemampuan untuk bersaing diera  digital.

#appletreebsd

Sumber :https://id.m.wikipedia.org/wiki/Pendidikan_anak_usia_dini


Comments

Post a Comment