Laporkan Penyalahgunaan

Popular Posts

Contac Us

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Jumlah Pengunjung

Arsip

Labels List

Kelas Growth Blogger dari Growthing.id

Popular

Manfaat bergabung dengan grup blogwalking Asik

Halo apa kabar teman-teman? Dalam kesempatan kali ini saya akan berbicara tentang blogwalking asyik. Penasaran apa sih blog walking asik? Kalau menurut saya blogwalking asyik ini adalah sebuah grup wa untuk melakukan kegiatan blogwalking artinya saling mengunjungi antar pemilik blog. Tapi sebelum lebih jauh membahas tentang blogwalking asik saya akan bercerita dulu tentang bagaimana awal mulanya saya mengenal blogwalking asik ini.

Saya mengenal blogwalking asik ini ketika awal-awal ngeblog bahkan saat saya masih menggunakan blogspot bukan blog TLD. Perkenalan saya bermula ketika saya membaca tulisan di instagram mengenai kegiatan blog. Terus siapa yang mau ikut bisa join dengan grup WA nya. Kemudian saya memberikan diri untuk bergabung digrup wa tersebut. Lalu dari situlah kemudian saya bertemu dengan banyak teman-teman blogger. Seingat saya dari grup tersebut kemudian ada ide untuk membuat grup blogwalking. Lalu ketika grup blogwalking asyik terbentuk saya kemudian ikut bergabung. Motivasi awal bergabung dengan blogwalking tersebut adalah saya ingin memperdalam pengetahuan tentang dunia blogger.

Ketika bergabung dengan grup ini kemudian saya termotivasi untuk membeli sebuah domain dan mencoba belajar serius tentang dunia blogger. Awal-awal bergabung ada rasa minder dalam diri ternyata yang bergabung didalam grup tersebut adalah orang-orang yang sudah lama berkecimpung di dunia blogger. Tetapi saya tepis rasa minder saya, sebab jika saya minder terus saya sulit untuk berkembang. 

Dari sini kemudian saya rajin menyimak obrolan mengenai dunia blogger. Teman-teman blogger disini tidak pelit ilmu. Bagi pemula seperti saya, saya seperti menemukan harta karun yang sangat berharga yang bisa membuat saya berkembang. Melalui blogwalking inilah kemudian saya mengenal tentang bagaimana cara memonetisasi blog. Saya ucapan terima kasih untuk semua teman-teman yang telah membagikan ilmunya kepada saya. Semoga ini menjadi menjadi kebaikan yang terus mengalirkan pahala.

Oya digrup blogwalking ini jugalah saya pertama kali melakukan kegiatan blogwalking. Jujur saya awalnya cukup tidak percaya diri untuk melakukan kegiatan blogwalking. Saya merasa tulisan saya tidak sebagus dengan teman-teman. Tetapi sekali lagi saya harus bisa menepis perasaan minder saya. Akhirnya ketika list blogwalking dibuka saya memberikan diri untuk menuliskan nama saya dalam list blogwalking tersebut. Setelah itu akhirnya saya jadi gak minder lagi kalau mau ikut blogwalking.

Sedikit cerita dibandingkan sekarang, dulu jumlah yang ngelist untuk ikutan blogwalking cukup banyak. Jadi untuk mendapatkan slot sampai harus rebutan. Saya masih ingat saat itu, jadi ketika jam 12 siang list akan dibuka. Selanjutnya banyak anggota yang berebut dengan menuliskan angka, 1, 2, 3 dan seterusnya. Saat itu ketika mau mendapatkan slot list maka saya buat alarm, sebab terlewat sedikit sudah kehabisan slot. Kegiatan rebutan slot ini kalau ingat bikin saya tertawa sendiri.

Manfaat bergabung dengan grup WhatsApp blogwalking asik

Nah, selanjutnya saya ingin bercerita mengenai manfaat apa yang saya peroleh ketika bergabung dengan grup blogwalking asik.

1. Melatih rasa percaya diri

Sebagai seorang pemula dalam dunia blogger ada rasa tidak percaya diri dalam diri saya. Saya merasa tulisan saya tidak sebagus teman-teman lainnya. Tetapi ternyata digrup ini sangat mensupport orang-orang yang baru belajar buat ngeblog. Jika ada pertanyaan teman-teman digrup ini akan siap untuk membantu. Bahkan meskipun pertanyaan bukan tentang dunia blogger mereka juga sigap membantu. 

2. Menambah wawasan tentang dunia blogger

Di dalam grup blogwalking asik ini saya termasuk silent riders. Meskipun demikian saya tetap aktif memantau setiap obrolan yang ada digrup tersebut. Grup blogwalking asik ini adalah salah satu tempat belajar pertama saya untuk mengetahui tentang dunia blogger. Jadi ketika ada informasi penting terkait dengan dunia blogger biasanya chat tersebut akan saya kasih tanda bintang. Sehingga sewaktu-waktu saya mengalami kendala terkait dengan blog saya bisa membaca kembali informasi tersebut.

3. Menggenal para bloggers yang menginspirasi

Di grup blogwalking asik inilah saya mengenal blogger-blogger yang sangat menginspirasi. Mereka berprestasi dan juga tidak pelit ilmu. Merasa sering kali sharing terkait pengalaman mereka dalam dunia blogger. Dan pengalaman yang mereka bagikan inilah menjadi bekal saya untuk menekuni dunia blogger. Prestasi-prestasi mereka kemudian juga menginspirasi saya agar bisa juga seperti mereka. Meskipun sampai sekarang saya belum memiliki prestasi seperti mereka tetapi semangat mereka tetap menular kepada saya sehingga saya semakin giat untuk belajar ngeblog.

Ada rasa kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri bagi saya bisa bergabung dengan grup blogwalking asik. Bahagia karena saya bisa mendapatkan ilmu yang sangat berharga tentang dunia blogger. Sebuah ilmu yang sebenarnya tidak pernah bisa terbeli dengan materi, tetapi di sini saya bisa mendapatkannya secara gratis. Saya bangga karena bisa satu grup dengan teman-teman blogger yang hebat, mereka berprestasi dan menginspirasi.

Untuk teman-teman semua yang sudah membagikan ilmunya tentang dunia blogger saya ucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya. Saya tidak bisa membalas apa-apa mengenai kebaikan yang teman-teman semua berikan. Semoga Allah membalas kebaikan kalian dengan berlipat kebaikan.  

Nah itulah tadi cerita saya mengenai grup blogwalking asik. Kurang lebihnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya dan saya ucapkan terima kasih pada teman-teman yang telah berkenan membaca tulisan saya.

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar